Jan 112016
 

bendera indonesia

Banyak dari kita yang tak sadar akan bahaya yang jelas mengancam dan bahkan lebih berbahaya dari terorisme. Racun yang tidak tampak, tetapi menyebar dengan cepat melumpukan dan mematikan suatu unsur identitas kesatuan.

Tak lama lalu saya membaca beberapa komentar di artikel seputar perang yang terjadi di timur tengah dan seputar isu-isu yang menyangkut kepemimpinan dan kemanan di negara kita lalu saya memberikan komentar. Lucunya, masih ada yang buta soal semuanya ini, malah beberapa orang saling menghujat dan mulai menghina dan mem-bully.

LIHAT APA YANG TERJADI DI SEKELILING KITA.

APAKAH ADA YANG MASIH MENCERITAKAN “LEGENDA” PERANG AGAMA, BILA ADA.. BIARLAH KITA BERAMAI-RAMAI MEMBERITAHU MEREKA TENTANG APA YANG SEBENARNYA TERJADI!!!

KAMU, YA KAMU !!! buka matamu,

Inilah penyebab segala kericuhan itu.

“MANUSIA ADALAH SRIGALA BAGI MANUSIA LAINNYA”

Merupakan suatu hasil pemikiran yang mendalam dari suatu tokoh tentang pola prilaku manusia dari mulai dahulu sampai seterusnya.

Adanya persaingan dan keinginan untuk tetap eksis membuat manusia terus hanyut dalam pergumulan antar sesamanya.

Dan di jaman ini, hal itu semakin kompleks dengan di dasarkan beberapa hal,

Sumber Daya Alam Semakin Menipis

Tiap negara menyadari dan menjaga sumber dayanya sedangkan negara maju telah lebih awal menghabiskan sumber dayanya, dimulai dari rebolusi industri. Dari mana mereka akan mendapatkannya? Melakukan penjajahan, penjajahan bertentangan dengan HAM dan tentu saja ini akan memancing perlawanan dari negara-negara berkembang, maka mereka beralih dari cara itu dan menerapkan sistem baru.

Suatu embel-embel yang tidak lebih di mana negara maju menjual suatu atau kebanyakannya suatu produk ataupun teknologi kepada negara berkembang dengan secara tidak sadar menukarkan sumber daya alam yang di milikinya untuk di ubah menjadi suatu sistem neraca perdagangan dengan titel ekspor. Hal ini terjadi saat Indonesia menginginkan peralatan pertahan dari korea selatan. Di mana seketika itu juga neraca perdagangan antar 2 negara baik berupa barang dan jasa meningkat.

Ini juga berlaku kepada semua alutista yang diserahkan oleh Amerika, Prancis dan lain-lain dan benar bahwa kita akan mengakusisi Su-35, Lada class, S-300, pesawat amphibi, kendaraan tempur amphibi, kapal perang xxx, helikopter xxx, ratusan ribu senapan serbu, amunisi. Karena kita memberikan mereka investasi di negara kita.

Anda tidak percaya, coba lihat seberapa marahnya Jepang karena tidak mendapatkan proyek kereta cepat kita???

Kenapa diberikan pada China??? Anda sudah tahu alasannya bukan, dan jika cara ini tidak berhasil, maka dimulailah apa yang dinamakan proxywar.

Suatu gaya perang baru dengan pengenalan mendalam terhadap negara target. Mengenali kekurangan dan kelebihan mereka, budaya mereka. Apa yang mereka cintai, apa yang mereka benci dan kemungkinan apa yang dapat membuat mereka bisa dipecah dengan gaya lama versi baru “Devide et impera”. Karena dengan memecah mereka kamu dapat menemukan potensi siapa yang bisa kamu pakai untuk memainkan watak yang kamu rancang sesuai dengan rencana awal kamu yang didasarkan riset terhadap negara target.

Populasi Semakin Bertambah

Negara-negara maju mengkhawatirkan diagram pertumbuhan antara kelahiran dan kematian negara-negara berkembang yang kebanyakan meningkat tiap tahunnya. Pertanyaannya adalah berapa lama sumber daya alam di bumi dapat menopang kehidupan tanpa terjadinya chaos.

Bila terjadi chaos, bagaimanapun banyaknya jumlah suatu penduduk akan memberikan masalah tersendiri. Kamu tidak akan menggunakan nuklir untuk menghapus mereka. Karena nuklir akan menghancurkan potensi sumber daya alam yang mereka miliki dan kamu butuh puluhan tahun untuk membersihkannya.

Sejatinya tujuan negara-negara ini ialah mengurangi, bukan membunuh, menjaga siklus saling membutuhkan dan tentu saja mereka berada di puncaknya. DAN SIAPAKAH WARGA NEGARA DI DUNIA INI YANG MAU “POPULASINYA DI KURANGI??” jelas tidak ada.

Watak Manusia itu Sendiri

Tak ada yang menjamin amerika akan langgeng dengan Inggris, atau Jerman dengan Prancis semuanya kembali kepada 2 poin di atas. Semua berdasarkan unsur kepentingan mutlak. Tak ada teman abadi, tak ada musuh abadi. Yang kuatlah yang menang.

Sementara menunggu mereka membentuk suatu mata rantai di antara negara bergembang, mereka membangun suatu aliansi.

DAN DI MANA KELAK ALIANSI INI PUN AKAN SALING MENERAPKAN RANTAI MAKANAN BAGI MEREKA SENDIRI. SURVIVE FOR THE TEST. TEBAK SAJA SIAPA YANG TERKECIL DI ANTARA EROPA, DIA AKAN DIGILAS SECARA PELAN-PELAN DAN ITU TERJADI PADA YUNANI WALAUPUN ITU TERJADI DI LUAR PERHITUNGAN MEREKA DAN TERLALU AWAL SEBELUM MEREKA SIAP BERKOMPETISI ANTAR SESAMA MEREKA SENDIRI. Siapa bidaknya? tentu saja TURKI.

Bagaimana mungkin Yunani dibiarkan melemah dan Turki diangkat ke permukaan. Bukankah Yunani jelas-jelas “negara Kristen” sama seperti seperti kebanyakan negara eropa. Tapi, kenapa Turki yang diangkat, kenapa negara muslim???

Jadi, masih ada yang berpikir ini tentang agama???
Saya ambil suatu contoh dari 2 buah agama.

1.saya bisa menyuruh seorang ulama untuk mengatakan negara si A kafir. Tuhan menyuruh kita memeranginya. maka, pemerintah mendapat mandat rakyat untuk memerangi negara yang sama sekali tidak seperti yang ulama tadi katakan. hasilnya sumber daya alamnya dapat di kuasai dengan dalil investasi pasca perang.

2. Jika ini amerika saya bisa menyuruh seorang pendeta (beberapa sekte gereja di Amerika bahkan banyak yang keluar dari ajaran kristen sendiri dan bahkan memiliki banyak pengikut baik dari sipil, pengusaha dan penjabat serta politisi.) di Amerika dengan mengatakan penduduk muslim adalah musuh Tuhan. Maka jemaat gereja yang merupakan warga negara, di mana aspirasinya adalah aspirasi yang didukung oleh hukum Amerika yang mengedepankan demokrasi, atas dasar agama memiliki hak menuntut Amerika untuk mempertahankan amerika dari “invasi” dan bahkan melakukan “langkah-langkah yang dirasa perlu” untuk meleyapkan suatu ancaman bagi keberlangsungan Amerika.

Kawan, kapankah kau sadar ini bukan tentang agama. Buka matamu, mereka ingin kau tetap tinggal dalam pikiran itu sehingga mereka punya cara membedakanmu dengan “saudaramu”.

Saat itu terjadi kamu sudah masuk lebih dalam, kebencianmu seperti ikan yang berenang dan mereka yang sedang melemparkan umpan.. dan strike, KAMU KENA.

Nalarmu ditukar dengan senapan dan granat. Bayangkan mereka bahkan tidak perlu berperang untuk melemahkan kekuatan awal negaramu. Kasihan Saddam Husein. Dia dipakai sebagai bidak, kemudian saat dia merasa dia mau membuat aturan sendiri, dia disingkirkan dari kekuasaan yang selama ini disokong oleh invisible hands.

Lantas, setelah kita saling membunuh, setelah kita lelah dan mulai menyadari ada yang tak beres. Mereka datang dengan seluruh kekuatan penuh untuk memberikan daya getar. Melihat itu, kita yang sudah lelah hanya akan berpikir untuk mundur dan menyusun ulang strategi.. tapi, telat.

Mereka sudah memperhitungkan segalanya termasuk tindakan kita yang akan melakukan perang gerilya. Mungkin rentetan-rentetan pendek dan ledakan bom IED akan sesekali terdengar di penjuru kota. Tapi, malah itu yang mereka inginkan.

