Nov 182016
 

j-10a_pl-12

Pesawat tempur dan pembom-tempur China yang terdiri dari J-8, J-10B dan J-11 China melakukan latihan penembakan dengan berbagai persenjataan modernnya. Salah satu sesi latihan yang paling menantang adalah penembakan dengan rudal udara-ke-udara PL-12 dan rudal udara-ke-permukaan YJ-91.

Sebagaimana diketahui, rudal PL-12 dan YJ-91 adalah salah satu persenjataan termodern yang dimiliki militer China.

PL-12 merupakan rudal udara-ke-udara beyond visual range (BVR) dengan kemampuan menyerupai rudal AIM- 120 AMRAAM buatan AS. Dilengkapi dengan sistem penjejak ganda – active/passive radar homing yang membuatnya kebal dari serangan countermeasure musuh dan tingkat kill probability yang tinggi.

Meski dikembangkan sejak tahun 2008, namun China terus meningkatkan kemampuan rudal PL-12. Yang terbaru PL-12C dikhususkan untuk persenjataan pesawat tempur generasi kelima karena memiliki sayap lipat yang membuatnya bisa dimuatkan ke dalam weapon bay pesawat tempur J-20 atau J-31.

jh-7a-fighter-bomber-copy

Sedangkan rudal udara-ke-permukaan YJ-91 sepertinya dikhususkan untuk menenggelamkan kapal perang Barat yang dilengkapi sistem tempur AEGIS. Rudal anti radiasi YJ-91 merupakan rudal lisensi KH-31P milik Rusia. Rudal YJ-91 dikembangkan untuk mampu menembus sistem pertahanan udara yang membentengi armada kapal perang musuh.

Sangat berbeda dengan rudal anti kapal KH-31A Rusia yang terbang tinggi sehingga mudah terdeteksi radar musuh, YJ-91 terbang rendah 20 meter menyusuri permukaan laut, bahkan saat rudal mendekati target dan menghidupkan sistem penjejak radar aktif, YJ-91 terbang hanya setinggi 1,2 meter yang membuatnya sulit dideteksi radar. Apalagi dengan kecepatan mach 4.5 yang membuatnya mustahil untuk dicegat sistem pertahanan udara armada kapal perang musuh.

JakartaGreater

Bagikan:

  60 Responses to “Semakin Mematikan, China Terus Asah Kemampuan Rudal PL-12 dan YJ-91”

  1.  

    Hadeeww….serem rudalnya. Cuma 1,2 mtr diatas permukaan air. Gmn cara nangkalnya ya.?

  2.  

    Dalam hal pencapaian teknologi, Cina sangat cepat kemajuannya.
    Salut ! Saya angkat blangkon.
    Terlepas dari bagaimana cara mereka mendapatkan teknologi itu, yang jelas keberhasilan mereka dengan proyek-proyeknya yang prestisius telah membuat pihak lain terperangah.
    Ya, walaupun banyak yang meragukan kwalitasnya yang katanya masih kurang baik.
    kw kw kw kw kw kw kw kw kw kw kw kw kw kw kw kw…

  3.  

    gila cina, asah rudal mulu biar runcing biar gak delay xixixiixixi..
    yah tetep salut sama kegigihan dan kepercayaannya pada ploduk ploduk TCL=Teknologi Cina Lokal.

    hayo lapan semangat………kerja sama sama ukrainanya uda sampai mana.??

  4.  

    Pengin komen tapi ane paling sedih dan prihatin kalo liat sesama anak bangsa saling bertikai….. maakanya ga jadi komen…. xixi…

  5.  

    Mach 4,5 . .-> lebih cepat dari Yakhont !!! Beneran nih ?

  6.  

    @patih pragota

    Ada konvensi yang berlaku scr internasional…kaprang yang tenggelam dalam masa peperangan dianggap sbg “tempat pemakaman” bagi awak kapalnya yang turut mjd korban, dimanapun lokasi bangkai kapal ini berada sekalipun diwilayah negara lain.

    Sdh selayaknya negara yang wilayahnya mjg “tempat pemakaman” kapal naas. Ini menjaga keberadaannya spy bisa diziarahi oleh keluarga korban

    •  

      Tentu saja bung. Karena mereka punya ratusan kapal yang tenggelam di berbagai lautan di sekujur bumi maka mereka membuat konvensi seperti itu.

      •  

        saya pikir RI bisa menolak untuk bertanggung jawab sbg kuncen kapal2 karam tsb.

        urusan mereka untuk menghargai pahlawan perang mereka, ya angkat aja tulang belulang para awak tsb untuk dimakamkan di darat (di negara mereka), sekalian angkut bangkai kapalnya..

        yang penting jangan menugasi orang lain sebagai penunggu “makam” mereka..

