Saatnya Ibukota Negara Pindah dari Jakarta

Astana adalah ibukota baru Kazahstan yang ditempati pada tahun 1997. Arsitektur yang modern membuat Astana kontras dengan wilayah sekitarnya. Ibukota baru yang berhasil (photo:CNN.com)

Saatnya Ibukota Negara Pindah dari Jakarta 1

Presiden SBY mengaku terkesan dengan Kota Astana, ibu kota Kazakhstan. Kota Astana merupakan kota baru yang sengaja dibangun dan dirancang pemerintah Kazakhstan untuk dijadkan ibu kota negara yang baru dan berhasil. Tata Kota Astana dengan arsitektur modern, terlihat begitu terencana, indah dipandang serta memanjakan penduduknya.

Saat melihat kota Astana, Presiden mengaku telah membentuk tim untuk membahas kemungkinan pemindahan Ibukota Indonesia dari Jakarta. Tim sedang melakukan kajian serta meminta saran ke sejumlah pihak sebelum memberikan rekomendasi soal pemindahan ibukota.

“Empat atau lima tahun lalu, diam-diam sudah saya pikirkan, apakah saatnya Indonesia membangun kota pemerintahan Indonesia yang baru di luar Jakarta. Saya telah membentuk tim kecil untuk memikirkan pemindahan ini,” ucap Presiden saat melakukan jumpa pers di Hotel Grand Emerald, Saint Petersburg, menjelang kepulangannya ke Jakarta, Sabtu (7/9) lalu.

Dari kajian tim kecil itu, ada beberapa usulan beberapa alternatif kota yang bisa dijadikan kota pusat pemerintahan yang baru. Namun, Presiden SBY masih menutup rapat-rapat kota apa saja yang jadi alternatif. “Jangan dulu, kalau disebut harga lahan di tempat itu bisa-bisa naik tinggi. Yang jelas, tim  masih bekerja,” ujar Presiden.

Panorama Ibukota Indonesia, Jakarta (photo:budiyanto)

Saatnya Ibukota Negara Pindah dari Jakarta 2

Kini tim tersebut sedang meminta masukan ke sejumlah pihak yang dianggap kompeten. “Meminta masukan dari semua pihak angat penting sebab pemindahan ibukota merupakan pekerjaan sangat besar. Karenanya tidak bisa dilakukan dengan cepat”, ujar Jubir Kepresidenan, Julian A Pasha, di Istana Negara, Jakarta, (10/9/2013). Jika usulan ini bisa diterima publik dengan baik, pemerintah selanjutnya diharapkan melanjutkan rencana pemindahan ibukota negara.(JKGR).

Leave a Reply