Semakin Berbahaya, JF-17 Thunder dengan Rudal YJ-12

33
JF-17 Thunder dengan rudal YJ-12 (foto:Chinese internet)

JakartaGreater.com – JF-17 Thunder mungkin merupakan pesawat tempur ringan dan kurang menarik sebagai pesawat tempur garis depan. Namun lupakan dulu stigma sebagai pesawat tempur murah, dan lihat persenjataan yang akan digotongnya.

Pakistan dan Tiongkok terus mengembangkan pesawat tempur JF-17 Thunder hingga mencapai Block 3, atau setara dengan pesawat tempur generasi 4.5.

Bukan hanya berperan sebagai pesawat superioritas udara, Pakistan juga akan menjadikan JF-17 sebagai pesawat serang maritim dengan kemampuan anti kapal perang.

JF-17 kelak akan mampu membawa dan meluncurkan rudal anti kapal supersonik kecepatan tinggi YJ-12. Rudal anti kapal buatan China ini bukan hanya mengandalkan hulu ledak untuk menyerang kapal perang, namun juga mengandalkan kecepatan tinggi supersonic untk memperbesar daya hancur.

YJ-12 adalah rudal jelajah udara-ke-permukaan, dengan berat 910 kg dan jangkauan 100–241 km dengan hulu ledak 150 kg atau hulu ledak penetrasi 200 kg.

Rudal dilengkapi tiga opsi sistem seeker, sistem navigasi inersia (INS), seeker infra-merah IR / TV onboard dan radar pasif. Salah satu fitur unik dari rudal ini adalah rudal menggunakan ketinggian tinggi selama fase penerbangan dan kemudian menukik dan terbang rendah saat mendekati targetnya dengan kecepatan Mach 4.

Kecepatan supersonic tinggi bukan hanya menyulitkan musuh untuk menangkis serangan rudal YJ-12, juga menjadikan daya hancur rudal lebih mematikan.

12 KOMENTAR

  1. Nih rudal mirip excocet nya TNI AL yang terkenal saat perang Falkland,fregat HMS Shifiield nya Inggris terpaksa harus direlakan untuk tenggelam di samudra Atlantik disosor Super Etendard yang bawa ni rudal, padahal saat itu pesawat Super Etendard dicibir dibawah klas dari pespur Sea Harrier Inggris

  2. Pesawat ringan, murah, meriah, sederhana, tapi teknologi nya canggih. Cucok jugalah buat TNI. Apalagi sdh battle proven menembak jatuh SU-30MKI. Nungguin SU-35 gak jelas. Dan boleh jadi pertimbangan untuk indonesia lebih baik bekerja sama dgn tiongkok/rusia mengembangkan pespur asli Indonesia. Dr pd sama korsel. Buktinya, JF-17 thunder inilah.

  3. Makin keren aja ni pespur. Dulu JF -17 ini diremehkan, dan dianggap pesawat mainan. Tp setelah mampu merontokkan sifat jumawa India, mk dunia mulai memperhitungkan.
    Keadaan yg sama mungkin nanti akan twrjadi pespur IFX kl sdh jadi, dunia akan meremehkannya. Karenanya, kita hrs menyematkan teknologi2 canggih di dlmnya.

  4. JF17 Blok 3 lebih realistis utk memperkuat TNI AU. 5 skuadron sdh cukup utk memback up pengamanan langit Indonesia. Toh kita tidak dlm kondisi perang. Prioritas anggaran negara tetap di infrastruktur dan ekonomi. Stlh ekonomi kuat dlm 5 th ke depan, baru mikir Su57 …..

  5. Selama belum pernah ikut dalam operasi militer, lebih baik tidak dilirik… JF-17 Thunder naik daun gara2 tekanan hebat kepada F-16 yang diakui berhasil ditembak jatuh oleh Mig-21 India… padahal dari jejaknya JF-17 tidak banyak berperan pada insiden itu, tetapi karena Pakistan ingin mengamankan diri dari tekanan USA pada penggunakan F-16 akirnya JF-17 diaku sebagai yang bertarung…

      • belum tentu juga bray… karena di awal ketika terjadi insiden, posisi pesawat Mig-21 mengejar F-16… ada warning melewati border tp nekat… kemungkinan jatuh tidak hanya karena rudal pespur tetapi karena sistem pertahanan udara… tetapi menjatuhkan Mig-21 yang sudah tua dan masuk gen 3 (jika memang dilakukan JF-17) tidak akan menjadikan JF-17 bisa bangga… itu pespur tua brooo dan posisinya sedang narget pantat F-16…

    • Ah kata siapa, orang Taiwan dan USA sendiri udah membantah. Tau dari mana coba India??

      Logikanya tuh pespur yg ditembak India jatuh ke wilayah Pakistan tapi kok bisa India ngaku ngaku dapet rongsokan AMRAAM?? Emangnya India berani nerobos batas wilayah Pakistan yg lagi dijaga ketat gitu?? Kalo bisa nerobos kenapa gak ambil bukti foto atau Video reruntuhan F-16 yg katanya ditembak jatuh India. Yg ada malah foto dan video Mig-21 yg udah ditembak jatuh tuh. Tau sendiri kan orang India itu sukanya lebay. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh