Sep 152018
 

Peluncuran rudal dari sistem S-300 Rusia dalam latihan Vostok 2018 Β© Kemhan Rusia via Youtube

JakartaGreater.com – Latihan “Vostok 2018” yang sedang berlangsung, yang diadakan hingga minggu depan di Siberia dan Timur Jauh Rusia serta melibatkan ketiga cabang militer, telah menjadi latihan militer terbesar yang pernah diselenggarakan oleh Rusia selama lebih dari 30 tahun, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

Militer Rusia telah mengerahkan imitasi rudal khusus menggunakan teknologi siluman dan emulasi rudal canggih musuh untuk menguji kemampuan Divisi Pertahanan Udara ke-76 dalam latihan di Buryatia, Siberia, minggu ini menurut komandan divisi Kolonel Sergei Tikhonov.

Menurut Tikhonov, dalam simulasi serangan rudal musuh, komando senior juga telah mempersulit latihan dengan menyebarkan salinan khusus dari rudal jelajah musuh yang mampu terbang rendah, rudal balistik dan roket yang meniru teknologi siluman.

“Selama latihan, simulator target rudal khusus dengan visibilitas radar yang sangat rendah telah digunakan, dengan kata lain, telah dilengkapi dengan teknologi siluman. Target rudal ini lebih unggul dari semua analog rudal asing yang ada”, kata Tikhonov kepada Zvezda.

Melanjutkan bahwa “Segera setelah [simulasi] serangan rudal oleh musuh kondisional dimulai, semua informasi yang diperlukan mulai mengalir ke Pusat Operasi Tempur. Kerja keras dimulai. Kami mulai mengevaluasi pekerjaan sistem anti-pesawat kami. Segera kami menyadari bahwa kami berhasil mengatasi misi kami”..

Latihan pertahanan udara, yang dilakukan pada rentang uji Telemba di Buryatia adalah sebagai bagian dari manuver Vostok 2018 yang sedang berlangsung, ini telah dirancang untuk menguji pertahanan terhadap serangan udara masif yang melibatkan lebih dari 30 target udara yang terbang di berbagai ketinggian dan kecepatan, dari 100-150 meter hingga beberapa kilometer. Latihan tersebut termasuk penggunaan sistem pertahanan udara S-300, S-400, Buk, Tor dan Pantsir-S.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, “semua target udara yang terbang di zona tanggung jawab unit pertahanan udara berhasil dideteksi dan dihancurkan secara tepat waktu”.

Latihan militer terbesar dalam sejarah modern Rusia dimulai di lima rentang di Siberia dan Timur Jauh Rusia, serta di Laut Jepang, Laut Bering dan Laut Okhotsk pada hari Selasa. Diatur untuk berlangsung hingga 17 September, latihan diawasi oleh Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, melibatkan lebih dari 300.000 personel militer, lebih dari 1.000 pesawat, hampir 36.000 tank, pengangkut personel lapis baja dan kendaraan lainnya termasuk 80 kapal perang dan kapal pendukung.China dan Mongolia juga telah bergabung dengan manuver.

Berbagi

  19 Responses to “Rusia Uji Rudal Siluman di Latihan Vostok 2018”

  1.  

    Cocok buat melawan pesawat siluman

  2.  

    Oh, pake rudal tiruan yg didapet gratis waktu di Suriah kemarin ya. Ane gak yakin kalo Rusia bener2 bisa bikin rudal jelajah Siluman kecuali dapet gratisan dulu. Hhhhhhhhhh

    •  

      Nah ini bedanya… kalau USA dan sekutunya percaya diri dengan siluman, kalau Russia lebih memilih pada kecepatan… toh akirnya siluman kena batunya ketika malah didapatkan utuh, sehingga bisa dipelajari dan dibuat cara menangkalnya…
      Berbeda ketika itu ada pada kecepatan… mau tidak siluman sekalipun, ketika terlalu cepat, maka akan tidak terlihat atau kalau terlihat sekalipun sulit untuk di tangkal

      •  

        Sulit ditangkal?? Belum pernah ada penggunaan langsung rudal jelajah supersonik/hipersonik Rusia yg dipake buat ngadepin musuh yg sepadan tuh. Kalopun masalah kecepatan hingga supersonik, lah Scud itu juga udah supersonik. Dan kenyataannya bisa ditangkis juga tuh. Hhhhhhhhhh

