Jul 312017
 

Dubai – Menteri luar negeri Arab Saudi menyebut permintaan Qatar menginternasionalkan perjalanan haji sebagai pernyataan perang terhadap kerajaan Arab Saudi, kata televisi Al Arabiya milik Saudi pada Minggu, 31/7/2017. Namun, Qatar mengatakan tidak pernah mengeluarkan seruan itu.

“Permintaan Qatar menginternasionalkan tempat suci itu agresif dan pernyataan perang terhadap kerajaan ini,” ujar Adel al-Jubeir seperti dikutip dilaman Al Arabiya.

“Kami berhak menanggapi siapa pun, yang mengupayakan internasionalisasi tempat suci tersebut,” katanya.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani mengatakan, tidak ada pejabat dari negaranya yang melakukan seruan seperti itu.

“Kami bosan menanggapi informasi dan cerita palsu yang ditemukan dari nol,” ujar Sheikh Mohammed kepada televisi Al Jazeera, dirilis Reuters/Antara, 31/7/2017.

Qatar menuduh Saudi mempolitisasi haji dan berbicara kepada Pelapor Khusus PBB tentang kebebasan beragama pada Sabtu, mengungkapkan kekhawatiran tentang hambatan yang dihadapi warga Qatar yang ingin menghadiri haji tahun ini.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain sebelumnya mengeluarkan daftar 13 tuntutan untuk Qatar, yang mencakup pembatasan dukungan untuk Ikhwanul Muslimin, menutup televisi Al Jazeera yang berbasis di Doha, menutup sebuah pangkalan militer Turki dan menurunkan tingkat hubungannya dengan musuh Teluk, Iran.

Pada Minggu, menteri luar negeri keempat negara tersebut mengatakan bahwa mereka siap berdialog dengan Qatar jika negara itu menunjukkan kesediaan untuk menanggapi tuntutan mereka.

Pada Minggu, Arab Saudi, Mesir, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain membahas penerapan sanksi ekonomi baru untuk Qatar saat mereka bertemu di Manama, ibu kota Bahrain.

Para menteri luar negeri dari keempat negara “diperkirakan menjatuhkan sanksi yang secara bertahap akan mempengaruhi ekonomi Qatar “, ujar surat kabar al-Hayat, mengutip sumber-sumber Teluk yang tidak disebutkan namanya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Kantor berita negara Bahrain BNA mengatakan pada Sabtu bahwa Raja Hamad bin Isa al-Khalifa memuji kerja sama antara keempat negara tersebut dalam memerangi terorisme.

Upaya diplomatik yang dipimpin oleh Kuwait dan melibatkan Amerika Serikat dan Turki telah gagal mengakhiri ketegangan, yang telah mempengaruhi perjalanan dan komunikasi antara Qatar dan empat negara itu serta menyebabkan pertukaran verbal yang keras di media.

Pertikaian Qatar dengan negara tetangganya di Teluk memunculkan kecemasan di antara para sekutu Barat yang melihat dinasti berkuasa di kawasan itu sebagai mitra dalam bidang energi dan pertahanan.

Qatar menanamkan modal dalam jumlah besar pembangunan prasarana dan tetap memelihara kerja sama diplomatik erat dengan Amerika Serikat atas perang di Suriah.

Bagikan:

  21 Responses to “Saudi : Seruan Internasionalisasi Tempat Suci “Pernyataan Perang””

  1.  

    Ada apa ya dengan Saudi?

  2.  

    awal baca judulnya, ane gagal paham, tp setelah dibaca isinya dgn seksama dan seyakin2nya, baru ane paham…xixi

  3.  

    1

  4.  

    pelang,…?…hii atut ih…xixix

  5.  

    Apa yg anda pikirkn saudi……

  6.  

    ini maksudnya warga qatar tidak di beri izin untuk haji oleh saudi atau gimana

  7.  

    qatar akn jd yaman ke 2,, saudi sok jago.

  8.  

    itu negara2 pd kebanyakan main sosmed apa ya? sumbunya sak iprit gituh…
    apa para pejabatnya masih suka minum kopimix sachetan ???

  9.  

    Awas adu domba,,,,,

  10.  

    parah

  11.  

    xxx … penyakitnya jngan dibawa ke Indonesia dong..!!!!

  12.  

    Smpe buka kbbi nyari arti internasionalisasi=penginternasionalan,tetep ga ngerti,buka web lain dpt penjelasannya:

    Internasionalisasi (internationalization) adalah meningkatnya interaksi antar negara, terutama dalam transaksi-transaksi bisnis internasional berupa ekspor atau investasi asing langsung”.Tapi Tetep ga ngerti,

    konteks intenasionalisasi dlm perjalanan haji ap si???

  13.  

    Mungkin saja ada yg iri, spt Raja Abrahah..

  14.  

    Mudah terpancing isue dan provokasi wkwk

  15.  

    adu tanduk apa adu lari bung???

 Leave a Reply