Sedikitnya 7 Orang Tewas di Bandara Kabul Saat Mencoba Melarikan Diri

6785986

Sedikitnya 7 orang tewas saat insiden yang terjadi di dekat Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan. Warga berusaha melarikan diri dari negara mereka yang kini dikuasai Taliban. Warga berusaha keluar dari negara mereka karena merasa bahaya yang mereka hadapi.

Dilansir dari Sputnik, Minggu, 22 Agustus 2021, warga berusaha kabur karena ancaman baru yang dirasakan dari afiliasi kelompok Negara Islam di Afghanistan. Mereka melihat pesawat militer AS melakukan pendaratan tempur yang cepat dan bergeak cepat  di bandara yang dikelilingi oleh pejuang Taliban.

Sementara pesawat lain telah menembakkan suar saat lepas landas, upaya untuk membingungkan kemungkinan Rudal pencari panas yang menargetkan pesawat.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa “kondisi di lapangan sangat menantang tetapi kami melakukan segala yang kami bisa untuk mengelola situasi seaman dan seaman mungkin,” lapor Sputnik mengutip media Inggris.

Perkembangan itu terjadi sehari setelah kedutaan AS di Afghanistan menyarankan warganya di Kabul untuk menghindari bepergian ke Bandara Internasional Hamid Karzai, dengan alasan potensi ancaman keamanan di luar gerbang bandara.

Afghanistan sedang menyaksikan krisis terburuknya dalam beberapa dasawarsa karena kendali Taliban telah memaksa orang-orang meninggalkan negara itu karena takut akan kekejaman mereka.

Teroris di jalan-jalan Kabul dilaporkan mencegah orang memasuki bandara dengan menggunakan kekerasan. Situasi terus memburuk di bandara dan di sekelilingnya, yang berada di bawah kendali Taliban.

*Foto: Pesawat C-17 Globemaster III Angkatan Udara AS mengangkut 823 warga Afghanistan dari Bandara Internasional Hamid Karzai, 15 Agustus 2021.(@ U.S. Air Force)

Leave a Reply