Sea Acceptance Test Kapal Selam Alugoro-405

Surabaya, Jakartagreater.com – Upacara Hari Peringatan Armada Republik Indonesia RI Tahun 2019 digelar di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, Kamis 5-12-2019. Bersamaan dengan itu PT PAL Indonesia (Persero) melakukan sea acceptance test kapal selam Alugoro-405, dirilis laman IG PT Pal Indonesia.

Alugoro adalah kapal selam ketiga yang dibangun dengan skema alih teknologi (Transfer of Technology) antara Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME) Korea Selatan dengan industri pertahanan dalam negeri, PT PAL Indonesia. Berbeda dengan KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404, KRI Alugoro-405 adalah kapal selam pertama yang dirakit secara lokal di Surabaya, Jawa Timur.

Kapal Selam Alugoro meriahkan Hari Armada 2019, di Surabaya, 5-12-2019. (@ PT PAL Indonesia)

Dalam peringatan HUT Armada RI ke 2019, Laksamana TNI Siwi Sukma Aji Kepala Staf Angkatan Laut mengatakan cita-cita Armada untuk menjadi salah satu kekuatan diplomasi, kekuatan pertahanan yang mampu memberikan satu situasi dan satu konteks pertahanan di kawasan.

Ke depan Koarmada RI harus membangun sumber daya manusia yang mampu mengimbangi perkembangan teknologi, yang berkembang begitu cepat. PT PAL Indonesia (Persero) siap menjadi mitra strategis TNI dalam memajukan teknologi pertahanan nasional khususnya Alutsista seperti pembangunan kapal selam.

3 pemikiran pada “Sea Acceptance Test Kapal Selam Alugoro-405”

Tinggalkan komentar