Mereka membiarkan publik melihat bahwa kalian hanya pengganggu kestabilan yang mereka buat pasca perang usai, mengalihkan isu yang lebih besar di mana mereka memasukkan perusahaan-perusahaan konstruksi, minyak, perbankan, industri mereka ke dalam lingkup nekonomi kita yang lemah karena perang dengan alasan stabilisasi.

Mereka menguasai semuanya. Pelan-pelan mereka mengangkat siapa saja yang mendukung kebijakan mereka, yang melawan akan di tenggelamkan ke dalam konspirasi.

Sekarang jelaskah bagimu apa itu yang dinamakan PANCASILA dan manfatnya,

INDONESIA,

Senjata terakhir kita yang membuat kita Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu dan agama Kepercayaan rela membawa tiap rompi peledak untuk menerobos gerak maju mereka di tiap CM tanah kita.

Tapi, jika kau masih mempermasalahkan agama, maka benarlah pribahasa di negeri kita yang mengatakan… KALAH JADI ABU,MENANG JADI ARANG..

Dan Kamu, mengapa pula kamu bersikukuh mempermasalahkan siapa pemimpinmu.
Kenapa tidak mendukungnya? Bukankah dia yang dipilih sebagaian besar saudaramu?

Masihkah kamu berpikir bahwa mungkin ada penghianat yang memimpin kita?

Klo iya, SAYA KATAKAN.. PERHATIKAN KEBIJAKANNYA, PELAJARI. BENARKAH IA AKAN MENGHIANATI KITA?
TETAPI, TOLONG PAKAI CARA PANDANGMU DALAM MENANGGAPI SEMUANYA MELALUI SUDUT PANDANG POLITIK. KARENA PIKIRAN AWAM TIDAK BERLAKU DI DALAM “DEAL POLITIK”

SAMA SEPERTI KETIKA PRESIDEN INDONESIA MENUNDA DAN MENGERTAK PIHAK ASING AKAN MENASIONALISASI FREEPORT. DI MANA ITU TIDAK BERARTI KITA BERNIAT SUNGGUH-SUNGGUH SANGGUP MELAKUKANNYA. KITA HANYA MENGGERTAK, KARENA DARI KACA MATA POLITIK, KEAMANAN DAN EKONOMI ITU MEMBUAT KITA BERHADAPAN DENGAN MASALAH BESAR.

BAYANGKAN SAJA, BAGAIMANA NEGARA YANG MASIH MENCOBA MEMPERBAIKI SEMUANYA MENUJU JALUR YANG BENAR HARUS TURUT DIREPOTKAN DENGAN HAL YANG BISA KITA LAKUKAN NANTI SETELAH SEMUANYA SELESAI,

IBARAT KATA, SAAT KITA BARU MULAI MENAMBAL TANGGUL-TANGGUL YANG BOCOR, KITA KEMUDIAN DIPAKSA UNTUK TURUT JUGA MULAI MEMBANGUN TANGGUL YANG BARU.

Apakah ini langkah pengecut, tidak nasionalis??? Bukan, ini lebih tepatnya MANAGEMENT

KARENA KITA BERNEGARA BUKAN UNTUK SATU HARI SAJA, BUKAN UNTUK BERDAULAT SATU HARI SAJA TETAPI SEPANJANG KITA MAMPU MEMPERTAHANKAN EKSITENSI KITA DENGAN CARA APAPUN, BAHKAN BILA CARA TERAKHIR ADALAH BILA MEMANG HARUS HANCUR BERSAMA-SAMA MEREKA YANG INGIN MERONGRONG NEGARA KITA.

MANA MUNGKIN KITA MEMBIARKAN MEREKA SELAMANYA MENGERUK BUMI KITA, TAPI UNTUK MEREBUTNYA KITA BUTUH MEMAPANKAN DIRI KITA. SEORANG PRAJURIT AKAN PERGI BERPERANG JIKA DIA TELAH MENDAPATKAN PENGETAHUAN TENTANG BAGAIMANA ITU BERPERANG.

INGATLAH

Suatu kelompok akan rentan terhadap serangan di dasarkan atas 2 hal salah satunya mengenai kepemimpinan,

1. Ketidakpercayaan pada pemimpinnya, jika suatu kelompok tidak mempercayai pemimpinnya maka mudahlah mereka di provokasi dan di cerai beraikan karena dasarnya setiap kepemimpinan membutuhkan dukungan. Bagaimanakah suatu suatu pasukan berani ke medan tempur jika saat sang komandan memerintahkan maju, di antara prajuritnya ada yang menakuti teman-temannya?

2. Ketidaktaatan pada pemimpinnya.
Jika di dalam suatu kelompok ada individu yang tidak taat, menurutmu menjadi apakah dia kelak jika musuh datang menyerang, kepada siapakah dia berpihak, kerugian apakah yang bisa dia timbulkan bagi keselamatan kelompok?

Bagi tentara, salah benar suatu perintah itu tergantung bagaimana mereka menjalankannya. Tidak butuh alasan. Hanya kerjakan, Karena tidak mungkin suatu perintah turun tanpa pemikiran yang matang,KEPEMIMPINAN BUKANLAH HAL YANG MUDAH. SEORANG PEMIMPIN BERUSAHA DI TENGAH TAKDIRNYA SEBAGAI MANUSIA YANG BISA SALAH UNTUK MELAKUKAN SESUATU SESEMPURNA MUNGKIN. TANPA KESALAHAN, TANPA KERUGIAN.

SEMUA TANGGUNG JAWAB BERADA DI TANGAN PIMPINAN, ANGGOTA HANYA MENGIKUTI PERINTAH

Pasal 1 Perwira tidak pernah salah, jika perwira salah kembali ke pasal 1.
DAN SISANYA BIARKAN ORANG YANG MENILAI.

Oleh : B Stepanus

  114 Responses to “SEKARANG BUKA MATAMU !”

  1. Sipp

    • Artikel yg bagus,,
      Silahkan buka matamu yg sedikit2 masalah perang agama, aliranlah, macam2 saja, dan buka matamu jg yg masih ada saja tidak percaya adanya konspirasi,,,

    • Saya hanya mau bilang..
      HATI-HATI…HATI-HATI…HATI-HATI PROFOKASI…!!!

    • @ B Stepanus

      # KAMU, YA KAMU !!! buka matamu,

      Inilah penyebab segala kericuhan itu.

      “MANUSIA ADALAH SRIGALA BAGI MANUSIA LAINNYA”#
      ———————————————————————–
      saya sangat tidak setuju dengan tulisan anda..!!!
      TUHAN semua agama menciptakan manusia dengan sempurna..!!!
      stevanus…! dari namamu saja sudah terlihat…!..(no sara)
      INILAH AKU.DAN MATAKU SELALU TERBUKA

      https://lh3.googleusercontent.com/-ddHi9QA-ENg/VdFHPvI9yTI/AAAAAAAAb5Y/Oe1YooEZJ2Y/w640-h400-p-k/Cadar%2Bmerah%2Bputih.JPG.

      seharusnya yang anda tulis adalah..
      MANUSIA DENGAN SEGALA NAFSU DAN KERAKUSANNYA TAMPA KEIMANAN YANG KUAT MAKA SEBAGIAN KECIL MANUSIA BERFIKIR BAHWA MANUSIA SEKARANG INI BAGAIKAN SRIGALA….!!!
      ingat yg saya tulis sebagian kecil..! yaitu orang yang stress…!
      stevanus kebanyakan nonton film srigala….. terutama ganteng2 srigala.., The Twilight Saga ,etc

      terima kasih

      salam

      • BETUL DEK CARIN, BETUL. MBAH SANGAT SETUJU DENGAN DEK CARIN,

        ARTIKEL SANGAT TIDAK BAIK DIBACA., BIKIN EMOSI,. BIKIN PERTENTANGAN SARA, BIKIN AMARAH.

      • @Carin

        Maksud sdr B.Stephanus adalah menyitir dari kalimat adagium dalam bahasa latin etruscan yang berbunyi: “Homo Homini Lupus” dalam bahasa Inggris artinya “Man is a wolf to another mankind”

        Memang secara filsafat adalah benar. Manusia mempunyai tendensi untuk menyerang manusia lain.

        Kebalikan dari tendensi filsafat ini adalah “Homo homini Salus” yang artinya “Manusia adalah penyelamat bagi manusia lain”.

