S-400 Turki Siap Tempur Paling Lambat Juni 2020

Baterai sistem Rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 buatan Rusia © Kemhan Rusia

Ankara, Jakartagreater.com   – Kepala Direktorat Industri Pertahanan Turki Ismail Demir sempat mengatakan bahwa Turki membeli sistem pertahanan Rudal S-400 dari Rusia untuk memanfaatkannya dan bukan untuk menyimpannya.

Sistem pertahanan Rudal S-400 akan dioperasikan oleh tentara Turki selambat-lambatnya pada musim semi (Maret – Juni) 2020, sementara pelatihan spesialis Turki akan selesai pada akhir 2019, ujar Dmitry Shugaev, Direktur Layanan Federal untuk Kerjasama Militer-Teknis, kepada wartawan di sebuah pameran di Dubai, dirilis Sputniknews.com, Minggu 17-11-2019.

“Kontrak untuk S-400 untuk Turki dilakukan secara normal. Pada akhir tahun ini, kami akan menyelesaikan pelatihan spesialis Turki. Pada musim semi, sistem akan berada dalam tugas tempur. Semuanya berjalan sesuai rencana,” kata Dmitry Shugaev. Rusia akan memberikan bantuan teknis kepada Turki dalam mengembangkan Jet tempur generasi ke-5, tambah Dmitry Shugaev.

“Rusia memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada mitra kami Turki di bidang (militer-teknis) ini dalam hal mengembangkan sistem yang berbeda. Mereka juga memiliki banyak pengalaman. Kami dapat membantu secara signifikan,” kata Dmitry Shugaev.

Pengiriman sistem pertahanan udara S-400 Rusia terbaru, yang menyebabkan krisis dalam hubungan antara Turki dan Amerika Serikat, dimulai pada pertengahan Juli 2019. Menurut Presiden Turki Tayyip Erdogan, S-400 akan beroperasi penuh pada bulan April 2020.

Washington menuntut agar Turki membatalkan kesepakatan dan alih-alih memperoleh sistem American Patriot, mengancam akan menunda atau bahkan membatalkan penjualan pesawat tempur F-35 terbaru ke Turki, serta menjatuhkan sanksi sesuai dengan CAATSA (Undang-Undang Penanggulangan Musuh Amerika melalui Sanksi). Ankara menolak untuk membuat konsesi.

Satu pemikiran pada “S-400 Turki Siap Tempur Paling Lambat Juni 2020”

Tinggalkan komentar