Nov 282014
 
USS George Washington segera ditarik dari Jepang, untuk perawatan

USS George Washington segera ditarik dari Jepang, untuk perawatan

Tokyo – Pengambil kebijakan Pertahanan Jepang dan Amerika Serikat menyampaikan kekhawatiran mereka tentang kekosongan total kapal induk Amerika Serikat di perairan Asia Timur selama empat bulan pada tahun depan.

Keterbatasan anggaran dikombinasikan dengan munculnya kelompok Negara Islam di Timur Tengah, telah membatasi kemampuan armada Amerika untuk beroperasi di Asia. Untuk sementara tidak ada satupun kapal induk Amerika yang akan ditempatkan di Asia Timur.

Para pejabat Jepang dan AS takut dengan tidak adanya kapal Induk AS di kawasan bisa menggoda Korea Utara dan China untuk mengambil keuntungan dari kekosongan untuk memulai petualangan militer.

USS George Washington, satu-satunya kapal induk AS yang memiliki pangkalan di luar negeri, akan meninggalkan basisnya untuk pengisian bahan bakar nuklir dan perbaikan. Sampai USS Ronald Reagan tiba di pelabuhan Yokosuka Jepang, yang terletak di mulut Teluk Tokyo, tidak akan ada kapal induk Amerika Serikat di Asia Timur.

Angkatan Laut AS tidak mengungkapkan rincian tentang rotasi itu, tetapi USS Ronald Reagan diharapkan tiba di Jepang antara musim semi dan musim gugur 2015.

Siapa yang akan mengatur lautan Asia Timur ?
Sebuah kapal induk dapat menampung lebih dari 50 jet tempur dan sekitar 15 helikopter. Operator dapat dengan cepat pindah ke tempat yang bermasalah dan memproyeksikan kekuatan udara. Kapal Induk pada dasarnya pangkalan udara mobile yang dapat membangun supremasi udara di mana pun mereka berlayar.

Angkatan Laut AS secara rutin menempatkan kapal induk ke Asia Timur dan Teluk Persia untuk menjaga musuh potensial seperti China, Korea Utara dan Iran. China bekerja agresif membangun armada kapal induk untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara angkatan laut di Laut Cina Selatan.

AS memiliki 10 kapal induk, tetapi operasi militer terhadap kelompok Negara Islam, yang muncul bulan Agustus, meletakkan beban tambahan kepada armada laut AS.

AS menggunakan dua kapal induk di Timur Tengah, namun keterbatasan anggaran memaksa AS untuk mengurangi jumlahnya menjadi satu sekitar tahun 2013. Sementara beberapa pembuat kebijakan dalam pemerintahan Presiden Barack Obama ingin kembali mengoperasikan dua kapal induk untuk terus melawan kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS).

Kapal induk Jepang?
Tidak adanya kapal-kapal besar AS di laut Asia Timur selama empat bulan, bisa mendorong Jepang untuk mulai mengembangkan armada kapal induknya sendiri.

Keperluan ini tidak perlu membangun kapal dari awal. Maritime Self-Defense Jepang sudah memiliki dua kapal pengangkut helikopter, Hyuga dan Ise. Kapal yang jauh lebih besar Izumo, dijadwalkan akan segera diselesaikan. Jika kapal tersebut dikonversi untuk membawa F-35B SVTOL dan dikawal oleh kapal perusak yang dilengkapi Aegis, Jepang akan memiliki konvoi penuh dari kapal induk.

Jika pertempuran pecah antara Jepang dan China di perairan sekitar Kepulauan Senkaku yang disengketakan di Laut Cina Timur, Angkatan Udara Jepang harus dikerahkan dari pangkalannya di Okinawa atau Kyushu. Penerbangan panjang dari pangkalan tersebut akan membatasi jumlah waktu mereka bisa beroperasi di daerah tersebut. Sebuah armada kapal induk Jepang, di sisi lain, bisa membawa jet tempur ke dekat kepulauan yang menjadi sengketa yang dikenal sebagai Diaoyu di China.

