Rusia Tolak Permintaan S-400 Iran

19
535
Baterai sistem rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 buatan Rusia Β© Kemhan Rusia

Rusia telah menolak permintaan Iran yang ingin membeli sistem pertahanan rudal S-400, khawatir penjualan itu akan menambah ketegangan di Timur Tengah, hal itu disampaikan dua sumber yang mengetahui masalah itu, salah satunya adalah pejabat senior Rusia.

Permintaan itu ditolak oleh Presiden Vladimir Putin, kata sumber yang dirahasiakan tersebut karena tidak berwenang untuk membahas masalah ini. Sebelumnya Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengunjungi Moskow pada 7 Mei.

Kementerian Luar Negeri Rusia tidak memberikan komentar, dan pejabat Iran tidak dapat dihubungi untuk menanggapi berita tersebut.

Penjualan sistem rudal pertahan S-400 menjadi kontroversial di Timur Tengah, dimana Turki, anggota yang NATO dan sekutu AS, mempertaruhkan tindakan hukuman oleh administrasi Trump karena membeli baterai rudal S-400.

Reaksi Rusia terhadap permintaan Iran mencerminkan keseimbangan kekuatan yang halus di Teluk Persia, di mana pertarungan sedang terjadi antara Republik Islam di satu sisi, dan AS dan sekutu Teluk Arab di sisi lain. Presiden Donald Trump sepakat bulan ini untuk mengirim lebih banyak pasukan AS ke wilayah tersebut setelah AS menyalahkan Iran atas serangan terhadap instalasi minyak Saudi serta empat kapal.

Para pejabat Iran telah membantah keterlibatan dalam serangan itu.

Rusia dan Iran telah menikmati hubungan politik dan militer yang erat dalam beberapa tahun terakhir, meskipun ada tanda-tanda bahwa Moskow berusaha untuk secara bertahap mengurangi jejak Iran di Timur Tengah karena berusaha untuk melindungi hubungannya dengan kekuatan regional lainnya seperti Arab Saudi dan Israel.

“Setiap penguatan nyata atau imajiner Iran dapat menyebabkan eskalasi – jika Rusia benar-benar menolak permintaan Iran, itu berarti bahwa Rusia ingin terus bekerja pada hubungan dengan Arab Saudi, Israel dan menjaga peluang untuk negosiasi dengan Trump,” kata Ruslan Pukhov, kepala Pusat Analisis Strategi dan Teknologi di Moskow, “Jika Rusia memutuskan untuk memberi Iran S-400, itu akan menjadi tantangan langsung ke Arab Saudi dan Israel, sehingga itu akan bertentangan dengan kepentingan nasional Rusia sendiri.”

Rusia adalah salah satu negara yang membela kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran, yang ditinggalkan AS tahun lalu sebelum memberlakukan kembali sejumlah sanksi terhadap ekonomi Iran. Kedua negara juga telah membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad mendapatkan kembali kendali atas sebagian besar negara itu setelah delapan tahun perang saudara yang merenggut ratusan ribu nyawa.

S-400 adalah sistem pertahanan udara dan rudal canggih yang dimaksudkan untuk melibatkan target pada jarak hingga 400 kilometer (249 mil).

Blommberg.com

19 KOMENTAR

  1. 1. Pengembangan Lebih Lanjut Dari S-300
    Sistem rudal S-400 Triumf merupakan rudal anti serangan udara yang dikembangkan sejak tahun 1990an oleh Almaz Central Design Bureau dan merupakan versi lanjutan dari sistem pertahanan udara rudal dari darat ke udara S-300 dan mulai masuk dalam layanan militer Rusia sejak tahun 2007.
    2. Sistem Radar Yang Terintegrasi…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2018/12/kehebatan-s-400-triumf-sistem-rudal.html

  2. Ketahuan dech, meski us dan rusia selalu bersaing dan bersitegang tp kedua negara ini punya komitmen kuat tuk melindungin israel’ jarang loh rusia nolak2 yg mau beli produk alutsistanya, bila rusia menjual s400 kepada iran berarti rusia setuju dengan program2 senjata nuklir iran yg sama artinya keselamatan israel diujung tanduk’ senjata nukir sangat2 berbahaya bila dipegang oleh negara yg punya mental buruk dalam hal menahan diri, iran bukan tipe negara yg bisa dipercaya tuk punya senjata nuklir dan program2 senjata nuklir iran memanglah diniatkan tuk menyerang israel.

      • Sangat termehek2 melihat orang sok nyambung komentar orang tp dengan hal2 kecil seperti ini sulit nangkapnya,,,kwkwkwkwkkk
        Iran tidak memiliki pertahanan udara yg mumpuni untuk melindungin program2 senjata nuklirnya, s-400 adalah salah satu rudal pertahanan udara yg sangat2 mumpuni untuk bisa melindungin wilayah2 dimana program2 senjata nuklir iran dikerjakan’ rusia tidak pernah percaya dengan iran karena mental buruk iran yg pasti sanggup menyerang negara lain dengan senjata nuklir tanpa berfikir panjang dan tidak memperhitungkan dampak buruknya, hanya negara2 yg bisa nahan diri yg bisa dipercaya tak akan asal mempergunakan senjata nuklirnya, di rusia banyak keturunan bangsa2 jahudi sama halnya dengan amerika, otomatis dr dalam rusia ada tekanan rakyat untuk melindungi israel dr ancaman iran, musuh terbesar iran dikawasan timur tengah adalah israel yg otomatis bila iran memiliki senjata nuklir kemungkinan besar target iran adalah israel,,,,biar apa pun tawaran iran pasti rusia akan tetep menolak menjual s-400 kepada iran, tanpa adanya pertahanan udara yg mumpuni akan membuat amerika leluasa membombardir wilayah2 iran yg menjadi tempat program2 senjata nuklir iran dikerjakan, rezim iran di era saat ini emang wajib dihapus karena telah mempengaruhin stabilitas keamanan timur tengah sangat buruk.

