Sep 102013
 
Astana adalah ibukota baru Kazahstan yang ditempati pada tahun 1997. Arsitektur yang modern membuat Astana kontras dengan wilayah sekitarnya. Ibukota baru yang berhasil (photo:CNN.com)

Astana adalah ibukota baru Kazahstan yang ditempati pada tahun 1997. Arsitektur yang modern membuat Astana kontras dengan wilayah sekitarnya. Ibukota baru yang berhasil (photo:CNN.com)

Presiden SBY mengaku terkesan dengan Kota Astana, ibu kota Kazakhstan. Kota Astana merupakan kota baru yang sengaja dibangun dan dirancang pemerintah Kazakhstan untuk dijadkan ibu kota negara yang baru dan berhasil. Tata Kota Astana dengan arsitektur modern, terlihat begitu terencana, indah dipandang serta memanjakan penduduknya.

Saat melihat kota Astana, Presiden mengaku telah membentuk tim untuk membahas kemungkinan pemindahan Ibukota Indonesia dari Jakarta. Tim sedang melakukan kajian serta meminta saran ke sejumlah pihak sebelum memberikan rekomendasi soal pemindahan ibukota.

“Empat atau lima tahun lalu, diam-diam sudah saya pikirkan, apakah saatnya Indonesia membangun kota pemerintahan Indonesia yang baru di luar Jakarta. Saya telah membentuk tim kecil untuk memikirkan pemindahan ini,” ucap Presiden saat melakukan jumpa pers di Hotel Grand Emerald, Saint Petersburg, menjelang kepulangannya ke Jakarta, Sabtu (7/9) lalu.

Dari kajian tim kecil itu, ada beberapa usulan beberapa alternatif kota yang bisa dijadikan kota pusat pemerintahan yang baru. Namun, Presiden SBY masih menutup rapat-rapat kota apa saja yang jadi alternatif. “Jangan dulu, kalau disebut harga lahan di tempat itu bisa-bisa naik tinggi. Yang jelas, tim  masih bekerja,” ujar Presiden.

Panorama Ibukota Indonesia, Jakarta (photo:budiyanto)

Panorama Ibukota Indonesia, Jakarta (photo:budiyanto)

Kini tim tersebut sedang meminta masukan ke sejumlah pihak yang dianggap kompeten. “Meminta masukan dari semua pihak angat penting sebab pemindahan ibukota merupakan pekerjaan sangat besar. Karenanya tidak bisa dilakukan dengan cepat”, ujar Jubir Kepresidenan, Julian A Pasha, di Istana Negara, Jakarta, (10/9/2013). Jika usulan ini bisa diterima publik dengan baik, pemerintah selanjutnya diharapkan melanjutkan rencana pemindahan ibukota negara.(JKGR).

  18 Responses to “Saatnya Ibukota Negara Pindah dari Jakarta”

  1.  

    Kazakstan lebih luas dari Indonesia. Sedangkan negara2 Eropa tsbt jauh lebih kecil dari Indonesia. Setuju ibukota administatip di pindah antara daerah Kal-Tim, Kal-Sel ato Sul-Sel.

    •  

      Gak ada hubungannya, Rusia dan Cina sangat luas, ibukotanya tetap saja yang lama…

      Kalaupun ada hubungannya, masih banyak yang lebih penting untuk dicarikan solusinya, kita ini hidup dari krisis ke krisis, cabe, bawang, kedelai, daging, rupiah, defisit perdagangan…

    •  

      Menurut Kompas hari ini; rakyat susah, importir kedelai (terindikasi kartel) untung Rp 1 T.

      Yang begini2 dulu diluruskan, karena menyangkut gizi puluhan juta rakyat kecil, wacana aneh2 nanti, giliran nomor 100…

  2.  

    pindah ke Nusakambangan aja biar nggak susah kalo mo masukin ke penjara,wkkkkkkkkkk…….

    •  

      jangan lah pak,,
      yg perlu di pindahin ke nusa kambangan kan gedung DPR / D DAN HAM..hanya itu yg cocok buat mereka para tipikor..kasihan kalao di simpen di bandung,,nyesek”in mata aja,,

      karena mereka jg lah penghancur bangsa,money kanibal
      Rakyat..

      Hehehheeh

      . 😛
      (‘|]\
      _/|_

    •  

      saudara ISTNAR,,,saat membaca koment anda saya jadi tertawa sendirian..hahahaa lucu banget.masa iya kota jakarta mau di pindain kepenjara/…memang bestlah saran kamu…suruh pak presiden sgera siap2,kalau mau pindah

  3.  

    ane stuju gan..
    Dana buat mindahin ibukota kalau untuk ngebangun pertahanan nd ekonommi rakyat sudah menjulang tinggi..menjadikan kepulauan besi dulu..
    Tutupi dulu black hole udara dan laut kita ,,pasang tajam” mata penginderaan kita. Dananya masukan konsorsium pengembangan roket kita,,
    gak usah muluk” untuk di pindahin.. Toh dgn dana untuk mindahin ibukota bisa menjadikan indonesia high power di dalam pertahanan..

