Aug 132014
 
SBY berterima kasih bantuan modernisasi kemiliteran Amerika Serikat

F-16 Block 52ID TNI AU saat pengisian bahan bakar di udara, di ruang udara Amerika Serikat, baru-baru ini. Indonesia akan memiliki Skuadron Udara 16 yang semata-mata terdiri dari 24 F-16 Block 52ID eks Angkatan Udara Cadangan Nasional Amerika Serikat.
(Dinas Penerangan TNI AU)
Jakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Yudhoyono mengucapkan terima kasih kepada Amerika Serikat terkait bantuan modernisasi kemiliteran TNI, di antaranya arsenal militer dari negara itu.

Sejak 1991, Kongres Amerika Serikat melarang Indonesia membeli dan meremajakan arsenal militer mengikuti dugaan pelanggaran berat HAM pada Peristiwa Santa Cruz, Provinsi Timor Timur.
Dalam kemiliteran, secara umum pengadaan atau peremajaan harus selalu dilakukan setelah kurun waktu tertentu.
Setelah lebih dari 20 tahun, akhirnya Amerika Serikat bersedia menjual arsenal-arsenal militernya –baru ataupun bekas pakai– kepada Indonesia. Yang termutakhir adalah tiga dari 24 unit F-16 Fighting Falcon Block 52ID bekas pakai Angkatan Udara Cadangan Nasional Amerika Serikat.
Belakangan, TNI AD juga berniat membeli delapan helikopter serang AH-64D Apache dari pabriknya, Boeing Company. Jika hal ini jadi direalisasikan, maka Pusat Penerbangan TNI AD akan mengoperasikan dua merek dan tipe helikopter serang dari Rusia (Mil Mi-35P) dan Amerika Serikat (AH-64D Apache) sekaligus.
“Kami berterima kasih kepada Kongres Amerika Serikat, khususnya dalam kerja sama kemiliteran termasuk modernisasi persenjataan militer,” kata Yudhoyono saat menerima kunjungan senator senior Amerika Serikat, John McCain, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.
Menurut Yudhoyono, sudah hampir dalam jangka waktu yang lama atau hampir sekitar 20 tahun persenjataan dalam kemiliteran masih belum benar-benar dimodernisasi dengan baik.
Dengan kerja sama di bidang pertahanan, ujar SBY, diharapkan kedua negara dapat bekerja sama secara bersama-sama untuk lebih memastikan kawasan Asia lebih stabil dan damai.
Dengan demikian, lanjutnya, berbagai negara termasuk Indonesia juga dapat mengembangkan ekonominya.
Yudhoyono menegaskan, Indonesia menentang penggunaan militer untuk memecahkan permasalahan di kawasan, tetapi lebih mengedepankan pendekatan politik dan diplomasi.
Sebelumnya, Indonesia melalui Kementerian Pertahanan menyatakan keinginan negara tentang kedamaian dan stabilitas keamanan Laut China Selatan, yang saat ini disengketakan sejumlah negara.
China secara agresif mengerahkan kekuatan militer dan paramiliternya untuk mengklaim sebagian besar Laut China Selatan. Secara sendiri-sendiri, empat negara ASEAN, yaitu Viet Nahm, Filipina, Brunei Darussalam, dan Malaysia, menentang itu.
“Indonesia tak terlibat sengketa, namun sebagai bagian dari kerja sama multilateral ingin daerah itu menjadi daerah stabil, zona damai, dan daerah bebas berlayar,” kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, Kamis (24/7).
Dia katakan itu usai menerima kunjungan Wakil Komisi Pusat Militer Tiongkok, Jenderal Fan Changlong, di Jakarta, Kamis (24/7).
Dalam pertemuan dengan Fan itu sempat dibahas perihal eskalasi konflik di Laut China Selatan dan di Laut China Timur. (www.antaranews.com)
 Posted by on August 13, 2014

  40 Responses to “SBY berterima kasih bantuan modernisasi kemiliteran Amerika Serikat”

  1. Siap pak,laksanakan…!!!

  2. pertamax (newbie)

  3. 10 besar

  4. Mantap bener cara bediplomasi pak presiden smoga ke depan ga ada lagi yg namanya embargo kaloupun ada toh kita sdh siap dengan kemandirian dan juga pembelian dari negara lain jayalah negeriku Indonesia

  5. ditunggu rudal patriotnya

  6. terima kasih untuk 24 F 16 block 52id..pinginya F22..

  7. terimakasih USA utk suka-dukanya, awas aja kalo ngerjain INA lagi !!! :p

  8. ah biasa aja ngga usah makasih yg berlebihan toh itu f-16 ngga ada apa apanya klo ausie udah dpt si petir f-35

  9. terimakasih USA utk suka-dukanya, awas aja kalo ngerjain INA lagi !!!

