May 022017
 

Modernized Target Acquisition Designation Sight/Pilot Night Vision Sensor System, Helikopter Serang Apache (photo : tactical-life.com)

Pentagon – Perusahaan industri pertahanan dan militer Lockheed Martin, Orlando, Florida, mendapat kontrak penjualan militer asing senilai $ 332,136,017, untuk : Britania Raya, Mesir, India, Korea, Republik Indonesia, Taiwan, Belanda, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Polandia.

Kontrak ini untuk Modernized Target Acquisition Designation Sight/Pilot Night Vision Sensor System (M-TADS/PNVS sensor system), produksi sub-komponen dan servis teknis untuk helikopter serang Apache.

Pengajuan kontrak dilakukan satu persatu dan telah diterima. Lokasi pengerjaan dan pendanaan akan ditentukan lewat setiap pesanan dengan perkiraan tanggal penyelesaian 30 April 2018.

Informasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat 28/4/2017.
Defense.gov

  75 Responses to “Sensor Canggih Helikopter Serang Apache Indonesia”

  1. Pagi all

    • Paramex ternyata ….
      Senang kan Klo TNI dalam tugas di dukung sista canggih …ditunggu yg lainnya jendral …

    • dengan perkiraan tanggal penyelesaian 30 April 2018.
      itu tuk semua pesanan sejumlah kontrak penjualan militer asing senilai $ 332,136,017

      berarti dalam rentang sekarang sampai 30 April 2018 pesanan Indonesia sudah selesai!!!.

    • Pake totet gk ni ??…..yakin mamarika mw berbagi teknologi militer sekelas apache??……program KFX terhambat karena keikut sertaan indonesia dlm program tersebut, amerika tdk mw teknologinya jatuh ke negara yg bukan sekutunya…..

      • ada Mou sendiri bung
        lagipula kongres as sudah setuju asal bukan teknologi 5 gen entah spesifik teknologi mana yg dimaksud

      • bersukur bisa dapat..
        banyak negara yg menginginkan tp tdk dapat meski dg bayar lebih banyak.. hanya negara2 yg baik menurut amerika saja yg bisa mendapatkan heli dg teknologi paling canggih dan mematikan sampai saat ini..
        kalau nanti ada yg tanya downgrade atau kalah canggih dg tetangga.. maka tanya dulu indonesia apanya amerika.. dan berani bayar berapa..??
        sudah dapat dan di setujui kongres as itu sudah untung2 an karena pandai2 nya diplomat indonesia bekerja keras melobi anggota kongres.. yg di sini yg hanya modal baca banyak yg sinis.. dan sama sekali tdk menghargai jerih payah para pemangku kebijakan ..

  2. Pantas nelayan tionghoa kalau di usir patuh… bisa buat “nyiram” pasukan hentak2 bumi juga nih.

  3. Yang paling penting adalah bisa membuat alat serupa. Jangan bisanya cuma beli aja . . 🙁

    Tetap rawan embargo kalo ga bisa bikin sendiri . . 🙁

  4. Barangnya blm jg datang udah d modernisasi…. hehehe

  5. mak nyuss

  6. tuh kan… klw ada uang yg terbaik pun psti dikasih…

  7. hadeuh gue ragu kalau buatan asu kirik
    secanggih2 nya alutsista yg dijual ke nkri oleh asu,tetap aja speknya dibawah sekutunya diasteng.
    dan ini gak bisa dibantah,memang faktanya gitu toh
    berarti ini heli hanya mampu menggebuk cina ataupun
    malon doang.sementara cina jauh disana dan cina terkenal dengan negara 1001 rudal,alias banyak merek rudal,sanggup ini heli lawan cina,jawabnya kagak coy…..
    kalau beli dari asu jangan senang coy,ini pembelian hanya bersifat politik doang dan rawan embargo besar2 an.
    mending riset rudal atau tot rudal lebih gahar kan coy…..
    ini sekedar uneg2 anak negri loh…. ho…. ho… ho….

