Apr 222017
 

Sepasang F/A-18 dan sepasang MiG-29 TUDM terbang dalam formasi diatas USS Carl Vinson. © Flickr/ U.S. Pacific Fleet

WASHINGTON – Seorang pilot jet tempur F/A-18E berhasil meloloskan diri tanpa cedera menggunakan kursi lontar saat akan mendarat di kapal induk USS Carl Vinson dan ditolong oleh tim penyelamat dengan helikopter, menurut keterangan pers dari Angkatan Laut AS pada hari Jumat, 21 April 2017, seperti dilansir dari Sputnik News.

“Seorang pilot terlontar dengan aman dan segera diselamatkan helikopter yang ditugaskan pada [skuadron helikopter] HSC-4 di kapal induk USS Carl Vinson saat melakukan operasi terbang rutin setelah transit di Laut Sulawesi”, menurut penjelasan siaran pers tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi di Laut Sulawesi, perbatasan laut Indonesia, Filipina dan Malaysia, di sebelah barat Pasifik. Jarak dari Laut Sulawesi ke pelabuhan Busan Selatan sekitar 2.300 mil. Kejadian tersebut terjadi pada saat pesawat tempur F/A-18E – yang bertugas di Carrier Air Wing 2 – menuju pendekatan akhir di USS Carl Vinson.

Peristiwa tersebut saat ini sedang dalam penyelidikan dan pilot pesawat tempur kini sedang diperiksa oleh tim medis di USS Carl Vinson.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa “armada” sedang menuju pantai di Semenanjung Korea di tengah ketegangan yang terus meningkat dengan Korea Utara.

Bagikan Artikel:

  46 Responses to “Sebuah Jet F/A-18E AS Jatuh di Dekat Filipina”

  1. Bimoli

    • klo pesawat malon yang melintas diatas kapal induk,us ngk mencak mencak,coba klo russia yg lewat pasti mencak mencak…(klo pesawat malon kosongan kaga ada senjata yg bisa membahayakan USS Carl Vinson karena negaranya miskin, tapi klo russia lain lagi mereka punya bnyk missil yg berbahaya.kata kapten kapal USS Carl Vinson.)

    • Sepertinya trik agar anggaran pertahanan diperbesar, sehingga bisa borong lebih banyak F-35 dan membatalkan akuisisi Supernya Hornet 😛 xixixix

  2. Kok bisa

  3. Ternyata ploduk USA juga banyak yang jatuh yaa…

    Muehehe…

    • Buatan manusia manapun bisa jatuh. USA tidak lebih cerdas dari bangsa lain. Hanya saja mereka sangat gigih dalam upaya meraih kemajuan dan kejayaan. Ulet, tekun. Gagal, coba lagi. Riset terus menerus sampai berhasil.

    • Malahan udah kelewat banyak bung, F18 adalah salah satu pespur yg paling sering mengalami insiden.

      • insident paling kocak yah kali ini bung dimana dapet apesnya pilot USA saat formasi dg TUDM alias tetera terjaguh se akherat hahahaaaaaaaaa

  4. nunggu yg komen bilang kualat

    • Anda sudah mengatakannya

    • Bukan kualat, namun memang sdh saatnya jatuh, dan itu adalah kehendak Yang Maha Kuasa..
      Sepertinya wilayah tempat jatuhnya F18 dari Carl Vinson adalah wilayah kekuasaan Abu Sayaf, ane curiga kelompok Abu Sayaf bermain curang dg menjamming pesawat itu. Jika demikian, permainan dg kelompok Abu Sayaf menjadi semakin beresiko. Mereka tdk lagi bertempur secara tradisional, dg berperan sebagai pembajak kapal kargo lalu menyandra awak kapal. Mereka sdh memiliki dan berkemampuan tempur canggih dg perangkat modern. Pertanyaannya adalah mengapa intel dari negara-negara kawasan sekitar gagal mendeteksi kemampuan Abu Sayaf, bahkan intel USA yg terkenal licin juga ikut gagal shg membawa korban pesawatnya?

      Selanjutnya, “Mas, mas awas didepan ada lobang galian!!” …

  5. Mungkin kwalat NI..Negara agresor

  6. kpal induk yg lewat selat sundakah.?

  7. Hehehe…… Kapal induknya ikutan tamasya. Ke indonesia.. Kangen mentri susi…. Wkwkwkwkwk

    • klo kapal induk anggotanya cari ikan di perairan indonesia di tangkap kaga sama bu susi??pasti mereka takut klo kapal induknya dibakar.

      • JIAHAHAHAHAHA

      • Makanya semua radar indonesia ngawasin tim kapal induk itu. Kali aja sambil lewat ada kapal perang atau kapal selemnya yang mancing ikan buat makan malem. Ya kl terjadi ancamannya kapal induknya yg dibakar bu mentri.

  8. Semua itu politik..

  9. yah kok nggk ditabrakkan ke parkiran pesawat yg di atas geladak sih,nggk asik ah…..

  10. Gagal fokus soalnya diliatin sama 401-402.

  11. Takdir Ilahi..

  12. kena jaming si SALVACLAS kah,, mencoba ngintip peristirahatan si SALVA yg lgi bersandar di pilip…

  13. kbr 4 tni al yg hilang di utara sulawesi gmn ya…ada yg tau infonya???

  14. kbr 4 tni al yg hilang di utara sulawesi gmn ya…ada yg tau infonya??????

  15. Rasain

  16. Kualat

  17. Kapok….

  18. g moncerrr

  19. Hihihi… Terbang Terakhir Sebelum Mig-29 Di Jual ke India … 🙂

  20. Di teluh langsung modar pesawatnya :v

  21. Test….

  22. Ya namanya buatan manusia pasti ada erornya!

  23. Nih kapal ke Indonesia mau apa ya?
    Ada kemungkinan besar mulusin negosiasi freeport noh….

  24. Go, go, go bung maduranet….keburu diduluin US Navy Divers !!!

    • Hihihi…Bung Jimi Gk Ikut tuh Ke Laut Celebes… Kan Lumayan Klau Itu Besi Di Jual… 😆

      • Panggil saja “kawan pono” bung jim…

        Setelah saya cek koordinatnya, lokasi tsb berada disekitar perairan laut sulu…achhh biar bung maduranet saja yang berangkat

Orang Bijak Isi Komentar :