Dec 022017
 

dok. Sistem Patriot, pertahanan antirudal, Arab Saudi. (commons.wikipedia.org)

Dubai, Jakartagreater – Sebuah peluru kendali (Rudal) balistik yang ditembakkan oleh kelompok bersenjata Houthi menuju Arab Saudi, ditembak jatuh pada Kamis 30 November 2017 di dekat kota Khamis Mushait, Arab Saudi, menurut laporan saluran al-Arabiya yang dikelola Kerajaan Saudi.

Kejadian itu adalah penembakaan peluru kendali balistik kedua dari Yaman dalam satu bulan belakangan, setelah sebelumnya sebuah roket berhasil ditembak jatuh di dekat Bandar Udara Raja Khaled, di pinggiran sebelah Utara ibu kota Riyadh.

Sebuah pasukan gabungan pimpinan Saudi, yang sedang memerangi Houthi di Yaman, menutup jalan udara, darat dan laut, dalam sebuah tindakan yang dimaksudkan untuk menghentikan aliran pasokan senjata dari Iran kepada gerakan Houthi. Kelompok pemberontak Houthi mengendalikan sebagian besar wilayah Yaman Utara.

Blokade yang diterapkan pasukan pimpinan Saudi juga telah memutus pengiriman makanan terhadap 7 juta warga Yaman yang berada dalam jurang kelaparan. “Pertahanan udara mencegat sebuah peluru kendali balistik, yang ditembakkan oleh gerakan Houthi menuju Khamis Mushait,” kata Arabiya melalui akun Twitter-nya, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Gerakan Houthi dan kelompok yang setia pada mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh, telah menembakkan puluhan peluru kendali ke wilayah Saudi selama perang yang telah berlangsung 2,5 tahun itu. Kantor berita resmi mereka mengatakan bahwa sekutu pemberontak itu telah melancarkan peluru kendali ballistik jarak menengah yang dapat mencapai sasaran militer dengan ketepatan tinggi.

SABA, mengutip sumber militer, menambahkan bahwa keberhasilan uji coba adalah awal atas peluncuran peluru kendali buatan lokal. Arab Saudi dan sekutunya, yang menerima bantuan senjata dan intelijen dari Amerika Serikat, menuduh gerakan Houthi sebagai perpanjangan tangan dari Iran.

Pasukan sekutu pimpinan Saudi telah melancarkan ribuan serangan udara menyasar Houthi yang masih menguasai sebagian besar wilayah Yaman, termasuk ibu kota Sanaa dan pelabuhan strategis Hodeidah. Kemelut tersebut telah menyebabkan terjadinya salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia dan telah menewaskan setidak tidaknya 10.000 orang.Β  (Antara/Reuters)

  90 Responses to “Saudi Cegat Rudal Yaman Keduakalinya dalam Sebulan”

  1. No picture’s hoax …….

  2. Truk rudal patriot ini kyknya jg bs di iket diatas sigma..

  3. neng seven mana avatarnya…..???? orang utannya ngapa ngak pake….unyu…unyu…tau….!!! πŸ˜€ πŸ˜‰

  4. wah bung jimmy kayaknya senang banget….??!! senang sama seven apa sama carin….??? πŸ˜€

  5. wah bung jimmy lempar batu sembunyi tangan ….emang beneer bung hari udah jadian sama seven…..??? πŸ˜€ πŸ˜‰

  6. wah bung jimmy lempar batu sembunyi tangan ….emang beneer bung hari udah jadian sama seven…..??? 😳 πŸ˜‰ πŸ˜€

  7. gitu too..!!! perlu dikonfirmasi apa perlu dipublikasi….bung .
    rupanya bung hari ini diam diam menghanyutkan juga yaa bung….!!!
    πŸ˜‰ πŸ˜€

    • Kangen carin ya om…..

      Doi (doi apa dosqi sih dia…..soale ane juga bingung soal yang atu ini) sekarang posisi ada di sidrap, sulsel. Lagi jemur dasternya yang basah gara2 banjir disragen (maen ket4 bung jimmy) tempo hari.

      Kalo pengen lebih jelasnya, cari aja di google…..ketik “Kebun Angin” nanti pasti ketemu

      • Lah Sragen (Bagian Kota) Aman Dari Banjir Kok Bu!.

      • ini bung jimmy bung saya cuma nanya tadi…!!!
        keren bung ….semoga terus berlanjut pembangunan untuk pembangkit tenaga listrik yang dapat diperbaharui….sesuai daerah dan potensinya…..!!!!

        • sama sama bung doi doski sama sama manusia jugakan asal jangan beda spesies….!!!
          ngak baik kalo untuk buat keturunan….nanti anaknya malah rambut semau….!!!
          πŸ˜€

        • Dikampungku malah udah duluan om aming, biarpun kapasitasnya masih kecil (kipasnya jg kecil, lha wong buatan mahasiswa)….cukup utk nyediain listrik TPI, tambak udang&kios diobye wisata pantai. baru (sebelah barat pantai samas yang penuh kenangan…)

          • yang penting berdaya guna…. too bung prinsip memberi manfaat itu patut diacungi jempol….apa lagi terus dikembangkan bukan hanya sebagai pelatihan tapi juga sebagai wira usaha…!!!
            top lah bung mampu melihat potensi…

          • rada repot dikita ni….payah mencari dukungan ….ribet cari bantuaan….walau pemerintah sudah mempasilitasi dengan berbagai program…tapi kenyataanya kan sulit juga….!!!
            apalagi tahap awal mulai usaha.
            mungkin lebih muda jika tahap pengembangan,.

