Feb 022019
 

JakartaGreater.com – Didukung oleh Swedia, Saab Group pada hari Rabu telah mengajukan proposal untuk pengadaan jet tempur HX Finlandia kepada badan pengadaan pertahanan Finlandia, Komando Logistik Angkatan Pertahanan Finlandia, menurut rilis pers Saab.

Proposal ini terdiri dari 64 pesawat Gripen, Gripen E satu kursi dan Gripen F dua kursi, dan ini merupakan respon formal terhadap Permintaan Penawaran (RFQ) dari pelanggan yang dikeluarkan pada bulan April 2018.

Solusi Saab yang ditawarkan tersebut menampilkan teknologi terbaru yang tersedia untuk lingkungan operasional yang terus berubah dan sangat menantang saat ini.

“Kemampuan luar biasa dari Gripen adalah pasangan yang sangat baik untuk kebutuhan dan persyaratan Finlandia. Dengan Gripen E/F, Finlandia dapat memperbarui armada tempurnya tanpa mengurangi jumlah pejuang karena biaya siklus hidup yang benar-benar kompetitif. Tawaran kami merupakan kontribusi yang substansial terhadap kemampuan operasional dari Pasukan Pertahanan Finlandia”, kata Jonas Hjelm, Wakil Presiden Senior dan kepala area bisnis Saab Aeronautics.

Sebagai bagian dari proposal, Saab menawarkan paket senjata dan sensor yang substansial serta peralatan yang diperlukan dan layanan terkait yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem, termasuk “program kerjasama industri” dengan tujuan membangun kemampuan nasional yang luas di Finlandia untuk mengamankan pasokan.

Tawaran ini juga mencakup transfer pemeliharaan, perbaikan dan kemampuan perbaikan untuk industri lokal disana, produksi pesawat terbang dan pendirian pusat pelestarian dan pengembangan Gripen di Finlandia.

Menurut perencanaan pelanggan, keputusan untuk pengadaan diantisipasi pada tahun 2021. Program Gripen E telah mengalami kemajuan sesuai rencana, dengan produksi yang sedang berjalan dan pengiriman kepada pelanggan mulai tahun ini.

Lima negara saat ini mengoperasikan Gripen:

  • Swedia
  • Afrika Selatan
  • Republik Ceko
  • Hongaria
  • Thailand.

Swedia dan Brasil telah memesan Gripen E dan Brazil juga telah memesan Gripen F. Selain itu, UK Empire Test Pilots School (ETPS) menggunakan Gripen untuk pelatihan pilot uji.