        Tabik

        • @ Brotosemedi

          #Kebalikan dari tendensi filsafat ini adalah “Homo homini Salus” yang artinya “Manusia adalah penyelamat bagi manusia lain”.#
          asal jangan SALAH diarti kan ” MANUSIA (anak tuhan,atw dianggap tuhan) ADALAH PENYELAMAT (juru selamat) BAGI MANUSIA LAIN..

          alhamdulilah sy setuju pak….walaupun itu filsafat zaman ROMAWI dahulu…tapI menurut sy pribadi yang BENAR sih begini

          “manusia utusan tuhan ( nabi muhamad) adalah penyelamat bagi manusia lain..”

          tabik jg mas

        • @ brotosemedi

          waduh…..ya benar itu muhammad…titik.
          yang lain salah…masa ada manusia yang mengaku dewa yg agung,anak tuhan,bahkan tuhan..!

          ha ha ha ha….
          ngak bakalan selesai sampai kapanpun
          buka matamu urus kfx saja yah..,
          dilanjut om….jemput anak dulu….

          salam…

        • @Carin,

          Ah ternyata anda sangat cupat dan kurang pendidikan.
          Anda adalah contoh tepat kenapa Indonesia tidak bisa maju.

          Ya sudahlah kalau begitu. 🙂

        • @Brotosemedi , tidak perlu menghina bung ,.Yang merasa bisa menjelaskan ,ayo kasih tahu dengan baik . Yang masalah dengan Bung Carin dia paksakan agamanya yang benar . Kita akan perang lagi jika masing masing menyebut agamanya yang benar . Harusnya Bung Carin menyadari ini. no sara pls. manohara ..boleh banget..he..he.

        • @ brotosemedi

          Ah ternyata anda sangat cupat dan kurang pendidikan.
          Anda adalah contoh tepat kenapa Indonesia tidak bisa maju.
          Ya sudahlah kalau begitu. 🙂 kata2 mu sy balikkan..!

          pengakuan yang sangat tepat untuk anda sendiri..
          kalah debat ngambekkkk..pakai ngatain lagi…!.

          POKOKNYA YANG BENAR ADALAH MUHAMMAD TITIK..!!!

        • @ komerat parewa

          Brotosemedi , tidak perlu menghina bung ,.Yang merasa bisa menjelaskan ,ayo kasih tahu dengan baik . Yang masalah dengan Bung Carin dia paksakan agamanya yang benar . Kita akan perang lagi jika masing masing menyebut agamanya yang benar . Harusnya Bung Carin menyadari ini. no sara pls. manohara ..boleh banget..he..he.

          ——————————————–
          ia om…sedangkan td siang saya akhiri dengan sopan…
          sy bilang mo jemput anak…
          ehhh dia ngatain..duluan dan sy balikkan..
          yah benar ..! agama sy yg paling benar…! itu hak saya..
          dan SAYA TIDAK MEMAKSAKAN….silahkan di baca
          apakah ada sy paksakan..??
          salam om…nangis dulu….
          hik hik hik

      • Coba tanya admin dulu/ bung diego.emang isi dan makna sebuah artikel tetap tanggung jawab penulis.akan tetapi artikel akan ditanyangkan menjadi kewajiban admin untuk mengoreksi/ meneliti akankah artikel layak ditayangkanbatau tidak ,apa jg mengundang polemik atau tidak….
        Nah saya rasa fair fair saja 2 pihak untuk saling koreksi dan sortir sang artikel sebelum naik

        Saya beberapa kali kirim artikel disini selain saya sortir,pahami isi dan alur saya juga mengajak sang admin untuk mengoreksi juga.bila ada kata kurng berkenan . Karena bisa bisa membuat polemik baru dan haters.
        Sering juga kalimat,isi maupun judul apalagi.minta ditambahin gambar ke admin

        Nah pertanyaanny adalah bagaimana bung admin tentang kontrol sebuah sangartikel …. silakan direply atau dijadikan pemberitahuan lewat artikel

        CMIIW
        BF

      • @ komerat parewa

        anda bawa masalah AMBON…tp apakah anda tau biang penyebabnya..??..jawapannya ada pada Si SAMUEL,MICHAEL,PATRICK,RICHARD,BUSH,ELIZABETH…etc
        bila anda di AUSIE pahami..! dan tarik garis ke atas ke arah jepang,…sangat terlihat jelas dari timor timur,ambon ,poso, (indonesia timur yg mayoritas beragama kristen)
        semua sangat terlihat jelas…! indonesia bagian timur ingin di pecahkan /dipisahkan oleh orang2 jahat..! mungkin menyusul PAPUA,..!
        setelah AFGANISTAN,IRAK,…siapa berikutnya..?

        https://indocropcircles.files.wordpress.com/2012/05/whos-next.jpg
        …………………………………………….
        #anda salah komerat (nama rusia nih yeeee)
        Maka untuk orang yang mau berfikir jelas ini bukan masalah AGAMA,SUKU ,RAS . #

        ini jawapannya dari pakarnya..

        ##“Sebagai realis sejati sudah beberapa kali saya tekankan bahwa sejak zaman dahulu hingga sekarang, perang akan terus terjadi karena 3 faktor semata yaitu Agama, Sumber daya, dan jalur sumber daya. Kemasan atau judul bisa diganti-ganti tetapi tetap intinya perang,” kata Connie.#

        http://jurnalmaritim.com/2015/01/perairan-indonesia-antara-perang-kepentingan-tiongkok-dan-as/

      • Siapa mengendalikan bahan pangan, dialah yang mengendalikan manusia.
        Siapa mengendalikan minyak, dialah yang mengendalikan benua.
        Siapa mengendalikan uang, dialah yang mengendalikan dunia.
        – Henry Kissinger –

        • Betul sekali bung they; maka apabila RI mau kuat tentu lebih2 mencermati politik atas 3 komoditas tsb dan menyiapkan anti dotnya; berani kah? #bung they saya menunggu tulisannya ttg ulasan ekonomi dan uang?

      • ane ga ngerti mksd org di atas ane apaan. heran . slalu aj pesimis ke klapatreez. emng salah ngomong kya gitu.. emng dia ngatur2 ? bisa jelasin ga ?..
        lu bilang dia yg sewot.. eh org damai2 aja knp lu yg sewot. biasa aja kali.. siapa sih loh ?.. klo baca itu koreksi dulu..!!! dia nyuruh buat bully yg bilang malon2 kya gitu mungkin krna dia peduli biar klian brfikir lebih dewasa atau bijak.. biarkn mreka yg mulai menghina kita tertawa, jangan ikut2an menghina.. lu malah sangka dia nyebarin proxy war.. nyambungnya dimana. ??.. brp sih umur loh ?

    • PROXY WAR

    • numpang ngepot mas apalagi bentar lagi masyarakat ekonomi asean di mulai ….penguasaha banyak cina bentar lagi tuh dari cina daratan menyemut ke asean ada 1,5 milyar manusia yang bakalan masuk ke asean dilihat dari luas wilayah dan sumber daya alam yang melimpah kayaknya indonesia akan kebagian paling bayak kalau 50 juta tenaga kerja asing kayaknya indonesia masih longgar padahal sekarang aja banyak yang nganggur jadi kalau 50 juta tenaga kerja yang kemari dan semua sudah dapat jath pekerjaan dari warga keturunan yang pada jadi pengusaha dimari…maka kita bakalan ada di pinggir pinggir kali sambil mancing …..wkwkwwk sori mas rasis nih ane …toh manusia itu adalah srigala bagi manusia yang lain dasar b.stefanus koplak kalau mau unggah tulisan ga usah bawa bawa semua hal yang sensitif…tuh yang ane tulis lebih sensitif silahkan dicari jalan keluar mau lewat pintu mana

  2. Bhineka tunggal ika

  3. Noooh…..BUKA LOE…BUKA MATA….SADARRRR….

    • MBAH SANGAT TIDAK SETUJU DENGAN ARTIKEL DIATAS.

      SANGAT SANGAT TIDAK SETUJU, JANGAN MENULARKAN VIRUS PESIMIS.

      • @ STEVANUS

        ## Anda tidak percaya, coba lihat seberapa marahnya Jepang karena tidak mendapatkan proyek kereta cepat kita???

        Kenapa diberikan pada China??? Anda sudah tahu alasannya bukan, dan jika cara ini tidak berhasil, maka dimulailah apa yang dinamakan proxywar.##
        ———————————————————–
        anda gimana sih….mungkin yg tak mengerti permainan politik percaya akan tulisan anda..!
        jepang marah karena dia tak mengerti non block..! karena dia hanya negara satelit USA.,
        indonesia kasih china kereta cepat karena indonesia DAPAT PINJAMAN TAMPA JAMINAN sebesar 50 milyard $..sekitar 700 trilyun,.
        pendek kata sebentar lagi juga akan ada kereta cepat jakarta- surabaya yang harganya jauh lebih besar (yg kemungkinan besar diambil /dimenangkan JEPANG) …di bandingkan yg sdh china dapatkan jakarta-bandung..
        ITULAH YANG NAMANYA STRATEGI…!

        salam

        • Mohon maaf, bukan tanpa jaminan..
          Yang menjadi jaminan adalah:
          BNI
          Bank Mandiri
          BRI
          dan satu lagi saya lupa namanya.

          Tidak ada makan siang yang gratis.
          Jika kiat bermasalah dengan pembayaran utang,
          ke empat bank BUMN besar itu akan disikat CINA..!!!!