  10. Bener pa sby ..trims banyak buat amerika..!! Yg penting ga ada embel-embelnye dibelakang nanti..maklum negara & rakyat indonesia masih parno dg si asu ini…koboy tengik yg suka ikut campur negara laen, bae klo ada maunye doank…!! Tetap waspada sama si asu jgn lengah dg kebaikan”nya..!!

    …NKRI HARGA MATI…

  11. Mantep.

  12. ASU = Sengkuni VS Indonesia = Sun Tzu :mrgreen:

    Kita lihat siapa yg jd the last man standing…

    • wait & see bung wehr … ane cuma minta tolong bung, mhn bisa periksa ejection seat si elang botak, apa dikasih 100% baru? biar gak deg deg an nie jantung kita …
      hehehe … cuma iseng neh

    • Amerika itu g usah dilawan yg penting kepentingan kita bisa bersesuain dgn Amrik..minimal tdk konfrontatif sekali…politik cerdas pernah dilakukan oleh Soekarno shg kita mendapat Papua kembali…tapi krn Soekarno terlalu keterusan melawan akhirnya Amrik mencari antidotnya…Intinya Amrik tetap bisa diajak bernegosiasi…lagipula kita tetap butuh Amrik…justru saya salut dgn warisan politik bebas aktif…dari Bung Hatta…krn ini sebetulnya kemerdekaan hakiki dari Indonesia bisa muter2 blok tanpa risih..krn orang sdh tahu kita ini non blok…

    • sun tzu bung wehrmacht

  13. Iye..iye…kami warga indonesia ngucapin terima kasih buat pemerintah amrik atas hibahnye.tp maaf..maaf..kate..sory..sory..to say ni ye,kite ga mau kalo harus jd boneka ente meskipun ente udah kasih pespur buat kite..

    • Ya siip…terima kasih udah d kasih/hibah f 16 jadul wlaupn kita harus bayar biaya upgrade bru bisa layak pakai…tpi yg penting jgn jdi boneka amerika…

  14. ASU say thank you ngga dikasih emas plutonium dsb dari tanah Papua!

  15. Ucapan terimakasih adalah sikap hormat dan menghargai, Tapi kalau utk kembali ke blok barat maaf saja, NKRI harus tetap nonblok dan membeli alutsista dari berbagai negara. Pengalaman pahit menggunakan alutsista ASU tidak bisa di hapus dari sejarah. Semoga para Pimpinan TNI tidak melupakan pahitnya sejarah embarga Alutsista ASU cs.

  16. Lumayan bagus jawaban diplomasinya pak SBY. Tetap menjalin hubungan baik.
    Semoga paket AH64, UH60, dan CH47 dan lain-lain lancar dan cepat diakuisisi TNI.

  17. Weleh weleh…

  18. Babe emang paling top urusan giniaan..

  19. Terimakasih (basa-basi),,ke untungan AS hasil pengerukan SDA yg d ambil dri NKRI gak akan sbanding dgn hibah F-16 wlw brjumlah 1000 unit,,

    • Ya…benar sekali.
      Boleh ja kita ucapin terima kasih..tpi kebijakan asu mengeruk SDA kita jangan sampai semaunya…pokoknya undang undang minerba harus di terapkan kepada negara manapun yg kerja di sini secara benar….kita harus tegas..CMIIW

  20. F16 bekas bekas, walau d upgrade cuma mesinya ama radarnyanya

  21. bahasa diplomasi.. harus pintar berbahas diplomasi terlpas dari sikap mendukung siapa.. tapi bagi saya pribadi gak bisa bahasa diplomasi hehe maklum IQ terbatas tetapi berbudi luhur… huff muji diri sendiri

  22. Indonesia pengen F-22 raptor sebanyak mungkin…

  23. Saling menghormati boleh dalam diplomasi tapi dlam diplomasi tidak ada istilah teman sejati maupun istilah musuh sejati semua bisa jadi teman dan musuh tergantung pada kepentingannya..harus pintar2 kita bisa memakai diplomasi utk mempertahankan kedaulatan kita dimata dunia

  24. Raptor.. . .

  25. Indonesia pengen f22.? Yang pengen anda kali ya ? he he…indonesia kayanya masih mimpi kalau mau f22 d siang hari..
    Kalau su 35…itu mimpi yg akan jdi kenyataan..,menurut clue yg sudah ada sih…peace n salam nkri..

  26. Wait and see …

  27. was was freeport ama opm…

  28. Iya jgn sampai bisa di rayu abis sama asu kirik, pasti ada ujungnya nih.

 Leave a Reply