Jun 112014
 
USS Yorktown ditenggelamkan Jepang

USS Yorktown ditenggelamkan Jepang

Sekilas Titik Balik di Pasifik – “Battle of Midway”

Setelah Jepang melancarkan gelombang serangan kejutan di Pearl Harbor, yang menghancurkan armada pasifik AS dan menyebabkan tidak sedikit kerusakan infrastruktur di Pangkalan itu, kejadian itu memaksa AS terlibat dalam Perang Dunia ke II dan menempatkan konflik baru kepada Jepang secara frontal.

Fasilitas AS terus mengalami kemajuan dan terus tumbuh selama perang berlangsung. Dari markas besar di Pearl Harbor, ‘Admiral Chester Nimitz’ memastikan bahwa kapal perang AS tetap dalam kondisi bertempur selama konflik. Ia membawa kembali kehebatan AS di Pasifik hingga menuju kekalahan Jepang.

Commanders at the Battle of Midway:
US Navy (AL Amerika) :
Laksamana Chester Nimitz, Panglima Komandan Armada Pasifik AS
Laksamana muda Frank J. Fletcher, Task Force 17 (Komandan Taktis Senior)
Laksamana muda Raymond Spruance, Task Force 16

Imperial Japanese Navy (AL Kekaisaran Jepang) :
Laksamana Isoroku Yamamoto, Panglima Komandan Armada Gabungan AL
Laksamana Madya Chuichi Nagumo, Komandan Armada Udara Pertama


MidwayBattleSite

Sekilas Awal Cerita…

Bulan Mei 1942, Jepang mengalami kekalahan cukup telak dalam sebuah pertempuran “Battle of Coral Sea”, memaksa Laksamana Isoroku Yamamoto menyusun rencana untuk menarik Armada Pasifik AS ke dalam pertempuran di mana Ia bisa menguasai dan menghancurkannya. Untuk mencapai hal ini Ia telah merencanakan invasi ke “Midway Island” yang dapat dijadikan sebuah pangkalan untuk menyerang Hawaii. dengan memanfaatkan dekripsi melalui penyadapan radio Jepang, Laksamana Chester Nimitz mampu untuk melawan balik serangan. Pada tanggal 4 Juni 1942, pesawat AS yang meluncur dari kapal induk USS Enterprise, USS Hornet, dan USS Yorktown, menyerang dan menenggelamkan 4 kapal induk Jepang, memaksa Yamamoto untuk mundur. “The Battle of Midway” menandai titik balik dari Perang Dunia II (AS-Jepang) di Pasifik.

….The full stories…. “The Battle of Midway”

Yamamoto’s Plan
Setelah kekalahan pada Pertempuran Laut Koral (4-8 Mei), komandan Armada Gabungan Jepang, Laksamana Isoroku Yamamoto, menyusun rencana untuk menarik kapal-kapal yang tersisa dari Armada Pasifik AS ke dalam pertempuran di mana mereka bisa dihancurkan . Untuk mencapai hal ini, ia berencana untuk menyerang Midway Island, yang terletak 1.300 km sebelah barat laut Hawaii. Yamamoto mengetahui bahwa AS akan mengirim sisa kapal induk mereka untuk melindungi pulau itu. Dengan kepercayaan AS hanya memiliki 2 Kapal induk yang beroperasi, Yamamoto berlayar dengan 4 kapal induk, ditambah armada besar kapal perang dan kapal-kapal penjelajah.

Nimitz’s Response
Di Pearl Harbor, Laksamana Chester Nimitz telah diperingatkan mengenai serangan yang akan datang oleh Letnan Komandan Joseph Rochefort. Setelah berhasil memecahkan kode sandi AL Jepang, JN-25. Rochefort mampu memberikan informasi garis besar rencana serangan Jepang serta para pasukan dan armada yang terlibat.

