Mar 132015
 
Pesawat tempur buatan Rusia, Sukhoi Su-35. Pesawat ini termasuk jenis pesawaat tempur generasi kelima / Foto: Hifipanda. com

Pesawat tempur buatan Rusia, Sukhoi Su-35. Pesawat ini termasuk jenis pesawaat tempur generasi kelima / Foto: Hifipanda. com

JAKARTAPemerintah Indonesia akhirnya memutuskan membeli satu skuadron pesawat tempur buantan Rusia, Sukhoi Su-35. Pesawat tempur generasi kelima itu akan menggantikan pesawat F-5 yang dinilai sudah tidak layak terbang.

Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya membenarkan pesawat tempur Su-35 sudah masuk dalam rencana pembelian. Jumlah pesawat yang dibeli sebanyak 16 unit pesawat atau satu skuadron berikut persenjataannya.

“Iya benar, itu memang sudah masuk dalam rencana strategi (renstra) pembelian dan sudah sesuai dengan kebutuhan kita,” ujar Tantowi, Kamis 13 Maret 2015.

Saat disinggung anggaran yang dihabiskan untuk membeli pesawat tersebut, politikus Partai Golkar itu mengaku tidak mengetahui secara rinci.

Menurut Tantowi, pesawat tersebut akan tiba ke Indonesia secara bertahap. “Anggarannya beda dengan pembelian sebelumnya, tapi saya lupa berapa, tapi apa yang disampaikan Panglima TNI itu benar,” tegasnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengakui rencana pembelian Su-35. keputusan pembelian pesawat tempur tersebut melalui proses yang panjang

“Itu sudah menjadi pilihan bersama antara TNI dengan Kemhan dan sudah menjadi kesepakatan,” ujar Moeldoko usai mengikuti kegiatan TNI Mendengar dengan tema Ketahanan di Bidang Energi dengan Berbagai Permasalahan dan Solusinya di Aula Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (12/3/2015). (sindonews.com)

Bagikan Artikel :

  336 Responses to “Satu Skuadron Sukhoi Su-35 Jaga Langit Indonesia”

  1. Pertamax

  2. Eh

  3. Bangga gw DPR TNI MENHAN satu SUARA.

    • berarti dah fix nih….. Alhamdulillah…..

    • mungkun mksd nya bangga krn tumben2 nya para pjabat d atas milih jlnn yg bnr.

    • Ngga juga pada memuja..lha wong bukan sesuatu yang luar biasa. Ini sih memang sesuai seperti yang diharapkan. Sudah bukan surprise lagi. Panglima TNI saja sudah jauh2 hari mau-nya SU35. Lah wong vote warjager juga sudah tau maunya apa. Kalau bisa beyond expectation nah tuh baru pada memuja. Misalnya heboh2 mau beli SU35, tahu-tahu Peter Yang Agung ikutan parkir di dermaga ujung SBY, trus S400 ikutan diborong. #NgarepModeOn

  4. Alhamdullillah

  5. Mantab

  6. He he he karang udah bisa beli 1 skadron.

  7. Akhirnya
    su 35 yang ditunggu
    udh deal
    mantapzzz

    • Malaysia melihara MiG29 aja kehabisan duit, kok mau beli PAK FA

    • tolong ! tawarin ke malaysia .anaku punya banyak pesawat tempur nganggur,bisa dirental !

    • Malaysia nggak bisa oprasionalkan PAK FA harus belajar dulu dengan pesawat latih PAK CIK.

    • Joko…..pret, cuma pesimis aja bisanya.
      Buktinya apa kalo malay mo beli pakfa?piloty kita penakut ? Lu kira su 35 mau di ganti merk proton apa ?ngelawan arus silahkan2 aja,tapi kira2 dong….

    • Pasti Indonesia lebih dulu ditawari Pak Fa dibanding Malaysia. Eh kamu tahu tidak cara operasionalnya menyerupai Su 35. Jadi pilot Indonesia yang sudah terlatih menggunakan Su 35 tak akan canggung mengoperasionalkan Pak Fa sehingga semakin handal. Beda dengan ide langsung lompat ke Pak Fa, masih kikuk dan perlu banyak latihan. Kalau pilot kita, langsung on fire!

      • Bung..bukannya fak pa pengembangan dari pesawat MIG…?

      • Maaf wong deso belum tau apaapa..hehe

        • waduuuhhh, mana ada sukhoi pakfa pengembangan dari Mig Family. Kapraaaah.. kapraahhhh….Salam Lemper

        • @Sron FYI :
          dua project/program pesawat dengan teknologi tinggi terlahir setelah akhir masa perang dingin, yaitu Mikoyan Mig “1.44” dan Sukhoi Su-47 “Berkut”. penerbangan pertama Mig 1.44 tgl 29 Februari 2000, Dengan tujuan sebagai pesaing F-22 Raptor untuk peran air superiority. MiG 1.44 dengan canard depan dan split air intake dibawah badan/fuselage yang mirip dengan EF 2K. Sedangkan Sukhoi Su-47 Berkut (pengembangan dari S-32/S-37) dengan teknologi desain sayap unik penyapu/tertekuk kedepan (kebalikan dari desain sayap jet tempur pada umumnya). penerbangan pertama Su-47 tanggal 25 September 1997 dan secara resmi diumumkan Januari 2000. Hanya 1 contoh dari Su-47 yang pernah dibuat, sementara dua contoh dari MiG 1,44 (yang lainnya adalah Mig serupa 1.42/42) yang pernah ada. “Keduanya menggunakan dual engine dan banyak informasi yang dikumpulkan dari test2 uji coba terbang yg telah dilakukan dan mempunyai peran dalam pengembangan PAK FA.” salam,