Dari akhir Perang Dunia II melalui Perang Dingin, kebijakan AS adalah menjaga Jepang tergantung pada kekuatan militernya. Tapi jepitan keuangan dan tumbuhnya konflik di seluruh dunia menyebabkan prioritas baru bagi AS. Washington sekarang menginginkan dan telah membuatnya jelas bahwa sekutunya harus dapat menghadapi tantangan strategis yang mengancam negaranya, dengan kekuatan sendiri.

Proyeksi Pertahanan Australia
Australia juga bergerak ke arah ini. Mereka mengubah dua kapal serbu amfibi Canberra Class menjadi kapal induk yang akan dilengkapi jet tempur F-35B yang sedang diproses oleh negara ini. Tampaknya setiap langkah dalam arah pertahanan akan dirancang untuk mengamankan kemampuan pertahanan yang independen terhadap keadaan darurat saat tidak ada kapal induk AS yang dikerahkan di Pasifik dan Hindia.

Washington merencanakan mengosongkan kehadiran kapal induknya selama empat bulan dari tugasnya di Asia Timur dapat ditujukan untuk menyenggol Tokyo agar membangun armada kapal induk sendiri, setelah Hampir 70 tahun AS bertanggung jawab terhadap pasukan perang serta pertahanan udara dan laut Jepang. (Asia.nikkei.com).

  60 Responses to “AS segera Tarik Kapal Induk di Asia Timur”

  1.  

    pagi

    •  

      hati2 ntar di isi lioning. . .

      SALAM NKRI

    •  

      LHD CLASSsalah satu kapal induk untuk heli australia akan di oleh f35 VTOL , HAL ini bisa di antisipasi dengan brahmos, yakhont dan DF21 khas china, yg bisa menggebuk membanting dan mengaramkanya, tanpa ba bibu, indonesia ckup akuisis df21 seperti UEA, untuk mengantisipasi LHD asutralia,,
      Dengan kemampuan Df21 bisa sangat yakin dalam beberapa menit bisa mengaramkan LHd, apalagi di bantu dengan rudal SCUD dari vls nya kilo clas,
      Bijimane rasanye Lhd ala Df21,
      CMIIW

  2.  

    izin absen

  3.  

    Wihh…. Kapal tanker bisa gak ya disulap jadi kapal induk

  4.  

    absen

  5.  

    “BegituLah negara yang SeLaLu ikiut induk Semangnya “

  6.  

    sholat jumat dulu poro sodara2 se iman akeratnya didahulukan dunianya ditinggal sementara oke asallamu allaikum

    •  

      Iya Saudaraku , KaLau wiLayah indonesia timur indonesia. Sudah dari tadi , kaLau wiLayah tengah seperti saya makassar baru Adzan , saya duLuan yah 😉 AssaLamu ALaikum

      •  

        Iya bung pcm, kalau makasar udah azan ya, ini di medan sekitar 1 jam lagi baru masuk azan jum at nya, jadi masih bisa nongkrong di jakartagreater kira kira 40 menit lagi,
        So, menurut saya kita jgn sampai kalah cepat dari aus dalam mencari antidot untuk canbera class yg bentar lagi akan segera beroperasi bergandengan dgn f35 nya, segera isi perbatasan pulau terluar kita dgn rudal rudal p.bastion untuk pertahan pantai dan s400 kita kalau bisa segera di install di daerah papua agar bisa mengawasi kawasan timur indonesia dari f35nya aus.
        Udah dulu ya, mau persiapan sholat jum at nih,
        Assalamua alaikum dulu ya semua, entar habis sholat jum at kita on lagi.

  7.  

    no 4

  8.  

    heheheh, induk semang ny lgi loyo,…pda kelabakan dah kayak jenggot kena puntung roko….hehehehe….NKRI menyusun kekuatan dgn senyap…..mantap Jayalah Negri ku tercinta…salam para sepuh n warjager.

  9.  

    F35B … buat isi light carrier PT. PAL, gak apalah sekali ini pake produk amrik

  10.  

    ketauan amerika lemahnya sekarang preman keilangan jimat bgt, kewalahan jg akhirnya.

  11.  

