Sedikit Negara di Dunia yang Bisa Membuat Kapal Selam

Kapal Selam diesel-electric Fateh class 600 tom buatan dalam negeri Iran (Foto : Globalmilitaryreview.blogspot.co.id)

Kapal Selam “Fateh” Buatan Iran akan segera beroperasi, setelah beberapa bulan ke belakang, kapal selam ini melakukan uji laut. “Kapal selam Fateh yang berarti “Penakluk”, diklaim 100% menggunakan teknologi yang bersumber dari dalam negeri Iran. Menurut enasihat senior Angkatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayyari, kapal selam ini segera bergabung dengan Angkatan Laut Iran.

Hanya ada beberapa negara di dunia yang mampu memproduksi kapal selam. Berkat upaya-upaya besar dari para ahli Iran dan pengembangan teknologi dalam negeri, Republik Iran saat ini memiliki kemampuan yang sama seperti China, AS, Rusia, Prancis dan Inggris.

Kapal selam Ghadir Class Diesel-Electric 120 ton yang bisa membawa torpedo (Foto : Globalmilitaryreview.blogspot.co.id)

Angkatan Laut Iran menggunakan kapal selam pertama sekitar dua dekade yang lalu dan telah berhasil memperoleh teknologi canggih di sektor kapal selam meskipun mengalami sanksi yang diberlakukan terhadap Iran.

Kapal selam Kilo (Type 877EKM) Diesel-Electric Iran (Foto : Globalmilitaryreview.blogspot.co.id)

Iran sejauh ini telah meluncurkan beberapa kelas kapal selam canggih buatan dalam negeri termasuk Ghadir, Qaem, Nahang, Tareq dan Sina. Fateh sebagai kapal selam berbobot 600 ton merupakan kapal selam kelas menengah yang dilengkapi dengan persenjataan canggih seperti torpedo dan ranjau laut.

Tinggalkan komentar