Okt 252017
 

Sukhoi Su-30MKI India (photo : Mike Freer / airliners.net/ wikipedia)

New Delhi. Jakartagreater.com. Armada tempur jet Angkatan Udara India (IAF) yang paling tangguh, Su-30MKI, bersiap untuk perombakan lengkap (overhaul) terhadap sistem senjata dan avionik, yang akan memberikan fitur stealth tak tertandingi terhadap pesawat tersebut. Upgrade dilakukan oleh perwakilan Rusia yang bekerja sama dengan Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

“Kami akan memulai program upgrade M30 Su-30 secepatnya untuk menghadirkan senjata dan avionik baru untuk membuat armada lebih ampuh,” kata T Suvarna Raju, pimpinan dan managing director HAL, India, Senin, 23/10/2017, dirilis Sputniknews, 24/10/2017.

Sumber mengatakan kepada Sputnik bahwa seluruh armada 272 jet tempur akan di-upgrade dan dilengkapi dengan sistem senjata canggih seperti :

1). Rudal jelajah supersonik Brahmos.
2). Sistem pelacak inframerah jarak jauh (higher range infrared homing system) dari rudal R-27P.
3). Rudal R-77 dengan jangkauan 100 km.

Sukhoi Su-30MKI India (photo : Bikash Das / commons.wikipedia.org)

“Soal transfer teknologi, Rusia menawarkan segalanya tanpa ada ikatan apapun. IAF (India) berharap dapat melanjutkan kerja sama dengan industri penerbangan Rusia untuk peningkatan kapasitas Su-30 sehingga bisa lebih manjur,” ujar Wakil Kepala Angkatan Udara India, Marsekal Udara SB Deo, pada sebuah seminar untuk merayakan 70 tahun hubungan diplomatik India-Rusia.

Awal tahun ini, Unique Engine Corporation dari Rusia telah menawarkan mesin baru untuk armada tersebut.

“Kami telah mengembangkan penerus yang lebih baik untuk mesin AL-31F berdasarkan pada desain baru dan telah ditawarkan kepada IAF (India) sebagai bagian dari paket upgrade,” ujar Alexander Artyukhov, Direktur United Engine Corporation, kepada media di Aero India 2017.

AL-41F-1S adalah mesin baru, yang menghasilkan dorongan 18 persen lebih banyak daripada mesin pendahulunya.

Dengan adanya sensor baru hingga radar, armada Su-30MKI India akan mendapatkan perubahan besar, termasuk di kokpit juga. Program modernisasi dua tahap ini akan menelan biaya sekitar US $ 6 miliar.

  55 Responses to “Rusia Upgrade Su-30MKI India Menjadi Super Sukhoi”

  1.  

    Hahaha

    Sesudah mau ditinggal India pada proyek Su-57 sekarang Rusia merayu-rayu India untuk upgrade Su30mki jadi “stealth” gadungan.

  2.  

    Soal transfer teknologi, Rusia menawarkan segalanya tanpa ada ikatan apapun….betul nggak ini bung jimmy

  3.  

    Saya tidak peduli… karena upgrade ini memungkinkan Malaysia melakukan upgrade yang sama… dan itu jelas sangat menyebalkan…

  4.  

    Lebih dari 500 juta penduduk India blm/tidak mau memakai toilet, tpi soal pertahanan mereka tidak main2.. ckckck..

  5.  

    Rusia ufgrade su30mki india mnjd super sukhoi? Ok lanjuuuutt.

    Tn phd lg beralih dagangan ke f35 & f15, karna dagangan lamanya blm laku juga, yaa boleh jugaa, mudh2an agato sagimura mau mmbelinya

    Hahhahaaaa

  6.  

    Tapi ufgradenya dgn senjata, avionik dgn fitur stealth 272 pesawat cuma dgn biaya 6milyar dollar, apakah mmng segitu biayanyaa?

    Hahhahaaaa

  7.  

    Jd iri dengernye.Dulu Kita Peringkat 4 dunia spt india skrng. Terus anjlok ke dasar. Thanks to pak harto.

  8.  

    TENTU SAJA EFEK DARI SUKHOI ITU SANGAT TERASA JADI PASLAH HOME BASE SUKHOI ADA DI MAKASSAR SUKHOI ITU SUDAH BENER2 TERUJI BUKAN SEPERTI PRODUK NYA SI DR CUMAN MENANG TEORI DOANG

  9.  

    Sabar …
    F16 Indonesia juga mau di upgrade gratis jadi pesawat siluman sama amrik, nota perjanjian sdh ada sejak 2009 hanya datanya hilang dan blueprint f16 to stealth dibawa kabur burung bangau, sabar yah …

  10.  

    KERJASAMA INDIA RUSSIA ITU SUDAH LAMA DAN TERBUKTI SUKHOI BISA DI UPGRADE DI INDIA GK PERLU KE BELARUS HAL JUGA BISA BUAT SUKHOI DI INDIA JADI KATA SIAPA SUKHOI CUMAN BISA UPGRADE DI RUSSIA HAHAHA

    TAPI BELI NYA JANGAN NANGGUNG

    •  

      Kalo HAL bisa produksi Sukh*i kenapa India gak ngeluncurin produk terbaru? China aja punya beberapa produksi hasil bajakan Su-27. Malah India mau upgrade aja harus ngundang Rusia. Konyol.

      Hhhhhhhhhh

      •  

        Kan sudah mrk produksi pesawat mrk sendiri yaitu tejas yg masih bermasalah diradarnya

        Hahhahaaaaa

      •  

        lah kenapa gak tanya majikan ente? mana tuh singapur apa bisa ngeluncurin produk terbaru AS???????

        •  

          Tanya jangan ke Singapura, nih tanya ke Jepang (F-1,F-2, F-15J, dan rencana F-35 J), ke Korea juga (TA/FA50, F-15K).

          •  

            Tuh kamu sudah jawab sendiri… persaingan di wilayah pasifik memang sangat mengganggu sehingg baik China, Jepang dan Korea mengembangkan jet tempur meskipun berdasarkan platform yang sudah ada….
            tapi ya hanya itu saja… karena memang mereka mendapat dukungan langsung, China dengan dukungan dari Russia dan Korea dan Jepang dari USA… dan pastinya mereka mampu, Jepang memiliki sejarah panjang dengan pesawat dan perang, korea mendapat dukungan penuh USA karena krisis semenanjung dalam persaingan dengan Korut

  11.  

    India lagi india lagi,kenapa dia disayangi banyak negara ya selain chin sama paks

  12.  

    lebih baik kita beli sukhoi baru & gress dg kuantiti banyak (3 ska).
    stok SU30 lama di pakai buat training dan misi naval strike bawa antiship missiles …
    kalo melakukan upgrade besar spt India, sy khawatir makan waktu & ada over budget.

  13.  

    RI dgn SU-35 aja sampe badan linu pala pusing nunggu dtgnya kebanyakan digoreng bikin asam urat kolesterol tinggi.he3

  14.  

    Bhas su 35 boswb