Apr 092013
 

1 miliar dukungan kopassus

Pro kontra konstruksi hukum  atas Kasus Penyerangan LP Cebongan terus bergulir bak bola salju. Meskipun 11 Anggota Kopassus dinyatakan terlibat penyerangan LP Cebongan, namun dukungan masyarakat atas tindakan mereka terus bergema di masyarakat.

Saat ini sedang ramai munculnya gerakan ‘Satu Miliar Dukungan untuk 11 Kopassus’ di Facebook.  Admin fans page mengaku membuat gerakan ini untuk memberikan dukungan pada 11 anggota Kopassus  agar tidak dihukum.

“Yuk ramai-ramai dukung 11 Kopassus pembersih Sampah masyarakat di LAPAS CEBONGAN agar tidak dipidanakan tapi diberi penghargaan. Like dan sebarkan ya!!” tulis Admin. Fans page ini dibuat Kamis (4/4) lalu, setelah ketua tim investigasi Mabes TNI merilis pelaku penyerangan adalah 11 anggota Kopassus.

Hanya dalam waktu 5 hari, gerakan ‘Satu Miliar Dukungan untuk 11 Kopassus’ sudah  mencapai 43.000 orang dan angka ini diperkirakan akan terus membesar dengan cepat.

Kebanyakan mereka yang mendukung gerakan ini, menyetujui aksi Kopassus  yang menghabisi preman.

“Hidup kopasus berantas premanisme. Sekalian berantas yang bersembunyi di balik HAM. Memangnya preman kenal HAM. TNI terus jaya, jangan mundur dengan gertakan HAM,” tulis salah seorang pendukung bernama Wayono.

Rina Veronica: dari dulu HAM udah gak bener……,gak jelas lagi buat siapa lembaga ini ada dan untuk apa…., bisanya cuma obok2 negri sendiri. Emang sdh saatnya lembaga kayak gini dihancurkan….!!! gak nasionalis blazzzz…..(dasar anteknya yahudi….dan sekutunya sehhhh)
Wiwied Setiyad:i ingat kawan msh 6 preman lg y blm ktangkep,ham kok diam aj,jgn cm mjokin kopassus trs,tuh y 6 diurus,tangkep dihukum mati negara,cocok tuh,kburu ad pluru nyasar diotak ke6nya trus nyalahin sang KSATRIA lg
Rudy Mujianto: KOMNAS-HAM & KONTRAS = NOTHING & BULLSHIT … They can’t protect people from the crimes & public enemies, they can’t serve the country when it has attacking from the outsider & the insider enemies…they can TALK ONLY …. viva KOPASSUS viva TNI & POLRI viva All Indonesian Special Force … people need STREET JUSTICE for all the kind of public enemies….just kill them all
1 juta dukungan kopassus
 

Sehari kemudian Jum’at 6 april 2013 muncul lagi sebuah Akun GroupFacebook mengangkat aksi gerakan 1 juta dukungan terhadap 11 anggota Kopassus yang terlibat atas aksi penyerangan lapas cebongan.

Group social media facebook tersebut beralamatkan di http://www.facebook.com/pages/1-Juta-Dukungan-Moril-Anggota-Kopassus-Yang-Menyerang-Lapas-Cebongan/356879614433207?ref=stream dan telah mendapatkan  dukungan  8798 like serta mendapat tanggapan positif dari pengguna social media facebook lainnya

Dalam halaman tersebut disebutkan 7 poin yang diklaim sebagai aspirasi masyarakat Jogjakarta, ketujuh poin tersebut pada intinya mendukung aksi 11 kopasssus pada lapas cebongan beberapa waktu yang lalu.

Inilah 7 poin yang menjadi inti dari gerakan 1 juta dukungan moril terhadap 11 anggota Kopassus pada halaman social media facebook tersebut :

Solidaritas untuk 11 prajurit Kopassus yg terlibat penyerangan cebongan.

Kami warga masyarakat jogjakarta secara khusus menyatakan :
1. Meng-apresiasi atas tindakan atas kejujuran 11 parjurit kopassus u mengakui sbg tersangka dlm kasus lapas cebongan.

2. Sbgn besar masyarakat jogjakarta tdk peduli dgn kematian ke 4 preman yg dieksekusi bhkan sgt senang jika ke 4 preman itu lebih baik mati daripada buat resah warga jogja.

