May 022017
 

Modernized Target Acquisition Designation Sight/Pilot Night Vision Sensor System, Helikopter Serang Apache (photo : tactical-life.com)

Pentagon – Perusahaan industri pertahanan dan militer Lockheed Martin, Orlando, Florida, mendapat kontrak penjualan militer asing senilai $ 332,136,017, untuk : Britania Raya, Mesir, India, Korea, Republik Indonesia, Taiwan, Belanda, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Polandia.

Kontrak ini untuk Modernized Target Acquisition Designation Sight/Pilot Night Vision Sensor System (M-TADS/PNVS sensor system), produksi sub-komponen dan servis teknis untuk helikopter serang Apache.

Pengajuan kontrak dilakukan satu persatu dan telah diterima. Lokasi pengerjaan dan pendanaan akan ditentukan lewat setiap pesananĀ dengan perkiraan tanggal penyelesaian 30 April 2018.

Informasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat 28/4/2017.
Defense.gov

Bagikan Artikel :

  65 Responses to “Sensor Canggih Helikopter Serang Apache Indonesia”

  1. Pagi all

    • Paramex ternyata ….
      Senang kan Klo TNI dalam tugas di dukung sista canggih …ditunggu yg lainnya jendral …

    • dengan perkiraan tanggal penyelesaian 30 April 2018.
      itu tuk semua pesanan sejumlah kontrak penjualan militer asing senilai $ 332,136,017

      berarti dalam rentang sekarang sampai 30 April 2018 pesanan Indonesia sudah selesai!!!.

    • Pake totet gk ni ??…..yakin mamarika mw berbagi teknologi militer sekelas apache??……program KFX terhambat karena keikut sertaan indonesia dlm program tersebut, amerika tdk mw teknologinya jatuh ke negara yg bukan sekutunya…..

      • ada Mou sendiri bung
        lagipula kongres as sudah setuju asal bukan teknologi 5 gen entah spesifik teknologi mana yg dimaksud

      • bersukur bisa dapat..
        banyak negara yg menginginkan tp tdk dapat meski dg bayar lebih banyak.. hanya negara2 yg baik menurut amerika saja yg bisa mendapatkan heli dg teknologi paling canggih dan mematikan sampai saat ini..
        kalau nanti ada yg tanya downgrade atau kalah canggih dg tetangga.. maka tanya dulu indonesia apanya amerika.. dan berani bayar berapa..??
        sudah dapat dan di setujui kongres as itu sudah untung2 an karena pandai2 nya diplomat indonesia bekerja keras melobi anggota kongres.. yg di sini yg hanya modal baca banyak yg sinis.. dan sama sekali tdk menghargai jerih payah para pemangku kebijakan ..

  2. Pantas nelayan tionghoa kalau di usir patuh… bisa buat “nyiram” pasukan hentak2 bumi juga nih.

  3. Yang paling penting adalah bisa membuat alat serupa. Jangan bisanya cuma beli aja . . šŸ™

    Tetap rawan embargo kalo ga bisa bikin sendiri . . šŸ™

  4. Barangnya blm jg datang udah d modernisasi…. hehehe

  5. mak nyuss

  6. tuh kan… klw ada uang yg terbaik pun psti dikasih…

  7. Jadi bertanya tanya, kpn negara yg pemimpin sampai kartun tuyul berulah lg?

  8. Katanya sebelum Oktober datang, bentar lagi kaan.

  9. Hadew… Beli udah nyicil… Senjata dan Teknologi nya juga nyicil…

    • sekolah yg rajin biar jd insinyur biar bisa buat tehnologi yg canggih biar tdk beli dr negara luar.. nanti saya akan komen “anda sungguh luar biasa” good job..

  10. Kalau belinya banyak masa nggak dapat TOT ?

    helmnya saja 300 unit, apache nya 8 (puluh) unit tapi dicicil.

    Mengapa kita beli apache 8 (puluh) sebab Singapore saja punya 2 (puluh).