        • Betul bung desperado,… China yang menang tender karena menawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan Jepang,… kalau proyek ini gagal, China gak rugi malah untung,…

        • @ despredo

          china kasih pinjaman tampa jaminan sebesar 50 milyar US $
          sedangkan yag di pakai untuk kereta cepat jakarta- bandung cuma 5,5 milyard US $..mash lebih 44 ,5 milyard US$
          DARI 5,5 MILYARD US $ INI …25 % BUMN DAN 75 % DARI CHINA…
          bagai mana bisa di sikat china…??
          SEKARANG BUKALAH MATAMU ,OTAKMU DAN HATIMU…!

          @ TRONDOL

          # kalau proyek ini gagal, China gak rugi malah untung,…#

          kata siapa….? china rugi dong..!
          kalau gagal….ambil alih saja aset dan proyeknya..!

        • ini sebuah kenyataan.

          Pemerintah negara X,Y,Z & RI, bisa mengabaikan sejumlah pekerjaan umum mereka hanya karena tidak ada uang.
          Dan orang-orang tidak pernah mau bertanya, kalau rakyat bisa menciptakan uang untuk berbagai produk yang mereka produksi, mengapa pemerintah tidak boleh menciptakan uang atas infrastruktur yang mereka bangun?

          Mengapa uang pemerintah harus selalu berasal dari uang-uang yang eksis sebelumnya?
          Pemerintah mencetak uang itu inflationary? Harga akan melambung ke langit?
          Bisa ya dan tidak, tergantung apa yang mereka lakukan dengan uang itu.

          Tetapi, kalau orang bisa menuduh bahwa tindakan pemerintah untuk mencetak uang itu inflationary,
          mengapa mereka tidak pernah berdemo ke pada bank komersial dan melemparkan isu yang sama? yahh… kenapa??

          Bank komersial melakukannya setiap hari, sepanjang tahun,
          dan sudah berlangsung selama berabad-abad! Kredit, dalam praktek, adalah uang.
          Dan perbankan sudah mencitakan kredit selama ratusan tahun.

          Mengapa kalau sebuah negara mencetak uang biasanya mata uangnya jatuh?
          Ya sekali lagi, tergantung apa yang mereka lakukan dengan uang itu.
          Di postingan saya sebelumnya, saya pernah mengatakan kepada Anda bahwa tidak semua uang yang diciptakan menghasilkan nilai yang sama.

          Menciptakan uang untuk membuat jalan, tidaklah sama dengan menciptakan uang, untuk menomboki modal sebuah bank.

          Menciptakan uang untuk membangun stasiun pembangkit listrik tidaklah sama dengan menciptakan uang untuk membayar tagihan kartu kredit.

          Penyebab kedua jatuhnya mata uang adalah invisible hand Sang Majikan di puncak piramida.

          Kalau hari ini Anda mendengar pemerintah negara X memutuskan untuk mencetak sejumlah uang,
          yang bukan hutang kepada siapapun,
          untuk digunakan di negara mereka,
          Anda bisa bertaruh bahwa mata uang mereka akan langsung dihancurkan di pasar valas di London dan New York dalam waktu singkat. hehehe… oleh si tuan Fabian

          Dan kalau semisal saat ini, yang sedang melakukan quantitave-easing adalah Indonesia, dan bukannya Amerika,
          Anda bisa bertaruh rupiah yang ada di rekening Anda sekarang sudah jatuh sangat drastis nilainya.

  4. Be your self!!!

  5. Jadi…lazim terjadi gesekan atau benturan..krn sifat dn watak. manusia sampai kapan pun itu….
    Yg bisa mengatasi hal tersebut adalah manajemen…pengaturan…hmmm..seperti kuliah tata negara dn sosiologi…IQ dn EQ…
    Hehehe…
    Imho…
    Btw inspirational article…

  6. Konflik -> Komunikasi -> Budaya.

    • BELENGKO

    • @Mbah Bowo ,inti dari yang dimaksud B Stepanus itu adalah yang mbah bilang . Maka karena suber daya alam yang makin sedikit di negara maju dan Indonesia punya kekayaan alam yang melimpah ,jadi rebutan mereka .Caranya tidak dengan menjajah seperti abad lalu ,tidak perlu ngirim tentara tapi cukup gunakan pengaruh yang berupa uang,kekuasaan ,wanita .

      Mereka pilih jagoan masing masing dari orany orang yang punya potensi untuk di manfaatkan . Skandal freeport bisa dijadikan contoh nyata .sampai sekarang ada tokoh yang mendukung dan ada yang menentang di perpanjang . Bisa jadi mereka tidak sadar telah di manfaatkan negara asing ,disanalah strateginya ,iNVISIBLE HANDS…..

      Jadi Mbah jangan ngeyel lagi ya….

  7. Ini nasiolaisme sejati

  8. Maantaab…!!!! Politik “devide et impera”. Masih ada dimari, dgn alat berupa = agama,aliran,golongan,partai,kesukuan,dll..

    Waspadalah..waspadalah…!!!

    Gue lihat bangsa ini masih sangat rentan dgn isu” tsb diatas..masih gampang dikomporin..

    Contoh paling banyak di jkgr adalah..aliran ghoibiyah & resmiyah..hahahaha…dah gitu saling menghujat lagi, bukan komentar dgn hati tapi dgn nafsu..ditambah lagi dgn komen si malon yg provokasi..lebih parahnya lagi orang indonesia sendiri yg pura” jadi malon…hahaha..sangat mudah sekali memprovokasi bangsa ini…di jkgr contoh rill watak kebanyakan bangsa ini, menyedihkan & sangat berbahaya thdp keamanan & persatuan bangsa…nkri jaya..!!!

  9. Nice article….kembali SR…

    • Semua perang..ITU adalah perang dengan agama…manusia adalah serigala buat manusia lain(lo aja Kali,gw mah diajarin sama rosul gw ga gitu).Cari yg halal,beli jangan mencuri,kerja yg baik..sama2 iklas kalo ada yg butuh pertolongan segera Bantu.jangan minuman keras nanti jadi tidak beradab kelewat batas,Dan bisa melukai mahluk lain.saling jualbeli yg jujur walau dengan beda agama..harus di naungi..tidak boleh memaksakan kehendak…emang USA,inggris,rusia,Israel..pada punya agama ga??sesuai ga sama agama nya..ajaran perang…???mau gas,Bensin,Emas..??beli dong..mau masukin demokrasi,komunis contohin bagus ga?kalo ga sesuai sm adat qt,jangan paksa2..agama ITU ahlak,orang yg berperang Karena harta,tahta duniawi ITU orang tidak berahlak atau jauh Dari agama..nih artikel ga bingit..buka Mata??yg cerdas tuh buka hati…lo bayangin kalo satu dunia satu agama atau kepercayaan…Dan semua orang tunduk sama satu agama Dan kepercayaan ITU..yg pasti Ada yg ditunjuk jadi penguasa…kira2 masih Ada perang ga bro…yg rakus Karena dia tau aturan agama tadi ga boleh rakus…maka langsung dihukum…Karena ga sesuai sama keinginan dia maka dia bikin agama baru dah…kalo udah banyak pengikutnya Dan kuat,,,disitu Ada perang buat bikin negara baru lah..perang bkn tawuran kampung…wkwkwk

      • tak perlu agama cuma satu di dunia…supaya tidak ada perang, ada hal lain yg diperebutkan manusia yaitu kepemimpinan??bukankah terjadi di masa lampau perang perebutan kepemimpinan “khalifah”

        bukan agama yg salah…tp sifat licik,culas,egois,ambisi,nafsu,penakluk dan menguasai adalah sifat gelap manusia.

        USA,inggris,rusia,Israel..pada punya agama ga??
        mereka punya agama tp mereka bukan negara agama bro.
        dan mereka buka n berperang atas agama tp atas dasar kapitalisme..

        terkadang saya bertanya, kenapa yg kuat selalu menaklukan yg lemah dimanakah Allah berada, mengapa Ia tidak memuntahkan amarahnya kepada negara si pembuat onar. Jadi apakah benar peperang itu dibiarkan supaya dunia ini seimbang antara jumlah manusia dengan alam didunia ini.

  10. mantap ni bung stephanus..PANCASILA,UUD1945 dan BHENEKA TUNGGAL IKA..sebagai pemersatu seluruh negri..dan sang MERAH PUTIH..sebagai pengikat persatuan tersebut..