3. Kita sbg wrg jogja juga lebih paham! lebih tahu! Tentang ke 4 preman dan anggota2 lainnya, yg mereka preman residivis yg sll buat anarkis,mabuk2an,pemalak, dan pembunuh berdarah dingin, pemerkosa serta terlibat kasus narkoba u tempat2 hiburan malam.

4. Mengecam keras upaya dan usaha yg berlebihan super reaktip dari pihak KOMNAS HAM , Kontras maupun sebagian anggota DPR yg seakan2 lebih membela kepentingan ke 4 preman itu dgn mati-matian. Dgn dalih ini kasus pelanggaran HAM berat. Padahal Yg seharusnya mereka urusi adalah urusan lain yg lebih penting u kepentingan masyarakat, daripada ngurusi kepentingan preman2 tengik itu.

5. Padahal Pelanggaran HAM kpd masyarakat jogja secara khusus Yg dilakukan oleh ke 4 preman dan anggota2nya lebih besar dibandingkan tindakan yg dilakukan 11 prajurit kopassus. Tapi kita liat mereka org2 Komnas HAM dan antek2nya diam seribu bahasa terhadap pelanggaran yg diperbuat preman2 itu kpd masyarakat Jogjakarta.

6. Justru dgn kematian ke 4 preman itu jujur membuat masyarakat jogja dan sbgn besar pelajar mahasiswa merasa aman & tdk terintimidasi.

7. Kpd para anggota DPR pusat ataupun reporter media manapun apapun silahkan u mensurvei u dimintai pendapat kpd ratusan ribu bhkn sejuta Warga jogjakarta sekitarny dari tingkat RT RW dukuh lurah camat bupati dan dari berbagai kalangan pegawai negeri maupun swasta, pedagang, dan para pelajar serta mahasiswa sbgn besar yg mereka inginkan adalah JOGJA AMAN TANPA PREMANISME. SILAHKAN KELUAR JOGJA JIKA HANYA MENJADI PREMAN DIJOGJA.

Gerakan Social Media

Ramainya tanggapan positif masyarakat atas akun FB tersebut, menunjukkan masyarakat mulai tidak percaya dengan sistem hukum yang ada di negeri ini. Situasi seperti ini sebenarnya mengerikan. Apa jadinya jika jutaan orang mendukung aksi tersebut. Sistem hukum di Indonesia bisa dikatakan tidak dipercaya oleh rakyat dan sedang mendekati lembah Failure State.

Dengan adanya social media, masyarakat bisa berekspresi menyampaikan  pendapat mereka yang bisa bertentangan dengan sistem hukum yang ada.  Dan betul, kali ini pendapat masyarakat itu (rasa keadilan) bertentangan dengan rasa keadilan yang dibangun pemerintah dalam sistem hukum Indonesia.  Hal ini terjadi, tidak lain karena rasa keadilan masyarakat via social media tidak satu frekuensi dengan rasa keadilan yang ditegakkan oleh para aparatur hukum. Sebuah tantangan yang berat bagi pemerintah. (JKGR).

  25 Responses to “Satu Miliar Dukungan untuk 11 Kopassus”

  1. model verita kayak kasus nasu..jangan2 ini orang suruan anasu..

  2. “DARK JUSTICE”

    Serial tahun 1980-an, mungkin agak mirip dengan kasus ini. meski tidak persis 100%

    Namun yang dilakukan oleh Kopassus ini saya anggap AGAK KETERLALUAN, karena terjadi PENERORAN di lembaga kepemerintahan yang seharusnya mereka lindungi.

    kalau terjadi di JALANAN mungkin akan berbeda ceritanya.

    apalagi sebelumnya ada gaya “RAMBO” First Blood keroyokan di OKU

    itu hanya pandangan saya sebagai orang awam.
    kalau pandangan saya yang bukan orang awam beda lagi…..

