Selain Rusia, Siapa Yang akan Miliki Sukhoi T-50 PAKFA ?

62
29

ukhoi T-50 PAKFA 12

ukhoi T-50 PAKFA 13

ukhoi T-50 PAKFA 14

ukhoi T-50 PAKFA 1

ukhoi T-50 PAKFA 2

ukhoi T-50 PAKFA 3

ukhoi T-50 PAKFA 2

ukhoi T-50 PAKFA 3

ukhoi T-50 PAKFA 4

ukhoi T-50 PAKFA 5

ukhoi T-50 PAKFA 6

ukhoi T-50 PAKFA 7

ukhoi T-50 PAKFA 8

ukhoi T-50 PAKFA 9

ukhoi T-50 PAKFA

Sukhoi T-50 PAKFA 17

Rusia dan Amerka (Sekutu) sama-sama berpacu dalam menyelesaikan pesawat yang rumit untuk dibuat, pesawat generasi kelima yang bersifat siluman. Sukhoi T-50 PAKFA mulai merampungkan ujicoba beberapa varian, sehingga akan mulai masa produksi. Sementera F-35 yang masih menemui sejumlah kendala, juga mulai merampungkan ujicoba, baik yang Varian F-35 A, F-35 B dan F-35C Carrier Varian. F-35 secara simultan juga mulai melakukan uji coba berbagai jenis senjata. Sebagian pesawat F-35 mulai disebar ke berbagai negara pemesan, meski pun operasional pelatihannya, masih di wilayah Amerika.

Berbeda dengan Amerika, negara Rusia masih memonopoli pesawat Sukhoi T-50 PAKFA. Tentu menjadi operator sendirian bagi pesawat Sukhoi T-50 PAKFA akan membawa konsekuensi bagi Rusia, karena biaya komponen dan perawatan otomatis akan mahal. Maka mau tak mau, Rusia secara perlahan akan melepas penjualan Sukhoi T-50 PAKFA untuk meringankan biaya pembuatan komponen dan perawatan Sukhoi T-50 PAKFA.

Alasan lain, Rusia perlu mengikat sekutu-sekutu terdekatnya dengan pesawat mutakhir yang sebanding dengan F-35. Jika itu tidak dilakukan Rusia, maka sekutunya akan pergi satu persatu dan bisa berbalik mendekati Amerika atau China, untuk mendapatkan pesawat generasi kelima.

Ketika pesawat generasi kelima seperti Sukhoi T-50 PAKFA dan F-35, mulai berterbangan beberapa tahun lagi, maka konstelasi militer dan geo-politik akan berubah. Negara-negara yang ingin tetap eksis, akan berupaya mencari titik kesetimbangan. Pada saat itu, negara yang tidak memiliki pesawat tempur generasi kelima, deterennya akan semakin lemah dan mudah digertak oleh negara petualang yang haus dengan perluasan wilayah, baik daratan maupun laut.

62 KOMENTAR

  1. Pesawat bermasalah bahkan lemih rumit masalahnya di banding f 35 makanya rusia lebih suka mengupgrade su 30 dgn fitur2 terbaru t 50 dari pada buat pesawatnya rumornya harga jadi naik dari pada harga perkiraan awal hampir sama dgn f22 harganya
    makanya sejak 2013 rusia rahasiakan supaya ga malu eh malah di bongkar sama india sekarang berdalih mau buat pesawat generasi 6 yg t 50 mau di skip?
    Indonesia mau yakin? ……………

  2. ada kemungkinan pesawat pejuang kelas berat ini di minati oleh india
    juga vietnam ikut tertarik untuk memesan dalam jumlah yg belum
    di sebutkan. brazil juga berminat pada pengembangan transfer teknologi
    pesawat generasi kelima ini.
    teknis spesifikasinya telah mengalami beberapa kali percobaan :
    Modifikasi dari T-50-1 (diharapkan)
    Lebar sayap, m 16.50
    Panjang, m 22.00
    Tinggi 5.30 m
    daerah sayap, m2 104.00
    Berat, kg
      kosong 18500 pesawat
      lepas landas 28.590 yang normal
      maksimum take-off 35000
      12900 BBM
    Mesin tipe 2 turbofan Saturn “117C produk”
    Link unforced, kgf 2 x 14500
    Kecepatan maksimum km / h 2500 (M = 2.35))
    Kecepatan jelajah, km / h 1300-1800
    Kisaran praktis, km
      pada kecepatan supersonik 1850 – 2100
      tanpa pengisian bahan bakar 3600-4400
      dengan pengisian bahan bakar 5500
    langit-langit praktis, m 20000
    kru 1
    Persenjataan: twin 30-mm gun
      Rudal 14 poin suspensi

    ( dari berbagai sumber )

  3. Jangan berharap dan bermimpi jika negara kita beli pesat rusia contoh saja su35 sampe sekarang gak ada kabary…. Bukan saya merendahkan bangsa sendiri tapi lihatlah pemerintah karang gak ada misi untuk membuat bangsa ini terlindungi alutsista beli cuma bekas terus….

  4. ga usah ngomongin pesawat tempur klo ga tau kbenaranya, indonesia udh beli ini pesawat 10 unit, tp dirahasiakan karena mama rika akan sentimen keindonesia, indonesia juga udh beli kapal perang induk dari rusia yg bisa menampung 40 unit pesawat tempur di tempatkan dinatuna, kunjungan pak jokowi ke natuna bbrapa waktu lalu untuk melihat hal ini, kabar ini sumber terpercaya saya, sumbernya dari mimpi saya tadi malam wkwkwkwkwk…… minum obat tidur lg ah… biar mimpi lg wkwkwkwkwk……

  5. T-50 Pakfa tandem sama SU-35
    asyik neh kalau punya, walau masing² cuma ½ skuadron dulu,. jadi pas 1 skuadron
    taruh di tengah² wilayah NKRI
    F-16 taruh di perbatasan negara, terutama daerah perbatasan Singaporn & MALON
    perbatasan AustroL kasih SU-27/30 cukup dah

  6. Tidak usah di beli produk rusia,,biar saja negara kolep
    Sebaiknya beli dr eropa dan usa plus tot
    Buatan manusia tidak ada yg hebat ,pasti ada anti hebatnya
    Sebaiknya ahli indo memikirkan antidot persenjataan rusia dan cina bukan ikutan membuat apa lagi membeli pesawat siluman..

    PAWANG SILUMAN DIBANYAKIN, seperti di natuna sudah di pajang mbah bowo untuk pawang

  7. Katanya sih udah ada pjanjian antara menhan RI dan Rusia… Pbelian pesawat tempur generasi ke 5 dan 6… Mungkinkah ini su T50 dan sebagian dari eropa yaitu typhon… Sambil mnunggu produksi IFX. Dan ada nya beri ta hoak bahwa menhan hanya mbeli 8 Su35… Tetapi ada 12 biji… Dgn 8 su35 dgn persenjataan penuh (tdk ompong)
    #mimpi

  8. Ahh.. Santai aja pasti kalo kebutuhan di beli kok tenang aja ngga perlu tau beli apa ngga nya karena ini Gen 5 bukan 4++ atau kebawah jadi kemungkinan kalau di rilis pembelian nya pun pasti kawasan jadi gentar karena F-35 cangcut pasti keblinger lawan nih si PakFa wkwkwk