Seminar Litbang Roket 100 Kilometer, R-HAN 450 Tahap II dan III

56
Peserta seminar pengembangan roket 100 km R-han 450 tahap II dan III Β© Kemhan RI

JakartaGreater.com – Balitbang Kemhan RI dalam hal ini Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar litbang tentang Pengembangan roket jarak 100 km ground to ground/R-Han 450 Tahap II-III, yang dilaksanakan di Jakarta Selatan.

Seminar dihadiri oleh Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, sekaligus pembuka acara seminar mewakili Kabalitbang Kemhan, Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Ahmad Saefudin, S.E., M.M., Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksamana Pertama TNI Ir. Agus Rustandi, M.EngSc.,Β  Kadislitbangal Laksamana Pertama Mulyanto, para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan TNI serta undangan.

Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Ahmad Riyadl, S.T. dari LAPAN, Bapak Akhryan Eka Putra, S.T. dari Dahana dan Bapak Zaenal Asiqin dari Balitbang Kemhan serta moderator Kabid Matra darat Puslitbang Alpalhan Kolonel Inf Setya Hari, S.H.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan mengatakan, bahwa penelitian ini memiliki urgensi dan relevansi yang sangat tinggi dengan fungsi litbang dan pertahanan, dikaitkan pada sasaran kemandirian alutsista yang ingin dicapai.

Dok. Uji Statis roket 100 km, R-Han 450 buatan Indonesia Β© Lapan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya yang berkaitan dengan roket R-Han 450, yang pada akhirnya diharapkan dapat mendukung kebutuhan alutsista TNI yang diperoleh dari kemandirian industri dalam negeri.

Lebih lanjut Kabalitbang menjelaskan, bahwa dengan inovasi terhadap teknologi pertahanan merupakan salah satu upaya untuk modernisasi alutsista sebagai bagian dari transformasi TNI, hal ini sangat diperlukan untuk menjawab tantangan tugas di masa depan yang semakin kompleks.

Modernisasi dengan cara memberdayakan industri pertahanan dalam negeri tersebut sesungguhnya merupakan jembatan menuju kemandirian alutsista modern, sehingga pada akhirnya kebutuhan TNI akan senjata utamanya tidak tergantung pada pasokan luar negeri akan tetapi dapat didukung oleh kemampuan industri dalam negeri.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan RI mengucapkan terima kasih kepada para pembicara, moderator beserta undangan yang telah meluangkan waktunya demi kepentingan bangsa dan negara. Kepada seluruh pendukung kegiatan ini dan panitia pelaksana seminar di ucapkan terima kasih atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya hingga sampai pada tingkat pelaksanaan seminar tersebut.

49 KOMENTAR

          • @tnm , kami lagi berdiskusi dgn bahasa tingkat intelijen tinggi mungkin kamu kurang paham dengan kiasan yah?

            Kalau disebut rudal alias missile kita bisa kena UU gawat darurat jika jangkauan nya lebih dari 500 km

            😎

          • Lha, roket kan pake hulu ledak, cuma tanpa pemandu aja πŸ˜›

            Emng blum tau apa artinya hulu ledak? Hihihi πŸ˜†

          • Misil sama rudal itu sama dek…engak masalah ngembanginya….kalo lagi jarak jangkau dan hulu ledak sesuai ketentuan pihak pihak tertentu…
            Sedang roket itu awal dari keduanya baik rudal maupun misil atau apalah namanya…sama dengan rudal dan misil dalam ketentuan dan peraturanya…jarak jangkau dan muatanya…
            Roket sipil dikembangkan untuk tujuan non militer seperti roket pembawa satelit…tapi itu juga bisa diangap ancaman karna penguasaan tehnologi roker sudah diangap penguasaan tehnologi rudal maupun misil itu sendiri…karna banyaknya sistem pemandu roket yang dikembangkan dari hal yang paling biasa saja hingga pemandu canggih…jadi tahapan pembuatan rudal atau misil…bisa disimpulkan akan mudah setelah penguasaan tehnologi roket itu sendiri…

            Jadi yang saya sampaikan diatas bukan masalah rudal atau roket yang jadi acuan pelarangan tapi jarak jangkau dari keduanya dan apa kegunaanya militer atau sipil…kan gitu dek….