      • Bukan begitu raden situngkir, krna setiap negara yg punya potensi sudh mengembangkn senjata nuklir, kecuali negara yg memulai perang di ww2 yg tdk boleh memiliki senjata nuklir sperti jerman, jepang, italy yg sudh ditulis dlm isi surat penyerahannya, krna mrk memiliki potensi utk mmbalas kekalahannya kecuali mrk mengembangknnya nuklir utk tujuan damai yg dicontrol oleh pihakΒ² trkait

        Jd begini, baiknya putin menyetujui permintaan iran, bukn hrs menolak dgn maksud melindungi israel yg tdk memiliki potensi, itu hal yg mnjijikkan & khurushchev prnah brkata kpd israel kami yg punya sejarah & kami bisa menguburmu, krna khrushchev juga tdk mengakui tanah perjanjian konyol trsebut
        πŸ˜† πŸ˜†

  3. Ralat: Iran bukan tipe negara yg bisa dipercaya tuk punya hanud S-400 krn senjata hanud Iran memanglah diniatkan tuk menyerang Israel.

    Jangankan dikasih S-400, Iran aja ogah perang lawan Israel. Krn di Iran sendiri banyak komunitas org Yahudi dan hak” mereka sangat dilindungi oleh pemerintah Syiah Iran, bahkan melebihi Amerika/Eropa.

    • Coba dicek lg komentarku diatas mana yg ente sebut diralat??? ni aku kutip lg komenku diatas:

      Ketahuan dech, meski us dan rusia selalu bersaing dan bersitegang tp kedua negara ini punya komitmen kuat tuk melindungin israel’ jarang loh rusia nolak2 yg mau beli produk alutsistanya, bila rusia menjual s400 kepada iran berarti rusia setuju dengan program2 senjata nuklir iran yg sama artinya keselamatan israel diujung tanduk’ senjata nukir sangat2 berbahaya bila dipegang oleh negara yg punya mental buruk dalam hal menahan diri, iran bukan tipe negara yg bisa dipercaya tuk punya senjata nuklir dan program2 senjata nuklir iran memanglah diniatkan tuk menyerang israel.

      adakah yg perlu diralat seperti yg ente katakan????

      Yg kita bicarakan ini gk bisa dinilai melalui asumsi, fakta2 sejarah menyatakan israel dan iran adalah musuh bebuyutan’ ngapain iran ke suriah membangun basis2 persenjataannya??? mana lg wilayah basis persenjataan militer iran selalu dekat dengan perbatasan israel,,,opini atau asumsi itu boleh diutarakan tp kita harus perhatikan dahulu topik yg dibahas.

      • Bukan opini bro, tetapi fakta yg tdk bisa terbantahkan bahwa Yahudi di Iran diperlakukan jauh lbh manusiawi.

        Klo gk percaya tonton aja, NO HOAX:
        YouTube Β· PBS NewsHour

        PRATINJAU
        8:47
        Despite tension between Iran and Israel, Iran’s Jewish minority feels at home
        28 Nov 2018

      • Begini lg raden situngkir, saudi itu punya hubungan baik dgn israel krn amerika penginport banyak minyak saudi, begitu juga saudi penginport senjata asal amerika trbanyak,
        yaa tentu sj saudi brteman baik dgn israel krna israel sekutu sejati amerika, sementara putin melindungi hubungan baik mrk dgn cara menolak permintaan iran, tentu sj itu hal yg mnjijikkn krna tdk menguntungkn
        πŸ˜† πŸ˜†

  4. Rusia hampir sama kondisinya dengan Amerika. Pemerintahan, parlemen & sistem keuangannya di kuasai oleh lobi Zionis Israel. Ada deal2 tertentu Rusia dengan Israel saat Rusia turun tangan di timur tengah. Intinya Rusia tidak boleh membahayakan Israel demikian juga Israel tidak boleh membahayakan pasukan Rusia. Hal ini bisa dilihat bagaimana pesawat2 Israel dengan gampang dan leluasa menyerang Suriah walaupun S300 ataupun S400 sudah terinstall disana. Putin tentu tidak suka dan tidak senang dengan lobi Zionis tersebut tapi apa daya sistem keuangan mereka juga dipegang sangat kuat oleh Zionis hingga bila Putin bersikeras kepala tentu urusan dana untuk militer menjadi di cekik lobi Zionis. Demikian juga halnya dengan S400. Putin tidak berani terangan2an berbenturan dengan Zionis dikarenakan musuh Zionis nomer satu adalah Iran.

    • Oleh karna itu diera stalin yg prnah mmbantu israel utk menendang inggris dr timur tengah & mengakui israel sbgi negara tpi stalin tdk mengijinkan warga russia golongan yahudi diajak pindah ke israel timteng utk brperang mlwn arab, kemudian stalin menandai israel timteng musuh soviet & dulu golongan yahudi russia tdk prnah diijinkn duduk dilembaga pemerintahan krn nantinya mrk akn trhubung dgn golongan yahudi diluar soviet yg bisa membuat pemerintahan soviet rusak, tpi golongan yahudi russia diberikan tanah utk mrk bertani

      Jd jk loe bilang keuangan russia digenggam golongan yahudi? Baiknya dipecat sj itu golongan yahudi jk golongan yahudi trsebut tdk mengabdi utk russia, krna itu bisa merusak pemerintahan russia
      πŸ˜† πŸ˜†