Mar 252017
 

Menarik melihat foto-foto uji tembak sistem pertahanan udara jarak pendek otonom “Tor-M2KM” yang ditempatkan di dek helikopter fregat Admiral Grigorovich Project 11.356 yang diselenggarakan di Laut Hitam pada Oktober 2016.

Menurut pihak JSC Izhevsk Electromechanical Plant, tujuan utama dari tes ini adalah untuk mengevaluasi kemungkinan ditempatkannya sistem Tor-M2KM bersama Angkatan Laut Rusia. Tes yang dilakukan telah memberikan banyak informasi tentang dampak kondisi laut pada kemampuan dan kinerja Tor-M2KM dan menegaskan kemungkinan luas penggunaan satuan tempur Tor-M2KM di masa depan.

Sistem Tor-M2KM adalah sistem rudal pertahanan udara jarak dekat, dirancang untuk mampu mencegat pesawat, rudal jelajah, amunisi presisi, drone maupun rudal balistik. Dipersenjatai dengan rudal 9K338 baru yang lebih kecil, yang memungkinkan satu unit Tor-M2KM mampu membawa jumlah rudal lebih banyak hingga 16 rudal.

Selain itu kelebihan lainnya dari sistem SAM Tor-M2KM adalah waktu responnya yang sangat cepat, hanya dibutuhkan waktu 3 menit untuk menyiapkan dan menembakkan rentetan rudal anti pesawat kea rah target yang sudah dilacak dan dikunci.

Belum diktahui spesifikasi terbaru dari Tor-M2MKM, hanya varian termodern SAM Tor-M2E dapat menyerang empat sasaran udara sekaligus dengan empat rudal anti pesawat pada jarak hingga 15 kilometer.

Author : Muhidin

  33 Responses to “Rusia Uji Tembak Sistem Tor-M2KM di Atas Fregat”

  1. HADEUH

  2. Pesawat musuh udah dikunci butuh waktu 3 menit untuk peluncuran????? Why???

  3. kapal angkut pun bisa di letakkan sistem ini

    mantap..

  4. .
    Indonesia cukup Menpads n Orlikon
    Dan meriam buat nembak Burung besi dan Lontong terbang ….

  5. Udah pada move on, udah ga pake gatling gun lgi utk layer terakhir, semua AL mulai pasang rudal jarak pendek soalnya pada takut sama rudal anti kapal berkecepatan tinggi ๐Ÿ™„

  6. dipasang pada panser SANCA / KOMODO mantap tuh. liat otong angkut pakai sistem Tor M2KM ditaruh di tiap LANUD propinsi kayak nya lebih gahar

  7. Untuk LPD bagus juga nih agak simpel…bagaimana PT.PAL?..naikan harga.

  8. Minimal ini kek indonesia punya.. Ckckck

  9. Waktu reaksinya masih kalah dari mica,. Penempatan d kapal jg butuh bnyak space, klo mica lebih stealth, mica jg udh dual seakeer.. lebih ampuh dan pnya fleksibilitas tinggi dlm melawan ancaman

  10. menarik…ingat dulu kalo ga salah KRI dewaruci bawa howitzer 105 mm…..klo yg ini lebih canggih bawa sam mandiri….bisa sekalian dibawa juga platforn pengangkutnya….klo disini model kek gini bisa tempatkan di kapal LPD atau LHD yg tanpa persenjataan sam….asal kapal bisa angkut truknya okelah bisa saweran dipindah pindah rudalnya….

  11. SAM demenan ane nih selain tonguska,….

  12. Kapan ya RI bs kayak Rusia? apa aja bs dikembangkan didalam negri.

  13. Tetangga jangan2 sudah instal ini bung di scorpene nya buat jaga2 karena ga bisa nyelem ahahahahaha

 Leave a Reply