  8. Yeaaaaa ,, potong nasi tumpeng gans ,, welcome shukoi 35 …
    Di srupuut lagi kopi nyaa

    • data link ks gaban dan pensil bergerak di selatan jawa…siap hadapi begal dr selatan…konsentrasi gerombolan si berat dr selatan..kita tunggu maennya

  9. 16 unit itu jumlah yang di publikasi. tak tau jumlah aslinya karena sukhoi merupakan alusista strategis maka sepatasnya di rahasiakan jumlah aslinya.. 😀

  10. Alhamdulillah, ditunggu batch pertamanya

  11. Itu baru wakil rakyat yang mewakili suara rakyat..siipp.

  12. tambah 1ska lagi biar tambah mak nyus

  13. Good…Sukhoi SU 35 pesawat tempur kelas berat yang efek gentar nya luar biasa…..terus yang 2 skuadron lagi diisi apa ya…Eurofigher Typhoon kah ?

  14. alhamdulillaahh…. mengakhiri debat berkepanjangan di warjag…. hehehe… bungkus wessss….

  15. Menurut Tantowi, pesawat tersebut akan tiba ke Indonesia secara bertahap. “Anggarannya beda dengan pembelian sebelumnya, tapi saya lupa berapa, tapi apa yang disampaikan Panglima TNI itu benar,” tegasnya.
    Weleh-weleh-weleh.., Jadi sebelumnya juga udah pernah beli tuh..!!!!

  16. Ato bancak an rek

  17. Biar tambah semangat lagi :

    Indonesia Mendapatkan Lisensi Produksi 3 Jenis Senjata dari China
    13 Maret 2015

    Jurnal Kanwa (Kanada) melaporkan bahwa China North Industries Corporation (Norinco) telah memberikan lisensi produksi atas teknologi tiga senjata China kepada IndoMesin dari Indonesia, termasuk peluncur roket berlaras 40 dengan kaliber 122 mm Type 90B, sistem senjata remote control weapon station UW-1 dan meriam laut (naval gun) kaliber 30mm.

    Senjata-senjata ini akan diproduksi di Indonesia dan akan melengkapi Angkatan Darat dan Angkatan Laut. Dalam tahap awal Indonesia hanya bertanggung jawab untuk perakitan, sedangkan semua komponen dipasok oleh Norinco, di waktu kemudian Indonesia akan memproduksi sendiri. Namun senjata ini hanya diperbolehkan untuk digunakan oleh militer Indonesia, dan tidak diperbolehkan untuk ekspor.

    Dalam beberapa tahun terakhir, kerjasama militer – kerjasama teknis antara Indonesia dan China semakin menguat. Indonesia bukan hanya membeli sistem persenjataan China namun juga membeli teknologi produksi. Contohnya adalah dalam hal pengadaan rudal jelajah anti-kapal C-705, Indonesia membeli 18 set rudal dari China dan kemudian meminta lisensi produksi.

    Peluncur roket Type 90B dirancang dari peluncur roket Type 81 yang telah ditingkatkan kemampuannya, berasal dari duplikasi China atas peluncur roket BM-21 Grad buatan Uni Soviet. Tipe 90B ditempatkan pada platform chasis kendaraan 6×6 roda ban jenis Beifang Benchi 2629. Roket dengan 40 laras ukuran 122 mm ini dapat mencapai jarak pada kisaran 20-40 km tergantung pada jenis roketnya.

    Perbedaan utama antara Tipe 90B dibandingkan dengan peluncur roket generasi sebelumnya terletak pada tambahan kendaraan pengintai artileri (artillery reconnaissance vehicles) yang secara signifikan meningkatkan ketepatan daya tembak MLRS ini.

    Sedangkan UW-1 Remote Control Weapon Station (RCWS) dapat diintegrasikan dengan senjata mesin ringan otomatis kaliber 14,5 mm atau 12,7 mm yang dilengkapi dengan peralatan surveilance modern termasuk kamera CCD warna dan alat bidik berpemandu inframerah.

    Nama meriam otomatis 30 mm masih belum diketahui, namun menurut pejabat Indonesia senjata ini dapat menembak dengan kecepatan 320 putaran/menit, jangkauan maksimum 4.000 meter, dan dipasang pada kapal patroli kecil. Selain itu, informasi ini juga menyebutkan bahwa Indonesia sedang melakukan negosiasi untuk membeli teknologi meriam 76 mm dari China.

    (Kien Thuc)

    http://defense-studies.blogspot.com/2015/03/indonesia-mendapatkan-lisensi-produksi.html

    http://kienthuc.net.vn/tin-tuc-quan-su/trung-quoc-ban-hang-loat-cong-nghe-vu-khi-cho-indonesia-465013.html

  18. alhamdulillah semoga bisa terlaksana dengan cepat jayalah garuda NKRI.