    • Kalau belinya banyak masa nggak dapat TOT ?

      helmnya saja 300 unit, apache nya 8 (puluh) unit tapi dicicil.

      Mengapa kita beli apache 8 (puluh) sebab Singapore saja punya 2 (puluh).

      Xixixixi

      • bung TN
        mengapa kita belinya 8 (puluh) tapi helmnya 3 ratus unit
        apa gak keliru
        bukannya apache nya 8 belas ( puluh) baru cocok hitungannya
        yang 1 ratus buat cadangan kalo diembargo

      • Hahaha masa helm 300,helinya cuman 8 biji…hahaha sekali pakai buang?? Ya 80 puluh donk; pas buat nyiram pasukan hentak2 bumi + pasukan upil. Tapi ngga pakai apache juga nyerah ketangkap tuh pasukan upil

    • kebanyakan nonton sinetron ya bu…
      sekolah di unhan dulu deh daripada komen ngawur..

  8. Jadi bertanya tanya, kpn negara yg pemimpin sampai kartun tuyul berulah lg?

  9. Katanya sebelum Oktober datang, bentar lagi kaan.

  10. Hadew… Beli udah nyicil… Senjata dan Teknologi nya juga nyicil…

    • sekolah yg rajin biar jd insinyur biar bisa buat tehnologi yg canggih biar tdk beli dr negara luar.. nanti saya akan komen “anda sungguh luar biasa” good job..

  11. Apache kok ditaruh di natuna? Di laut apa ada tank? Tar kena hajar rudal anti permukaan kapal china rontok semua

  12. 300 helm duh gak kebayang logisnya?????????berarti ada 300 pilot yg bakal gantian shift

  13. Heli dinatuna buat nembak apa ya
    Singapu aja punya dua puluh dengan upgrade data link dan sensor israel,
    Seharusnya ini heli buat dijiplak aja,itu baru betul denga data link pt len dan sensor dari dalam negri.
    Belum mampu nkri,ada yg bilang gitu pasti
    Jadi sampai kapan mamapu buat sendiri
    Persetan dengan hak paten,yg penting nkri maju yg lain los….
    Ini heli untuk menggebuk cina dalam perjanjiannya,makanya ditaruh dinatuna.
    Ha….. Ha…… Ha…….
    Cina uda punya yg kayak gini walaupun kw tapi jumlahnya buanyak coy..tambah rudalnya buatan sendiri dan punya cina diinstal rudal sam jarak dekat untuk pertempuran udara,emang punya tni bisa diinstal rudal sam?
    Kw ya tetap mantap karna buanyak dan bisa main keroyokan
    Rudalnya buanyak dan sangar untuk ukuran asia.
    Dinatuna itu yg perlu diperbanyak drone patroli rudal kalau maampu,kasel mini dan sedang kalau mau maju,dan kapal
    Perang yg banyak kalau mau dihargai,pesawat tempur canggih kalau mau buat efec detereen.
    Ini salah trategi kalau apache dutaruh dinatuna,emang ada tank,apache ditaruh dikalimantan itu baru agak cocok.
    Untuk nkri yg luas dan lebar dan panjang yg kaya yg banyak
    Lubang tikusnya,cocoknya itu drone bersenjata rudal.
    Selain hemat ,mudah,dan 100% persen perbatasan aman terkendali,gak perlu ini itu drone rudal titik.
    Kapal rudal,kasel rudal,pesawat rudal,sam,rudal pantai,pesawat pengintai,mosok dilawan sama heli hadeuh….
    Uneg2 duta rudal yg selau bertanya arah pembangunan alutsista tni…………..

  14. dan punya cina diinstal rudal sam jarak dekat untuk pertempuran udara

    wkwkwkwkwkwkwmwkwkwkkkkkk

    • padahal kemampuan ah-64 e guardian gak bisa dipandang sebelah mata

      The new AH-64E addresses this by installing a trifecta of new systems: more powerful T700-GE-701D turboshaft engines, a modern face gear transmission system, and new composite rotor blades—increasing the AH-64E’s speed from 140 to 180 miles per hour. The Guardian Apache can thus arrive on the battlefield faster and loiter overhead for longer—57 percent longer, according to one field commander. New hydraulic “shock strut” landing gear also improve the Guardian’s crash resistance.

