Mar 292018
 

Menurut Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, Penemuan granat mortir ini adalah hasil kerja sama Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil dengan masyarakat untuk meningkatkan stabilitas dan kedaulatan Lebanon.

Lebanon Selatan, Jakartagreater.com – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Kontingen Garuda (Konga) XXIII-L/United Nations Interim Forces In Lebanon (Unifil), kembali menemukan Unexploded Ordnance (UXO) yaitu bahan peledak aktif berjenis granat mortir pada Selasa 27 Maret 2018 di Area Of Responsibility (AoR) Kompi C, wilayah Az-Zakiyah, Lebanon Selatan.

Menurut Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P., penemuan ini merupakan yang ke empat kali di AoR Indobatt selama 4 bulan ini. “Penemuan ini merupakan hasil kerja sama dan hubungan baik Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan stabilitas dan kedaulatan Lebanon

UXO tersebut ditemukan oleh Tim Quick Reaction Team Kompi C Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil dipimpin oleh Kapten Mar Taufiq Hidayat, yang berawal dari laporan warga masyarakat setempat setelah melihat benda mencurigakan dan melaporkan kepada piket Tactical Operations Center (TOC) Kompi C, jam 14.50 waktu setempat.

Setelah dilakukan observasi oleh Tim QRT Kompi C, diduga benda tersebut adalah UXO berjenis granat mortir yang berasal dari sisa konflik beberapa tahun yang lalu. Selanjutnya, TOC Kompi C segera melaporkan penemuan tersebut kepada TOC Markas Batalyon Indobatt yang berada di 7-1 Adchits Alqusayr untuk di tindaklanjuti ke Markas Sektor Timur.

Selanjutnya UXO tersebut diamankan dan segera dimusnahkan oleh Tim Explosive Ordnance Disposal dari Lebanese Armed Forces di bawah pimpinan Letnan Umar Falattah bersama 3 orang anggota yang datang untuk melokalisir tempat penemuan.

Menurut Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P., penemuan ini merupakan yang ke empat kali di AoR Indobatt selama 4 bulan ini. “Penemuan ini merupakan hasil kerja sama dan hubungan baik Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan stabilitas dan kedaulatan Lebanon,” ujarnya.  (Pen Konga XXIII-L/Unifil)

  3 Responses to “Satgas Indobatt Temukan Granat Mortir di Az-Zakiyah”

  1.  

    .. dor

  2.  

    BTR-82 lagi malu2 kucing di foto

    inget ya anak-anak kalo ada barang mencurigakan jangan dipegang2
    jgn dicontoh kak Huha dan kak Aming setiap ada tonjolan dan yg menonjol selalu dipegang2.

  3.  

    Sesekali berita yg mengemparkan dan mengembirakan napa, misal anggota satgas Indobatt yg lajang mempersunting gadis Lebanon untuk diboyong ke tanah air setelah usai penugasan!he3. Biar rame koment berita ttg Indobatt yg selalu sepi yg komen.he3.ngawur.com

 Leave a Reply