USS Enterprise

USS Enterprise

Untuk menuai ancaman ini, Nimitz memerintahkan Laksamana muda Raymond Spruance dengan kapal induk USS Enterprise dan USS Hornet menuju Midway dan berharap untuk mengejutkan Jepang. Diikuti dua hari kemudian oleh Laksamana muda Frank J. Fletcher, dengan kapal induk USS Yorktown setelah kerusakan dalam pertempuran di Coral Sea itu mengalami perbaikan dengan cepat.

Attack on Midway
Pukul 04:30 tanggal 4 Juni 1942, Laksamana Madya Chuichi Nagumo, memerintahkan kapal induk Jepang, untuk meluncurkan 108 pesawat tempur untuk menyerang Midway Island, beserta 7 pesawat intai untuk melacak keberadaan armada AS. Menyapu dari sisi pulau itu dengan kekuatan kecil sejumlah pesawat Jepang menggempur instalasi-instalasi di Midway. Saat kembali ke kapal induk, pemimpin serangan itu merekomendasikan serangan kedua. Sebagai tanggapan, Nagumo memerintahkan pesawat cadangan yang telah dipersenjatai dengan torpedo untuk dipersenjatai kembali dengan bom. Dalam proses mempersenjatai ulang, sebuah pesawat pengintai telah melaporkan posisi armada AS.

The Americans Arrive
Setelah menerima laporan itu, Nagumo kembali memerintahkan kru mempersenjatai ulang pesawat. Akibatnya, geladak hanggar kapal induk Jepang penuh dengan bom, torpedo, dan selang bahan bakar karena kru darat yang kocar kacir bergegas untuk mempersenjatai ulang pesawat.

Pesawat pertama dari Fletcher tiba dan terbang di atas armada Jepang. Berbekal laporan dari pesawat pengintai, Fletcher segera meluncurkan pesawat tempurnya pada pukul 07:00. Skuadron pertama adalah pembom torpedo TBD Devastator dari Hornet (VT-8) dan Enterprise (VT-6). Menyerang pada level kekuatan kecil mereka gagal dan hanya meninggalkan kerusakan sedikit.

Dive Bombers Strike the Japanese
war2part

Meskipun VT-8 dan VT-6 tidak berhasil melakukan kerusakan yang besar, AS melancarkan serangan kembali ditambah dengan kedatangan dari VT-3, memancing pesawat tempur udara Jepang keluar dari posisi, meninggalkan armada induk Jepang sangat rentan serangan. Pada 10:22, pesawat pembom torpedo ‘SBD Dauntless’ mendekat dari arah barat daya dan timur laut menyerang kapal induk Kaga, Soryu, dan Akagi. Dalam waktu kurang dari enam menit mereka berhasil mengurangi jumlah kapal-kapal Jepang dan membuat menjadi bangkai kapal yang terbakar. Sebagai reaksi, kapal induk Jepang yang tersisa Hiryu, melancarkan serangan balik yang dilakukan dalam dua gelombang serangan itu berhasil mengalahkan Yorktown. Sore setelah penyerangan itu pesawat pembom AS berhasil menemukan kapal induk Hiryu dan menengelamkannya, untuk melengkapi kemenangan.

Kapal Induk Hiryu, Jepang

Kapal Induk Hiryu, Jepang

Hasil Akhir…
Malam hari tanggal 4 Juni, kedua pihak tidak lagi menyusun rencana berikutnya. Pada 02:55, Yamamoto memerintahkan armadanya untuk kembali ke pangkalan.

Pada hari-hari berikutnya, pesawat pembom AS menenggelamkan kapal penjelajah Mikuma, sementara kapal selam Jepang I-168 mentorpedo dan menenggelamkan Yorktown. Kekalahan telak di Midway mengoyak tulung punggung armada kapal induk Jepang dan mengakibatkan kehilangan personel udara yang tak ternilai harganya. Hal ini juga yg menandai berakhirnya inisiatif misi penyerangan utama Jepang ke AS dan sebagai titik balik AS di pasifik.