      Another upgrade is a Manned-Unmanned Team (MUM-T) drone controller datalink enabling the Guardian’s copilot to remotely control and receive data from an orbiting Army MQ-1C Grey Eagle drone. This allows the Apache crew to observe the battlefield before they’ve arrived—and even to hover behind cover, waiting for a target to be identified by drone so it can make a devastating pop-up attack. The Apache crew can even assume manual control of the drones to paint targets with a laser or launch the drone’s Hellfire missiles.

      The latest Lot 6 batch of Guardians includes updated fire-control systems that can identify and target ships at sea, presumably to rain Hellfire missiles upon them. Clearly, this is aimed at making the Apache more relevant to any possible conflict in the Pacific—as well as possible skirmishes in the Persian Gulf. Although plans to make a naval version of the Apache died off long ago, U.S. Army Apache units have been practicing deploying on ships at sea anyway. British Apaches have already operated successfully from the HMS Ocean amphibious assault ship during the 2011 intervention in Libya.

      In addition to upgrades to computer processors and software, there are also a number of useful new gizmos. A new Ground-Fire Acquisition System, installed on the tip of the wing stub, scans the battlefield with cameras for muzzle flashes from small arms, cannons and rocket-propelled grenades, and automatically slews the Apache around to deliver return fire with its thirty-millimeter cannon. Link-16 datalinks in later Guardian production lots will allow improved data sharing and networking with friendly forces. The computer software has also been upgraded with a Cognitive Decision Aiding System intended to ease the workload posed by routine piloting tasks.

  15. Berarti demo 5 Oktober nanti minjem lg donk. Berharapnya semua sdh komplit datangnya dan bisa ikut demo 5 Oktober. Tp apa iya sih beli cuma 8 unit? Sisanya.?

  16. 80 Apache … sesuai pernyataan Pak Pramono :

    “Kita mau beli 8, sementara Singapura cuma punya 2”

  17. selengkapnya :

    “awalnya mereka (US Parlement) tak ada masalah, namun belakangan mereka pikir-pikir lagi berkaitan dengan sekutu mereka Singapura, kita mau beli 8, sementara Singapura cuma punya 2”

  18. Ck..ck..ck.. Perjanjian pembelian senjata Indonesia kini, salah satu nota kesepahamannya adalah pemerintah dari mana persenjataan itu berasal tidak boleh melarang penggunaan senjata dari intern indonesia UNTUK TUJUAN PERTAHAN NEGARA dan jaminan penghapusan sistem embargo adalah mutlak untuk setiap pembelian yang di lakukan . adapun hal -hal yang berlawan dengan nota tersebut akan di selesaikan di arbitrase internasional di mana indonesia berhak menuntut penjual dan pemerintahnya dalam upaya mengintervensi penggunaan senjata untuk pertahanan Indonesia.
    Jadi, ucapankan selamat tinggal pada embargomu, Indonesia tidak akan lagi di embargo bila sejalan dengan demokrasi dan persenjataannya tidak di gunakan untuk membunuh rakyatnya sendiri. paham,

    • paham buuuung
      yg jadi masalah adalah sulit mempercayai perjanjiannya,lha AS punya perjanjian dg negara segede Russia saja masih nikung2 gitu lho,apalagi kelas pembeli spt kita?yg gakpunya bargaining power sekelas Russia
      felling saya sih,sesuai sistem kapitalis US itulah penyebab mereka mau jual,yg penting dagangan laku tak peduli etika
      pengecualian untuk pembelian f16 refurbish yg cepet banget prosesnya ( lha barang gak kepakai juga disana hehe)

      itulah yg sulit hahhaha

    • Amerika dipercaya ? Itu sama saja siap2 diri jatuh kelubang yg sama hahaha….bodoh di pelihara.