        •  

          nah… mulai lagi… Scud itu teknologi tahun berapa bung…
          Lagian pernyataan dari militer USA tentang pencegatan rudal Scud juga berubah2… hingga terakir klaimnya adalah 50%…

          https://www.jejaktapak.com/2017/12/05/apakah-patriot-arab-saudi-sebenarnya-gagal-cegat-rudal-houthi/

          Pemerintah Amerika telah melebih-lebihkan efektivitas pertahanan rudal di masa lalu, termasuk melawan Scud. Selama Perang Teluk yang pertama, Amerika Serikat mengklaim membuat rekor yang nyaris sempurna dalam menjatukan berbagai varian Scud Irak. Analisis selanjutnya menemukan bahwa hampir semua intercepsi telah gagal.

        •  

          https://www.seraamedia.org/2018/04/05/tipu-tipu-rudal-patriot-dibuat-amerika-dan-gagal-di-banyak-negara/

          Tapi sangat meragukan bahwa Patriot pernah mencegat rudal balistik jarak jauh dalam pertempuran, paling tidak, belum terlihat bukti kuat yang meyakinkan tentang sistem rudal pencegat Patriot yang berhasil. Selama Perang Teluk 1991, publik dituntun untuk percaya bahwa Patriot memiliki kinerja yang hampir sempurna, mencegat 45 dari 47 rudal Scud.

          Angkatan Darat AS kemudian merevisi perkiraan itu menjadi sekitar 50 persen, dan bahkan kemudian, mereka menyatakan keyakinan yang lebih rendah, dengan keberhasilan hanya sekitar seperempat dari seluruh kasus. Seorang pegawai Dinas Riset Kongres yang cemas mencatat bahwa jika Angkatan Darat telah menerapkan metodologi penilaiannya sendiri secara tepat, jumlahnya akan jauh lebih rendah. (Kabarnya angka tersebut adalah satu – sepertinya satu rudal Scud yang buruk jatuh.)

          Menurut Komite Kongres untuk Operasi Pemerintah, tidak ada cukup bukti untuk menyimpulkan bahwa telah ada pencegatan rudal. β€œAda sedikit bukti untuk membuktikan bahwa Patriot menghantam lebih dari beberapa rudal Scud yang diluncurkan oleh Irak selama Perang Teluk,” menurut ringkasan dari penyelidikan, β€œdan ada beberapa keraguan tentang bahkan kebenarannya.”

  3.  

    borong

  4.  

    sumber artikel nya spuntik news corong propaganda rusia isi artikel bamyak aneh dan hampir ga masuk akal
    1 rudal siluman buat buat anti rudal ?? ga rusia bgt dan ga efisen bgt
    2 rudal yg jatuh di suriah itu tomahawk bukan rudal siluman deh macam JASSM
    3 kalau pun itu rudal jassm tdk semudah itu meniru hanya dlm beberapa bulan biar pun yg niru negara maju macam rusia atau usa sekalipun
    4 menurut perjanjian internasional yg di setujui rusia latihan militer di atas 100 ribu personel wajib mengundang pengamat milter dari negara2 tetangga (nato) pertanyaannya apa rusia mau buka kartu uji coba rudal baru di depan musuhnya??
    sputnik news sdh terkenal selalu blow up berita2 tentang rusia kadang2 di luar akal sehat

    •  

      Berarti rudal yg diuji russia itu blm ada yg memiliki, hanya russia saja, dgn demkian tdk butuh waktu lama menginvasi nato
      πŸ˜€ πŸ˜†

    •  

      Ente gagal paham bung, jangan cuma baca judulnya aja

      “Militer Rusia telah mengerahkan imitasi rudal khusus menggunakan teknologi siluman dan emulasi rudal canggih musuh untuk menguji kemampuan Divisi Pertahanan Udara ke-76 dalam latihan di Buryatia, Siberia, minggu ini menurut komandan divisi Kolonel Sergei Tikhonov.”

      Rudal siluman itu dibuat sebagai tiruan dari rudal musuh

 Leave a Reply