Feb 242018
 

Ilustrasi: Kapal selam kelas Scorpene Angkatan Laut Chili. © Florian Wöhrl via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Presiden Brasil Michel Temer pada hari Selasa meluncurkan fase perakitan akhir kapal selam diesel listrik kelas Riachuelo, di Shipyard and Naval Base (SNB) Itaguai, seperti dilansir dari laman Xinhua.

S40 Riachuelo adalah yang pertama dari 4 (empat) kapal selam Scorpene yang sedang dibangun oleh Brasil berdasarkan kontrak tahun 2008 antara Naval Group (dulu DCNS) dan Angkatan Laut Brasil.

Setelah perakitan akhir, kapal selam diesel listrik tersebut rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini dan memasuki layanan pada tahun 2020.

Upacara fase perakitan akhir, kapal selam diesel listrik S40 Riachuello, Brasil. © Xinhua.net

Program Pengembangan Kapal Selam Brasil (PROgrama de SUBmarinos alias PROSUB) menyerukan 3 unit kapal selam konvensional (Humaita S41, Tonelero S42, Ango Stura S43) dan kapal selam pertama dengan penggerak nuklir (SSN) untuk Angkatan Laut Brasil.

Kontrak yang ditandatangani mencakup transfer desain, produksi serta teknologi yang diperlukan untuk empat kapal selam konvensional kelas Scorpene, dan bantuan desain serta produksi bagian non-nuklir untuk SSN Brasil.

Menurut situs Military Factory, kapal selam Scorpene S40 Riachuelo akan menjadi kapal sepanjang 75 kaki yang mampu melaju dengan kecepatan 21 knot saat tenggelam dan sekitar 12 knot saat dipermukaan.

Sebagai kapal selam serangan, kapal itu akan memiliki 6 (enam) tabung torpedo untuk menembakkan torpedo 21 inchi termasuk rudal anti-kapal buatan Prancis yakni Exocet SM-39 Block 39 Mod 2.

Bagikan:

  9 Responses to “Scorpene Pertama Brasil Masuk Fase Perakitan Akhir”

  1.  

    Kapal selam Scorpene-1000 – Spesifikasi dan Kesempatan Transfer of Technology

    http://militerhebatdunia.blogspot.co.id/2016/10/kapal-selam-scorpene-1000-spesifikasi.html

  2.  

    Teas…!!!

  3.  

    sebaiknya brazil haus belajar mengoprasikan scorpene sama malassia…

    *di jamin ngambang*

  4.  

    Mantap, cuma TOTnya termasuk semua teknologi yg diterapkan didalamnya gak ya?

  5.  

    Gimana kelanjutan yg kemarin tentang scorpene 1K ya?

 Leave a Reply