Mar 272019
 

Satgas Yonif Raider 321 Kostrad sudah menyiapkan tempat air bersih, sabun cuci tangan yang digunakan sebagai media untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga sumber air dan pemanfaatannya bagi kehidupan.

Nduga, Papua, Jakartagreater.com   –   Ditengah maraknya kegiatan hari air sedunia yang digelar diberbagai tempat yang bertujuan menarik simpati publik untuk mengetahui betapa pentingnya air bagi kehidupan, Satgas Yonif Raider 321 Kostrad mempunyai cara berbeda untuk memperingatinya.

Pagi-pagi sekali anggota Satgas Yonif Raider 321 Kostrad dipimpin oleh Letda Ckm dr. M Barkah sudah menyiapkan tempat air bersih, sabun cuci tangan dan bahan lainnya yang digunakan sebagai media untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga sumber air dan pemanfaatannya bagi kehidupan.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan secara detail tentang air yang bermanfaat apabila dikelola dengan baik dan air yang bisa menyebabkan malapetaka apabila lingkungan tidak dijaga seperti yang baru terjadi kepada saudara kita di wilayah Kab. Jayapura yang banyak menelan korban jiwa karena banjir bandang.

Tidak sampai disitu, selesai menjelaskan anak-anak masyarakat Nduga kemudian diajak untuk praktek “Cuci Tangan 6 Langkah” sebagai salah satu pemanfaatan air bersih.

Program yang merupakan salah satu kampanye WHO untuk kebersihan diri berupa tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman.

Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).

Kegiatan tersebut mendapat respon yang baik dari masyarakat hal tersebut terlihat dari antusiasme masyarakat mendengar penjelasan dan anak-anak kecil yang bersedia untuk diajari secara langsung membersihkan tangan dengan air bersih yang sudah disiapkan.

(Penkostrad)