Home » Militer Dunia » Satu Pilot Pesawat Su-30 MK2 Vietnam Ditemukan

Satu Pilot Pesawat Su-30 MK2 Vietnam Ditemukan

Vietnam telah menyelamatkan salah satu dari dua pilot yang hilang pada penerbangan pelatihan jet tempur Sukhoi buatan Rusia, ujar media pemerintah dan para pejabat, Rabu.

Koran yang dikelola negara di Nghe An mengatakan perahu nelayan menyelamatkan Mayor Nguyen Huu Cuong Rabu pagi waktu setempat, satu hari setelah Sukhoi Su-30 MK2 dengan Pilot lain jatuh di lepas pantai provinsi tengah Nghe An.

Cuong keluar dari pesawat sebelum jatuh, kata laporan itu, menambahkan bahwa ia berada dalam kondisi stabil.

Angkatan Udara Vietnam beroperasi 32 pesawat Su-30 MK2, menurut media pemerintah.

Nguyen Cong Luc, wakil komandan penjaga pantai di provinsi Nghe An, membenarkan laporan tersebut saat dihubungi melalui telepon, dan mengatakan sebuah kapal penjaga pantai telah dikirim untuk mencapai kapal nelayan untuk membawa pilot ke pantai.

Nguyen Huu Cuong (Kiri) foto yang diambil bulan Februari 2013. Cuong telah diselamatkan satu hari setelah jet militer yang membawanya dan pilot lain jatuh ke laut 14 Juni 2016. Foto: Mai Thanh Hai / Thanh Nien

Pihak berwenang sedang mencari pilot lainnya, katanya. Surat kabar Thanh Nien mengutip seorang pejabat penyelamatan mengatakan pilot lainnya, Lt Kolonel Tran Quang Khai, juga ejected dari pesawat, dan keduanya masih bisa melihat parasut masing-masing ketika mereka menyentuh laut.

Insiden ini adalah yang terbaru dalam serangkaian kecelakaan yang mendera militer. Setidaknya dua kecelakaan helikopter militer di dua tahun terakhir telah menewaskan 24 orang.

Untuk menghadapi China akibat meningkatnya ketegangan atas klaim teritorial di Laut Cina Selatan, Vietnam telah meningkatkan modernisasi militernya dengan pembelian enam kapal selam buatan Rusia dan sejumlah pesawat tempur Rusia. Vietnam juga berusaha untuk memperoleh kapal patroli dari Jepang dan India.

scmp.com

Tinggalkan Balasan