    • Kalau bukan masyarakat awam gimana Mr melekteck hehehehe..
      KANGEN GAK NGGODAIN SAMPEAN..
      Btw apa kita pernah bertemu di cengkareng yaa pd thn 2007 saat sama sama mencari tiket ke sby sampai jam 12 malam saat liburan sekolah..
      Sebab ane barengan sama siswa seskoal asal sby saat itu

    • he…he…mas Satrio…jadi malu nieh…

      saya bukan orang TNI mas satrio, saya hanya kerja di Juanda saja.
      dan juga sering ke kodikal di perak sana.
      dari situ saya kenal mereka dari kelas bawaaaah sampai kelas ataaaas.
      dari cerita yg aneh aneeeeh sampai cerita yang puuuanassss sekali, sampai ngak bisa tidur 7 hari

  3. bgm nih…..tentang pesawat tanpa awak (drone) yg jatuh di daerah indonesia bagian timur…..beberapa bulan ke belakang……beritanya off the record…..mungkin lg di pelajari ilmuwan…anak bangsa……pertanda bahwa terutama TNI…emang sedang jadi sasaran tembak bangsa BULE….mereka trauma akan kebangkitan alutsista tni…sampe2 ada atap genteng digunakan (shelter)…untuk parkir…hantu laut…katanya sih s-300 malah dikasih s-400……..jiwa korsa tni…..i love u fulllllllll

  4. VIVA For TNI………..

  5. orang warassssssss……………..butuh rasa aman……………………….dimana saja……………POLISI…..ah aballllllllll………hidup KOPASSUS…………KOMANDO

  6. rasa2nya kok emang ad suatu konspirasi rahasia yg berusaha memojokan TNI sbg pilar pertahanan rakyat..
    klo TNI terus direcokin hal gnian, kesempatan pihak luar utk melancarkan aksinya menggantu kedaultan republik.

    Banzai TNI..

  7. ni orang kayanya cinta bgt ma pa harto

  8. Posting di Kompasiana bukannya menjelaskan malah membuat kusut, jika memang merasa dikorbankan ya buka tuntas saja masalahnya, kapan lagi kalau tidak sekarang? Jangan malah menghidupkan situasi/suasana konspiratif tanpa bukti…

    Saya pikir masalah ini juga jangan digoreng terus, mari kita sama2 menahan diri, karena sudah ditangani yang berwenang.

    Peristiwa Cebongan adalah masalah pribadi (khususnya menyangkut U, yang merasa berhutang nyawa pada mantan atasannya yang dibunuh dengan keji secara pengecut) dan manusiawi sekali, karena U bukan robot yang tidak memiliki hati.

    Sebagai korps Kopassus telah menempa diri dengan sangat keras demi tugas ibu Pertiwi yang memiliki tingkat kesulitan dan resiko (nyawa) tertinggi, yang tidak mampu dilaksanakan prajurit lain.
    Sangat melecehkan jika Kopassus di-kait2kan terus dengan preman apalagi petrus, tolong dihargai sebagaimana mestinya.

    Tikus cukup ditangani kucing, tidak perlu macan!

  9. haha.. ini cuman cerita buatan orang2 kontras berharap moral prajurit Komando Pasukan Khusus jatuh. perlu anda tau Itto semua prajurit Komando tau kalo teman mereka yang menyikat 4 preman ini dan mereka semua bangga dengan 11 orang rekan mereka, dan semua prajurit TNI juga bangga dengan mereka juga, terakhir bahwa rakyat Indonesia yang memang cinta Indonesia bangga dengan mereka walau mereka membabat 4 orang itu.
    jadi just tell your donatur never try to attack indonesia with your media power like you used to.

    PS. sebelum ini Grup 1 juga menghajar kepala preman di Serang Banten dan semua orang Serang dan sekitarnya berterimakasih karena kepala preman yang belagu berani2nya masuk ke markas Grup 1 dengan alasan minta maaf serasa tahan peluru mampus juga disikat senjatanya anak2 grup 1.

  10. setidaknya orang*HAM/LSM berimbang beritanya..bukanya malah melemahkan sendi* negara hal ini rakyat tau mana yg membela negara mana yg akan menghancurkan negara bila mana rakyat sudah jenuh dengan ulah LSM/HAM hal ini akan menjadi boomerang sendiri..

  11. keluarkan taringmu kmbali sbg macan asia.. Maju terus kopasus.. Aku bangga padamu

  12. kalo mau gini caranya, gak sekalian hakim yang bisa di beli sekalian di berantas lewat cara kalian!

  13. maju truss kopasus basmi premanisme aku mendukungmu jgn takut rakyat d belakangmu ku bela sampai titik darah penghabisan….

