Apr 072018
 

Tampilan kokpit Gripen E Brasil © Brasil MoD via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Tampilan head-up dan area luas untuk Saab Gripen E/F buatan Brasil akan ditawarkan kepada semua pelanggan jet tempur bermesin tunggal sebagai modernisasi kokpit yang potensial, menurut Mikael Franzen, kepala Unit Bisnis Gripen Brasil, seperti dilansir dari laman Flight Global.

Pesanan 36 jet tempur Gripen untuk Angkatan Udara Brasil yang bernilai $ 5,4 miliar termasuk sejumlah perubahan dari versi Angkatan Udara Swedia. Alih-alih 3 tampilan multifungsi, Angkatan Udara Brasil lebih memilih sebuah layar sentuh berukuran 19×8 inci yang dibuat oleh AEL Sistemas, anak perusahaan Elbit Systems yang berbasis di Brasil.

Dalam versi terbaru, baik tampilan area luas dan head-up sekarang dalam pengujian keselamatan penerbangan dengan Saab, menurut AEL.

“Kami akan menyediakannya untuk semua pelanggan Angkatan Udara Swedia”, kata Franzn.

Sejauh ini, Gripen E hanya dipesan oleh Angkatan Bersenjata Swedia dan Brasil. Yang terakhir juga telah memesan 8 unti Gripen F yang merupakan varian berkursi tandem, yang mana Brasil bertanggung jawab untuk merancangnya.

Program pengembangan pesawat tempur Brasil berada di jalur untuk menyelesaikan penerbangan pertama dari single-seater pada 2019, dengan semua 36 pesawat yang dikirim antara 2021 dan 2024, kata Franzn.