    Banyak pulau di perbatasan yang sdh ada lapangan terbang peninggalan belanda/jepang, tinggal diperbaiki dan dibangun kembali utk dijadilan kapal induk atau pangkalan. Geser pasukan TNI yang ngumpul di Jawa utk mengamankan teras depan NKRI.

  12.  

    saatnya kita jg membangun LHD untuk mengimbangi punya asutralala, setelah pkr dgn damen jd lgsg buat destroyer untuk payung udara LHD-nya

    •  

      indonesia tdk butuh kapal induk bung setidaknya untuk saat ini. cukup maksimalkan pulau2 yg ada di indonesia dan rudal anti kapal di sebar di setiap garis pantai yg di anggap sangat rawan untuk di jadikan tempat pendaratan militer saat akan menginvasi indonesia, selain itu perbanyak juga fregate, ks, pespur dan rudal anti pespur. kalau ini terwujud saya yakin pertahanan indonesia akan sanyat sulit untuk di tembus

      jaya selalu negaraku indonesia

  13.  

    Slamat pagi..setengah siang…

  14.  

    kondisi lagi panas lagi nih….

  15.  

    asu aneh, kok bisa kekurangan dana, padahal duit tinggal nyetak doang, kalo ga di subkon aja nyetaknya di sini, biaya print lebih murah, kertas hvs, sekilo rp 2000, ato mo bagi hasil, lumayan buat nambah2in cadangan devisa.

  16.  

    @ walah … pas antidotnya kapal induk mulai disebar dan digelar ( RI )
    kapal induknya sudah mulai ditarik

  17.  

    “Sebuah kapal induk dapat menampung lebih dari 50 jet tempur dan sekitar 15 helikopter. Operator dapat dengan cepat pindah ke tempat yang bermasalah dan memproyeksikan kekuatan udara. Kapal Induk pada dasarnya pangkalan udara mobile yang dapat membangun supremasi udara di mana pun mereka berlayar.”

    kesimpulan :
    1. kapal induk pada dasarnya adalah pangkalan udara bergerak berbasis kapal
    2. penguasaan supremasi udara dimanapun kapal induk berlayar

    intinya proyeksi kekuatan udara dan pasukan pendarat

    apakah TNI AL punya cita-cita menjadi seperti itu ?

    •  

      Saya rasa indonesia tdk perlu sebuah mother ship.indonesia bnyk pulau,tinggal jadikan salah satu pulau sebagai pangkalan.selesai.bisa hemat anggran.kedua,kita bukan negara agresor,yg perlu memindahkan armada ke luar indonesia.jngn menjadi seprti kapal induk thailand yg lebih bnyk dockingnya drpd berlayar.saya lebih setuju apabila kita punya sebuah destroyer untuk masing2 armada.bertahan,tapi bertahan yg tangguh,smpai2 gk ada yg mau nyerang,

    •  

      ane termasuk penganut faham musti punya kapal induk walau cuma light ato max medium class … coba ingat waktu di Somalia saat kapal kita kena bajak … kita mampu kirim pasukan full team di dukung AL, tapi blm mampu siapkan dukungan air strike, kpl induk diperlukan utk operasi tempur jarak jauh

      •  

        Hehehe…kalo disinggung mslah apakah Indonesia perlu kpl induk…(lagi2) byk jawaban bahwa Indonesia punya byk pulau2 yg tersebar diseluruh negri dan bisa dijadikan pangkalan militer dan apakah sdh ada?…pertinyiin saya apakah menjadikan pulau2 itu sbgai pangkalan militer,.. mahal mana sama dgn pengadaan sebuah kpl induk yg menenteng persenjataan 3 matra komplit dgn armada escortnya…? Secara melihat pos2 TNI diperbatasan kok ya kondisinya apa adanya…semoga tdk mengurangi semangat anggota TNI kita melindungi setiap jengkal tanah NKRI

      •  

        numpang nimbrung ya bung, TNI AL sdh punya rencana utk membangun semacam carrier yg mampu membawa 8 s/d 12 helikopter, PT PAL Surabay sdh membuat mock up-nya, itu pernah dipublikasikan oleh Mahasiswa komunikasi massa FISIP UI

    •  

      Mungkin mini carier sdh cukup. Dgn platform pendarat tank sekaligus heli deck semacam banjarmasin class namun dengan kapasitas dan ukuran lebih besar. Mungkin unt air strike nya bisa mengan tipe VTOL.