Kerugian dan Korban pertempuran di Midway:
Pihak Armada Pasifik AS
• 340 korban jiwa
• Kapal induk USS Yorktown
• Destroyer USS Hammann
• 145 pesawat

Pihak Armada Kekaisaran AL Jepang
• 3.057 korban jiwa
• Kapal induk Akagi
• Kapal induk Kaga
• Kapal induk Soryu
• Kapal induk Hiryu
• Kapal penjelajah Mikuma
• 228 pesawat


Sekilas Berakhirnya Perang Dunia ke II….
Pada tanggal 6 dan 9 agustus 1945,  bom atom dijatuhkan di dua kota di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Dua bom atom yang dijatuhkan tersebut dinamakan “Little Boy & Fat Man” dan dinilai menjadi “pahlawan” sehingga menyebabkan Jepang terpaksa menyerah tanpa syarat kepada AS & Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945, serta mengkebiri Jepang di asia dan pasifik saat itu, sekaligus mengakhiri perang dunia ke-2. (Maka dengan menyerah nya Jepang kepada AS & Sekutu saat itu, bangsa Indonesia dapat dengan segera memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945).

“Little Boy” merupakan senjata nuklir pertama yang digunakan dalam masa perang, yang merupakan sebuah bom uranium dan menjadi ledakan nuklir buatan manusia di dalam sejarah. Bom ini dijatuhkan dari “Enola Gay” yaitu nama julukan pesawat pembom B-29 Superfortress (yang ternyata diambil dari nama ibu sang pilot).

Pada ketinggian 580 meter bom diledakan menggunakan sistem peledakan gun-type yang pada dasarnya menembak batang uranium untuk memicu reaksi nuklir dan dalam hitungan detik awan gas super panas terbentuk di atas Hiroshima, diikuti oleh gelombang tekan yang amat kuat. “Little Boy” sebenarnya lebih lemah dari “Fat Man”, dengan kekuatan diperkirakan sekitar 15 kiloton TNT.

Dampak yang ditimbulkan dan ditinggalkan dari kedua bom atom tersebut adalah ratusan ribu nyawa melayang, terjadi pemanasan hingga jutaan derajat yang berlangsung dalam hitungan detik, dalam radius 1 km semuanya menjadi abu, sedangkan pada radius 4 km bangunan dan manusia terpanggang api, pada radius 8 km manusia dan bangunan mengalami luka bakar parah. Setelah itu, muncul gelombang ledakan dengan kecepatan 1000 km/jam pada radius 2 km dan menghancur leburkan meluluh lantahkan semua bangunan.

Sekian tahun kemudian ratusan ribu manusia menyusul tewas karena penyakit-penyakit akibat radiasi, luka bakar stadium tinggi dan leukimia, dan lain-lain. (dampak radioaktif mencapai 20 km dari lokasi jatuhnya bom tersebut).

Penggunaan senjata nuklir di masa perang belum pernah terjadi sebelum “Little Boy” meledak di Hiroshima. dan dilihat dari dampak bom yang begitu mengerikan, banyak timbul reaksi dan kritik secara global terhadap penggunaan nuklir sebagai senjata dan digunakan dalam perang.

Namun pada kenyataannyaaaa… penelitian senjata nuklir terus berlangsung hingga sampai saat ini dengan bentuk, racikan, serta bumbu yang lebih modern dan berbeda yang memiliki kekuatan jauh lebih dahsyattt bahkan lebih cetarrr menggelegarrr dibandingkan dengan si “Little Boy” dan si “Fat Man”. (by PapaAugusta)

