Jan 242018
 

S-400 Triumf © Vitaliy Nevar

JakartaGreater.com – Sejumlah negara Timur Tengah dan Asia Tenggara menunjukkan minat untuk membeli sistem rudal pertahahanan udara S-400 Rusia dan perundingan sedang berlangsung sekarang, kata Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu pada hari Selasa.

“Negara lain, khususnya kawasan Timur Tengah dan Asia Tenggara, telah menunjukkan minat untuk membeli S-400 Rusia. Perundingan sedang diadakan sekarang”, kata Shoigu seperti dilansir dari TASS online.

Sergey Shoigu saat ini sedang melakukan tur ke sejumlah Asia Tenggara, menyebutkan bahwa dua sistem rudal S-400, berada dalam kesiapan tempur di Suriah, hal itu untuk memastikan pertahanan udara di Hmeymim dan Tartus.

“Ini adalah sistem yang unik dengan karakteristik kinerja tak tertandingi di dunia. Ini telah dikonfirmasi oleh kontrak yang ditandatangani baru-baru ini dengan Turki untuk menyediakan S-400”, kata menteri tersebut.

Sampai saat ini Yunani adalah satu-satunya negara anggota NATO yang telah berhasil mengembangkan kerjasama militer dan teknis dengan Rusia. Militer Yunani, memiliki sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia.

S-400 Triumf yang disebut NATO sebagai SA-21 Growler merupakan sistem rudal anti pesawat jarak jauh terbaru yang mulai beroperasi pada tahun 2007. Sistem S-400 itu, dirancang untuk menghancurkan pesawat, rudal jelajah serta rudal balistik, termasuk rudal jarak menengah dan target permukaan. Sistem S-400 dapat menyerang sasaran pada jarak 400 kilometer dan pada ketinggian hingga 30 kilometer.

  47 Responses to “Sejumlah Negara Timur Tengah-Asean, Berminat Beli S-400”

  1.  

    Jika ada negara asean yg minat itu sudah dipastikan Indonesia……..

    •  

      Palingan antara Vietnam dan Myanmar bro… tpi tidak menutup kemungkinan Indonesia berminat. tapi tahu sendiri lah kalo Status berMINAT doang mah realisasinya kapan.
      xixixixixi…

    •  

      Indonesia? , bau baunya sih bukan .. kalau menurut saya sih plg vietnam

      •  

        Biasanya ….kalau TNI and DepHan tertarik Dan serious untuk beli …
        Biasanya USA berusaha mencegah Dan mengancam ..Tapi biasanya Dikasih kompensasi berusaha AlUtSisTa bekas Dan kuno..
        Tidak tertutup itu berupa F 16 C/D tambahan 3 squadron…atau missile SAM jenis Hawk ..
        Tawaran ini pernah terjadi jaman Obama..

  2.  

    seandainya PAK PUR MASIH MENJABAT MENHAN RI… S400 PASTI AKAN DIAKUISISI…

  3.  

    Di asean hanya vietnam yg paling berpotensi memiliki nya…selain vietnam nothinggg,,.dan timteng spt banyak ya,,,kemungkinan arab saudi jika dijinkan as, mesir (tp mesir afrika ya bukan timteng xixix) dan iran…

    •  

      Ga bkal punya duit 30 t

    •  

      vietnam lebih besar kemungkinanya…karna mereka tidak pernah risih dengan tetangga…apalagi punya sengketa wilayah dengan cina…!!!

      •  

        Tp china punya s400 juga,,,skr masalahnya siapa yg luncurkan rudal dan siapa yg menghalau nya, jika sama2 ingin menghalau, ya ga usah perang,,,,dan klo sama2 ingin luncurin rudal ya knp musti beli s400??? xixixi

        •  

          pentingnya sistem pertahanan untuk melindungi aset pital bung seven…masalah rudal serang itu masalah lain.
          karna bila suatu negara tidak mampu melindungi objek vitalnya bisa diangap negara lemah. jadi sebelum melindungi kepentingan terlebih dahulu harus melindungi objek pital…sedang rudal serang bisa dikatagorikan sebagai pelindung kepentingan…!!!

  4.  

    Jumlah rudalnya berapa yang 2 milyar$ itu mas. Aoa 6 biji atau 6 kali 4 = 24. Tlong jelaskan ya sobat2 yg baik hati?

  5.  

    Rasanya kalau Indonesia yg berminat itu iya, tapi minat saja, tidak membeli, ndak punya duit. Mending duitnya untuk dana riset bikin rudal saja, tak jamin terealisasi.

  6.  

    Tp china punya s400 juga,,,skr masalahnya siapa yg luncurkan rudal dan siapa yg menghalau nya, jika sama2 ingin menghalau, ya ga usah perang,,,,dan klo sama2 ingin luncurin rudal ya knp musti beli s400??? xixixi

  7.  

    Vietnam dan Myanmar paling mungkin beli

  8.  

    pasti Indonesia yang beli ….