    •  

      mungkin saja, di abad depan…

      yang penting sekarang bagaimana mengamankan dan memonitor seluruh perairan wilayah NKRI dengan ketat sehingga tidak ada kapal lewat tanpa terdeteksi…

    •  

      kalo tanya pengen,AL mana sih yg nggak pengen punya kapal induk..

  18.  

    Belum lagi kerusuhan berbau SARA di Ferguson, biasa bikin proxy war di negara orang Sekarang ASU kena juga…

  19.  

    kekaisaran jepang sudah tidak perlu diragukan lagi kalau ingin membuat kapal induk secara cepat…mereka berpengalaman saat perang pasifik. mungkin ini saatnya mereka menunjukkan taringnya. jangan heran jika nanti ada kapal induk baru seperti akagi, soryu, hiryu, shokaku dll akan muncul lagi

  20.  

    induk semangnya ( ASu ) lagi cekak, para budaknya ( jepan, Aushit, dll ) pada ketakutan , ……… payaaah, paranoid, cemen,……..dasar negara2. penjilat ASu……..!!!.

  21.  

    si paman sam lgi lemah sebtulnya jngn disyukurin jg…berbahaya itu mah.negara seperti cina lebih senang mencaplok negara lain dibanding amrik…sadar atau tdk sdr bgtulah yg terjadi,selama ini yg dilihat diluar….cma cina yg bisa ngimbngin amrik,,,byngin jg klo amrik sdh mls ngurus urusan lain diluar negaranya…ada positif…tp ada jg negatif…atau warjager disini dah yakin tampa beckingan kita bisa menang lawan cina?saya cinta negara…tp jujur sja…untuk sekarang dan 20 tahun lgi… kita blum mampu untuk menang lawan cina.bertahan iya…offensif?no way…

    •  

      Anda gak yakin kita bs menang lawan cina? Ndak apa…anda punya pertimbangan sendiri…sun tzu pun bilang jangan menyerang kalau anda tidak yakin menang…tp sun tzu juga bilang kemenangan bukan hanya soal siapa yg paling kuat tp soal siapa yg punya persiapan lebih matang…

      Kalau mau menang kita harus punya rencana untuk berperang dengan cina…mulai saja dr mengamati kualitas peralatan perangnya yg seperti hp supercopy…disitulah kunci kelemahan mereka…

      •  

        nah itu tadi,indonesia bgi saya blum punya persiapan matang,mef 1 terasa masih bnyk longgarnya.kebtulan pada tahun 2009 sempet liat langsung pawai militer china.kbetulan kunjung kluarga di china.well,…jujur saja ada rasa iri terselip.tp gak sedrop ketakutan mbah bowo sih,n lgi meskipun supercopy, toh mereka sdh cukup mandiri,bahkan rudal supercopy mereka mlh kita copy lagi…tuh c702..:).harapan saya semoga di mef kedua kita bisa minimal 10 besar dunia.seperti harapan pak moeldoko.

    •  

      Maaf Bung. Benarkah Cina sering mencaplok negara lain? Perasaan yang sering mencaplok negara lain itu negara2 di Eropa dan Jepang sendiri. CMIIW.

      •  

        ralat,bukan sering mencaplok,tpi lebih sering mengklaim wilayah,n ujung2nya,klo dah kuat n tanpa ada primbangn gk ada jaminan gk di caplok….waiting list…taiwan…waiting room…south china sea…Natuna?wait n see…klo indo dah kuat kyknya cman see aj dah,so support anggaran pertahanan bisa 2 persen.tentunya setelah perut rakyat minimal gk menjerit,…semoga.