Sumber: militaryhistory

  77 Responses to “Battle of Midway”

  1. unooo

    • @ papa agusta

      ##Pada tanggal 6 dan 9 agustus 1945, bom atom dijatuhkan di dua kota di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Dua bom atom yang dijatuhkan tersebut dinamakan “Little Boy & Fat Man” dan dinilai menjadi “pahlawan” sehingga menyebabkan Jepang terpaksa menyerah tanpa syarat kepada AS & Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945, serta mengkebiri Jepang di asia dan pasifik saat itu, sekaligus mengakhiri perang dunia ke-2. (Maka dengan menyerah nya Jepang kepada AS & Sekutu saat itu, bangsa Indonesia dapat dengan segera memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945).##

      JADI KALAU TIDAK ADA BOM ATOM..
      INDONESIA TIDAK BISA MERDEKA YAH…
      SANGAT BERJASA SEKALI AMERICA ITU,.
      TERUTAMA PAHLAWAN “Little Boy & Fat Man”
      tampa mereka berdua ,tidak akan pernah ada kata PROKLAMASI

      http://www.youtube.com/watch?v=6T6goUbQv6E

      bravo pahlawan ” LITTLE BOY
      bravo pahlawan FAT MAN

  2. PERTAMAX

  3. ijin nyimak

    • Cuma sedikit komentar dr orang awam…. bahwa US membom hiroshima dan nagasaki yg faktanya ratusan ribu nyawa rakyat jepang yg tidak berdosa melayang, apakah ini bs di katagorikan KEJAHATAN PERANG karena sama saja dengan GENOSIDA???

      • Alasan amerika menyerang keduakota tersebut di karena kan kedua kota tersebut merupakan kota kota industri strategis jepang

        • Kalau hanya ingin melumpuhkan industrinya tdk perlu bom sekaliber nuklir bung, cukup hancurkan pabrik2 nya saja. jelas yg dituju adalah bgmn menghancurkan dgn dampak seluas2 nya sampai puluhan kilo meter.

      • alasan realnya yg saya pernah baca…Amrik tdk mau kehilangan tentaranya yg diperkirakan 250 ribu jiwa..bila perang konvensional dilakukan.krn perlawanan mati2an bangsa jepang di wilayah Kanto.(utk penaklukan Jepang di mainlandnya)…maka alternatif Bom Atom dipakai…selain itu Rusia sudah merangsek masuk ke Korea…Amrik tidak mau pengalaman membagi 2 Jepang krn tentara Rusia lebih siap dan siap berkorban jiwa yg masif…spt di Jerman….jadi poinnya ada 2 : jiwa dan waktu..

  4. Kelimaxxxxx

  5. berapa jumlah kapal induk jepang pada saat itu ?

  6. assalamualaikum semua

  7. masih ada sambungan nya tohh..
    JASMERAH…

  8. Sekarang perang Radar jamming bukan lagi antara pespur.
    baca ini :

    http://www.janes.com/article/38783/new-chinese-radar-may-have-jammed-taiwan-s-srp

  9. Mudah2an tidak terjadi di RI tetapi kalau terpaksa ya Angkat senjata
    demi NKRI tercinta,
    dari kisah-kisah jepang membangkitkan Semangat juang RI

  10. Ijin nyimak

  11. Perang harus jelas target sasarannya. Kalau Nuklir digunakan sebagai senjata, dampaknya global.
    Jadi, untuk sience itu sah-sah saja, tapi untuk aplikasinya sebagai senjata yang berton2/pembunuh masal, wah-wah!

  12. Siip papa augusta,terima kasih……

  13. menjadi bahan pelajaran strategi militer

  14. Akibat yg ditimbulkan bom nuklir little boy demikan dahsyat, gimana pulak kalau terjadi perang nuklir di jaman sekarang…kira2 kita mau sembunyi di mana yah?…
    hihi…mengerikan

  15. Absen

  16. radar senjata masa depan sebelum masuk negara kita tinggal di log, jamming, atau dihancurin dengan ….fantastis…tapi kapan ini….bangkitlah indonesiaku

  17. Mantappss bung PA

  18. ternyata jepang tidak menyerah bukan tanpa syarat, karena jepang memang kalah telak

