Agu 032018
 

Kedatangan pasukan Satgas Kebakaran, Hutan, Kebun, dan Lahan ( Hutbunla) dari Brigif 6)Kostrad ini, dibagi menjadi dua kelompok terbang, tiap-tiap lelompok berjumlah 100 personel dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU.

Palembang, Jakartagreater.com – Dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Jakarta dan Palembang, pemerintah pusat melalui TNI AD mengirimkan bantuan personel pengamanan sebanyak 200 prajurit dari Brigade Infanteri 6 (Brigif 6) Kostrad, yang tiba  pada  Seasa 31 Juli 2018 di Bandara SMB II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Mereka akan bertugas sebagai anggota operasi Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutbunla (Hutan, Kebun, dan Lahan) yang melanda di sejumlah wilayah di Provinsi Sumsel.

Pasukan Satgas Kebakaran Hutbunla ini diterima langsung oleh Komandan Satgas kebakaran Hutbunla Provisi Sumsel, yang juga menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E., bertempat di Bandara SMB II Palembang. Kedatangan pasukan ini dibagi menjadi dua kelompok terbang, masing-masing berjumlah 100 personel, menggunakan pesawat Hercules TNI AU.

Dalam amanat Pangdam II/Sriwijatya Mayjen TNI Irwan, S.IP., M.Hum yang dibacakan oleh Dansatgas Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. pada upacara penyambutan, menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Sriwijaya kepada para prajurit Brigif 6 Kostrad. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami menerima Satgas perkuatan pasukan dari Mabes TNI AD, yakni satuan Brigade Infanteri 6 Kostrad sebanyak 200 orang prajurit,” ucap Dansatgas.

Sebagaimana kita ketahui, lanjutnya, wilayah Provinsi Sumsel merupakan provinsi yang dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan Asian Games XVIII tahun 2018. Sebagai tuan rumah, tentunya kita ingin perhelatan olahraga terbesar di Asia ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sukses terbebas dari segala bentuk hambatan dan gangguan yang dapat mengganggu jalannya kegiatan tersebut, salah satunya adalah gangguan asap akibat kebakaran.

“Tugas kalian adalah bersama-sama dengan Subsatgas Darat Kebakaran Hutbunla Provinsi Sumsel dalam membantu mempercepat proses pemadaman kebakaran hutan, kebun, dan lahan di wilayah Sumsel. Kalian akan ditempatkan dan ditugaskan di sejumlah pos titik rawan terhadap kebakaran, khususnya di 4 kabupaten yaitu Kabupaten OKI, Ogan Ilir, Banyuasin, dan Muara Enim,” terang Pangdam II/Sriwijaya dalam amanatnya.

Tugas ini sama seperti tugas operasi yang dilaksanakan satuan TNI. Untuk itu, laksanakan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, kesungguhan, dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Kerahkan seluruh daya, upaya dan kemampuan yang kalian miliki, agar harapan Sumatera Selatan terbebas dari kabut asap dapat terwujud.

“Saya yakin, dengan berbekal pengalaman, kemampuan, dan keterampilan yang dimiliki serta semangat pengabdian sebagai prajurit profesional, kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Pimpinan TNI, masyarakat, bangsa, dan negara untuk menanggulangi  kebakaran Hutbunla di wilayah Sumsel dapat terlaksana dengan baik.

Keberhasilan tugas ini menjadi pertaruhan bagi kredibilitas dan harga diri satuan, bangsa dan negara,” pungkas Mayjen TNI Irwan, S.IP., M.Hum. (tniad.mil.id)

Bagikan:

 Leave a Reply