  9.  

    Rusia – Indonesia best friend, apa yg Indonesia mau pasti dikasih sama Papa Bear.

    urusan duit bisa diatur… beli SU35 aja bisa pke imbal dagang..

    Bomber Tupolev Tu-95 aja udah mampir kemaren di Biak Papua.

    bisa di mungkinkan kalo S 400 nongol jg di Indonesia….

  10.  

    Jumlahnya 15 unit….

  11.  

    Om Sergei lgi manas manasin om Mattis kali ya hahaha…

  12.  

    SEMANGAAAT Mana Semangatnya, Indonesia Cukup Dg Semangat & Doa

  13.  

    IREPUBLIK NDONESIA RAYA CUMA MENAHAN AIR LIUR SAMPAI MENETES GARA-GARA BAKAL DISALIP OLEH VIETNAM LAGI.
    KALO JUNTA MILITER MYANMAR LEBIH CENDERUNG TERTARIK PLODUK KLONINGANNYA YANG AKAN MUNCUL DARI TIONGKOK.

  14.  

    Myanmar duit dr mana bung, paling banter beli yg kw alias buatan china,,,setelah s400 dioprek oleh china dan dijadikan produk kw nya, otomatis hrg jauh lbh murah, nah saat itulah myanmar akan membeli nya,,,

  15.  

    Lha gimana kemaren ada yg buka link..harga 48 unit pespur usd 4,5 milyar..dibagi aja..2,5 milyar utk pespur, 2 milyar utk S400…kekuatan pespur tetap bertambah kekuatan pertahanan udara juga bertambah..sama2 jalan maju..nanti pas genap kekuatan pespur kita 48 unit genap pula kepemilikan S400nya 12 unit…hahahahahh… realistis saja vietnam negaranya kecil..jadi gak butuh banyak sistem S400..beda dg negara kita yg luas..tapi realistis juga kata2 saya yg pembagaian dana pespur..xixixixi..opini saya aja ini..

  16.  

    Mo beli sukro aja di protes apalagi beli S-400… Ga boleh beli S-400 bolehnya patriot kalau nekat beli sukro apalagi es campur maka jurus embargo akan keluar xixixi… Beli sukro diembargo… Nggak beli di embargo juga… beli tejas ajalah wkkkk…

  17.  

    Indonesia butuh S400, soal duitnya gimana? Itu bisa dicarikan solusi tp yg sulit itu protes keberatan dari amrik dan aussie, Indonesia beli su 35 aja diprotes amrik apalagi s400.

    Nash… jika disini ada yg tidak setuju Indonesia punya SU 35 dan S400 maka perlu ditanyakan kewarganegaraan dan nasionalis orang tsb? Hidup Indonesia !!!

    •  

      Sebenarnya warga negaranya indonesia bung tapi cari kerjanya untuk penggiringan opini..ahhaha…itu yg turun langsung tangan kanannya karena menganggap kinerja bawahannya gagal,di medsos kan serneng klaim pespur tsb boros…apa tidak nyadar…orang sekarang lebih boros..gucci gank..yeezy,..trail KTM,husky..robicon…minicooper..hahaha…eh jamnya lupa jelek2nya ya g shock “FROGMAN”..nah..mau pilih senjata utk pengamanan kog yg murah…maaf ye…bukan termasuk..gucci gank itu…ahahhahah

      •  

        Ini opini pribadi kan? Xixixi
        Kita ini tersandera sama aturan, kebijakan antar menteri, duit, protes tetangga jadi yg berwenang dlm hal ini tdk bisa mengambil keputusan dgn satu sisi aja

        Kewajiban kita adalah mendorong agar semua komponen menyadari bahwa NKRI harus kuat itu aja …

    •  

      Betul Bung, jangan-jangan Indonesia mau beli kasel kilo 636 dihalang-halangi sama Amerika dan dapat tekanan..

  18.  

    Rudal petir rudal petir

  19.  

    Kenapa RI ” ketakutan ” untuk membeli S-400, ……… kenapa RI tidak berani cuekin saja pihak2 asing yg bakalan protes, ……… kenapa RI selalu menggunakan alasan konyol “demi menjaga keseimbangan kawasan”, ……… ??????????????????????

  20.  

    mimpi kalii indonesia beli S400,..paling hnya sekedar minat,..liat2 brosur,..pnjajakan…udah gitu aja…

    skarang mampunya baru di tingkat NASSAM,..dah sukuri aja dulu…drpd ngg punya apa2…hihihihii..

  21.  

    Tumben si huha ga komen nih.. Xixixixixixixi

  22.  

    RI cukup Manpad dan NASSAM! Demi menjaga perasaan kawasan jg kita cukup apa adanya dan siap dibuly tetangga lagi.

  23.  

    Manpad yg ditembakkan manped yaa brooo

    Hahhaahaaaa

  24.  

    Sabar kita sdang tunggu s 500 sebagai pembeli pertama dah pesan kok hihihi