  19. artikel menarik bung papaagusta, saya gak habis pikir kenapa negara nekat membuat senjata yg memiliki daya hancur yg dasyat saat ini, kalo dua negara punya kemampuan nuklir saling serang, apa jadinya bumi ini? apa mereka tidak berpikir sampai sejauh itu? gak cm negara yg bertikau yg hancur, tp tetangga mereka juga kena, belum lagi ozon kita yg lubangnya jadi tambah lebar, etc, apa mereka bisa nutup ozon lg? apa mereka mau kasih negara tetangga ganti rugi? jika negara saling akur, puas dengan wilayah yg dimiliki, gak punya ya impor kalau kelebihan dijual, alangkah indahnya, memang saya cm berpendapat dan itu kelihatan sangat mudah, wong cuma ngomong, kuncinya ada pada negara buesaaar,,, jika sifat maruk mereka sembuh, kita akan tenang, kpn it akan terjadi? mungkin jika seperempat bumi ini hancur karena perang, mungkin.. salam untuk papaagusta..

  20. nais fles bek bung papa
    cuman menurut kabar kutilang. di jakarta ada sahrini, beritanya waktu jaman mbah kung, musuhnya FerSiB yang nanya. lucunya si no 2 bisa menemukannya taun kemaren. sampe dewan pers di tambal tuh(dari temen pers). mungkin ada komprador(istilah bung satrio) di pu sampe nyosor kesono. yang heran walau katanya ada sekitaran 60.000 kok di diemin aja. ato emang di kasih tau(deterjen alus) ato juga kecolongan.
    bingung mau nanyanya apa cuman apa ngga di ” ” aja. kan bahaya banget. 60000 lho bung papa. bukan sedikit

  21. jika amerika tidak menjatuhkan bom atom kpd jepang,sdh pasti hari kemerdekaan indonesia jg bkn 17 agustus 1945..

    • @ frans

      bisa jadi INDONESIA tidak akan pernah merdeka..!

      BERARTI AMERICA ADALAH PAHLAWAN INDONESIA donk.?

      betul kah..?

      • ente kurang mengerti sejarah bro, justru jepang juga berjasa pada bangsa ini, karena pada jaman jepanglah pemuda pemuda bangsa ini dilatih digembleng jadi militer yang rencana jepang sebagai militer pembela jepang tentu. tapi pahlawan kita pada masa itu tidak bodo bodo amat, ya kita manfaatin latihan dari jepang ntar kalo sudah kita kuasai teknik2 militer kita serang usir balik jepang dari bumi pertiwi, yahh.. pas waktu itu bangsa kita lagi mujur kali, jepang kalah dari asu, jadi pekerjaan, tugas dan rencana untuk mengusir jepang jadi terbantu.
        Tapi begitu jepang pergi dari bumi pertiwi, londo datang lagi, jadi kita lawan habis-habisan, tentu dengan teknik militer ala tepang dan senjata rampasan jepang.

        Jadi kesimpulannya kemerdekaan bangsa ini tidak kemerdekaan hadiah dari asu, kemedekaan ini dalah hasil perjuangan pahlawan kita dulu.

        • tapi bila kalau ngak ada bom atom nagasaki dan hirosima
          ngak ada proklamasi ..? gimana tuh..?
          mungkin ts nya bisa bantu jelasin yee

          • Okelah, pemikirirannya oke jg, tp maaf sy kurang stuju kloIndonesia merdeka karena jasa bom atomnya amerika, sy lbh setuju bahwa kemerdekaanIndonesia adalah Taqdir dan Rahmat dr Yang Maha Esa, hasil dr perjuangan para pahlawan kita… jika kemerdekaanini selalu di kait2kan dengan hal lain knp g sekalian di kaitkan dengan ibunya si pilot yg menerbangkan pesawat pembawa bom ( krn si ibunya jg telah berjasa melahirkan dan membesarkan si pilot) trs knp g di pikirkan siapa yg menciptakan si ibu ini… rasanya g adil klo mengaitkan kemerdekaanhanya terhenti smp pada bom atom amerika.. maaf klo ngawur.

