Sep 162018
 

Jet pelatih “forward-swept”, SR-10 buatan KB SAT, Rusia © Russian Planes

JakartaGreater.com – Sebuah grup media non-pemerintah dari Rusia, Mil.Press telah mengumumkan bahwa Modern Aircraft Technologies (MAT) saat ini sedang menunda pengembangan jet pelatih sayap “forward-swept” SR-10.

Pilot penguji MAT, Viktor Korolev mengatakan bahwa hingga saat ini pemerintah Rusia belum mengalokasikan anggaran untuk memulai produksi massal dari jet pelatih masa depan SR-10 baru bagi Angkatan Udara Rusia.

“Kami telah menguji demonstran SR-10 terbang. Pesawat terbang dengan sempurna”, kata Korolev yang telah melaksanakan 85 penerbangan uji SR-10 dan memastikan bahwa pesawat telah memenuhi semua persyaratan untuk pelatihan pilot.

SR-10 adalah jet pelatih ringan bermesin tunggal yang dilengkapi dengan sayap unik berbentuk “forward-swept”, dirancang oleh biro desain Modern Aircraft Technologies (KB “SAT”) untuk memenuhi kebutuhan pelatihan pilot dari Angkatan Udara Rusia dan operator pesawat pribadi.

Jet pelatih monoplane SR-10 terbuat dari material komposit modern, memiliki stabilitas tinggi dan kemampuan manuver kecepatan rendah. Menurut National Interest, SR-10 memulai debutnya pada pameran dirgantara MAKS 2017 di Moskow.

Pesawat sederhana dan murah tersebut akan bisa menyediakan Angkatan Udara Rusia dengan jet pelatih modern untuk mengisi celah antara jet pelatih Yakovlev Yak-152 dan Yak-130 Mitten, yang kinerjanya lebih mendekati pesawat tempur sejati.

Berbagi

  2 Responses to “Rusia Tunda Program Jet Pelatih SR-10 Modern”

  1.  

    Tapi jet tempur russia lebih banyak menggunakan mesin kembar, jadi yg cocok utk jet latih yaitu yak 130, tapi jk mmng diperlukan jet latih SR 10? Boleh juga
    😀 😆

 Leave a Reply