Oct 232018
 

Jet tempur siluman F-35i Β© Angkatan Udara Israel via Times of Israel

JakartaGreater.com – Kantor berita Suriah, SANA telah mengungkapkan bahwa radar sistem S-300 mampu mendeteksi serta mengunci jet tempur F-35I Angkatan Udara Israel (IAF) setelah sistem tersebut dialihkan ke Suriah oleh Rusia, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Dalam beberapa hari terakhir, Israel telah mengerahkan skuadron tempur F-35I untuk terbang di sepanjang perbatasan Suriah, menjelajahi operasi sistem pertahanan udara S-300 yang canggih. Dalam proses patrolinya di sepanjang perbatasan Suriah hingga Lebanon, radar S-300 mendeteksi dan memantau seluruh perjalanan dari empat F-35.

Berdasarkan data yang diperoleh dari radar sistem S-300, jelas menujukkan bahwa itu adalah jet tempur siluman F-35 IAF. Setelah radar memonitor dan mengunci target, empat jet tempur F-35I “Adir” Israel segera menjauh dari jangkauan efektif S-300.

Fakta ini telah menyangkal semua pernyataan sebelumnya oleh para jenderal dan ahli militer Barat bahwa jet tempur F-35 tidak dapat dideteksi oleh radar yang terpasang di sistem rudal anti-pesawat yang ada saat ini.

Sebagai perbandingan, beberapa waktu yang lalu sebuah situs web penerbangan sipil FlightRadar2 juga telah melacak keberadaan jet tempur siluman Israel tersebut.

Data FlightRadar24 pada tanggal 23 Juli menunjukkan pesawat tempur siluman F-35I beroperasi di wilayah utara Israel. Militer Israel sendiri juga telah membuat beberapa hipotesis bahwa F-35I telah memaparkan data penerbangan, termasuk kegagalan pilot untuk melepaskan lokus jet tempur siluman itu.

Sumber di FlightRadar24 menunjukkan bahwa jet tempur F-35I dengan kode AF351F, lepas landas dari Pangkalan Udara Nevatim, terbang di atas Jalur Gaza dan menuju ke arah laut.

F-35I telah terbang di sepanjang pantai dengan kecepatan maksimum 1.175 km/jam, sebelum mencapai kepulauan diatas wilayah Haifa, dekat perbatasan Israel-Lebanon. Seluruh perjalanan itu berlangsung selama sekitar satu jam, sebut FlightRadar24.

Meskipun ada banyak alasan yang diberikan oleh Israel untuk menjelaskan eksposur jet siluman, namun itu tidak cukup untuk menghilangkan kecurigaan bahwa F-35I ini tidak sesiluman yang diiklankan. Dengan demikian, pertemuan F-35I dengan S-300 di Suriah merupakan tantangan yang tidak akan berani dilewati oleh Israel.

  24 Responses to “SANA: Empat F-35 Israel Kabur Setelah Terkunci S-300”

  1.  

    Siluman koq kabur?

  2.  

    bagi penggemar F35,monggo komentar di persilahkan,gak usah malu2,
    gak usah ngumpet di pojokan πŸ˜€

  3.  

    tp gak ada buktinya F 35 tertembak ..blm ada ..semua orang bisa ngomong begitu

  4.  

    biarkan waktu yg membuktikan, karna israel tidak sembarang membeli alutsista, klau mereka tdk yakin dgn ketangguhanya.

  5.  

    Berarti S300 tidak canggih.

    Katanya S300 udah ngunci, tapi kok F35 masih bisa kabur ?

    Artinya F35 sangat canggih karena masih bisa lolos kabur walaupun udah dikunci.

    •  

      Lha F-35 maen di zona aman, diujung jangkauan radar S-300 sehingga bisa kabur begitu merasa terancam πŸ˜€ kan tujuannya cuma mau buktikan teori sales AS bahwa itu pesawat siluman, ternyata beneran sluman-slumun jadinya πŸ˜› wkwkwkw

      Yang mesti bung @TN prihatinkan adalah bagaimana kondisi psikologis dan detak jantung para pilot F-35i Israel saat sadar koq Siluman bisa terkunci sistem “remehan” seperti S-300 lho…

    •  

      mengunci kan tidak harus menembak… dan itu jauh lebih maut bagi pemiliknya…

      kalau dikunci terus ditembak mereka akan menunjuk Russia bersalah… ini masalah perang psikologi, dan dalam hal ini sudah cukup membuat F-35i menjadi pembelian sia2…

    •  

      Emang kalo sdh d kunci trs g bisa terbang ya…. tanpa d tembak jatuh donk… hehehe

    •  

      halahh bung TN..f35 secanggih sejagat..pemilik aji halimun sluman slumun kok kaburrr..kemaren sesumbar..kok sekarang kucing2an..atuuttt yaaa…xixixixixii

    •  

      Sering2 nonto film perang dong bosku, jgn sinetron bae… Udah terkunci kl tombolnya ora di pencet mana pelurunya mau keluar

    •  

      Lho bung Lingkar iki piye toh ?

      Coba kalo bung Lingkar dan bung Yuli dalam kamar mandi trus itu kamar mandi saya kunciin dari luar, trus lampunya gue matiin, gimana bung Yuli dan bung Lingkar bisa keluar tanpa bantuan orang lain ?

      Lagipula ngapain hayo bung Lingkar dan bung Yuli berdua di dalam kamar mandi (jangan ngeres gitu mikirnya, kamar mandinya ada dua)

      ????

      •  

        nah kan… analogikanya ngga sinkron…

        bagaimana menganalogikan F-35 dengan kamar mandi???
        lampu mati??? ah bung TN PHD ini memang ngeres…

        dimana2 kalau pespur di lock itu pasti ada bunyi2an seperti ini…
        titit… titit… titit…. makin lama makin cepat…. tititititititititititititit….

        itu seperti orang mau maling ketahuan… langsung ngabur kalang kabut bagai kentut…

        ngga tahu kalau sekarang mungkin bunyinya beda… seperti gadget modern mungkin warningnya seperti anak alay yang aneh2… F-35 kan canggih jadi pasti punya menunya… ya mirip2 ringtone lah

      •  

        Wah, berarti kemarin yang merampok dan menyekap kami berdua di kamar mandi adalah bung @TN dong ya? πŸ˜€ hahaha… ketahuan…

  6.  

    Ini S300 loh,S400 mungkin rontok hohoho

  7.  

    Wakakakakakak…ngakak..siluman kampret terbang

  8.  

    Oke fix. Pak RR, Indonesia tggal pasang s300 aja di kupang, jogja, n batam buat handel siluman tetangga…

  9.  

    Kwokwokwok ….. Silumannya ngacir

    😎

  10.  

    Biasa siluman rubah sok sakti, ketahuan sun go kong pasti ngacir terkencing kencing

  11.  

    F35i Adir – the Unique Modifications of F-35A Lightning II

    https://www.youtube.com/watch?v=OO_UKMC_wd0

 Leave a Reply