Selain S-400, Qatar dan Rusia Bahas Pembelian Su-35

Jet tempur Su-35 Rusia. © Oleg Belyakov via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Asisten presiden Rusia untuk kerja sama teknik militer, Vladimir Kozhin mengungkapkan bahwa pemerintahnya sekarang sedang dalam pembicaraan dengan Angkatan Bersenjata Qatar perihal pengadaan jet tempur Su-35, seperti di lansir dari laman TASS.

Vladimir Kozhin mengkonfirmasi bahwa Angkatan Udara Qatar kini sedang mengincar pesawat tempur multirole Sukhoi Su-35 (NATO menyebutnya: Flanker-E).

Pada tanggal 25 Januari lalu, Duta Besar Qatar untuk Rusia Fahad bin Mohammed Al-Attiyah mengatakan bahwa Doha mengadakan “negosiasi lanjutan” dengan Moskow untuk  pembelian sistem pertahanan rudal udara S-400.

Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA-AF) dan TNI Angkatan Udara Indonesia juga telah memesan jet tempur multiperan Su-35 dari Rusia.

Su-35 adalah pesawat tempur multirole supersonik generasi 4++ yang super-manuver dan dikembangkan sebagai penerus dari jet tempur berkursi tunggal Su-27. Su-35 ini dapat terbang dengan kecepatan hingga 2.500 km per jam serta memiliki jangkauan terbang 3.400 km dan radius tempur 1.600 km.

Ini memiliki senapan 30 mm dan memiliki 12 cantelan untuk membawa bom dan rudal

Tinggalkan komentar