      •  

        @PP&ubed

        Hal itu berlaku juga utk kita…sebuah kuburan hercules AU yang jatuh dipantai semenanjung malaya saat operasi dwikora masih tetap ditempatnya. Tapi sayang kurang mendapat perhatian yang layak dr pemerintah/AU.

        Hal spt ini terlihat sepele, tapi implikasinya luas….membiarkan “tempat pemakaman” dijarah para pemburu harta karun. ilegal.

        Lokasinya diutara pantai Tuban yang hanya “sejengkal” dr koarmatim….bagaimana mungkin sebuah operasi perburuan harta karun yang diawali dg survey dasar laut berbulan-bulan(biasanya oleh kapal survey&kru asing) bisa berlangsung tanpa terpantau oleh otoritas yang berwenenang?

        Bagaimana kalo para pemburu harta karun tsb adl intelejen asing yang sdg melakukan operasi terselubung….bukan jauh di zee sana, tapi dekat sekali didalam wilayah teritorial kita?

      •  

        @ubed

        Kapal survey para penjarah harta karun yang lengkap biasanya adl kapal berbendera asing yang memiliki peralatan survey yang lengkap (tapi jangan dibandingkan dg Spica).

        Sebuah kapal yang mondar/ir dalam waktu lama disuatu lokasi (yang sgt dkt dg pangkalan utama AL) tanpa terdeteksi AL/KPLP/polairud dan koordinat lokasi tsb sebenarnya sdh dimiliki oleh otoritas berwenang sebenarnya sangat memprihatinkan.

        Secara legalnya, sebuah perburuan harta karun harus mengurus perijinan dan melaporkan hasil eksploitasinya.

        Lha ini kan sama dg kecolongan didepan hidung

        Hal ini sekaligus menunjukkan celah dalam sistim pertahanan kita

        Bagaimana kalo yang mondar/ir itu penyelundup narkoba yang sdg melakukan transhipment narkoba, atau sekelompok teroris asing yang beraksi spt kejadian di mumbai?

    •  

      tapi itu kaprang om….kemungkinan yang telah memborbardir surabaya dan indonesia yang menewaskan ratusan ribu pahlawan bangsa, trus sekarang mereka masih ngatur ngatur kita??? lah enak mereka bisa ziarah??lah sebagian dari masyarakat kita yang hilang sanak saudaranya pada saat itu hendak ziarah kemana bung????

  7.  

    Semua berkat dinas intelijen china yg sangat ahli dalam membobol file2 penting AS

  8.  

    j-20 itu sebenernya berasal dari proyek pesawat mikoyan project 144 yg tidak dilirik rusia, cina beli desainnya dan mengkombinasi dengan desain pesawat F-35.
    ini hanya berdasarkan asumsi pribadi loh

  9.  

    s”UTA”makan selamat

  10.  

    kita baru bisa bikin kosmetik,cendol,bubur kc ijo KW, prihatin.. 😮

  11.  

    pak harto dulu sering bilang “Ojo Rumongso Biso” xixixixi….

    sepertinya masih terbayang jelas antrian panjang di spbu karena kelangkaan bbm, jadi gak perlu link ya 🙂

  12.  

    Yang downgrade pakai lelet 5 menit ..xixixi.

  13.  

    Tes

  14.  

    Wah saya kok nggak pernah diundang ya ?

    Saya prihatin…

  15.  

    @udin saklinov

    Dari era 80-an sebenarnya SAS sudah menggunakan “cikal bakal” radar yang tembus tembok utk kepentingan operasi counter terorisme

  16.  

    Apa nanti delay ??

  17.  

    @cintia

    Maap-maap….sekedar penasaran

    Kenapa para jablay paling suka makan yang pedes-pedes….soalnya sering liat makanan pesenan mereka extra pedas?

  18.  

    tes

  19.  

    Kok gak ada yg bilang BBOOORRROONNGG

    Padahal rudal canggih lho ini, lisensi dari rusia bahkan di upgrade lebih canggih. Ngiler sama rudal air to surface nya, rudal anti radiasi yang juga berfungsi sebagai rudal anti kapal. 4,5 MACH lhoo, sea skimming 1,2 meter.

  20.  

    Dengan hasil karya yg tak kenal lelah dan sungguh2,biarpun dianggap copyan,kw an,dll kelak alutsista china bisa menggerogoti pasar senjata buatan barat terutama asu dg perbagai syarat dan ketentuan yg berlaku yg bisa mencekik negara2 konsumennya. Dimulai dari konsumen negara2 miskin dulu kemudian negara2 berkembang target pasarnya terutama yg bukan anggota blok barat. Hasil penjualan alutsista ke luar negeri akan turut serta menambah dana riset utk pengembangan alutsista2 yg lebih baik lagi dan canggih.
    Semoga indonesia jg ikut menyusul kemampuan cina dlm hal kemandirian alutsista dan jg bisa menambah devisa negara serta dana riset pengembangan selanjutnya.

  21.  

    B oroong 1000 unit

 Leave a Reply