    Xixixixi

    • bung TN
      mengapa kita belinya 8 (puluh) tapi helmnya 3 ratus unit
      apa gak keliru
      bukannya apache nya 8 belas ( puluh) baru cocok hitungannya
      yang 1 ratus buat cadangan kalo diembargo

    • Hahaha masa helm 300,helinya cuman 8 biji…hahaha sekali pakai buang?? Ya 80 puluh donk; pas buat nyiram pasukan hentak2 bumi + pasukan upil. Tapi ngga pakai apache juga nyerah ketangkap tuh pasukan upil

  11. Apache kok ditaruh di natuna? Di laut apa ada tank? Tar kena hajar rudal anti permukaan kapal china rontok semua

  12. 300 helm duh gak kebayang logisnya?????????berarti ada 300 pilot yg bakal gantian shift

  13. Heli dinatuna buat nembak apa ya
    Singapu aja punya dua puluh dengan upgrade data link dan sensor israel,
    Seharusnya ini heli buat dijiplak aja,itu baru betul denga data link pt len dan sensor dari dalam negri.
    Belum mampu nkri,ada yg bilang gitu pasti
    Jadi sampai kapan mamapu buat sendiri
    Persetan dengan hak paten,yg penting nkri maju yg lain los….
    Ini heli untuk menggebuk cina dalam perjanjiannya,makanya ditaruh dinatuna.
    Ha….. Ha…… Ha…….
    Cina uda punya yg kayak gini walaupun kw tapi jumlahnya buanyak coy..tambah rudalnya buatan sendiri dan punya cina diinstal rudal sam jarak dekat untuk pertempuran udara,emang punya tni bisa diinstal rudal sam?
    Kw ya tetap mantap karna buanyak dan bisa main keroyokan
    Rudalnya buanyak dan sangar untuk ukuran asia.
    Dinatuna itu yg perlu diperbanyak drone patroli rudal kalau maampu,kasel mini dan sedang kalau mau maju,dan kapal
    Perang yg banyak kalau mau dihargai,pesawat tempur canggih kalau mau buat efec detereen.
    Ini salah trategi kalau apache dutaruh dinatuna,emang ada tank,apache ditaruh dikalimantan itu baru agak cocok.
    Untuk nkri yg luas dan lebar dan panjang yg kaya yg banyak
    Lubang tikusnya,cocoknya itu drone bersenjata rudal.
    Selain hemat ,mudah,dan 100% persen perbatasan aman terkendali,gak perlu ini itu drone rudal titik.
    Kapal rudal,kasel rudal,pesawat rudal,sam,rudal pantai,pesawat pengintai,mosok dilawan sama heli hadeuh….
    Uneg2 duta rudal yg selau bertanya arah pembangunan alutsista tni…………..

  14. dan punya cina diinstal rudal sam jarak dekat untuk pertempuran udara

    wkwkwkwkwkwkwmwkwkwkkkkkk

    • padahal kemampuan ah-64 e guardian gak bisa dipandang sebelah mata

      The new AH-64E addresses this by installing a trifecta of new systems: more powerful T700-GE-701D turboshaft engines, a modern face gear transmission system, and new composite rotor bladesā€”increasing the AH-64Eā€™s speed from 140 to 180 miles per hour. The Guardian Apache can thus arrive on the battlefield faster and loiter overhead for longerā€”57 percent longer, according to one field commander. New hydraulic ā€œshock strutā€ landing gear also improve the Guardianā€™s crash resistance.

      Another upgrade is a Manned-Unmanned Team (MUM-T) drone controller datalink enabling the Guardianā€™s copilot to remotely control and receive data from an orbiting Army MQ-1C Grey Eagle drone. This allows the Apache crew to observe the battlefield before theyā€™ve arrivedā€”and even to hover behind cover, waiting for a target to be identified by drone so it can make a devastating pop-up attack. The Apache crew can even assume manual control of the drones to paint targets with a laser or launch the droneā€™s Hellfire missiles.

      The latest Lot 6 batch of Guardians includes updated fire-control systems that can identify and target ships at sea, presumably to rain Hellfire missiles upon them. Clearly, this is aimed at making the Apache more relevant to any possible conflict in the Pacificā€”as well as possible skirmishes in the Persian Gulf. Although plans to make a naval version of the Apache died off long ago, U.S. Army Apache units have been practicing deploying on ships at sea anyway. British Apaches have already operated successfully from the HMS Ocean amphibious assault ship during the 2011 intervention in Libya.