          • @ Giri Putra

            setuju mas…

            Taqdir dan Rahmat dr Yang Maha Esa

        • @ dekno

          #pas waktu itu bangsa kita lagi mujur kali, jepang kalah dari asu#

          mujur….? tlg jelaskan dong bang..

          • jarene “mbah kung” dulu…..
            rencananya adalah “senjata makan tuan”
            dengan belajar taktis n taktik militer Jepang kita tau kelemahannya dan cara mengantisipasi kelebihanya

  22. oke lah@bkn pahlawanlah,tp secara tdk langsung sdh membantu byk negara terbebas dr belenggu penjajahan jepang..org2 tua di china yg mengerti sejarah,pasti mereka menghormati amerika khususnya roosevelt,krn amerika dan liga bangsa2(pbb) yg membantu china terlepas dr belenggu kekejian serdadu jepang..
    tp ada jg bangsa yg tdk mau mengakuinya..ada..

    • @ bang frans

      apakah rakyat dan bangsa indonesia mengakuinya..??
      tetapi sangat aneh deh bila kalau saya baca koment ORANG INDONESIA dalam dan luar negeri web militer,.TERMASUK DI jkgr INI..kesan anti dan membenci amric sangat kental sekali..?
      kenapa yah..?

      • tanya kenapa …?karena rakyat nusantara ini mengerti sejarah negerinya bro, jadi 17-8-45, bkan hadiah asu, tetapi perjuangan berdarah2

        Kemedekaan malon t4 ente baru hadiah bro,

        • dekno@setiap negara punya cerita2 heroisme,rata2 mereka bangga akan perjuangan pahlawan2 mereka..entah itu ceritanya benar atau cm legenda!
          jk hati jernih..fikiran jernih pasti perkataan/tulisan jg jernih

          • Bung Frans dan neng Okelah…., sebenarnya bukan Asu atau jepang yang baik hati sama kita, tetapi ini taktik jitu si tambah nasib mujur dari Tuhan, karena ini hanya pengulangan sejarah dimana Raden Wijaya bisa mendirikan majapahit dan anda perlu melihatnya dari sejarah masa lalu biar tidak menggampangkan jasa para pahlawan sebagaimana Raden Wijaya mengusir pasukan Mongol. segala sesuatunya di dunia ini sudah ada yang mengatur alur sejarahnya dan bukan karena baik hatinya jepang dan ASU. Hehehehe….
            santai aja bung.

          • @ gunung jati

            # tambah nasib mujur dari Tuhan#

            skak mat sy karena bawa2 tuhan

            * need some rood cola

      • Bung okelah@ Menurut anda kenapa dan apa motivasi Sukarno dan mayoritas para pejuang di negeri ini yang kala itu menyambut kedatangan Jepang dengan sukacita bahkan ikut terlibat langsung didalam mesin propaganda Jepang?

        Ngomongin sejarah jangan seenak perut anda saja, berjuta korban Jiwa telah direnggut untuk membayar cita2 Kemerdekaan. Dengan atau tanpa bomb Atom Amerika, Indonesia akan tetap merdeka karna memang sudah dicita2kan dan diperjuangkan jauh sebelum Jepang mendarat di Nusantara. Bagi Indonesia pada saat itu kemerdekaan hanyalah masalah waktu, sedagkan bagi anda hari ini yang penting panci anda laku.

        • @ anak deli

          hoiii pagi2 sudah marah.. kalau aye salah maaff yah bang..
          juga kamu bang..preman yee…sok tau sejarah otak di dengkul yee..stress yee…aye cuman nanya…sekali lagi cuman nanya..oon..

