Aug 082016
 

Lagi-lagi seorang Warga Negara Indonesia (WNI) diculik kelompok bersenjata di perairan Malaysia. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, korban merupakan kapten kapal berbendera Malaysia.

“Kita sudah dapat kabarnya sejak tanggal 4 Agustus, korban adalah WNI kapten kapal penangkap udang di kapal berbendera Malaysia dan kejadian di wilayah perairan Malaysia,” ujarnya, Minggu (7/8), seperti dikutip dari Antara.
Lebih lanjut Iqbal menjelaskan, kelompok bersenjata hanya menculik satu orang, sementara tiga orang Anak Buah Kapal (ABK), dibebaskan. Tim Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur dan Konjen RI di Kota Kinabalu sudah melakukan kordinasi dengan pihak otoritas setempat, termasuk dengan Filipina.

“Sejumlah info terkait proses dan pelaku penyanderaan masih berbeda satu sama lain sehingga kita masig melakukan verifikasi lebih lanjut,” lanjutnya.

Informasi sementara yang diterima para penculik hanya membawa kapten kapal dan langsung meninggalkan lokasi dengan cepat. Sementara itu tiga orang ABK yang dibebaskan saat ini sudah berada di Sandakan untuk dimintai keterangan.

 Posted by on August 8, 2016

  36 Responses to “Satu Lagi WNI Diculik Kelompok Bersenjata di Perairan Malaysia”

  1.  

    TNI harus membuktikan mampu menghajar para penculik & membebaskan sanderanya..dgn menyandang predikat passus terbaik di dunia, maka sangat berat beban TNI untuk membebaskan para sandera dgn cara apapun.!!! TNI harus sering ikut ops rahasia di luar negeri biar terampil & ahli untuk persiapan perang dunia 3. Hahahaha..

    •  

      paling petinggi jawabannya kita menunggu pemerintah filipina..itu kedaulatan filipina..capek dengernya… negara tidak bisa menjamin keselamatan rakyatnya…punya tentara cuma dipakai pertahanan saja.

  2.  

    kenapa yg diculik wni? sedangkan abk lainnya nggak?

    •  

      Jawabannya mudah, karena kita suka nebus sandera pakai uang sehingga mereka ketagihan. Jadi logikanya apa yg dibilang oleh pimpinan kita bahwa kita tidak nebus sandera adalah omong kosong. Buktinya penyanderaan makin marak. Kita mudah trenyuh dg tampilan keluarga sandera di tv yg merengek pd pimpinan utk segera dibebaskan. Kalau yg disandera keluarga kita memang sakit, tapi segala sesuatu ada batasnya dan ada resikonya. kita berangkat kerja kepasar saja dalam perjalanan dapat ditabrak mobil dan mati, jadi resikonya sama saja, mati adalah takdir.

  3.  

    Memang harus sekali – kali TNI menunjukkan ketegasannya..agar mereka yang punya niat menculik WNI bisa berpikir 100 ribu kali karna nantinya harus berhadapan dengan TNI.

  4.  

    TNI hanya mengikuti perintah PANGLIMA TERTINGGI saja …

    mereka bukan organisasi cair yang bertindak sesuka hati, prajurit bertindak sesuai arahan komandan, komandan bertindak sesuai arahan pimpinan, pimpinan bertindak sesuai arahan Panglima TNI dan Panglima TNI sesuai arahan PRESIDEN …

    presiden ?

  5.  

    heran aku.. adakah nuansa politik di balik semua ini..?

  6.  

    Tu kan udah keterlaluan masak wibawa Negara Hilang dengan 5 kali Penyanderaan,apa langkah konkret pemerintah masak setiap bulan 1 per 1 warga kita diculik, kemaren saja Kita mengatakan lebay terhadap Amerika Dan Inggris krn mengirimkan pasukan khususnya utk melindungi Atletnya nah sekarang gimana peran Negara ini dalam melindungi warga nya di luar negeri masak dalam 6 bulan sudah terjadi 5 kali penculikan didaerah yg sama, bahkan sudah spesifik menyasar WNI

    •  

      wah bung, ini juga kesalahan malon yg tidak bisa menjaga keamanan wilayahnya dgn baik… jelas2 tertulis “Perairan Malaysia”, berarti Malon yg krjanya gk bener, lha wong itu daerah teritorial mereka… insiden ini merusak nama baik Malaysia (yg sebenernya udah rusak sih… hehe) karena terbukti tidak mampu mengamankan wilayah sendiri ^^
      bravo malon #sarkasme

  7.  

    Malon hebat bender, nggak bisa jaga wilayahnya sampe2 WNI diculik… lha wong kalau sdh d daerah mu ya jadi tanggung jawabmu tho… peristiwa ini amat memalukan bagi malon yang nyatanya tidak bisa menjaga keamanan wilayahnya smp WNI brhsl diculik… bravo Malon

    ps. jarang2 saya pake sarkasme… hehehe

    •  

      Dilogika aja deh… ntu kapal sdh disebutkan tho kalau pakai bendera Malaysia… jadi ya pemerintahmu ngaku ntu kapal diperbolehkan berlayar d wilayah teritorial malon… kalo smp diculik y berarti pemerintahmu yg gak becus ngejaga wilayah teritorialnya… faham?
      duh, angel dah berlogika sama beruk

  8.  