  4.  

    Tim kecil ataupun bagian adminnya yang tukang nge-print pasti dikelilingi para spekulan tanah, calo, makelar, mak comblang, mak lampir … etc hahaha ..

  5.  

    cocok tuh…

    Lebih bae akhiri dominasi jakarta sebagai ibukota.
    Uang dari segala penjuru RI numpuk semua di jakarta.
    80% uang RI beredar di jakarta.

    Yang jelas, calon ibukota nanti harus berada di luar pulau jawa.
    Siiip…..

  6.  

    Ane setuju klo Ibukota dipindah, cuman nggak sekarang.. Bakal makan ongkos besar pastinya, udah pasti bikin infrastruktur baru, gedung pemerintahan, kementrian, istana presiden baru, gedung parlemen etc. Kecuali mau model ngirit dengan memanfaatkan gedung2 yg sudah ada mungkin cost-nya bisa ditekan..

    Alasan ane pertama Jakarta dah sangat sesak, lingkungan yg nggak sehat, pusat tujuan orang se-Indonesia yg berharap masa depan lebih baik, malah sebagian wilayah menurut ane dah nggak layak huni. Ekonomi terpusat warisan orba dah sangat susah buat diurai benang kusutnya dan dicari pemecahannya. Ditambah tata kelola kota yg amburadul, amdal yg nggak berfungsi, IMB wani piro, Jakarta jelas bukan Ibukota pemerintahan yg ideal menurut ane. Biarkan jakarta jadi pusat bisnis saja, pusat pemerintahan bisa dicari diluar jawa..

    Alasan kedua, dengan membangun pusat pemerintahan baru punya dampak signifikan bagi daerah untuk lebih berkembang yg bisa menarik daerah disekitarnya untuk bisa berkembang juga. Saran ane carilah lokasi di timur Indonesia saja, dengan harapan bisa menarik bisnis dan investasi baru buat Indonesia timur yg berdampak besar buat perekonomian. Sayang klo timur nggak ke-ekspos (sekali ke-ekspos pasti negatif mulu), padahal potensi besar dibanding Jawa yg kayaknya dah hampir pol segitu-gitu doang. Jadi rencana ini menurut ane strategis dan sejalan dengan cita2 pengembangan ekonomi daerah timur Indonesia..

    Karena makn cost yg besar sebaiknya dimatangkan itung2annya dulu, klo nggak bakalan mubazir. Sistem tata kota-nya direncanakan dan dimatangkan dulu, biar nggak acak adul kaya jakarta. Sistem transportasi, infrastruktur jalan, bagan perkotaan dan sanitasinya bisa mencontoh di negara lain yg paling bagus, Tokyo misalnya atau Seoul. Kok jadi keminter ane malah (padahal aslinya oon), monggo diramu pemangku kepentingan ajalah, ane ngikut aja.. CMIIW

  7.  

    Euiy mak jang,,.. ngeri atuh GoogleAds… nya… hehehehee

  8.  

    Namanya wacana sah2 saja. Krn rencana memindahkan ibukota pemerintahan klo mulai dikaji dari skrg ada bagusnya.
    Masukan semua pihak jelas bisa ditampung.
    Ini membutuhkan pemikiran, tenaga, biaya dan waktu yg lama. Klo konsep sudah terbaik juga memerlukan dasar hukum berupa undang2.
    Klo ini memang terbaik untuk bangsa apa salahnya?
    Perkiraan paling tidak mulai konsep sampai ada dasar hukum dan pembuatan semua infrastuktur lengkap bisa berfungsi membutuhkan waktu 7-10 th dari sekarang

  9.  

    apa sudah di pikir dampak pemindahan ibu kota apa lgi klu sampai di pindah di luar pulau jawa

  10.  

    Niatnya udah bagus, tnggl urusan teknisnya perlu dikaji dg matang n menyeluruh. utk saat skrg memang baik diperuntukan utk pembenahan di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan pertahanan.

  11.  

    Walah walah. Mahu ikutin Malaysia ajah ini indon tukar ibukota dari KL ke Putrajaya.
    Ibukota baru dimana?
    Yah, dibekas ibukota majapahitlah. Nggak sukar tebak otak jawa Indon dong.

    •  

      hahhahahaahahaa
      ternyata ada juga LsM yg mo ngasih ujian di WarjaG..
      Beda samma di idB pasti lgsung pasang taring,,
      karena suatu saat rumah tanggamu akan hancur sendiri dengan cercaan mmulut kotormu

      terima kasih *meLayU*

  12.  