  14. hihihihih komnas ham itu lembaga bentukan negara bung 🙂

    jika dibilang menjual negara … banyak oknum2 pemerintahan yang menjual negara ini ke negara lain, yang menjual kekayaan alam ini ke bangsa lain dan jadi centeng2nya, yang menjadi centeng pembabat 2 hutan dsb

  15. Beberapa hari lalu dipentaskan dagelan dengan lakon ehh, diskusi publik bertajuk ‘Memberantas Terorisme Tanpa Teror dan Melanggar HAM’.

    Judulnya sudah membuat tertawa ter-pingkal2 ‘Memberantas Terorisme Tanpa Teror..’, uenak banget ngomongnya, jadi teror adalah hak monopoli teroris yang bebas semaunya meledakkan bom dimanapun, kapanpun, dan mengenai siapapun tanpa pandang umur,

    http://bambangabimanyu.files.wordpress.com/2008/07/bom-indonesia1.jpg

    giliran ditangkap maunya oleh Polwan2 cantik feminin tanpa senjata -siapa elo?

    Tuan rumah sekaligus salah satu narasumber (penyandang MA dan PhD dalam Islamic studies dari Amrik) bukannya menawarkan metode alternatif penanggulangan terorisme tanpa keterlibatan aparat keamanan (misal dengan tausiah / ceramah -silakan kalau bisa), ujung2nya malah cuma ngomong ‘anggap (Densus 88) perlu dibubarkan’. Wah, kalau cuma ngomong tidak ilmiah dan gak jelas juntrungan begini preman mabok juga bisa.

    Jadi menurut si PhD ini, resep ‘memberantas terorisme’ (tajuk diskusi) adalah dengan pembubaran Densus 88 -dagelan tidak lucu.

    Sekedar ilustrasi tingginya ‘noise’ para pendekar HAM keblinger di negeri ini…

    • Salah satu korban tewas bom Boston adalah anak usia 8 tahun;

      Sekali lagi untuk LSM dan Ormas, tidak usah kenes2an dengan HAM jika masalahnya terkait manusia2 sadis / tidak berperikemanusiaan.

      Untuk aparat terkait: jika berhadapan dengan manusia2 seperti ini dan ada gelagat ingin macam2, sikat saja rakyat mendukung !

  16. Ada yang punya SANGKUR yang sudah karatan banget gak? lebih bagus lagi yang peninggalan zaman Jepun….kayaknya cucok banget tuh buat Nyangkur otak dan hati orang2 Komnas HAM, Kontras, SETARA Institut dan Imparsial serta gerombolannya. Biar ketahuan kalo otak dan hatinya…barang bajakan…(atau jangan2 gak ada isinya).

  17. preman sudah garang sama anggota kopasus apalagi rakyat biasa kejam dan sadisnya. tayangkan vidio pembunuhan serka santoso. pelanggaran ham bila ada jalur komando. knapa anggota brimob desersi dan narkoba bisa berkeliaran jadi bosnya preman. berarti ada pembiaran. terima kasih anggota kopasus yg ksatria dan bertanggung jawab sehingga tidak menyulitkan. KOMNAS HAM ITU CURIGA DIPERALAT UNTUK MELEMAHKAN TNI DAN NEGARA KARENA KALAU KORBAN TNI DIAM MEMBLE. TAPI SEJAK REFORMASI ADA KESALAHAN OKNUM TNI KERAS BUBAR SDAJA KALAU GA BISA ADIL. GA PERCAYA KOMNAS HAM SAYAMAH EY

  18. Setuju banget dengan Group Kopassus. Kalau perlu sikat saja semua preman yang berkeliaran, supaya tidak meresahkan masyarakat lagi.

  19. Perlu diingat KOPASSUS membunuh dengan menembak orang yg tidak berdaya (dalam tahanan dan tidak bersenjata) bukan mau membasmi preman, tetapi untuk MEMBALAS DENDAM dan membela KORSA (?). Cara mereka bertindak di Lapas Cebongan melebihi cara preman. 11 lawan 4, 31 peluru utk 4 orang.

  20. makanya jangan maen2 sama aparat apalagi kopasus (simbol murka dewa)

  21. hidup kopassus,jangan takut wahai para ksatria ksatria negara.kami rakyat kecil muak dengan para preman yang berlindung di balik namanya HAM.

  22. Maju trus..
    Habisi sisa2 nya Ndan, biar dulur2 yogya bsa hidup lbih tenang.
    salam corsa,,

 Leave a Reply