Mei 132019
 

Sistem rudal-artileri pertahanan udara jarak pendek, Pantsir-S1 buatan Rusia © Kemhan Rusia

Rusia telah meyakinkan India bahwa kerjasamanya dengan Pakistan hanya terbatas pada bidang anti-terorisme dan Rusia tidak akan menjual peralatan perang apa pun ke Pakistan.

“Kami telah memberi tahu India dan meyakinkan pemerintah India bahwa Rusia tidak akan menjual peralatan perang apa pun ke Pakistan dan bahwa kerja sama dengan Pakistan terbatas pada peningkatan kemampuan anti-terorisme, kata Pejabat Tinggi di lembaga Pertahanan Rusia kepada The Print, sebuah surat kabar India.

Sementara itu, Pakistan berusaha untuk membangun hubungan militer yang lebih dalam dengan Rusia dan Cina karena hubungan militernya dengan AS telah memburuk dan menemukan peralatan AS yang dijual kepada Pakistan menjadi sangat mahal.

Pakistan telah memutuskan untuk mengakuisisi sistem rudal anti-pesawat Pantsir buatan Rusia dan tank T-90. “Idenya adalah untuk membina hubungan yang lebih dekat dengan Rusia, salah satu sekutu tertua India. Untuk melawan India, telah menyatakan niatnya untuk membeli sistem senjata terbaru dan modern termasuk sistem rudal Pantsir, ” kata sumber yang dirahasiakan seperti dikutip Financial Express.

Delegasi militer Pakistan bahkan diperkirakan akan mengunjungi Moskow segera. Rusia dan Pakistan pada tahun 2015 menandatangani kesepakatan untuk pembelian empat helikopter serang Mi-35M, yang telah dikirim. Tahun berikutnya, Rusia dan Pakistan melakukan latihan militer bersama pertamanya.

Defenceworld

 Posted by on Mei 13, 2019