  19. Turut bergembira. Selamat buat TNI yang mulai kembali memiliki persenjataan yang mutakhir. Bravo TNI..!

  20. kalo blum menhannya yang ngomong pluz tanda tangan ma rusia ane blum yakin 100%. ingat asu sangat licik cerdik masih ada satu tikungan lagi

  21. Tambah lagi 7 Skuadron SU35nya. He…Alhamdulillah.

  22. Sehabis SU 35, vote apa lagi ya??? “vote kapal destroyer pengganti ahmad yani class”
    a. KDXIII
    b. Tipe 45/Kelas Daring
    c. Kelas Arleigh Burke/Flight IIA
    d.Tipe 052D
    e. Kelas Sovremenny-Project 956 Sarych

  23. sukoi sudah di bungkus. laennya bagemane, di bungkus juga gak???
    kan info sebelumnya bahwa sukoi, thypon, grippen dah di bayar lunas nas nas.
    yang ada inpo lebih, tolong di babar di sini dung

  24. Indonesia mengumumkan beli SU-35 sebelum eksekusi duo bali nine..gmn :-Do_O:-/:-/reaksi australia ya.?¤¤¤¤¤÷÷

  25. akhirnya nya,,, sekarang ane gk MUMET lagi…hehehe

  26. Komentar di the Diplomat ada yang mengatakan: kapan nih latihan bareng sama vietnam, trus ada orang australia yang taruhan dalam 10-20 tahun kedepan, Indonesia pasti nyerang Australia, bahkan ada yang yakin ga nyampe 10 tahun kita bakal perang dengan Australia, dan kita akan sering mendengar slogan STop AUSAID to Indonesia.

  27. Gadis cantik lg bersolek…..

  28. Kalau cuma ( dipublikasikan ) 1 skuadron, SU-35S, tetangga rese yg punya F-35 akan tetap besar kepala, karena mereka beranggapan lebih unggul dalam kuantitas, ……….. !!!

  29. Jenis pespur nya fix SU-35, Jumlahnya fix 1 skad, tipenya???? jangan BM dah…sekalian yang tipe S saja….

  30. Alhamdulilah… Bravo TNI, Mudah2an Seluruh Skuadron TNI-AU dilengkapi sukhoi family sampai ke PAK FA T-50. ga ada untungnya Beli senjata dari amerika n genknya… Rusia Jelas sudah seperti saudara sendiri. hubungan baik itu sejak dari presiden soekarno.. jumat barokah,sangat gembira dgn berita ini.. MERDEKA ! ! !

  31. Fans SU-35 silahkan syukuran soalnya doa dan impiannya terkabulkan… Semoga SU-35 berguna dengan baik dalam melaksanakan tugasnya nanti.

  32. HAYYYOOOOO, siapa yang shollat jumat nya ngimpi su-35 waktu khotbah??? NGAKU???

    Ane doain, ente tambah rajin sholatnya ….. 🙂

  33. Dompet bunyinya cma 1 BELI… BELI.. BELI.. bukan SEWA.. SEWA.. SEWA… emang DVD di sewa

  34. Menghela nafas dulu…
    Karna jantung ini berdetak lebih kuenceeeeeeeeennnnngggggg….
    Kapan ya datang ni burung nya???

  35. HOOREEEEEEEEEEE… SEMUA PESTAAAAAAAAAA…

    SEKARANG TERSERAH.., MAU PESEN GRIPEN SEBAKUL KEK, TIPUN SE GUDANG KEK..

    MASA BODOOOOOOOOO..!! :mrgreen:

  36. Wesss …… bar, modar Australia denger kabar INDONESIA beli 1 squad SU-35! Kira2 nyang dibeli type SU-35BM ato yang SU-35S, trus kesini pake antonop ato terbang feri ya?
    para sesepuh bisa kasih penjelasan?!

  37. Apalagi Kl Dengar SU37&SU47 Tambah Masuk UGD SEMUA

  38. Gw stuju bangt indonesia punya su 35,..maju terus indonesia ku,..lanjutkan mandat rakyat,.

  39. alhamdulillah ternyata tni dan dpr juga pemerintah cerdik juga terima kasih tni lanjutkan jgn lupa untuk pertahanan udaranya mantap.

  40. yuuuhuuiiii ………… hingga 2019 setidaknya, TNI AU sudah mempunyai :

    – 16 unit pesawat tempur anti gerilya Super Tucano,
    – 32 unit pesawat tempur ringan hawk 109/209
    – 16 unit pesawat tempur ringan / latih t-50i golden eagle
    – 34 unit pesawat tempur ringan F-16 block 15+ dan block setara 52
    – 16 unit pesawat tempur berat sukhoi 27/30
    – 16 unit pesawat tempur berat sukhoi 35
    =====================================================
    – 130 pesawat tempur

    hingga 2024 masih akan penambahan 3 skadron tempur baru, yang kemungkinan akan diisi oleh 3 skadron typhoon RI :.

    – 48 unit pesawat tempur Typhoon – RI

    sehingga tahun 2024 …. TNI sudah punya 11 skadron tempur sesuai program MEF

    Program Pesawat tempur Nasional ( IFX, kemungkinan berbasis teknologi Typhoon dan F-16 terkini, yang nantinya mulai dibuat tahun 2023 untuk kapasitas sekitar 50 pesawat tempur , sebagai pengganti 2 skadron hawk 109/209, dan skadron f-16 block 15++ yang sudah usang …… …………………. kemungkinan kelak setelah tahun 2029 TNI hanya akan mengoperasikan 3 varian pesawat tempur saja , menuju kemandirian INdustri perTAhanan Nasional ………

    bravo TNI …… bravo NKRI

    • jadi pas 180 pesawat diakhir MEF III

      • 178 bung …. kurang dikit ( – 2 ) ….. jika 2 cadangan f-16 retrofit block 15 jadi dibeli, baru dach genap 180 ……… salam kenal BUNG ……

    • SU 35 yg lebih murah dr Typhoon, cuma beli 1 skuadron. Apa iya Typhoon mo beli 3 skuadron?