          • Ya jelas anda yang lucu toh, emang roket bisa terbang berapa jauh? tanpa pemandu itu bakal terbang dan jatuh di sembarang tempat, apa faktor kecepatan angin tidak diperhitungkan untuk akurasinya? Klo dipasang nuklir, bahkan yang meluncurkan juga bakal langsung sampe akherat πŸ˜†

          • perasaan diatas gak ada yg sebutin misil dan rudal itu berbeda, sebab misil adalah istilah asing untuk peluru kendali alias rudal.

            sedangkan roket meski diberi hulu ledak ya tetap roket namanya dan bukan rudal (peluru kendali), tahu gak sih apa artinya hulu ledak?

            hulu ledak adalah alat peledak yang umumnya dikirim ke target dengan menggunakan misil, roket atau torpedo. Hulu ledak sediri terdiri dari bahan peledak dan detonator.

            seharusnya dari namanya aja anda sudah dapat mengerti, beda roket dan rudal πŸ˜›

            paham?

          • Gini tong bukan gue kagak tau apa itu hulu ledak…tapi yang jadi permasalahan loe baca komen gue paling atas deh…
            Coba loe cari lararang tentang pengembangan roket atau rudal biar loe jelas apa yang dilarang disana…jadi enak bahasnya…loe maksa banget tong…tong…sook yes loe…
            Terus loe pikir roket paling jauh berapa jaraknya…xaxaxaxa…kalo rudal bisa ribuan kilo napa roket ngak bisa…
            Loe cari tau cara pemandu pada balistik dan trayektorinya…

          • Si Tante Huha kan trauma gegara dirudal berkali-kali sama Mbah Bowo dan pria yg disembunyikan Aming Lee. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          • Agato pakai sebutΒ² nama aming lee, sekrg loe agato percaya atau tdk aming msh merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaΒ² & tujuan aming hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
            begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya, kecuali aming lee ikut keyakinan keluarganya, jk tdk? Msh dirahasiakan
            πŸ˜† πŸ˜†

          • Xaxaxa…baru tau gue dapat bocoran dari agato…bahwa si pria yang masih disembunyikan aming lee adalah mbah bowo….pantesan mpok huha kayaknya ribet bener…ngak taunya gancoan dia yang disembunyikan…
            Xaxaxaxa
            ….

          • Lah mmng iya aming lee itu msh merahasiakn pria trsebut karna berbeda keyakinan ama keluarganya begitu juga sipria yg msh menyembunyikn aming lee dr keluarga & istrinya, kecuali aming lee ikut keyakinan keluarganya & hj nya batal, & pasti tdk dirahasiakn lg kpd orangΒ²
            πŸ˜† πŸ˜†

      • dan informasi akurat mengenai faktor geopolitik diperoleh dari mana aja? bukankah salah satunya dari intelijen? saat mereka telah memiliki data-data, ini bisa digunakan untuk 5 10 15 20 atau kapan saja mereka mau untuk menekan negara bersangkutan πŸ˜€

        • lah terus? menekan sebuah negara dgn sanksi lebih pada faktor arah geopolitik dan politik dlm negeri sebuah negara itu sendiri bukan dari pengembangan rudal atau roket,
          kecuali mungkin klo mengembangkan rudal balistik konvensional maupun nuklir.

          memata2i baik itu osint,sigint,humint atau apalah halal hukumnya kpda siapapun entah sekutu atau musuh potensial, haram hukumnya klo ketahuan.
          coba cek wikileaks sejarah As memata2i sekutunya sendiri, atau bocoran data2 rahasia Uni soviet yg di larikan dan dibuka utk publik usai perang dingin.

          • Sudah ketahuan broo, klu aming lee itu msh merahasiakn pria trzebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaΒ² & tujuan aming hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
            begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya, kecuali aming lee ikut keyakinan keluarganya, jk tdk? Msh dirahasiakan
            πŸ˜† πŸ˜†