  22.  

    yg namanya manusia gak akan pernah cukup ,hanya bersukur hidup dan ihklas hidup akan damai dan tentram,moga kedepanya indonesia menjadi negara yg lebih maju rakyat makmur amin yarobal alamin

  23.  

    sekedar usul saja,

    bagaimana kalau blue water navy kita lebih diekspresikan pada kekuatan intelejen berskala internasional, seperti halnya yg dilakukan oleh USA selama ini.

    dengan demikian, kita bisa mengawal berbagai kepentingan Indonesia di luar negeri, jauh melebihi yang ada saat ini… IMHO

  24.  

    Gimana sejarahnya dgn darul islam dan RMS mas? Kok sy baru denger? Setahu saya bicara makar di RI dan langsung dihubungkan dgn amerika cuma satu ….PRRI/Permesta…

  25.  

    Kita banyakin kapal selam maut aja untuk ngimbangin kapal induk negara tetangga cukup 100 KS

  26.  

    Ngemeng epe @bet..bet…

  27.  

    Jika Jepang siap membangun kapal induk, kita berharap mereknya adalah honda, yamaha, kawasaki, suzuki,dll. Sehingga saat Jepang terlibat perang, maka proses produksinya dikerjakan di Indonesia.

  28.  

    TIDAK ADA MAKAN SIANG GRATIS, penempatan kapal induk USS Washington di Jepang harus dibayar oleh Jepang dgn menanggung ongkos operasionalnya juga & Jepang sangat tunduk dgn keijakan politik AS, semacam sopannya pebantu kpd majikan, rasa lebih bangga kita, Indonesia tdk mengalami itu, bebas aktif meski era ORBA & saat ini sedikit condong ke blok sosialis (Rusia & China), tetapi itu wajar, krn dari mereka kita dpt apa yg kita perlukan. Semoga visi maritim presiden Jokowi dgn rencana menambah anggaran utk AL, ada lagi tambahan kapal2 perang baru, fregate, perusak dsb, kasel juga kelas Kilo & Amur jadi ngga perlu tergantung pada kekuatan asing.

  29.  

    lihatlah masa depan the NeW tanjungpriok. Inilah proyek yang kalau jadi nanti bisa mengubah peta logistik nasional. Inilah SATU proyek yang kalau jadi nanti nilainya lebih besar dari apa yang sudah dibangun di Tanjung Priok selama 130 tahun.

    Inilah gambaran kejayaan Indonesia di masa depan. Indonesia dituntut berjaya di lautan.

    1) Era kapal-kapal raksasa akan dimulai di Indonesia. Indonesia akanmenarik kapal raksasa dunia untuk berlabuh. Kemungkinan berkembangnya lebih besar dibanding singapura yg terbatas oleh lahan yang sempit.

    2) 1 Pelabuhan raksasa lagi di Indonesia timur akan mempercepat ra
    ini. Indonesia barat dan Timur otomatis terkoneksi untuk keperluan
    distribusi barang ,jasa maupun energi. Sehingga kesenjanagn harga barang dan jasa di barat dan timur bisa di kurangi.

    3) Puluhan pelabuhan yg sekarang cuman bisa menampung kapal 3000 kontainer akan menjadi distributor dari dua pelabuhan raksasa ini.

    4) Dalam waktu singkat, jangan heran kalau Indonesia akan mempunyai kapal induk untuk armada barat dan armada timur. kapal Induk armada barat di taruh di sekitar Laut jawa dan Kapal induk armada timur di sekitar Papua

    5) BUMN: konstruksi, kargo, kapal, Dirgantara, senjata dll akan mempunyai tambahan pasar, sehingga bisa menjadi jembatan untuk menjadi perusahaan tingkat dunia. Yang jelas industri semen dan energi di Indonesia timur akan tersupport habis-habisan.

    6) Munculnya nama nama baru mantan direksi bumn. yang menjabat menteri di kabinet pak jokowi,,mereka itulah the next dahlan. iskan . orang yg selalu kerja kerja dan kerja ,,

  30.  

    bang Heriyanto@siapa yg blg indonesia skrg condong ke rusia/china,tlg dong buktikan dr sisi mana anda melihatnya?

  31.  

    Mantab deh kalau benar benar jadi,tuh sabang gimsba ktnya mau di jadikan pelabuhan kelas kakap juga tuh sama yusuf kala.