Mar 012018
 

High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) buatan Lockheed Martin, AS. © Spc. Russell J. Good via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Senat Rumania, pada hari Senin, 26 Februari dengan suara bulat memilih rancangan undang-undang untuk mengakuisisi 3 (tiga) sistem peluncur roket jarak jauh HIMARS dengan total € 1,5 miliar termasuk PPN, seperti dilansir dari laman Romania Insider.

Setiap sistem yang dibeli akan memiliki 18 instalasi peluncuran. Sistem HIMARS akan dioperasikan oleh Angkatan Darat Romania. Menteri Pertahanan Rumania, Mihai Fifor mengatakan bahwa Rumania akan melakukan pembayaran pertama untuk sistem HIMARS pada akhir bulan ini.

Pada bulan Agustus 2017, Departemen Luar Negeri AS, telah mengijinkan penjualan High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) ke Rumania, menurut pengumuman Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS (DSCA).

Menurut pengumuman tersebut, Rumania telah meminta:

  • 54 peluncur HIMARS
  • 81 amunisi Guided Multiple Launch Rocket Systems (GMLRS) M31A1
  • 81 amunisi alternatif Guided Multiple Launch Rocket Systems (GMLRS) M30A1
  • 54 Army Tactical Missile Systems (ATACMS)
  • 24 Advanced Field Artilery Tactical Data Systems (AFATDS), yang merupakan sistem kendali tembak untuk HIMARS.

Menurut situs Army Recognition, M142 HIMARS dilengkapi enam peluncur roket, atau sebuah rudal MGM-140 ATACMS yang terpasang pada chassis 6×6 Keluarga Kendaraan Taktis Nasional (FMTV) seberat lima ton.

HIMARS dapat menembakkan seluruh jenis roket dan bisa meluncurkan semua munisi MFOM dengan jangkauan maksimal 40 km, termasuk munisi HE-FRAG (High-Explosive Fragmentation) dan bom cluster. HIMARS juga dapat menembakkan amunisi dipandu jarak jauh yang baru dikembangkan dengan jangkauan antara 60 – 100 km.

Bagikan Artikel :

  8 Responses to “Senat Rumania Sepakat Akuisisi Sistem Roket HIMARS”

  1.  

    Jangan bungkus…hhhhhh

  2.  

    Bagus mana ma Astros ni…

  3.  

    jika dibanding dgn yg lain masih bagus himars….,,,,….himars tandingannya tornado buatan rusky,,,tpi masih diatas smerch…

  4.  

    Mumet2 dah Rusia, eks soviet banyak gabung ke NATO dan beli alutista NATO.he3

  5.  

    Jodohnya Himars ya Astros…. tambah lagi MLRS Himars…

 Leave a Reply