    • Kenapa ega digabung aja bung ToT dari Typhoon + F16 + Sukhoi = IFX
      Apakah itu bisa diterapkan ???
      atau IFX versi korea Typhoon + F16
      terus IFX versi Indonesia Typhoon + F16 + Sukhoi
      Bagaimana???

      • TNI jauh lebih teliti, dan mengerti soal aplikasi IFX, karena memang kemandirian ALUTSISTA adalah mutlak diperlukan ………… bisa jadi IFX rasa F-16 + Typhoon + Sukhoi +++

    • Autralia dan gengnya sekarang orientasinya pada F35 jumlahnya kurang lebih 78 belum lagi singapura yang juga mau beli , kalau kita cuma punya 1 skuadron SU 35 dan 10 skuadron kelas ringan kita akan kalah dan hancur , maka untuk mengatasinya sesuai dengan anggaran negara agar bisa untuk mengimbanginya dengan cara beli radar pasif kayak punyanya vietnam , tiongkok , rusia terus dipasang bersama S400 dan bulk/pantsir di sudut – sudut perbatasan langsung dengan australi, singapura dan malaysia seperti di pulau sabang , pulau sambu , kepulauan riau, nusakambangan, kupang , pontianak, tarakan , manado, biak , merauke dengan tujuan agar setiap kali F 35 mereka mau take off sudah terdeteksi oleh radar pasif kita dan langsung bisa di tembak jatuh pakai S400 sebelum F 35 mereka terbang masuk ke wilayah kita dan membom jakarta.

      • Tenang om,,,australi atau singapore yg punya f35 ga akan berani sm indo.singapore itu pesawat tempurnya klo latihan nembak di riau.kontraknya singapore byr pake 20an Pswt latih Jenis marseti.udh ada yg tau blm?

  41. disini khan sudah ada alurnya berita jkgr:
    1. beli simulator–> pasti punya pesawat banyak
    2. ada pilot kita foto dengan dibelakangnya ada su-35–> pasti test drive su35
    3. list A1 bung nara
    4. reaksi negara tetangga beli jsf
    5. pasti inden pakfa untuk ghoibnya, strategisnya pakda

  42. sama sama, gimana bung, dapet kerang ga di samudra hindia

  43. Alhamdulillah 1$ka plus dg maenanye..!!! Padahal pembelian yg ke 2 tuh yg di publish..heehehe..bisa aja tuh biar tetangga ga kena migrain akut..LANJUTKAAN…!!! peran intelejen sangat dibutuhkan dlm masalah penyediaan alutsista,mana konsumsi publik dan yg bukan..begitulah negara yg ga ngelupain sejarah cukup bermain cantik layaknye pemain sinetron.
    Maaf cuman pendapat kuli solder…
    ….NKRI HARGA MATI….

  44. biasanya jumlahnya 24 unit bos…seperti kakaknya su 27/30..

  45. Perlu melakukan sujud syukur nih…Terimaksih DPR, TNI n Menhan.. gak rugi saya bayar pajak selama ini dengan berita besar hari ini.

  46. Mau kemana lagi Bung PS

  47. Saya masih yakin orang indonesia masih lebih banyak nasionalismenya. Walau beda2 tp kalau untuk kepentingan NKRI banyakan 1 suara itulah yang membuat indonesia diperhitungkan. Saking nasionalismenya kadang ribut kampung/kampung suku/suku tp kalo sudah nama indonesia semua bergandengan tangan merapatkan barisan…. Jayalah NKRI

    • Setuju Bung, boleh beda pendapat, tapi untuk kepentingan NKRI tetap 1 suara, ini yg buat saya bangga Bung.., salam NKRI

    • 1000% itulah faktanya bung. Makanya china aja mau lalap smua negara di sekitar LCS tapi sama kita mereka malah minta bergandengan tangan dan berbagi kekuasaan di asteng. Tunggu sj 2024 ada apa di Lcs..

  48. Oh yes

  49. Hayooo sopoo winggi yg janji mau kendurenaan kl SU 35 datang…
    smuaa warga JKGR kudu diundang smuaa lhoo hheheheheheee…

  50. Lanjutkan dengan Pakfa … jangan ragu…

  51. dalam hati bung PS, kapan nih giliran tungganganku lontong sekilo diexpose berita nasional?

  52. Masih ada yang Hoak-hoek ga?
    Kalo ada nih saya kasih Testpack, Buat ngecek siapa tahu lagi hamil…

    #Edisi_Girang_Bingits…

  53. sangat menggembirakan,,,,,,akhirnya SU 35 jadi pilihan TNI…

    pasti nantinya TNI mengincar PAKFA juga…heheheee ( berharap bung )….
    kedepannya TNI tetap butuh pespur dengan single engine…….
    kira2 apa ya pengganti F 16 dan Hawk ??

    bravo TNI…..

