May 092016
 

Senapan serbu Krummlauf buatan Jerman adalah salah satu cikal bakal dari senapan serbu Cornershot. Memiliki laras melengkung yang memungkinkan tentara untuk menembak musuh yang bersembunyi dibalik tembok.

Diproduksi dalam beberapa varian: Versi “i” untuk digunakan pasukan infanteri, dan versi “P” untuk digunakan awak tank dan panser (untuk menyerang infanteri musuh yang bersembunyi di dekat tank). Krummlauf memiliki beragam tipe lengkungan, mulai dari 30 °, 45 °, 60 ° hingga 90 °.

1715

Laras yang melengkung ternyata membuat senapan serbu ini memiliki umur yang sangat pendek karena laras senapan mendapat tekanan yang sangat besar bila dibandingkan laras yang lurus. Lengkungan 30 ° memiliki umur 300 kali tembakan, dan lengkungan 45 ° hanya memiliki umur 160 kali tembakan.

Masalah lain selain umur yang pendek adalah laras yang melengkung menyebabkan peluru yang ditembakkan kadang pecah menjadi beberapa bagian, sehingga terkadang menyebabkan tembakan meleset dari target .

Akibatnya, pihak desainer bereksperimen membuat lubang ventilasi kecil pada laras Krummlauf untuk mengurangi tekanan dan daya hentak senapan. Lubang kecil dirancang untuk mengurangi sedikit tekanan gas untuk memperlambat kecepatan peluru saat keluar laras, namun ternyata hal tersebut tidak berefek pada umur senapan Krummlauf yang tetap pendek.

Bagikan :

  12 Responses to “Senapan ‘Lengkung’ Krummlauf, Cikal Bakal Senapan Cornershot”

  1.  

    pertamax lagi kah..??

  2.  

    Jd corner shot yg ada di pasaran jg pendek donk umur larasnya…

  3.  

    vita berapi dong

  4.  

    Keren

  5.  

    Makan tokek mas bisa panjang umur…

 Leave a Reply