      • semua sama.. dimana ada kepentingan disitu ada.. selagi masih sejalan its oke.. bila sudah tidak sejalan.. kembalikan punya saya dan pergi saja sendiri.. siapapun itu .. bahkan indonesia pun akan melakukan hal yg sama bila merasa di hianati..

    • Kamu tak nak embargo kena pintar berpolitik dengan peloby Amerika, lihat aje Arab suadi bunuh Sana sini di yemen gak Ada kena embargo Oleh barat, Kerana mereka Ada peloby Di Amerika, apa bisa buat bagi wang pads peloby Amerika ,maka diam pasal ham di indonesia, kamu kena ingat korapsi kapitalis terbesar dunia Ialah peloby Amerika

  19. Apache TNI AD : “Menyiram” pasukan hentak2 bumi dan upil tidak di embargo usa , malah dikasih bonus latihan + amunisi + bbm. Oke oce.

  20. “once the US said that one of the rules of buying weapon from them was that they are not to be used IN PAPUA or AGAINST PAPUAN”

    hmmm …

  21. oh begitu …

  22. Versi down grade gak? Apa pake FOF /suorcecode sehingga klu dipake melawan sekutunya bakalan impoten persenjataannya!

    • Sourcecode maksudnya!

      • tidak ada versi downgrade.. yg ada apa yg kita minta dan berapa kita bayar.. sistem kita adalah apa yg kita butuhkan.. bukan apa yg kita ingin kan apalagi apa yg anda inginkan..
        downgrade adalah istilah sebagian kecil orang yg tidak suka atau tdk sesuei spt apa yg mereka inginkan.. meskipun mereka bukan siapa siapa.. apa anda pernah dengar seorang jendral bilang “ini adalah heli downgrade tetangga” ??
        jd tolong di mengerti bahwa semua sudah di jalankan dg sebaik baiknya dan sesuei kebutuhan dan kemanpuan kita.. tolong di hargai.. meski tdk sesuei dg keinginan kalian..

  23. good job..

  24. @makan aka @system baru

    takyah memperlekeh keupayaan Apache, cakap aje malon tak der wang … kan senang … kikikikikih …

    kata malon nak beli heli Tiger, siap hantar juru terbang ke France bagai, hujung-hujung gebang jer lebih … kikikikikih …

  25. Papuan-orang orang papua A.K. A warga negara Indonesia
    Opm-organisasi papua merdeka, separatis/kelompok yang ingin memisahkan diri.

    Gak sama,
    contoh.
    belakangan ini isu terorisme lebih berlatar belakangkan agama islam. tapi, jelas salah jika menuduh semua islam adalah teroris. jadi, menyamakan sesuatu hanya karena hal itu berangkat dari suatu identitas yang sama adalah salah besar. itu labelling namanya dan biasanya yang sering melakukan itu adalah warga amerika yang trauma atas peristiwa yang berhubungan dengan hal itu. contoh, WTC.

    Papua tak selebar daun kelor, ada pro integrasi ada disintegrasi.
    jangan pukul rata, supaya jangan di bilang munafik sama orang papua. benci amerika yang suka “menindas”, sementara kita terhadap saudara di papua hampir sama dengan yg di lakukan amerika yaitu menindas merek juga. malah mengatai mereka semua pemberontak dan membunuh keluarga mereka. jaman koppasus berapa banyak orang papua yang tewas. belajar dari hal itu. wajar saja kelompok mereka tak pernah habis karena terdiri dari orang-orang sakit hati. entah karena saudaranya mati, di jerat kemiskinan, di perlakukan tidak adil, merasa perlu melawan karena di teroror. teroris juga begitu, sekumpulan yang tidak puas dengan kebijakan.

    jadi, BELAJARLAH BERHENTI MELABELI ORANG SESUATU. KARENA SIKAP INI MENGGAMBARKAN SIAPA KAMU SEBENARNYA.

  26. blog pendukung Papua Merdeka yang setiap hari MEGA KARTI baca :

    awpasydneynews.blogspot.com

 Leave a Reply