    • Bung indo elit dan bung stepanus, di akhir artikel tadi saya menangkap maksud yg tersirat bahwa anda meng “iya” kan freeport dibiarkan melenggang begitu saja, apakah itu tindakan yg tidak merugikan NKRI?
      Jika memang ini tentang management, orang kita bisa kok, mumpung kontrak habis,
      Kalo anda bilang ini tentang SDA, maka ini waktu yg tepat menyelamat kan yg tersisa, mohon maaf bung indo numpang nyambung dan bung stepanus mohon maaf jika kurang berkenan. Salam,,

      • Bung Dianeko …kalau boleh saya kasih koment ?
        Maksud B Stepanus ,management adalah , timing management yang tepat.Saat ini terlalu banyak yang di lebih penting di urus ,sementara Freeport nanti di bicarakan tahun 2019 sesuai perjanjian yang mensyaratkan masalah kontrak baru bisa di bicarakan tahun 2019.

        Bukan berarti tunduk sama Freeport malah sebaliknya ,justru Freeport mendesak minta sekarang pemerintah ambil putusan,tanpa harus nunggu tahun 2019.

        Nah nanti tahun 2019 baru pemerintah ambil sikap setelah hal hal yang berhubungan dengan itu di kaji dari sekarang.Baik buruk dilanjutkan atau tidak .

        Bung B Stepanus CMIIW ?.

        Untuk menyelesaikan masalah Freeport ,yang penting seluruh stakeholder di negara ini harus satu kata .Kalau sudah bisa begitu maka tak kan mempan US melakukan proxy war . Nah ini yang sekarang lagi di benahi di tingkat elit.,kira kira begitu maksud B S tepanus dengan managemet bukan kemampuan mengelola (me manage )Tanbang Freeport.

        Salam Bung dianeko LC.

        • kalau memang benar begitu, saya bisa menerima bung komerat, terima kasih sudah memberikan pencerahan, salam hangat untuk anda, semoga pemikiran bung stepanus sejalan dengan bung komerat, terima kasih,

  11. Mencerahkan Bung… Terima kasih..

  12. Ada juga pepatah yang mengatakan “Sambil menyelam minum air”.. hik..hik..hik..

  13. good lah proxywar sudah ada tadi pagi perang warung. hehehe. sr kembali.

  14. SEORANG PRAJURIT AKAN PERGI BERPERANG JIKA DIA TELAH MENDAPATKAN PENGETAHUAN TENTANG BAGAIMANA ITU BERPERANG.
    Terimakasih untuk kata-kata ini.

    • BAGUS DEK, SINGAPURA ADALAH SANGAT MENGGIURKAN UNTUK DIANEKSASI. TUNGGU SAMPAI PASUKAN ARMADA CHINA BERGERAK KE SELATAN, ITULAH WAKTUNYA SINGAPURA DI ANEKSASI.

      DEMI MEMULIHKAN WIBAWA BANGSA DAN NEGARA ATAS DIGANTUNGNYA USMAN JAYADIN.

  15. MOHON JANGAN SUKA MENYALAH NYALAHKAN, MOHON INSTROPEKSI DIRI.

    • Mbah jg intropeksi diri…jgn menyalahkan pemerintaham skrg kalo mbah blm kenyang, harga bbm blm turun, harga dasar listrik blm turun..hehehe ngopi dulu mbah…

  16. MBAH SARANKAN SITU NGAK USAH PANJANG LEBAR, TULISAN SITU SANGAT SARA DAN SANGAT PROVOKATIF, JANGAN MENGHINA BANGSA SENDIRI YA !

    . SARAN MBAH MENDING ADEK TIDUR, MINUM KOPI PANAS DAN MINUM AIR PUTIH YANG BANYAK. BIAR TIDAK STRESS TIDAK MBUNDELI. MBAH MENYADARI SITU PUSING KARENA KEBUTUHAN HIDUP TINGGI, TAPI TIDAK PAKE EMOSI ! TIDAK PAKAI MERENDAHKAN BANGSA SENDIRI !

  17. MBAH BOWO,KALAU BERAS MURAH BANGET,NASIB PETANI GIMANA MBAH,,,MASIH MAU MENANAM,PADI KAGAK YA,,,

  18. Moralitas …

    Hmmmmm….memang bener bro…

    Skrg lebih baik kita mulai dari lingkup paling kecil dari sebuah masyarakat…yakni keluarga..mari kita bangin keluarga yang bermoral berahklak baik yang berlandaskan pada tradisi agama yang kuat.(sholat dan ngaji bagi yg islam).dan pengamalan pancasila dan butir2nya.

    Saat ini adanya degradasi moral terjadi di republik ini disaat adanya ketidak adilan terjadi..tapi buat saya pribadi, serahkan smunya pada yang kuasa…kepada tuhan..

    Jangan jadikan pribadi kita berubah karena desakan jaman..tetaplah jadi manusia yang bermoral manusia yang bermartabat. Manusia yang berahlak mulia sehingga kita dapat tetap membangun keluarga yang bermoral, beraklak mulia..dari sini insya allah jika semua keluarga kecil melakukan hal ini maka terciptalah susuna masyrakat yang bermoral, beraklak mulia.

    A

  19. KORUPSI..!
    Ini salah satu penyakit kronis bangsa kita, kenapa koropsi semakin membudaya? Salah satu alasannya karena hukum negara ini tidak membuat takut para pelakunya. Bayangkan jika kelak seorang pejabat yg melakukan tindakan korupsi akan dijatuhi hukuman mati? Bukan suatu hal yg mustahil cita2 Mbah Bowo yg mendambakan ‘BERAS MURAH’ bakal terlaksana. Tindakan korupsi dpt memicu berbagai kejadian sosial yg merugikan seluruh masyarakat, satu contoh adalah kurangnya penanganan kesehatan yg berakibat meninggalnya pasien rumah sakit karena keterbatasan alat, setelah diselidiki ternyata pejabat daerah tsb melakukan tindakan korupsi pengadaan peralatan Rumah sakit di daerah yg dia pimpin.

  20. Catatan, Yunani tidak digilas oleh Uni Eropa (atau oleh NATO), tetapi didisiplinkan dalam pengelolaan keuangan oleh comrades-nya (dipelopori oleh negara yang terkenal paling disiplin, Jerman), agar tidak membebani terus. Buktinya setelah Yunani setuju dengan syarat2 UE, diberi dana talangan, mereka gak ingin Yunani bangkrut, karena akan melemahkan kelompok mereka sendiri.

    Turki juga tidak ‘diangkat’ melebihi Yunani, 2 negara ini sama2 jadi anggota NATO sejak 1952. Yang pasti Turki lebih mumpuni mengelola ekonomi sehingga tidak perlu merengek kepada sekutunya agar ditalangi duit…

    • bung @SJ klo Indonesia berarti kebalikanya Yunani soal dana dr luar?

    • Bung SJ,

      Kutipan anda ketinggalan, ini dari The Associated Press, Posted: Nov 17, 2015 10:57 AM ET.

      Greece settles terms with EU to get $14B bailout for banks.

      Greece struck a deal with European creditors Tuesday on economic measures it needs to make to get its next batch of bailout money, including a €10 billion ($14.3 billion Cdn) cash injection for its crippled banks.

      Though the government of Prime Minister Alexis Tsipras had already made many of the reforms required by its third international bailout, it has balked at a few.

      Anda tahu kan arti ‘its crippled banks’ ?, bank2 Yunani lumpuh karena kekeringan likuiditas.

      Dari kutipan anda sendiri;
      Bisa dibilang pertumbuhan ekonomi Yunani sejak masuk ke zona euro menjadi sangat cepat. Dari 2001 sampai 2008, pertumbuhan PDB Yunani rata-rata mencapai 3,6 persen. Di Jerman hanya 1,3 persen. Impor barang Yunani naik lebih cepat dari Jerman. Ini berarti Yunani menemukan diri mengumpulkan utang dan menyebabkan krisis akhirnya.

      Seperti kata bung bukek siansu dibawah, ‘bebih besar pasak daripada tiang’.

      Soal rentenir, EU nggak maksa kok untuk kasih dana talangan, Yunani yang merengek…

      • yh tak mungkin juga yunani bisa bertahan jika ada penompang…akhirnya “maju kena mundur kena”

      • Tidak jelas siapa yang anda maksud dengan ‘penumpang’, masalah harus dilihat secara jernih agar kita dapat mengambil pelajaran, berikut awal riwayat krisis Yunani;

        Yunani selama ini hidup pakai utang karena bukan negara yang produktif. Utangnya jauh lebih besar dari penghasilan.
        Utang Yunani ini mulai dikumpulkan sejak bergabung dengan Uni Eropa pada awal 2000-an. Tapi pada waktu itu kondisi keuangan Yunani masih sehat, pemasukannya lebih tinggi dari utang.
        Sehingga negara dewa-dewi yang mengandalkan sektor pariwisata itu masih bisa membayar utang dan hidup dari hasil keringatnya sendiri.
        Namun seperti dikutip dari CNN, Rabu (1/7/2015), dalam enam tahun terakhir atau setelah krisis finansial global 2008, pemasukan Yunani mulai berkurang.
        Uni Eropa dilanda krisis, sehingga jumlah orang berlibur makin lama makin sedikit. Jumlah wisatawan yang datang ke Yunani pun merosot drastis.
        Akibatnya, pemasukan Yunani pun berkurang sehingga mulai tak mampu bayar utang. Hidupnya pun bergantung kepada utang setelah pada 2012 mendapatkan dana bantuan untuk kedua kalinya.
        (6 Tahun Yunani Hidup dari Utang, Disuruh Bayar Tidak Mau – detikfinance, Rabu, 01/07/2015).