  54. Terkuak apenye?

    Mana 40 unit apachenya (cuma 8 unit ?)? mana 74 hq 16 samnya? mana 36 S300 nya? Mana 44 gripen ng nya? mana 36 typoonnya? Mana 2 astutenya? mana 64 SU35nya? beli 16 unit saja perlu 8 thn 2015-2024 bilangnya sudah LUNAS ahahhahahahah.

  55. siip wes,su35 joss

  56. Ndan PS buru2 Banget Emang Belum Ketemu? Rongsokan Pesawat Yang Di Hajar Sama Elang Pemburu???

  57. pulang jum’at dapat berita bagus, makin nambah aja ni nafsu mkn, hehe

  58. atas dasar trit ini, dengan ini VOTING PENGGANTI F5 secara resmi DITUTUP!!!

    PEMENANGNYA ADALAH : SU35 😛

  59. kalo dapat info…jangan sok ngebantah kita…krn namanya negosiasi militer itu berbelit2 , g spt beli mobil didealer mobil…yang penting akhirnya ‘waktu’ menjadi penentu mana yang asbun…mana yg berkualitas..(sekedar ikutan komen saja)

  60. Mw pespur dll bnyk??? Jgn lupa bayar pajak yaa.. biar nnt bs kbeli yg lbh….. lbh.. mentereng lg dr yg skr.

  61. Amin kalo dewan juga sudah setuju….nah skrng tinggal Pesawat yg bisa nyusuin BBMnya Sukhoi diudara dan pesawat radar terbang nya agar bisa terkoneksi

  62. Ojo akeh akeh tuku su 35 e ,duite disimpen meneh gae tuku pesawat maneh sing sak nduwure su35.diluknkas su 35 wes gak osom.papa bear wes riset pespur anyar maneh..iso ganti su 50, su 75 sampai su 100..sak monoae wes cukup..aku yo wes seneng..pokoke ojo tuku teko asu wae, soale mesti di bujuki..

  63. Amin,yang penting tidak ada ada embargo,soal jumlah pastinya biarkan hanya negara dan TNI yang tahu jumlahnya

  64. Baru acc Beli, barangnya udah terbang

  65. – SU 35S = sudah di expose 1 Ska
    – Thypoon = belum berencana membeli
    – F 16 Blok ?? = tunggu Obama datang Juni
    – Gripen = gak jelas……..

    – C-295 AWACS? = ± 7 unit beli untuk melengkapi 1 ska.

    • Hmmm,,klo buatan spanyol serinya c gan artinya cassa.cn-295 yg kita punya yh lg di baangun di indo ada beberapa kendala gan.kmrin ada beberapa bagian yg terbakar.mungkin flight nya entah kapan.

  66. alhamdulillah akhirnya moga..moga lancar….bravo

  67. Lanjutkan..

  68. Mantap…..!!! 1 skuadron sdh cukup mengertak sonotan dan sonora….

  69. makasih ya tuhan…., doa orang ter aniaya (fans kilo) engkau kabulkan

    senjata rusia emang setroooongg……..!!!!!

  70. Alhamdulillah,… setelah sempat meresa pesimis.. akhirnya kekhawatiran itu sirna… kami tunggu kedatanganmu super flanker…

  71. Menurut Tantowi, pesawat tersebut akan tiba ke Indonesia secara bertahap. “Anggarannya beda dengan pembelian sebelumnya, tapi saya lupa berapa, tapi apa yang disampaikan Panglima TNI itu benar,” tegasnya.
    Jadi yg dipublis ini adalah pembelian kelanjutan dari sebelumnya. Seperti biasanya, saat ada publis artinya barang sudah ada yg dimari.
    Panglima, Menhan dan Pemerintah sekarang mendengarkan keinginan mayoritas warga JKGR yg bisa saja mencerminkan pendapat rakyat.
    Betul juga, bahwa tekanan2 asing yg terjadi saat ini justru akan makin mendekatkan Indonesia dng Rusia dan Cina, makin mempercepat kesadaran utk memperkuat otot2nya, supaya tidak membuat malu Pimpinan Negara dalam menghadapi tekanan asing.
    Jayalah NKRI.

    • bung@Kentang, biarin napa namanya juga org lagi seneng..
      siapa tau dari penyampaiannya bung@Pitik menjadi sebuah kenyataan. hehe

    • Makannya sukhoi kita sering keliling Indonesia mungkin hanggar makassar udah g muat nampung…daripada ketahuan pihak luar…sebagian suruh keliling2 aja…nah kita punya f-16 retrofit tp g pernah di pake sesering sukhoi kan….padahal biaya flight hournya mahalan sukhoi….

  72. Ayo dong artikel2 nya. Kangen banget. Was

  73. Tolong jangan mengaku ID palsu. bung Pocong syeerem selalu menggunakan avatar khusus. mengenai berita su 35 dahulu bukankah banyak pihak mencemooh sebagai mimpi di siang hari pada tahun lalu. Kini terbukti itu bukan sekedar wacana…

  74. ALLAHUAKBAR…..ALLAHUAKBAR…..ALLAHUAKBAR, seneng banget hari jum’at hari suci dapat kabar gembira….Buat bung “COCORNYE MANE” elo mending nggak usah banyak ngomong banyak bacot luh kagak empati banget luh dengan Negara dan teman teman yang berjuang hargai dong ………..