    Waduhhh abu sayton jadi ketagihan ini…nyulikin wni terus!!!!Pemerintah Ga boleh Tinggal diam…Harus ambil sikap tegas!!!!

  9.  

    Yang jelas terjadi di perairan Malaysia ,sebagaimana sebelum sebelumnya ,tak satupun warganegara Indonesia yang di culik dari wilayah perairan Indonesia. Artinya TNI ALdalam hal ini patut di beri dua jempol sementara TLDM Malaysia telah gagal menjaga perairannya sehingga terjadi penculikan. Minta Pemerintah Malaysia tanggung jawab. Mereka cuma punya kapal Bunga Mas (kapal peti kemas bekas yang di robah jadi kapal pengawas perairan) .Dan ternyata tidak mampu melindungi perairan yang di jaganya.
    Karena ketidak mampuan tersebut maka TNI harus masuk ke perairan Malaysia untuk patroli.

  10.  

    Seharusnya bebaskan sandera jangan pakai uang, kelompok teroris tersebut ketagihan. Tembak mati kelompok teroris pakai sniper saja

  11.  

    lebih bagus sandera saja 100 jt wni…..modar loe…
    ha ha ha

  12.  

    Aroma keterlibatan penguasa malon dengan abu sarrap sangat kuat dlm drama penyandraan2, ini sudah politik persempadanan yang kotor dilakukan malon, indonesia harus main cantik disini jangan main tebus aja, abu sarrap dapat tebusan malon memperkeruh perbatasan laut yang akhirnya ada jedah waktu panjang untuk memainkan perbatasan dan akhirnya mengklaim wilayah yang abu2. Waspadalah wahai penjaga NKRI

  13.  

    pak Kivlan emang siapa yg janjiin misaya jd gubernur di Sabah?

  14.  

    Saya kok jadi heran ya, ada apa dengan perairan Malaysia itu???
    Punya tentara yg katanya “terkuat dikawasan” tp kok masih ada perompak.
    Dah lah kalau gitu segera dijalankan perjanjian patroli bersama itu, kelamaan malah semakin banyak ntar korbannya..

  15.  

    Ada proses pembiarankah oleh Malon..? Jadi kangen pak Harto dengan Jendral LB. Moerdani..walaupun konstitusi Thailand jg melarang pasukan asing..tp toh pak Harto dan LB Moerdani dpt menekan raja Thailand untuk dapat mengijinkan passus kita untuk raid di Thailand pembebasan DC 10 Woyla..lah ini 5 kali diculik blm bisa jg menekan Philipin untuk dapat pasukan kita raid disana..kita tdk dpt menyalahakan prajurit krn mrk hanya melaksanakan perintah pimpinan..harusnya pimpinan yg berani ambil keputusan untuk menjaga harkat dan martabat bangsa

  16.  

    Beritanya sdh heboh d warung lain, ada yg aneh knp yg di sandera cm warga wni, sedangkan abk yg lain berkewanegaraan malaysia di bebaskan, jangan2….?

  17.  

    Gue kecewa sama malaysia yg katanya punya pasukan “TERJAGUH”di kawasan gue jadi curiga jangan-jangan cuma jaguh menembak pohon pisang

    Edisi komentar kekecewaan (dalam mimpi)

  18.  

    For Xiaomi Yi Waterproof Case 40M Underwater Diving Sports Waterproof Box For …. Original F60 / F60R Action Camera 4K WiFi 2.0 LCD 170D Lens Sport

  19.  

    ada ya negara hebat nggak bisa jaga kedaulatannya sendiri… ada y negara hebat yg pm-nya sampai bilang ASEAN is nothing without Indonesia. .. ada y negara hebat tentaranya pingsan gegara matahari… ada y negara hebat yg gak berani berdiri sndr tnp FPDA yg scr tdk langsung mengakui dirinya tdk bisa berdiri sendiri. .. ada ya negara HEBAT yang mantengin formil negara lain dan nyari ribut… ada ya negara INTELEKTUAL yang nggak sanggup bikin formil sendiri krn gk ada yg bisa dibanggakan dan akibatnya mantengin n nyari ribut di formil negara lain
    Mendingan lo balik ke kandang lo aja sana, hus hus
    ps. ada y negara yang ngakunya serumpun & seagama tapi nusuk dari belakang (inget aceh&ambalat) & maling budaya negara lain… ngakune kanca.. kanca opo coba? KANCA BOSOK

  20.  

    Diplomasi tahu tempe ala Indonesia,
    Tebus lg ja pak, dri pada nunggu izin dr Filipina kelamaan, tkutnya di dor duluan sanderanya.

  21.  

    Ini pasti kerjaan askar malingsial yg miskin…. 😆

  22.  

    Gimana neh malaysia, bisa jaga perairan nya sendiri tidak??!!!

  23.  

    Lhaa,, dsar orng nggk tau malu, bgini sudh, bisanya cuma ngeyell, memng pntas media Amerika S. mnmptkn negaramu sbgai ngara trjaguh sekawasan.

  24.  

    TLDM ada dimana, kenapa mesti di perairan Malon. Cakap mereka jaguh,

  25.  

    Serbu palamuu……