Jul 282017
 

KRI Nagapasa, kapal selam pertama dari tiga kapal selam Type 209/1400 yang dibangun untuk Angkatan Laut Indonesia siap diserahkan kepada Indonesia.

Menurut IHS Janes, perusahaan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan telah menyelesaikan pengerjaan kapal selam dan kini mempersiapkan pengiriman Nagapasa yang dijadwalkan berlangsung pada 2 Agustus.

Selain menjadi kapal selam Type 209/1400 pertama untuk Angkatan Laut Indonesia, Nagapasa juga merupakan kapal selam yang di ekspor pertama oleh Korea Selatan.

Dibangun di bawah kontrak senilai US$ 1,1 miliar yang ditandatangani antara DSME dan kementerian Pertahanan Indonesia pada tahun 2011. Dua kapal selam akan pertama dibangun di Korea Selatan sementara kapal terakhir akan dibangun oleh perusahaan pembuat kapal PT PAL di Indonesia, di bawah program alih teknologi.

Kapal selam dengan panjang 61 meter dan berbobot 1.400 ton dioperasikan oleh 40 awak pelaut. Nagapasa memiliki jangkauan operasi sekitar 10.000 mil laut dan kecepatan 21 knot saat terendam.

Navaltoday

  46 Responses to “Selamat Datang Nagapasa 403”

  1. Mantaap…

    • Lalu ….yang type 214.& 212 itu status nya Bagaimana? Kita ini ..mau kerjasama dengan siapa? Turki…Jerman …South Korea .Greek…atau siapa?? Mau memproduksi yang mana ? Bingung…
      Lalu tawaran kerjasama dengan Swedia itu Bagaimana??

  2. segera unjuk gigi nieh…
    uber uberan ama kilo..wkwkwk

  3. Mantap indonesia bli berapa??

  4. Kontraknya sih 3…

  5. dengan di miliki kapal selam yg banyak dan sangat banyak , kapal indukpun mikir mendekat , apalagi masuk ke perairan nya .

  6. Tanpa kawalan kapal selam, lst dan lpd kita akanbdgn mudah dicoblos musuh dr bawah laut…

  7. Siiip… Siiiaaap Menjaga Lauut ku yg Luuuaaasss… Biar Tetangga Nggk Sak Enaaak e Dewe…Kluar Masuk Lauut Indonesia..

  8. Mantap.. Jayalah NKRI.. trus nanti mbuat sendiri yg banyak, buat jaga kedaulatan negara

  9. Changbogo varian tercanggih.

  10. Juooossss top markotop

  11. Kilo class gimana kabarnya ya? Yg sempat diminta percepatanya oleh Panglima lewat Komisi I kemarin.. Mohon pencerahanya bung sekalian.

  12. kali ini boleh telat sedikit, tp kri 404 ardadedali yg rencananya dikirim desember 2017 itu ga boleh telat lg, klo telat kasi pinalty dong….

  13. kali ini boleh telat, tp utk kri 404 ardadedali yg rencana dikrim desember 2017 ga boleh telat, nti ksi pinalty aja klo telat….

  14. Amin…tinggal tunggu Ks yg ke:2 __ trz yg ke:3 langsung dibikin oleh pt:PaL

  15. Namanya yg benar utk kasel 403 ini, KRI Nagabanda atau KRI Nagapasa.? Kok diartikel2 sebelumnya disebut KRI-403 Nagabanda.

  16. Welcome Home 403, jangan bisanya cuman ngapung ya seperti milik tetangga

  17. andai suatu saat teknologinya di upgread supaya esensialnya dioperasikan oleh 20 – 15 ABK. wah inilah yg diidam2kan oleh semua abk dimanapun berada,
    maknyus… tidur nyenyak makanpun lahap dan durasi cutinya pun puanjang…

  18. 6 changbogo + 6 amur + 12 midged class

  19. harga tetap sama tapi teknolgi yang di cangkok ke Nagapasa berbeda

  20. Tambah 3 bijih lagi untuk jaga laut perbatasan NTT

  21. nanti ditambahin yg kcil kecil kelas midget,,belum lagi tambahan kilo class yg diminta panglima…apa gak pusing tuh tetangga

  22. 2 agustus ngirimnya, sampainya 10 agustus, sdela maning brati.
    itu yg lingkaran putih pintu peluncuran rudalkah?

  23. Alhdulillah ,syukurane kapan.ojo lali.

  24. Welcome home 403, nanti beli kakaknya U-214

 Leave a Reply