Mar 122017
 

Helikopter AH-64E Apache. (© Wikipedia)

The Mission and Installation Contracting Command–Fort Bragg (MICC-FB) dalam mendukung United States Army Security Assistance Training Management Organization (USA-SATMO) mengumumkan persyaratan kontrak layanan non-personal pada tanggal 10 Maret 2017, untuk menyediakan Tim Lapangan Bantuan Teknis (Technical Assistance Field Team/TAFT) Helikopter Serang AH-64E Apache Tentara Nasional Indonesia.

Pemenang kontrak harus menyediakan seluruh personil, peralatan, persediaan, transportasi, alat, bahan, pengawasan, dan barang-barang lainnya serta jasa non-personal yang diperlukan sesuai persyaratan TAFT AH-64E TNI di Indonesia, sebagaimana didefinisikan dalam Performance Work Statement (PWS).

Baru-baru ini, TNI membeli delapan unit Helikopter Serang AH-64E Apache sebagai bagian dari upaya modernisasi TNI Angkatan Darat. Helikopter AH-64E tersebut akan ditempatkan di Pangkalan Udara Semarang.

Pusat Penerbangan Angkatan Darat tidak memiliki keahlian dan pengalaman dalam pengoperasian dan pemeliharaan AH-64E. Oleh karena itu, USA-SATMO akan mengirim tim TAFT guna memberikan pelatihan informal, keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang diperlukan untuk membantu TNI dalam membangun kemampuan organik mereka dengan tujuan akhir membangun kapasitas secara mandiri dengan AH-64E.

Saat ini, Prajurit TNI Angkatan Darat mengikuti pelatihan di Amerika Serikat, yang dikoordinasikan oleh SATFA dan TRADOC melalui FY19. Prajurit TNI Angkatan Darat akan menerima kemampuan aplikatif setara dengan pelatihan Military Occupational Specialty Amerika Serikat.

Tujuan keseluruhan TAFT adalah membantu TNI dalam membangun kesiapan misi menggunakan Helikopter Serang AH-64E dengan instruktur pilot yang terlatih dan mendukung pemeliharaan pribadi.

Sumber: Dgmarket.com / Lancercell.com

Bagikan Artikel:

  48 Responses to “SATMO Siapkan Tim untuk Memberi Bantuan Teknis Helikopter AH-64E bagi TNI”

  1. tes

  2. SATMO ini abangnya MUKIDI.?

  3. weh,….komen ambo kamaa ko ?
    apa kena ecm sayap delta dimensi sembilan ?

  4. Tigaxx :mrgreen:

  5. kpan di kirimnya, dan apakah lengkap dgn gotonganya..

  6. Bagus….. Lancrooootken

  7. Katanya Indonesia beli 96 unit Apache.. soalnya Helm nya ajah ada 300 unit..

  8. Tahun ini HUT TNI 72 sudah ada Apache

  9. Beli banyak helm apache buat apa ya ?
    Masa apache nya 8 unit helm nya 300 unit ..

  10. Kemaren yg brgkat cm 4 penerbang dr semarang, mgkin baru 1 yg jadi he.. .he.. .

  11. Knp masih aja jawa sentris ya?..kan panglima tni sdh mengatakan semua alutsista yg baru aka disebar ke seluruh penjuru tanah air. Jika hanya di pulau jawa, terus pulau2 lain blm bs merasa tenang jika belum di tempatkan bbrp alutsista canggih dan modern di kota mrk, hanya di jaga prajurit tni blm lah cukup, hrs ada heli atau pesawat logisti, sar dan lain2, itu akan sangat membantu mrk!!, salam

  12. Baru-baru ini, TNI membeli delapan unit Helikopter Serang AH-64E Apache

    Ditunggu barang datang, siapa tau ternyata AKAN

  13. Ada tot nya ga?

  14. Kok bisa cepet deal pembeliannya? Kalo sukhoi 35 terhambat masalah TOT ?

    • kyknya apache prosesnya udh lama..awalnya dibahas sblm 2012..thn 2012 muncul uu no16/2012….gogling aja isinya uu tsb…stelah itu terbentuk tim KKIP……hal ini yg mempersulit pembelian alutista karena salah satunya adanya keharusan /kewajiban alih tehnologi……pembahasan SU-35 setelah KKIP terbentuk..otomatis pembelian alutista harus sesuai uu no16/2012..krn itu pembelian alutista di thn2 sebelumnya bisa lbh cepat…krg lbh begitu..

  15. Tumben, para embargo mania belum keluar komennya ?

  16. Wah sudah sampai tahap training pilot rupanya. Berarti sudah bukan AKAN dong. Hehehe
    Padahal serasa baru kemarin kata2 akan itu muncul.

  17. he he he,, mencerahkan koment saya kemarin,,
    bahwa apache pesanan sebelumnya belum datang..
    tapi sekarang kondisinya mau datang ha ha ha

  18. akhirnya cuma di TNIAD lah musuh bebuyutan bisa satu rumah Mi-35 & AH-64e

    gak sabar duet maut di ultah TNI

  19. seandainya beli KA-52 aligator mungkin ini lebih sebanding dengan AH-64e di bandingkan kan heli serang plus angkut Mi-35

  20. mohon bila berkenan menyertakan link asli ya Sir Rohman. Nyari data yang kumplit dan translate nya lumayan sulit ini. hehehe. Terima Kasih.

  21. Apa ada jaminan anti embargo jg penekanan hy bs dipake untuk misi tertentu aja? Kyk dulu bs beli tapi gak bs dipake perang karena diatur2 penggunaannya seperti beli tapi serasa minjam!

 Leave a Reply