        Setelah berstatus bangkrut karena tidak bisa membayar utang jatuh tempo dari International Monetary Fund (IMF), pada 30 Juni 2015 lalu, bank di Yunani tutup selama seminggu.
        Rencananya, perbankan akan dibuka kembali pada Selasa besok. Namun ini masih diragukan, karena sistem perbankan di Yunani tidak lagi mendapatkan dana segar dari Bank Sentral Eropa.
        Hingga kini, warga Yunani hanya bisa mengambil uang maksimal 60 euro atau sekitar Rp 800 ribu/hari dari mesin ATM.
        Kekhawatiran masyarakat mulai muncul terkait berkurangnya pasokan bensin dan obat-obatan, bila Yunani kehabisan uang.
        Yunani tak punya cara lain untuk menarik utang, selain ke Eropa dan IMF. Bila negara ini mencari utang di pasar uang internasional, bunganya akan tinggi sekali.
        (Yunani Pasca Bangkrut, Bank Tutup Seminggu dan Uang Menipis – detikfinance, Senin, 06/07/2015).

        Tidak ada pihak lain yang bisa disalahkan, kecuali Yunani sendiri…

    • baca artikel stimulus dan campur tangan pemerintah di jkgr, searc kanan atas theyownitall bung.
      Keluar semua.
      salam saling berbagi membangun diskusi.

      • bung they,

        sepertinya pandangan saya berbeda tentang pajak yang dipungut negara, dan grafik ini bisa mewakili sebagai pijakan,

        https://infogr.am/Tax-base-across-G20-countries-tax-GDP-ratio-in-

        salam

        • bila sehubungan dengan isu peranan pemerintah,
          bung memang harus menggunakan imajinasi untuk memahami masalah.
          Apakah bung benar-benar ingin hidup di negara yang penuh dengan campur tangan pemerintah atau tidak?
          Dan yang lebih penting lagi,
          apakah bung ingin mempertahankan sistem debt as money,
          sistem yang memastikan akan ada semakin banyak masalah di masyarakat,
          sistem yang memastikan skala pemerintah (termasuk hutang pemerintah) yang akan terus bertambah besar,
          sistem yang memastikan akan ada semakin banyak tagihan dan pajak yang harus dibayar oleh “anggota masyarakat yang masih produktif” untuk menolong “rekan-rekan mereka yang telah jatuh menjadi pecundang” dalam sistem debt as money ini.

          Ada sejumlah berita yang mengatakan bahwa sejumlah negara sudah mengurangi pajak kepada rakyatnya dalam menghadapi krisis global ini.
          Apa sebenarnya yang terjadi?
          Bukankah APBN berbagai negara sesungguhnya sedang meningkat karena mereka sedang melancarkan proyek “stimulus” masing-masing?

          bung sudah cermati di artikel2 itu tentang pos penerimaan negara?
          • Pajak
          • Dividen perusahaan negara
          • & Penerbitan berbagai jenis surat hutang

          Kalau setoran pajak berkurang, dan pemasukan dividen perusahaan negara tidak bertambah, maka cara lain yang pemerintah gunakan untuk menutupi anggaran mereka pasti adalah dengan peningkatan penerbitan surat hutang negara.
          Efeknya sama saja, sebab yang membayar surat hutang tetap adalah rakyat mereka.
          Yang berbeda adalah timing pembayarannya. Kalau penerbitan surat hutang berhasil,
          maka setoran pajak yang perlu pemerintah tagih bisa diundur…
          Tetapi kawan-kawan percayalah, diundur tidak sama dengan dikurangi kawan…
          Diundur versi ini akan menyebabkan tagihan pajak yang semakin membesar di masa mendatang.

          Bung ubed seharusnya tahu bahwa negara-negara “maju” seperti Amerika dan Inggris sebenarnya sudah sangat dekat dengan kebangkrutan. Mengapa masih ada begitu banyak orang yang justru mengagungkan mereka dan menganjurkan bahwa kita perlu meniru langkah-langkah mereka?
          Naikkan terus volume hutang,
          baik hutang konsumen maupun hutang negara, itu aman karena potensi pajak yang bisa dikumpulkan masih besar,
          it doesn’t matter baby, just follow USA!
          ini Gila kawan!

          Memang dalam sistem yang kita anut, pemerintah tidak bisa menciptakan uang mereka sendiri. Pemerintah sesungguhnya hanya bisa meminjam… They can only borrow…termasuk pemerintah Yunani

          Dan ketika Anda mendengar bahwa pemerintah sedang “mencetak uang” (monetisasi), apa yang sebenarnya sedang mereka lakukan adalah mereka sedang meminjam uang masa depan rakyat mereka. Mengapa……?
          Sebab uang “cetakan” itu akan dibayar kembali dalam bentuk pajak yang ditagih kepada rakyat mereka di tahun-tahun mendatang. Artinya….. pajak rakyat nkri kita yang baru 10% an, harus ditingkatkan lagii??..

          ayolahh kawan, bila pemerintah bisa menerbitkan surat hutang, tentu pemerintah bisa menerbitkan uang yang bebas hutang. Semua hal dan variabel yang membuat surat hutang suatu negara kuat, adalah hal dan variable sama yang membuat mata uang kuat.

          rakyat yunani adalah contoh korban dari sistem ini, pemimpin mereka bertekuk lutut dibawah kakitangan fabian.

        • numpang nyimak ajah, situ bedua yg diskusi ane yg dpt rembesan ilmunye,xixixix justkit…mf bung They knapa APBN kita slalu dibuat devisit,,,oot dah googling suratnya ben franklin blm

  21. pendidikan dan media

  22. kenyang lagi setelah sekian kali kata NGAK berhamburan. Ternyata setelah sekian tahun anasir yang hilang itu tidak ditemukan. Semoga bung Tukang Hitung bisa menghitung berapa NGAK yang presensi.
    Salam tabik 500 600…

  23. Pd saat ini isu ras dan yg plg sering agama dijadikan pemicu perang..pdhl agama sendiri mengajarkan hal2 baik..tapi sbnarnya mmg pada dasarnya sifat2 dasar manusia itu sendiri diluar nilai2 moralitasnya yg sering menyebabkan konflik terjadi..sifat rakus…eksklusifitas kelompok/SARA.. ingin tetap eksis…dominasi ekonomi..dominasi kekuasaan..pd lingkup yg besar sifat itu diimplementasikan dengan tujuan politik suatu negara…pada negara2 yang sudah maju tingkat pendidikan dan pengetahuan politik salah satu cara mencapai tujuan politik suatu negara saat ini adalah proxy war dgn mengadu domba unsur2 SARA di negara lawan..cara ini walaupun terkesan lebih halus ttp lebih berbahaya dari perang terbuka dimana kita sulit mengenali kawan atau lawan…pada akhirnya tujuan politik suatu negara di seluruh dunia adalah untuk kesejahteraan warga negaranya(atau segelintir warga negara kelas atas/mnrt teori konspirasi) walaupun seringnya itu didapatkan dgn cara2 yg tidak terpuji keluar dari nilai2 moralitas ataupun agama..

  24. Mari kita buka mata hati kita semua , semoga negeri ini di jauhkan dari segala malapetaka Amiiin!

  25. Buka matamu ya bnr mari kita buka mata kita hampir semua konflik didunia ini krn campur tangan siapa dan agama apa. Merekalah yg terlalu ingin menguasai dunia. Mereka menghalalkan sgala cara trmsuk mengadu domba. Dan jg mslh indonesia berbagai cara mereka berusaha memecah indonesia.jgn pernah takut atau berkecil hati membela bangsa mati adlh takdir jd jika hrs mati membela agama dan bangsa itu lebih mulia drpd hidup terjajah. Ingat semboya n pr pejuang dulu MERDEKA ATAU MATI dr semangat pekik itulah indonesia ada jadi marilah kita buka mata krn sesungguhnya Mereka akan tetap menjajah dan terus berevolusi mengikuti zaman

  26. Aman terkendali, padat lancar, ramai pembeli, cerah sejuk-dhenaisdai.

  27. mbaahh. sing eling mbah.. kita itu manusia bukan binatang.. semua itu harus ada ideologinya.. yg di pikiran itu bukan makan makan dan makan.. ketika lapar. dn sulit mencari makanan malah saling menyakiti, apa bedany cuba sma ular ? singa ? hyna ? dll..

