Sep 122019
 

Gripen E Brasil. (@ SAAB)

Linkoping, Jakartagreater.com – SAAB telah mengambil langkah penting lainnya dalam pengiriman Gripen E ke pelanggan Brasil. Ditandai oleh upacara di Linkoping, Swedia, pada 10 September 2019, pesawat Gripen E Brasil pertama dikirim untuk memulai program uji terbang, dirilis situs SAAB.

Awalnya uji terbang akan dilakukan di Swedia dan pada akhir 2020, pesawat akan pindah ke Brasil untuk melanjutkan kampanye uji terbang di negara tersebut. Pada 2021, pengiriman ke Angkatan Udara Brasil akan dimulai.

Gripen E Brasil. (@ SAAB)

“Bersama dengan industri Brasil, saya bangga menjadi bagian dari membangun kemitraan strategis jangka panjang dengan Brasil dan Angkatan Udara Brasil. Dengan Gripen, Brasil akan memiliki salah satu Jet tempur paling canggih di dunia dan program transfer teknologi akan memungkinkan Brasil untuk mengembangkan, memproduksi, dan memelihara para pejuang supersonik, ”kata Håkan Buskhe, Presiden dan CEO Saab.

“Gripen meningkatkan kapasitas operasional Angkatan Udara Brasil dan meningkatkan kemitraan yang memastikan transfer teknologi ke Brasil, mendorong penelitian dan pengembangan industri di kedua negara,” kata Fernando Azevedo e Silva, Menteri Pertahanan Brasil.

Gripen E Brasil. (@ SAAB)

Kemitraan dengan Brasil dimulai pada 2014 dengan kontrak (nilai pesanan 39,3 BSEK) untuk pengembangan dan produksi 36 Gripen E/F untuk Angkatan Udara Brasil, termasuk sistem, dukungan, dan peralatan terkait. Saab mendorong pengembangan industri aeronautika lokal melalui mitra nasionalnya dalam program Gripen Brasil, yang mencakup transfer program teknologi komprehensif ke Brasil, yang akan dikirim selama kurang lebih sepuluh tahun.

Pesawat Gripen E/F Brasil dikembangkan dan diproduksi dengan partisipasi teknisi dan insinyur Brasil. Integrasi ini adalah bagian dari transfer teknologi dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan praktis yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan yang sama di Brasil. Mulai tahun 2021, perakitan pesawat lengkap 15 pesawat akan dimulai di Brasil.

Pengembangan Gripen F dua kursi mengalami kemajuan dengan aktivitas ekstensif di Gripen Design and Development Network di Gavião Peixoto, Brasil. Pengiriman Gripen F diharapkan dimulai pada 2023.