          • bung hari selain tenaga angin pontensi disana kira kira apa lagi…mungkin tenaga gelombang pasang surut…??? bisa juga dikembangkan.

          • @om aming

            Ada lg om…dit4 saya ada pembangkit listrik tenaga kuda…iya tenaga kuda!!

            Dipantai parangtritis kan banyak yang jual sate kuda….efeknya setelah mengkonsumsi sate kuda ini….wowwwwww, bawaannya “pengen nyetrum” aja

  8. Moncer.. Nih.. ,,

  9. topik hari ini banjir vs daster xixi

  10. kenapa yah pelucur rudal buatan barat selalu miring, kalo buatan timur pada tegak ?
    #tanyakenapa

    • walah bang rusky kemarin dibuli seven aja belum keluar dari rumah sakit kok bung….!!! mana dia mau keluar…
      kalo masalah tegak engaknya rudal itu tergantung pemicu ketegangan dan usia rudal bung….!!! πŸ™‚

    • Kalo miring biar lebih memudahkan peluncuran mengikuti arah lengkung rudal. Kalo peluncur tegak lebih mudah untuk mengarahkan rudal. Hanya saja sekarang peluncur miring pun bisa diubah arah 180 derajat atau bisa juga sekarang rudal bergerak kearah yg beda dari arah peluncur begitu dikeluarkan, ibaratnya peluncur menghadap ke Utara, rudalnya bisa mengarah ke Selatan, timur, barat.

      • Rudal yg spt itu sdh biasa bro. Yg hebat itu rudal yg kalau diluncurkan baik miring maupun vertikal malah putar balik ke asalnya. Itu menurut si Tukang Ngitung

    • Kenapa Kok SAM Buatan Rusia Launchernya Selalu Vertikal?. Karena Itu Lebih Efisien Dan Bisa Mengcover Area 360* Tanpa Harus Berputar/Memutarkan Kendaraan Pengankut.

  11. Patriot itu rudalnya tidak dalam posisi tegak 90 derajat… sehingga mesti diarahkan ke arah datangnya serangan… bayangkan jika rudal datang dari posisi 180derajat dari sudut serangnya…

  12. bisa juga bung tapi katagorinya dalam perawatan….untuk menambah usia pakai….bahasa cinanya rudal sudah uzur….!!! πŸ˜€

  13. sebenarnya kemiringan atau tegak dalam hukum fisika itu masalah grafitasi bung….jadi bisa dibilang itu masalah efisiensi peluncuran bung….karna daya dorong melawan grafitasi…kira kira begitu bung…semua punya kekurangan dan kelebihan..dalam model peluncuran tersebut salah satunya yang dibilangin bung yuli…!!!
    ini kalo engak salah yaa bung…

  14. sehat jeng….??? πŸ˜€

  15. Wajar yg dicegat rudal tua, coba pake rudal yg kecepatan 2 match aja, produk amerika sdh kocar kacir

    • dengan kecepatan 2 march yang repot kalo ada tikungan bung ngerem,ngak sempet lagi…!!! πŸ˜€

    • Emangnya Rudal Scud kurang cepet apa lagi, itu udah Mach 5 loh, apalagi tuh pemberontak pake yg Scud D yg jangkauannya 700 km. Akhirnya kena juga tuh. Kalo mau yg rudal jelajah, kecepatan tinggi hingga Mach 2,9 dan jangkauan jauh, ya cuma Kalibr varian punya Rusia dan jelas gak mungkin dipake sama Houthi.

      • Aah itu cuma katamu
        Bagimu f35 adalah pesawat yg tak terkalahkan di alam dunia saat ini dan berikutnya bahkan sampai alam ghaib, dewa dan malaikat bakal takluk…. dan bagimu kapal induk amerika saat nabrak terusan panama maka benua amerika bakal terbelah, yah gitu deh πŸ˜€

        • Qarin 2.0 nih, bahas apa yg dibahas apa?? Obatnya dah diminum??

          Hhhhhhhhhh

          • Agato dukun ya? Suka nebak2 suka mengingau, atau sedang kena pelet mamarika kayak beru* popok pisang disebelah?

          • Itu orang memang gitu broo, entah dari mana pula houthi punya rudal scud, mungkin rudal yg di intersep arab saudi adalah rudal Agato, tapi kok bisa diintersep, sementara agato pedagang ramuan, mmng terkadang kadang?
            Tukang ramuan agak payah menggunakan
            ramuannya sendiri dikarenakan kurang ramuan, kecuali hari s & seven percaya dgn ramuannya.

            Hahhaahaaaa

 Leave a Reply