  75. di berita tv udah 9 bulan yang lau,, apakah???

  76. Bung.. ini saran saya, jika sudah tiba nanti di tanah air kita ini Su-35 nya, bagai mana setiap pesawat Su-35 nya di pasang Rudal Yahont…biar lebih tambah garang….pasti tentangga Sebelah si UPIN IPIN….keluar matanya melihatnya……

    • loh kenapa turun berox? yakhont bisa saja digendong jika dimodifikasi disesuaikan untuk bisa digendong su-35. India sendiri menggunakan Brahmos di SU30MKI nya. Brahmos sendiri merupakan pengembangan dari Yakhont/Onyx, kerjasama India dengan Rusia yg diproduksi oleh Brahmos aerospace private limited di India.

      • bung@mak lampir. di Indonesia ini apa yang g bisa bung….semuanya bisa di lakukan…jangankan rudal Yakhont…rudal balistik ja bisa di gotong Su-35 “tapi harun menggunakan ilmu mak Lampir” heheheh

      • Yes, ya sama Brahmos di Su30MKI juga 3 ton.

      • Bung Mak Lampir yg dilihat itu payload nya berapa (daya angkut) Su 35 memiliki 12 hardpoints (cantelan). Setiap cantelan mampu membawa beban seberat max 8 ton.

      • Revisi: maksudnya kombinasi 12 cantelan dengan beban total 8 ton. Ya kalau gendong yakhont bisa 2, plus mix. Lumayan lah yg pasti ga turun berox kog bung. 🙂 salam hangat

      • Perlu diperhatikan bahwa cantelan di sayap mungkin tidak kuat beban 3 ton, jadi kalau bawa Yakhont, Brahmos, 3M54E (SS-N-27 Sizzler) harus dibawa hanya 1 di bawah fuselage. Plus RVV BD dan RVV SD di sayap dan Sorbsiya di wingtip. Tapi tetap tanpa drop tank, dan aksi radiusnya tetap 1700 km hi, kalau lo berkurang separohnya.

      • BrahMos yg digunakan Su30MKi (air launched) bobotnya berkurang 500kg dan panjangnya lebih pendek 1/2 meter dari versi Brahmos yg diluncurkam dari kapal/laut. (sea launched). Yep hanya bisa digotong 1 di bawah fuselage. my bad

  77. Mantap SU-35SB 2 skuadron

  78. konsumsi publik 1 skadron aslinya 10 skadron. 😀

  79. TNI semakin digdaya…dengan dipilihnya Sukhoi 35 TNI semakin garang…trimaskasih kepada Bapak Petinggi TNI yang dengan cermat dan tepat dalam mengambil keputusan, Jaya Indonesiaku

  80. Wah alhamdulillah seneng saya juga dengarnya, tapi ya alangkah indahnya klu itu semua gak ada umpatan ataupun sumpah serapah. karena momenya saat ini kita sedang bersukur kepada tuhan bahwa keinginan masyarakat indonesia hampir 100% terpenuhi tentang pesawat sukoi. sekali lagi allhamdulillah.

  81. Tetangga kita UPIN dan IPIN lagi ngumpet….gigit jari….nangisin mamah eli nya, tapi mereka sangat besar jasanya terhadap Indonesia dengan lagak bak preman / mandor “gabus” petantang petenteng pongah dengan bacotnya sekarang “Te Diam”… nah nak kate ape kau…..jawak sih kau budak baru dibelik kan lontong odong odong udah banyak cakap kau……sekarang udah bangunin kamek punye negare menjadi macan besak di asie hahahahahaha…..

  82. Ngentenni ceblokan kotakan bancaane su 35 nang nduwur genteng kirimane p.mul..

  83. @bung Jalo, ditunggu bantingannya….

  84. Weh, Ralat nih…
    Bukan Bung PS ya?
    Kok ga ada Avatarnya?
    Hayoo???

  85. 16 unit tipe Su-35SK. “tipe yang sama yang digunakan AU Rusia Su35S” -embel-embel ‘SK’ merupakan versi exportnya. hopefully.

  86. Alhamdulillah semoga lancar,, dan cpat di kirim

  87. Di rusia lagi ketar ketir hilangnya presiden putin…hmmm semoga ga mempengaruhi pembelian SU35K, akibat pergolakan politik di sana…

  88. selamat datang kembali bung PS, Bagaimana dengan kabar di laut selatan pada awal maret 2015? apa yang meledak Bung PS?

  89. Akhirnya pengganti f5 diumumkan juga, semoga juga disertai dengan Transfer of Technology. negara super power itu selain dilihat dari ekonominya juga dilihat dari seberapa banyak penguasaan tekhnologi yang dimilikinya. tekhnologi yang canggih bisa dilihat dari alutsista yang diproduksi sendiri oleh negara itu, karena alutsista modern adalah perwujudan dari kumpulan tekhnologi yang canggih. semoga di akhir MEF ini indonesia bisa menjadi negara super power. Amiiin….

