Nov 052017
 

AlRiyadh : Pecahan rudal jatuh di sekitar bandara, tidak ada korban, penerbangan normal , 4/11/2017.(@AlRiyadh)

Jakartagreater.com – Kelompok pemberontak Houthi di Yaman menyatakan bertanggung jawab atas ledakan keras di Riyadh, Sabtu, 4/11/2017 dan menyatakan bahwa rudal balistik jarak jarak jauh yang mereka tembakkan mampu menjangkau lebih dari 800km melewati perbatasan dengan Saudi Arabia.

Tapi tidak ada korban jiwa akibat ledakan tersebut.

Seperti yang dikutip Al Jazeera, Minggu, 5/11/2017, juru bicara pemberontak mengatakan bahwa mereka melepaskan rudak Burkan 2-H jenis Scud yang memiliki jangkauan lebih dari 800km menuju Kota Riyadh.

“Ibukota negara yang terus menembaki kami, menargetkan rakyat sipil tidak bersalah, tidak akan lolos dari rudal kami,” kata juru bicara tersebut.

Al Masirah, jaringan televisi yang dikelola kelompok pemberontak Houthi, melalui jaringan media sosial mereka juga mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Rekaman video yang disiarkan melalui sosial media memperlihatkan asap yang membubung dari komplek bandara internasional Raja Khalid di Riyadh.

Sementara itu kantor berita resmi Saudi Arabia SPA mengutip Kolonel Turki al-Maliki mengatakan bahwa tepat pada pukul 8:07 malam waktu setempat, sebuah rudal balistik ditembakkan dari arah Yaman menuju Kerajaan Saudi Arabia.

Menurut Maliki, pasukan Saudi Arabia menggunakan rudal Patriot dari udara ke udara untuk menangkis dan menghancurkan rudal tersebut yang serpihannya kemudian jatuh berserakan di kawasan tanpa penduduk di timur bandara.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Jareera beberapa waktu lalu, Mohammed Abdul Salam, juru bicara kelompok Houthi, mengancam akan meningkatkan operasi di perbatasan Yaman-Saudi Arabia dan menargetkan serangan jauh ke wilayah Saudi Arabia.

“Pihak Saudi yang memulai perang. Respon kami akan terus dan meningkat dengan target jauh ke wilayah Saudi Arabia, kawasan militer dimana pesawat jet mereka terbang, atau pos militer di dalam teritori Yaman,” kata Abdul Salam.

“Abu Dhabi dan target kami yang lain, sejauh ini adalah target militer. Negara mana pun yang menargetkan Yaman akan dibalas oleh tembakan rudal kami,” katanya.

Perang saudara di Yaman, negara paling miskin di kawasan Arab, pecah sejak 2014 setelah pemberontak Houthi menguasai Ibukota Sanaa dan terus maju dengan target Aden, kota terbesar ketiga di negara itu.

Karena khawatir dengan meningkatnya serangan pemberontak Houthi, yang diyakini mendapat dukungan dari Iran, Saudi Arabia yang berkoalisi dengan negara Arab lain, melakukan intervensi pada 2015 dalam bentuk serangan udara dengan tujuan mengembalikan Abd-Rabbu Mansour Hadi ke kursi presiden.

Sejak itu, lebih dari 10.000 warga menjadi korban dan setidaknya 40.000 terluka. (Antara).

  32 Responses to “Saudi : Tembakan Rudal Houthi ke Riyadh Diintersep”

  1. Pake Bigo Live?

  2. hanya demi sebuah kekuasaan , samapai rela mengorbankan orang yg tak berdosa,,,!!!

  3. wew..

  4. Sumber kekacauan dijazirah Arab dan Afrika karena masing2 pihak merasa paling benar dan suci, sang dalang pandai memanfa’atkan ego kesukuan dan kesektean dsn untuk membuat mereka saling berperang satu sama lain! Semoga NKRI selalu damai, dan TNI bs mengeleminir anasir2 negative dibumi Nusantara ini!

  5. edan negara kismin aja punya rudal jarak jauh..smoga aja negara ini juga punya yg jangkauannya lebih dr itu..

    • G hanya itu bung. Sekelas pemberontak aja punya rudal jangkauan luar biasa, tak bicara 100-200km.tapi ini bicara 800-an km.
      Sementara di negeri seberang sana bernama kawasan south east asia… Masih berkutat pertahanan titik, apalagi melindungi kawasan sekelas laut LCS pakai shorad…, hadeh
      Emang kawasan itu sekitar natuna darat ya bukan laut.
      Pengin kelas 1 jatuhnya / dikerdilkan hanya pertahahan titik.
      Lebih baik manpads nya dibanyakin aja.
      Hehehe

      Edisi:1.nyinyir sambil curhat. Gpp kan
      2.Wes ben no, seng penting negriku aman ga perang meski laut dn udara sering di “incipi” negara lain

  6. SAM Patriot adalah rudal pertahanan paling battle proven. Bagaimana dengan S series?

  7. 11 pangeran kerajaan + 8 menteri kerajaan arab saud kena tangkap bung, raja salman langsung resuffle kabinet..
    tadi siang lihat beritanya di tv wan..apa gerangan problemnya..???

  8. Tumben yg ini di videokan, biasanya jarang divideokan cuma ngomong aja kalau rudal bisa dilumpuhkan, atau rudal2 yg gak divideokan berhasil mengenai targetnya di bani saud kale?

  9. Patriot udah battle proven gmn yg s300 kok blm pernh keliatan hasilx di syria

  10. Udah sabar kalau mau patriot tunggu Si Loket dulu berhasil merebut semua customer patriot di eropa dng Produk baru mereka MEADS… Nah setelah itu Baru beli Patriot pasti murah xixixi..

 Leave a Reply