  28. Artikel yg Lebay…kalo di jajah itu tidak ada imbal balik saling menguntungkan. INDONESIA butuh teknologi sebagai negara berkembang dan Negara maju butuh sumbar daya alam yang di miliki INDONESIA yg bisa/non di perbarui dan itu sama dengan barter/jual beli bung….

    Karena negara kita butuh teknologi militer teknologi tinggi yang kita belum mampu membuat…” KALAU KITA MAMPU BIKIN PESAWAT SEKELAS SUKHOI,AMUR,S300 SENDIRI TENTU KITA MALES BELI BUNG”

  29. Artikel itu untuk dibaca oleh orang yang ingin memulai perang atas nama agama untuk tujuan duniawi. Lha kalo kita yang jadi korban gimana? Misalnya Australia, Singapura, Filiphina, China, Jepang, Korsel, AS, bersama-sama mengecap Muslim Indonesia berbahaya, sarang teroris, ancaman bagi kawasan, dan bersama-sama mereka mengeluarkan propaganda “menghapus Islam dari Indonesia adalah kasih Tuhan bagia semesta alam”. Trus kita (Indonesia) ngelawan insurgen pake propaganda apa? Pasti RESOLUSI JIHAD JILID II pasti akan keluar dari Ormas Islam di Indonesia (mungkin Malaysia dan Brunei juga)

  30. Demi keutuhan NKRI ,apapun sekte kamu, masih dibutuhkan. Ingatlah pendahulu kita saat mempertahankan kemerdekaan.

  31. Udah deh gak perlu pada komplen,… ini kan pendapat bung B Stepanus,…. yang dibuat sesuai dengan pemahaman dan pengetahuan yang dimilikinya,…

    kalo gak setuju bikin dunk artikel bantahan lain,….

    NB : saya sangat menunggu artikel asli made in mbah bowo nie,… mbah bowo jangan cuma komen ajah,… bikin dunk artikel yang kontroversial dan mumet,… nanti kalo artikelnya cocok saya pesenin kopi panas + pis gor buat saya sendiri ,… he he he he,….

  32. Pasal satu Perwira tidak pernah salah jika perwira salah kembali kepasal satu…..semoga perwira kita bukan perwira titipan..

  33. wow asyik ada mbah bowo …

  34. assalamualaikum
    itu hanya ada di film holywood
    tepatnya di film ice age 3

    dan untuk contoh kasus, itu hanya contoh kasus bohong, hanya ada di film naruto, tepatnya kasusnya itachi.

    bilapun ada semua sudah melalui proses penilaian dan evaluasi kebenaran dan semua dikembalikan pada hukum yang telah disepakati bersama.

    jika tidak kuat untuk menjadi seorang patriot atau juga keluarga patriot. Maka jangan jadi prajurit, itu sebuah kesalahan bagi anda, lebih baik jadi pebisnis saja menghasilkan uang untuk keluarga, tidak perlu berkaitan dengan pertahanan yang kompleks.

  35. Top artikelnya… mantap… Salam 3 jari Persatuan Indonesia…

    Saat ini memang Indonesia sudah dalam masa adu domba… tpi banyak yang belum sadar karena perut masih ” lapar ”.

    Saatnya kita kembali bersatu rapatkan barisan dan rapatkan shaf…

    Saatnya kita percaya pada pimpinan kita, jgn mudah terprovokasi oleh media mainstream yg mengatakan ini itu, karena sebenarnya itu hanya opini yang ditambah bumbu sehingga menjadikan opini tersebut seolah olah adalah fakta…

    Jgn fanatik terhadap agama, karena sesuatu yang berlebihan akan mendatangkan bencana… Kita Semua tau kan kalau agama turun dari Tuhan, dan kita diajarkan bahwa Tuhan itu hanya 1.. Lalu kenapa kita masih memepermasalahkan perbedaan agama ini agama itu, dan Tuhan ini Tuhan itu ???

    Kita dijajah karena lengah, kita merdeka karena bersama…. saatnya saling percaya karena kita bersaudara..

    Salam rekan2 JKGR… Mbah Bowo jgn ribut terus entar darah tinggi lho mbah 😀 inget umur mbah 😀

    • Salam kenal bung PAK FA,…

      He he he,… anda menyebutkan : “…Jgn fanatik terhadap agama, karena sesuatu yang berlebihan akan mendatangkan bencana…” yang saya tanyakan parameter fanatik dan tidak fanatik itu apa,…

      saya kasih perumpamaan:
      Disuatu persimpangan ada dua preman yang berbeda kelompok dan di persimpangan lain ada dua orang alim yang berbeda agama,…

      Pertanyaannya :
      yang berpeluang ribut yang mana dan yang berpeluang saling senyum dan bertegur sapa dan mengucapkan salam yang mana,…

      Sebenarnya antar pemeluk agama tidak akan pernah ribut dan gontok-gontokkan jika mereka berkomitmen penuh dengan agamanya,…. lain bila ada ‘kepentingan yang bermain’,… untuk itulah fungsi pemerintah mencegah ‘kepentingan lain yang bermain’ dengan membuat parameter yang jelas,…’ kalau ada perbedaan ya dicari jalan tengah yang bertanggung jawab.

      adu domba itu strategi,… yang bisa dilawan dengan strategi juga,…

      Setuju dengan pendapat anda tentang Mbah Bowo,…
      tapi musti hati-hati ntar kena JDAM,… he he he,…

  36. Memisahkan vertikal dan horizontal..

  37. namun untuk sistem komando militer, maka hal itu dibenarkan.
    Layaknya kapten kapal perang, team leader akrobatik pesawat, misi khusus, dls.

    seorang prajurit harus mempunyai displin tinggi dalam melaksanakan tugasnya, bukan seperti film2 holywood, yang menunjukkan tidak patuh terhadap atasannya, misalnya pemberontakan di dalam kapal selam nuklir, misi-misi khusus, untung itu cuma film jadi endingnya bisa dibuat sesuka-suka strudaranya, kalau itu beneran pasti sudah mengalami kehancuran.
    Sama halnya seperti kekalahan pasukan muslimin akibat para pemanah muslimin tidak patuh terhadap perintah rosululloh SAW.

  38. Itulah perlunya orang berAgama. Agar hawa nafsunya dapat dikendalikan. Yang membedakan manusia dengan hewan adalah akal. Yang bisa menuntun akal agar berjalan lurus adalah Agama. Kita harus memahami siapa kita,dari mana kita berasal,apa tujuan kita hidup di dunia ini,akan kemanakah kita setelah mati?jika kita sudah memahami semua itu InsyaAllah hidup kita akan menjadi tenang. Salam

  39. ikut nyimak dan absen,ada berapa tulisan mau dikoreksi(namanya kritik kan ngk apa2 heheehe)

    artikel kereta api china vs japan dimenang kan china,nah itu murni namanya bisnis dimanapun ada namanya tender seperti pertamina(nah masak dibilang proxy war heheehe,biarpun kadang ada unsur politik mendukung dibelakang)nah ditawarin oleh investor china tidak ada sama investor japan(ya kecewa keputusan dipemerintah ri)siapa sih ngk marah proyek didepan mata jd gagal heheheehe(kyk semua negara)

    kedua artikel tentang yunani,yunani emang defisit sangat parah karena hutang(terutama proyek olimpiade kalo ngk salah 2004 memakai dana sangat besar dan sulit dibayar sampai sekarang)istilah lebih pasak drpd tiang,kalo dikorbankan saya bilang tidak,kalo dinaikkan turki juga tidak karena turki menjaga defisit berjalannya infrakturur turki termasuk lumayan maju juga karena banyak investor dr gcc masuk gelontoran dana sangat2 besar(uea,arabsaudi,qatar,kuwait)bukankan pelemahan mata uang turki termasuk waktu tahun kemaren heheheehehe

    artikel bagus untuk nasioalis(tidak buta)dan mengugah kesadaran berbangsa juga bernegara

    salam damai selalu (buat bung stephanus lanjutkan):)

  40. Mbah beras mahal itu karena tengkulaknya bukan petaninya…..

  41. @bung Brotosemedi ; adalah sebuah kesalahan fatal kalau agama tidak memiliki peran dalam bernegara dan berbangsa,… itu sama saja mengulang kembali luka lama bangsa ini akibat komunis,…

    ingetloh pasal 29 ayat 1. negara berdasarkan ketuhanan yang maha esa,…

    bedakan antara oknum yang mengggunakan agama sebagai alatnya dan orang yang berupaya komitmen dalam melaksanakan ajaran agamanya,…

    • @bung Trondol,

      Mohon maaf, saya justru ingin menunjukkan bahwa hal sedemikianlah yang rancu di masyarakat Indonesia. Bahwa Negara tidak mengatur agama, melainkan membuat sarana bahwa Negara percaya kepada kekuasaan Tuhan. Apapun agamanya secara merata. Karena Indonesia bukan Theocracy (negara berdasarkan satu kepercayaan).

