Mar 202019
 

Su-27SM3 (foto:Wix.com)

JakataGreater.com – F-16 Polandia dan Eurofighters Typhoon Jerman yang melindungi langit di atas negara-negara Baltik sebagai bagian dari misi Pemolisian Udara Baltik, empat kali bertemu dan mengawal pesawat tempur Su-27 dan Su-35, pesawat sipil Tu-134 dan pesawat pengintai An-26 dan IL-18 Rusia.

Pada 11 Maret, pesawat tempur NATO mencegat pesawat penumpang Tu-134, yang terbang dari Rusia ke wilayah Kaliningrad dan dengan transponder menyala. Pesawat penumpang itu dikawal oleh dua pesawat tempur Su-35, yang terbang dengan transponder dimatikan dan tidak menghidupkan komunikasi radio.

Keesokan harinya situasinya terulang ketika Tu-134 terbang ke arah yang berlawanan, yaitu dari Kaliningrad ke Rusia di bawah pengawalan Su-27 dan kemudian Su-35.

Pada 13 Maret, pesawat-pesawat tempur NATO mencegat An-26 dan varian Il-18 yang terbang ke Kaliningrad, dan pada 14 Maret An-26 kembali ke Rusia dengan transponder dimatikan.

Wilayah udara Lithuania, Latvia dan Estonia saat ini dilindungi oleh empat pesawat tempur F-16C / D H milik Angkatan Udara Polandia yang berbasis di pangkalan Lituania di Siauliai dan lima pesawat tempur Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Jerman yang beroperasi dari pangkalan Estonia Amari pod Talinem.

Defence24

  3 Responses to “Seminggu F-16 dan Typhoon NATO Empat Kali Cegat Su-27 dan Su-35 Rusia”

  1.  

    paling juga jaga jarak aman.
    yg jd pertanyaan apak f16 dan typhon berani goyang kn sayap kyk waktu sukhoi memepet f15.lalu f15 kabur.

  2.  

    F16 Polandia sama Euro Typoon Jerman sekalipun ngeroyok SU 27 SM nggak bakalan menang secara beda kelas dan kalah persenjataan … apalagi si TYPOON Submarine nyempul di kawasan Baltik … maen pensil tambah ngepotttt larinya F 16 dan EuroFighter …