Jul 142019
 

Jet tempur Gripen E (foto : Saab)

Perusahaan dirgantara Saab Swedia menawarkan pesawat tempur Gripen kepada Angkatan Udara Kolombia (Fuerza Aérea Colombiana: FAC) untuk menggantikan armada pesawat tempur Kfir buatan Industri Aerospace Israel (IAI).

Swedia menawarkan 12 Gripen kursi tunggal dan 3 Gripen kursi ganda kepada Kolombia yang sedang mencari pesawat tempur superioritas udara multirole dan menurut kepala Saab Jonas Hjelm percaya bahwa Gripens sangat sesuai dengan persyaratan Kolombia sebagaimana dilansir Jane’s.

Meski masih terlalu dini untuk mengatakan dimana Gripen Kolombia akan dibangun andai terpilih, Hjelm mengatakan Saab akan menggunakan fasilitas yang ada di Brasil dan Swedia untuk membangun Gripen Kolombia. Selain itu Saab akan menawarkan paket transfer teknologi yang sangat komprehensif karena Saab tahu Kolombia ingin industri penerbangannya semakin maju.

Saab kemungkian akan menghadapi pesaing dari F-16 Lockheed Martin dan Eurofighter Typhoon, sementara IAI Israel menawarkan jet tempur Kfir Next-Generation (NG) yang ditingkatkan. Kolombia saat ini mengoperasikan jet tempur Kfir Blok 60.

 Posted by on Juli 14, 2019