  90. Assalamualaikum wr.wb.
    sepertinya c295 yang dipesan cuma pesawat patroli maritime
    bukan awac&c
    sekarang tinggal awac&c dan pesawat airlifter (bagusnya mrrt a330) serta satelit komunikasi
    pesawat angkutnya keknya masih ngandalin hercules
    sedangkan untuk penanganan bencana sepertinya pakai chinook
    hehehehe
    kalau salah ya maaf 😀

  91. Menghadirkan su 35 adalah langkah yang sangat cerdas…salam hormat ma pak jendral muldoko muda2han bisa jadi RI I selanjutnya

  92. alhamdulillah

    JAYALAH NKRI

  93. apa bener cuma 1 ska Su-35 udah dapet ToT ? 😀

  94. akhirnya pilihan yang ditunggu tunggu jadi juga, selamat datang SU 35 semoga kedepan bisa ditambah menjadi 2 skadron lengkap dengan senjatanya, sekali lagi selamat dan terima kasih kepada Pemerintah RI, Panglima TNI beserta seluruh jajarannya ……………. terima kasih

  95. Maknyos

  96. Horeeeeee……. turut gembira

  97. …hem lega akhirnya. Tapi beberapa pengikut/komentator web ini berasal dari tetangga utara kita…apa kawan2 belum tahu?

  98. hai om PS gk lupa daratan kan om…hehehe

  99. sukoi sudah, giliran destroyer ma penjelajah katanya negara maritim masak pake kapal jukung eh sampan di kasih ketapel tuk ronda jangan lupa lontong ma smur jengkol satu kilo

  100. cuma satu kata . THANK’S

  101. Angin surga yg sedap2 tp tetap dag dig dug,,spt kita ketahui, bnyk hal dinegeri ini yg tdk sesuai harapan,, apalg dimasa pemerintahah kabinet kerja namun yg gak maksimum kerjanya,,seneng & bangga mendengar berita RI akhirnya memutuskan AKAN mengakusiisi SU 35, namun secara pribadi sy tdk (blm) bisa percaya jika : blm ada konfirmasi si pihak Rusia, blm ada Status Purchase, blm ada konfirm resmi Kemenhan, dst..dst,,msh seneng2 namun cemass..maklum , sikap pemerintah belakangan ini yg sering kebijakaknnya bikin kecewa rakyat

  102. @Bung sutarjo..tukino jelas beda dgn su 34 bung, su34 itu seri flanker pembom tempur pengganti su 24 fencer (jet supersonic jg) su 34 spt f18 nya amrik yg bisa untuk angaktan laut…sedangkan tukino pesawat baling2 ringan utk reconaisance, perang anti gerilya & pendukung infantri dll, smp kiamat tdk akan menggantikan su34 yg jet fighter bomber angakatn laut

  103. semoga SU-35 nya bukan hasil ngutang.. kalo ngutang terus kapan majunya negri ini??

  104. SEMUA ALUTSISTA YG DI BELI TERMASUK SU35 INI KERJA KERAS PRESIDENT SEBELUMNYA…
    BUKAN BEGITU PARA PEMUJA SBY…?

  105. Ni cm nicknya aj sm..tp bkn bung ps yg asli..

  106. Ga bangga2 banget ahh….. ga sampe 4 ska.Cemennn…..ga seimbang dg duit rakyat yg dikuras abis.naik ini naik itu,ehh..dapetnya cuma 1 ska.Mending jamanSBY.hakul yakin kalau beliau berkuasa 1 ska pasti jadi tanpa perlu naik harga ini dan itu.Payahhh,ausie udah order order 72 gen 5.disini baru 1 ska,Payaahh presiden ga bermutu

  107. MANTAP!!

  108. Trimakasih australia, trimakasih malaysia, trimakasih singapura

  109. bbm nya dpikirkn juga… sekalian aja 1 skuad grifen maupun typhon… TOT nya gmn nih… mungkinkh sampe 2 skuad Su35… ataw dberi kapal selam…

  110. terima kasih buat bali nine di nusakambangan
    anda sangat berjasa bagi fans SU35 :mrgreen:

  111. 🙂

  112. JUARA JUARA JUARA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  113. ayo kapan nich warjager bikin acara tumpengan…..?

  114. Hehehe…
    Nunggu berada di lanud iswahjudi

  115. Indonesia beli Sukhoi Family 250 unit (dipublis 120). Su 27/30 4 Skad. Su 35 3 Skad. PakFa 2 Skad. Su 34 3 Skad. MIG 5 Skad. Alutsista Ghoib TNI di sebar ada di negara Asean,China,Korea,Jepang,Rusia,Srilangka,India,Pakistan…Dll

  116. akhirnyaa…, setelah penantian yang panjang dan dagdigdug, satu ska dulu gak papa, yang penting satu langkah pasti SU35.. Trims pak menhan, dpr n tni.

  117. semoga saja tdk ada masalah kaya jamanx soekarno semua siap untuk membela negeri ini dari intervensi asing

    nkri harga mati…..

  118. Joss..!! Kereen..

  119. Betul bung sy juga geli bacanya tp kl ditanggepi di tempat komennya sayang sm otak qt bung. Biarkan sj.

  120. Berita terakhir dari rusia SU 35 mesinnya lg dipanasin mau dikirim kesini… wkkkkkkkk

    Tidur pulas dengan bibir tersenyum..
    Sampai jumpa lg di APBN 2016 … SU 35 lelang ke 2. Hehehe..