      In addition to upgrades to computer processors and software, there are also a number of useful new gizmos. A new Ground-Fire Acquisition System, installed on the tip of the wing stub, scans the battlefield with cameras for muzzle flashes from small arms, cannons and rocket-propelled grenades, and automatically slews the Apache around to deliver return fire with its thirty-millimeter cannon. Link-16 datalinks in later Guardian production lots will allow improved data sharing and networking with friendly forces. The computer software has also been upgraded with a Cognitive Decision Aiding System intended to ease the workload posed by routine piloting tasks.

      • @anu

        Hihihihi….heli apache niru taktik buser, nurunin “cepu” dulu utk memantau situasi sebelum turun kelapangan

        • lah itulah slah satu klebihan varian terakhirnya mbak
          masalahnya ā€œcepuā€ nya juga diborong gak nih
          bagi bocoran dong

          • Ahhhh….disini juga banyak cepu aka mata elang,ngapain. juga pake impor-impor segalak…tinggal tentukan aja jenis targetnya

  15. Berarti demo 5 Oktober nanti minjem lg donk. Berharapnya semua sdh komplit datangnya dan bisa ikut demo 5 Oktober. Tp apa iya sih beli cuma 8 unit? Sisanya.?

  16. 80 Apache … sesuai pernyataan Pak Pramono :

    “Kita mau beli 8, sementara Singapura cuma punya 2”

  17. selengkapnya :

    “awalnya mereka (US Parlement) tak ada masalah, namun belakangan mereka pikir-pikir lagi berkaitan dengan sekutu mereka Singapura, kita mau beli 8, sementara Singapura cuma punya 2”

  18. Apache TNI AD : “Menyiram” pasukan hentak2 bumi dan upil tidak di embargo usa , malah dikasih bonus latihan + amunisi + bbm. Oke oce.

  19. paham buuuung
    yg jadi masalah adalah sulit mempercayai perjanjiannya,lha AS punya perjanjian dg negara segede Russia saja masih nikung2 gitu lho,apalagi kelas pembeli spt kita?yg gakpunya bargaining power sekelas Russia
    felling saya sih,sesuai sistem kapitalis US itulah penyebab mereka mau jual,yg penting dagangan laku tak peduli etika
    pengecualian untuk pembelian f16 refurbish yg cepet banget prosesnya ( lha barang gak kepakai juga disana hehe)

    itulah yg sulit hahhaha

  20. “once the US said that one of the rules of buying weapon from them was that they are not to be used IN PAPUA or AGAINST PAPUAN”

    hmmm …

  21. oh begitu …

  22. Sourcecode maksudnya!

    • tidak ada versi downgrade.. yg ada apa yg kita minta dan berapa kita bayar.. sistem kita adalah apa yg kita butuhkan.. bukan apa yg kita ingin kan apalagi apa yg anda inginkan..
      downgrade adalah istilah sebagian kecil orang yg tidak suka atau tdk sesuei spt apa yg mereka inginkan.. meskipun mereka bukan siapa siapa.. apa anda pernah dengar seorang jendral bilang “ini adalah heli downgrade tetangga” ??
      jd tolong di mengerti bahwa semua sudah di jalankan dg sebaik baiknya dan sesuei kebutuhan dan kemanpuan kita.. tolong di hargai.. meski tdk sesuei dg keinginan kalian..

  23. kebanyakan nonton sinetron ya bu…
    sekolah di unhan dulu deh daripada komen ngawur..

  24. semua sama.. dimana ada kepentingan disitu ada.. selagi masih sejalan its oke.. bila sudah tidak sejalan.. kembalikan punya saya dan pergi saja sendiri.. siapapun itu .. bahkan indonesia pun akan melakukan hal yg sama bila merasa di hianati..

  25. good job..

  26. komen sya utk system baru ndak muncul2

 Leave a Reply