      Sila 1 Pancasila dan pasal 29 UUD’45 justru mengatur tentang kemerdekaan beragama bukan merupakan sumber hukum yang mengatur tentang negara Agama.

      Dalam kalimat anda ” bedakan antara oknum yang mengggunakan agama sebagai alatnya dan orang yang berupaya komitmen dalam melaksanakan ajaran agamanya,…

      Seharusnya tidak ada, jika pemisahaan antara agama dan negara benar benar jelas.
      1. Sehingga tidak akan ada oknum yang menggunakan agama sebagai alat.
      2. Maupun orang yang berupaya komitmen dalam melaksanakan agamanya. karena hal tersebut rawan jika dilakukan dalam komunitas yang plural. Yang pada akhirnya akan berubah menjadi no.1 diatas.

      Jadi jelas, seharusnya pemisahan antara pemerintahan negara dan agama sebaiknya tidak tercampur aduk. Karena preparat masing masing berbeda. Negara (multi dimensi) sedangkan Agama (pribadi).

      Tabik,

      • Salam kenal bung Brotosemedi, senang bisa berdiskusi dengan anda.

        Sebenarnya kalaupun urusan negara dan agama dipisahkan,… itu juga bukan tanpa konsekuensi,… dan apakah pemerintah siap ??? saya kira tidak,…

        contoh : Indonesia adalah negara mayoritas muslim,… kemudian urusan negara terpisah dengan agama,… lalu misalnya keluar seruan jihad di palestina,…

        maka mereka yang berangkat itu sah tidak melanggar hukum dan pemerintah tidak bisa melarang mereka karena itu urusan pribadi yang menyambut seruan itu,…

        bisa dibayangkan yang berangkat kesana berapa ribu orang dan efek dikemudian harinya seperti apa,…

        Dilarang saja masih ada yang nekad, apalagi legal,…

        atau misalnya keluar fatwa ulama bank konvensional haram,… bisa dibayangkan kolapsnya perbankan nasional karena puluhan juta nasabah muslim menarik uangnya dari bank konvensional utnuk dipindah ke bank syariah,…

        Jadi sebenarnya ini hanya masalah porsi saja,… agama harus dilibatkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan berfungsi sebagai pengingat aparat pemerintah,… jika anda berbuat curang walau tidak melanggar aturan tapi Tuhan maha tahu,…

        lalu bagaimana dengan agama lainnya selain Islam,… itulah peran pemerintah dalam menegakkan aturan dan menjalankannya,…

        saya kira, minimal kalau pemerintah punya komitmen terhadap aturan penyelenggaraanan ibadah ataupun aliran-aliran keyakinan dan berupaya mencari titik temu permasalahan semua bisa diatasi, kuncinya win win solution bila terjadi perbedaan,…

        ,… IMHO

  42. ARTIKEL diatas memang bisa ditafsirkan dari sudut pandang yang berbeda-beda. Tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Kalau saya menilai dari sisi baiknya adalah si penulis menggambarkan tentang Dunia umumnya dan Indonesia khususnya. Mari kita lihat Indonesia dari sudut kekayaan alam dan kemajemukannya. Disini ada himbauan agar kita sesama anak bangsa tersadar akan pentingnya kesatuan dan persatuan agar tidak mudah untuk di pecah-belah. Walaupun sudah dirumuskan oleh pendiri bangsa berpuluh tahun lalu yaitu Bhineka tunggal ika. Tetapi terkadang kita terlupa atau terlena karena perkembangan jaman. Jika kita tidak menyadari dan menjaga ini maka lambat laun akan tergerus oleh jaman. Karena titik inilah yang menjadi kelemahan bangsa yang banyak kemajemukan jangan sampai musuh Indonesia memanfaatkan kemajemukan kita untuk kepentingan mereka dengan cara mengadu domba antar agama,ras,suku dan golongan. Tatapi jika kita menyadari akan pentingnya persatuan dan kesatuan ini dengan diikat dengan tali yang bernama Bhineka tunggal ika maka ini akan menjadi kekuatan yang sangat besar dan dahsyat yang akan memukul mundur musuh bangsa. Karena kemajemukan inilah maka terlahir suatu bangsa yang bernama INDONESIA. namun ada hal lain yang saya tidak sependapat dari Artikel diatas yaitu Tulisan MANUSIA ADALAH SERIGALA BAGI MANUSIA LAINNYA. Nah disini agaknya penulis melupakan peran Agama dalam kehidupan manusia. bukankan Tuhan menurunkan manusia di muka bumi ini untuk menjadi khalifah/ pemimpin baik antar sesama manusia maupun atas makhluk tuhan lainnya. Tugas pokok manusia di bumi ini adalah untuk mengabdi kepada sangpencipta. Adapun jabaran mengabdi disini sangatlah luas. Baik itu hubungan manusia dengan Tuhan,dengan sesama manusia,dengan makhluk Tuhan yang lain maupun dengan Alam. sejatinya Agama itu bukan didunia saja karena nabi Adam manusia pertama sebelum diturunkan ke muka Bumi sudah berbekal Agama dan berilmu pengetahuan yang telah diajarkan oleh Tuhan(baca dialog Allah swt dengan para malaikat). Nah..termasuk kehidupan antar bangsa didunia dan pengelolaan sumberdaya Alamnya sudah ada aturannya didalam Agama. Catatan jika sosok manusia baik individu maupun suatu bangsa jika menyadari dan memahami DARI MANA MANUSIA BERASAL,SESUNGGUHNYA SIAPA KITA INI,UNTUK APA KITA HIDUP DI DUNIA INI,AKAN KEMANAKAH ROH KITA SETELAH MENINGGAL DUNIA? jika kita sudah bisa menjawab,mengerti semua ini maka kehidupan kita akan tenang karena sejatinya Agama adalah tuntunan dari Tuhan untuk mengatur kehidupan semua makhluknya baik sebelum didunia,saat,didunia,maupun setelah kehidupan didunia. Adapun yang membadakan manusia dengan hewan adalah akal. Maka Agama berpungsi untuk mengendalikan akal agar bisa membedakan yang baik dan buruk sehingga hawa nafsu dapat dikendalikan. Adapun MANUSIA ADALAH SERIGALA BAGI MANUSIA LAINNYA adalah jelas berlaku bagi manusia yang tidak beragama atau tidak taat pada ajaran agama. Kami berkeyakinan dengan seyakin yakinnya bahwa manusia yang beragama lebih beruntung dari mereka yang tidak beragama. Dan bagi kita semua yang beragama akan tetap menang baik kehidupan dunia maupun akherat sebagaimana yang telah dijanjikan dalam kitab suci.semoga tulisan ini ada manfaatnya. Salam persaudaraan.

    • Pokok pikiran Bung Murai batu merupakan penjelasan dari artikel ditas ,namun sayang di akhir anda menyinggung agama dari sudut pandang keyakinan agama yang anda anut.Tidak semua agama mengenal sorga dan neraka .Bahkan ada agama yang menyatakan pasti masuk sorga setelah meninggal. Ada yang meyakini langsung masuk ke kehidupan baru dan lain sebagainya.Jadi kalau menyinggung agama anda harus hati hati,tidak bisa di generalisasi.

  43. beneran tanpa jaminan?
    Jika bung desperado benar bakalan mokad ni perekonomian nasional.

    seperti negara zimbabwe yang mengganti mata uang negaranya dengan yuan.

    dan seperti kasus sebelumnya yang menjual aset satelit dan bank2.

    ya semoga saja salah.

  44. dua jempol buat anda bung stevanus

  45. Ndhuwurku ki dho umyek ngrembuk bab opo to…?

    Ora nyandak utekkku…(mending muter keloas, marakne ayem neng ati)

  46. Sudahlah boss nggak usah pake bahasa dewa yg njlimet….intinya siapkan pasukan TNI utk siap perang, bekali dengan peralatan tempur yang modern, pasukan yang tersebar sampai pulau terluar…siap hadapi ancaman dari luar maupun dalam negeri..SIKAATTT yg hendak menghancurkan NKRI.

  47. intisari dari pesan arikel diatas sudah baik, yang komen jangan dipelintir melebar kemana2 artinya jadi lain nanti

    • yapa Bung, plintir sana plintir sini…
      artikelitu menggambarkan kegundahan sang penulis atas apa yang terjadi di negara kita, sekaligus upaya penulis untuk mencurahkan kecintaanya pada Indonesia tercinta

  48. siapa benar?? siapa salah ?? manusia hanya bisa berargument,si A mwrasa paling benar sedangkan si B tidak mau disalahkan.. akan terus seperti itu.. lantas siapa yg menjadi hakim,renungkanlah kawan.. simpan caci maki mu dan belajarlah berfikir terbuka.. akan terlihat nanti siapa yg memang dibenarkan dan siapa yg membenarkan diri

 Leave a Reply