  121. Ijin Nyimak ya bang

  122. Hebat, komentarnya tembus 100,
    Nak ngono jelas su 35. Pon gek syukuran janur kuning melengkung

  123. Pilih SU 27Sk yg sudah di upgrade mesin, avionik dan radarnya yg lg sering terbang akhir akhir ini…kalo SU 35 kgk level ikut latihan begitu, lebih demen langsung real battle…

    • Betul bung. Su35 sudah pada ngeliat kehebatannya. Sementara F35 kehebatannya itu baru wacana semua. Yang udah pastinya malah segala kelemahan dan kekurangannya. Masalah sifat silumannya, udah bukan hal yg dpt diunggulkan lg, udah bisa didetect. Manouver, max. Speed, daya jelajah, rudal yg diusung dsb. Cuma satu kelebihan yang real dari F35 tsb, yaitu kelebihan harganya alias kelewat mahal.

      • Hhuaaaahhaahaaa….setuju kelebihan F-35 itu HARGANYA….KELEWAT MAHAL…sementara kualitasnya belum kelihataan, beritanya MESIN RETAK, KENDALA PADA SISTEN KEMUDI PADA EKOR BELAKANG, ditargetkan baru thn 2019 bener2 siap..entah SIAP JATUH atau SIAP DIHENTIKAN PROGRAMNYA…he.he.he.he.he

  124. Ini adalah ucapan selamat datang secara RESMI untuk sang Su-35, JAYALAH NUSANTARA, JAYALAH DIRGANTARA DAN JAYALAH BANGSAKU

  125. alangkah bangganya klau tuh su35 muter2 ke sluruh wilayah indonesia.. psti bikin bangga dan puas rakyat pembyar pajak…
    (ngarep juga juga klau bisa terbang d kota kecil ku ini…hehehr…)

  126. Ini baru yang namanya berita… Lanjutkan !!!!

  127. Mantab Su 35 nya, sang predator hadir siap memangsa raptor.

  128. ucapan terima kasih buat:

    *bangsa malon
    *bangsa singaparna
    *bangsa ausiee

    atas semua perbuatan kalian terhadap kami sekali lagi kami akan bangkit untuk menjadi macan asia “we are the champion”d tunggu mainanx f 35

    nkri harga mati…..

  129. Ga setuju apa yg dibeli dipublish. daripada asu cs menggagalkan dgn berbagai cara. Lebih baik diam tapi berjalan lancar daripada comel gembar gembor tapi batal dan digagalkan. Jasmerah.

    • ga pa2 dipublish bung van java buat naikkan daya tawar ke Gerombolan Si Berat yang lagi gerogotin Rupiah dan reseh ama eksekusi narkoba. Ada pesan tersirat kita publish pembelian SU-35 dan lisensi alutista China. Peran cantik sedang dimainkan jelang pertemuan dengan Obama. lagian ini jumlahnya hanya sebagian yang di publish.

  130. dah kita skarang dah bisa berjalan dengan dada tegak sambil lihat malon ngitung duit buat sewa Gripen, Dunia itu berpusing pak Cik!

  131. Ternyata begini rasanya “MILITER ORGASME”

    LUUAAAAAAAAAARRR BIASAAAAA NIKMAATNYA…!!!!!!

  132. waduh ketinggalan hot news nih, tapi syukur alhamdulillah bs deal , cuma jangan lupa tuh sukro 35 di ruwat biar gak ada gangguan macam2

  133. Ane ada list yg lebih mantap. Mau ga?

  134. And The Winner is… SUPER FLANKER!
    Congratulation!!! Congrat’s to all FlankerHolic..
    NEXT VOTE :
    HQ-9 vs HIMARS vs S400 Triumphator

  135. MEF II, SBY OK,
    minimal beli 2 ska, setiap provinsi didumi loro2, setiap su35 dipasangi spidol 4, tambah s 400 angger provinsi papat papat, lagek jiosss negoro iki, khusus provinsi perbatasan kuotane digandakan 3x dijamin aman negoro iki, angger duit pajek ga digrogoti ae…

  136. Salam Indonesia Raya,

    akhirnya jadi juga tuh barang, makin kuat aja TNI – AU kita jaga langit merah putih.

  137. saya termasuk yang setuju bgt Indonesia mengakusisi Sukhoi Su-35..eh pas beritanya jadi malah ketinggalan informasi

    kita patut berterima kasih kpd Rusia, sekali lagi mereka membuktikan kata2nya : “kami memandang Indonesia bukan sekedar sekutu, tetapi lebih dari itu, apapun yg diminta Indonesia kami akan beri sepanjang kami mampu”….itu yg dikatakan oleh Yang Mulia Bapak Mikhail Galuzin, Duta Besar Rusia utk Indonesia

    peristiwa Dwi Kora thn 1962, merebut Papua dari Belanda, Indonesia dibantu alutsista modern saat itu dari Uni Sovyet, Rusia saat ini, saat inipun alutsista modern Rusia kembali mengalir utk Indonesia bahkan dijanjikan dgn T.o.T, joint production, offset

    saat ini para pengambil keputusan Militer, pemerintah & DPR sdh pada jalur yg benar & Indonesia sedang menapak menuju kejayaan, militer yg kuat dgn didukung ekonomi yg kuat.

  138. Mudah mudahan yg di beli SU 35S bukan yg BM. Rupanya kenapa di bilang SU35s gen 5?

    nih sebabnya :

    http://www.wantchinatimes.com/news-subclass-cnt.aspx?id=20150310000075&cid=1101

  139. Penerawangan ane tembus….

    Saat nya bertapa lagi

    Hehehe

 Leave a Reply