    Kalau saya sngt setuju jk ibukota negara di pindah dari jakarta, mnrt saya jakarta dijadikan ibukota bisnis Indonesia. dan utk sbg ibukota pemerintahan cck dibuat di pulau kalimantan, tepatnya di kalimantan selatan, tp bkn di kota banjarmasin. yg plg cocok kira2 bs diantara sktr martapura atw sktr dkt kota baru. letaknya dkt pantai dan ditengah2 kepulauan bsr Indonesia, jg di lht dari sisi pertahanan sulit utk negara lain utk menginvasi, krn posisinya ditengah Indonesia dan jg agak jauh dr negara bonekanya US sprt malaysia dan jg brunei yg bonekanya inggris, yg jikalau kita berseteru dgn US mrk sdh pst memakai wlyh negara boneka tsb sbg pangkalan militernya. dari sisi ekologis kalimantan jg bs dibilang bebas dr bencana gempa bumi, krn jauh dari sabuk gunung berapi dunia mwpn dr topan. dan jg kalimantan sngt berlimpah akn sumber daya energi sprt batu bara dan minyak bumi sehingga ibukota pemerintahan baru tdk akan kekurangan pasokan energi hingga sampai 50 thn kedepan asal bhn tambang tsb dikelola dgn baik, dan mslh pengelolaan berbagai tambang yg ada jg smkn gampang diawasi krn adanya pusat pemerintahan di pulau tsb shingga tdk kayak skrg yg rawan dan sngt byk penyelundupan SDA kita yg ada dikalimantan krn minimnya pengawasan. jg dgn adanya ibukota disitu jg akn memperkecil kesenjangan ekonomi dan skln akn memperkuat tapal perbatasan kita yg kita ketahui brsm hny kalimantanlah yg perbatasan wilayahnya dikuasai olh bbrp negara, yakni malaysia, brunei dan kita Indonesia. jd mnrt beberapa aspek letak, populasi penduduk yg msh sdkt, wilayah dgn daratan terluas, SDA yg bsr, ekologis dan dmpk bencana alam yg minim hmpr tdk ada kec banjir yg msh bs antisipasi dgn desain masterplant yg dibuat dr awal konsep pembagunan kota, dan dari strategi pertahanan negara, sngt mndkng krn diapit oleh pulau2 bsr Indonesia sprt sulawesi, jawa, sumatera, papua dan berbagai pulau2 kita. Coba sj bayangkan jk jakarta ttp dipertahankan sbg ibukota dan pst bisnis sprt saat ini, jk suatu saat kita berperang dgn negara bsr lain, dan mrk membom jakarta dgn 1000 sortie serangan udara mwpn rudal jelajah, dpt dipastikan Indonesia akan lumpuh, baik dari perekonomian mwpn pemerintahan. dan sejarah perang kemerdekaan kmbl trjd, sprt pusat pemerintah yg pindah ke yogyalah.. ke bukit tinggilah.. Apakah kita ini mau disebut sejenis keledai ataupun bangsa yg bebal..?? yg terperosok dan terulang kembali sprt dulu? jk suatu saat pecah perang kmbl? Sdh saatnya perekonomian dan pemerintahan itu dipisah dan letaknya sdkt berjauhan utk mencegah lumpuhnya 2 (dua) kekuatan yg menjadi syarat berdirinya suatu negara, yaitu pemerintahan dan perekonomian. Mmg memindahkan 1 pusat kekuatan suatu negara sprt pst pemerintahan tidaklah gampang, prl kajian dan aspek yg mendalam sprt bbrp aspek yg saya utarakan diatas, tp demi keberlangsungan hidup suatu negara, maka berapapun biayanya akan mnjd kecil dan tak berarti. Trims..

  13.  

    Saya sebagai orang jawa setuju Jika Ibukota Pindah dari jakarta ke kalimantan. karena kalimantan berada ditengah-tengah antara indonesia timur dan indonesia barat sehingga pemindahan Ibukota akan berdampak pada pembangunan daerah-daerah disekelilingnya. Kalo menurut Ilmu numerologi yang saya pelajari dari rusia, bahwa Percepatan Pembangunan dan Pemerataan Ekonomi akan terjadi dengan sangat signifikan, jika di tahun 2015 mendatang Ibukota negara sudah berpindah dari jakarta.
    Semoga Pak Jokowi dalam waktu 5 tahun ke depan Iklas, tabah, sabar, dan banyak berdoa pada Sang Khalik.Karena numerologi melihat akan adanya pejabat dan orang sekitar yang akan memberontak , DPR yang akan selalu mengganjal setiap kebijakan pemerintah, Bencana yang datang silih berganti. Namun ketahuilah Pak Jokowi.Ilmu Numerologi melihat bahwa Anda sebagai Presiden Ke 7 di Indonesia mendapat dukungan dari Alam Semesta untuk membawa Indonesia kedalam Keperkasaanya Kembali . Siapapun yang menentang dan melawan Anda, Rakyat dan Alam yang akan berhadapan dengan mereka.
    Lakukan Tugasmu Pak Jokowi. Karena Sang Khalik akan segera mengulurkan tangan untuk menolong Anda. Salam

 Leave a Reply