          #Dengan atau tanpa bomb Atom Amerika, Indonesia akan tetap merdeka #….lucu apa ngak ketikan loe…? ngak sekolah yeee
          patriotik sih patriotik…aye juga lebih patriotik dari pada loeeeee

          ya..ya..ya…:))

          anak deli stres.com

          • tambahan..

            bang anak deli mau kredit panci..?
            ada yang teflon dan yang stainles stel,juga ada yang pirex..
            beli 10 dapat gratis 1

            *santai aja bang deli

          • Bung okelah@ Kalau logika nya tukang panci begitu, seharus nya tukang panci berterimakasih nya pada hitler, karna kalau ga ada Hitler dan Jerman, Jepang tidak akan mampu menghadapi Belanda dan Inggris sekaligus. Dan Jepang mungkin akan mengurungkan niat nya untuk menjalankan kampanye asia raya dan tentu nya ga akan di bomb atom sm Amerika. Sementara diwaktu yang sama, tokoh2 pejuang kemerdekaan telah lahir, ide2 untuk merdeka juga telah lahir semenjak sumpah pemuda di kumandangkan.

            Bomb Atom memang memporak-porandakan moral dan kekuatan Jepang, tetapi bukan itu penyebab Indonesia merdeka. Jikalalau hancur nya Hiroshima dan Nagasaki adalah penentu kemerdekaan di Asia termasuk Indonesia, maka Indonesia ga perlu repot2 menginisiasi konfrensi Asia-Afrika karna sekutu akan bersuka-cita memberikan kemerdekaan secara suka rela ke atas negara2 di Asia.

            Cukup tekuni profesi anda sebagai sales panci, jangan tiba2 ganti profesi menjadi sejarahwan.

          • I close my case.

  23. sah2 saja koq kawan,tp lucunya yg membenci jg ikut gembira krn us bersedia menjual apachenya hehe..saya rasa yg membenci itu jg tdk berarti mewakili keseluruhan rakyat indonesia,cm segelintir lah..indonesia dan byk negara2 lain msh tetap menjaga hubungan baik dgn amerika..dan itu mmg harus dijaga!
    banyak bgt koq warga negara indonesia yg menempuh pendidikan dan bekerja di us,bahkan ada yang menetap disana walau tidak menanggalkan kewarganegaraan indonesianya,amerika menghargai keberadaannya dan itu berlaku utk siapa saja,warga negara manapun yg sedang berada di wilayah hukum amerika akan mendapat perlindungan hukum yg setara dgn warga negara amerika asli..itu perlu dicatat

  24. Keren Bung @papaagusta…

  25. maksudnya 60.000 agen asing ya bung,saya pernah baca berita itu.

  26. kita tidak membenci warga amerika bung,tpi kita membenci apa yang telah diperbuat pemerintahan amerika kepada negara lain,mereka secata langsung atau tidak langsung telah merusak tatanan kehidupan dinegara” lain…banyak sekali contoh bagaimana amerika cocok disebut sebagai negara yang pemerintahan munafik…mereka yang selalu mencampuri urusan negara lain dengan dalih menegakkan ham,memerangi teroris tapi disisi lain justru amerika sendiri yang melakukan pelanggaram ham dan menciptakan teroris…lihat yang terjadi dinegara!” timur tengah,dan lihat juga seperti apa keadaan di penjara guatanamo.fakta setiap amerika menancapkan pengaruhnya di negara lain,sudah dipastikan akan merugikan negara itu….

    • @ammo

      trus…gimana dengan jepang dan korea dan taiwan dan eropa dan lain2 deh….??

    • Ane setuju bung Ammo sama pendapat ente. Kami bukan benci sama amerika sebagai negara, tetapi kami ga suka kebijakan standar ganda yg mengobok-obok negara orang. Indonesia cinta damai seperti ada di pembukaan UUD 45. Rakyatnya pun menjiwai itu, hingga tidak suka dgn standar ganda pada amerika terhadap israel dan palestina, korea utara dan selatan yg sebenarnya rakyatnya ingin bersatu seperti cerita bung yayan. Dan melakukan invasi dengan tujuan menguasai SDA seperti yang terjadi di Timteng. Kami tetap baik dan sopan dengan tamu seperti ASU sesuai prilaku luhur nenek moyang Indonesia, tetapi kami juga harus waspada pada niat jahatnya ASU beserta antek2nya. Kami punya Allah maha Esa yang menggenggam jiwa kami jadi kami ga takut sama ASU atau China sekalipun yang di hembuskan mbah bowo.

