Sejumlah Negara Timur Tengah-Asean, Berminat Beli S-400

S-400 Triumf © Vitaliy Nevar

JakartaGreater.com – Sejumlah negara Timur Tengah dan Asia Tenggara menunjukkan minat untuk membeli sistem rudal pertahahanan udara S-400 Rusia dan perundingan sedang berlangsung sekarang, kata Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu pada hari Selasa.

“Negara lain, khususnya kawasan Timur Tengah dan Asia Tenggara, telah menunjukkan minat untuk membeli S-400 Rusia. Perundingan sedang diadakan sekarang”, kata Shoigu seperti dilansir dari TASS online.

Sergey Shoigu saat ini sedang melakukan tur ke sejumlah Asia Tenggara, menyebutkan bahwa dua sistem rudal S-400, berada dalam kesiapan tempur di Suriah, hal itu untuk memastikan pertahanan udara di Hmeymim dan Tartus.

“Ini adalah sistem yang unik dengan karakteristik kinerja tak tertandingi di dunia. Ini telah dikonfirmasi oleh kontrak yang ditandatangani baru-baru ini dengan Turki untuk menyediakan S-400”, kata menteri tersebut.

Sampai saat ini Yunani adalah satu-satunya negara anggota NATO yang telah berhasil mengembangkan kerjasama militer dan teknis dengan Rusia. Militer Yunani, memiliki sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia.

S-400 Triumf yang disebut NATO sebagai SA-21 Growler merupakan sistem rudal anti pesawat jarak jauh terbaru yang mulai beroperasi pada tahun 2007. Sistem S-400 itu, dirancang untuk menghancurkan pesawat, rudal jelajah serta rudal balistik, termasuk rudal jarak menengah dan target permukaan. Sistem S-400 dapat menyerang sasaran pada jarak 400 kilometer dan pada ketinggian hingga 30 kilometer.

Tinggalkan komentar