      • terhadap indonesia …… negara,america ,rusia,china juga bilang begitu..
        indonesia juga menetapkan standard ganda..malahan bukan ganda lagi deh…tetapi super ganda.., karena tak mau berpihak (non blok)…kesana oke lah,kesitu oke lah, ke depan okelah,ke belakang oke lah.,kesamping.keatas.ke bawah..pokoke okelah…itu lah the real indonesian power.

        xixixi

        santai aja bang

  27. cuma pengecut yang memakai nuklir untuk mencapai kemenangan dalam perang,apapun masalah dan alasannya…

    • america,rusia,china,inggris,prancis,israel,pakistan,india,korut,,,semua itu bangsa pengecut..!
      gitu yah bang joko

    • yang pemberani seperti apa?
      Seperti membawa bambu runcing sambil teriak2 merdeka..hehe

      • Kamu sepertinya ga percaya Tuhan bung Frans, coba gimana hebatnya tentara mongol yang bisa menaklukan kekalifahan Bagdad sampai hancur lebih, tetapi masuk ke Nusantara punya rasa takut mati cepat pergi karena mengejar angin Muson dan ga berani datang lagi sampai besarnya Majapahit. Apa kamu kira yang di takutkan Nica inggris dan belanda itu bambu runcing. yang di takutkan mereka itu jiwa militan dan berani mati karena membela negara itu dari tangan penjajah adalahsurga balasannya. Beda sama jepang meski punya pasukan Kamikaze tapi tidak seluruhnya mempunyai nyali seperti tentaranya, makanya kaisarnya menyerah.

    • bung frans & neng oke lah, mulai menggiring opini….. ??? lihat saja mau dibw kemn opini y itu…. smg bisa bikin kewiraan kita bertambah pada kecintaan NKRI.

      • @bung mrongos ….kayanya mereka ular saudara tiri dari sang garuda…

        • hehe…berbaik sangka saja dulu @bung semgen, ya seumpama dalam kita bertetangga trus ada tetangga yg pas datang kerumah dan blng kritis kekita, ada 2 hal – yg pertama apakah memang tetangga kita itu tulus menggingatkan kita agar lebih baik lagi ato yg kedua itu sebenarnya memang mengkerdilkan kita trus bilang ke tetangga yg lainnya dg menggunakan speker berkeliling pula.
          Yg pasti para warjag jg pst tahu seperti apa sebenarnya yg dibawa oleh orang-orang ini…. krn disini jg pst banyak antek asing jg lho ya…???

  28. Buat papa agusta. Cruiser mikuma itu bukan cruiser yang hull nya bengkok karena tabrakan dengan kapal lainnya ketika panik mendapat serangan udara ya

  29. Pertempuran Midway akan cepat selesai bila saja diikuti pertempuran bawah laut dengan melibatkan kapal selam namun tentu saja akan mengurangi heroisme para penerbang tempur

  30. amerika menginvasi irak dgn dalih yg dibuat buat, hasilnya banyak rakyat irak tewas, masih lebih damai ketika saddam husein berkuasa,begitu juga afganistan masih lebih damai ketika taliban berkuasa.
    indonesia merdeka bukan karna jepang dibom atom lha wong belanda datang lagi mau menjajah,dibantu inggris malah. kalau tk ada perlawanan rakyat mungkin sampai sekarang indonesia masih wilayah belanda. jangan lupa 2 jendral inggris tewas dlm pertempuran surabaya

 Leave a Reply