Seorang Perwira Turki Menghilang Diduga Mencari Suaka di Amerika

Pemerintah Turki terus melakukan pembersihan di tubuh militer, pasca usaha kudeta yang dilakukan bulan lalu. Turki juga memanggil pulang prajuritnya yang sedang bertugas di luar negeri. Di tengah situasi ini, seorang perwira militer Turki yang sedang bertugas untuk NATO di Amerika Serikat (AS) diketahui mencari suaka di AS dan enggan pulang ke Turki.

Dua pejabat AS membenarkan hal tersebut Namun mereka tidak menjelaskan identitas perwira Turki yang tengah mencari suaka di AS, yang pasti perwira itu bertugas di Markas Allied Command Transformation NATO di Norfolk, Virginia.

“Pada tanggal 22 Juli, dia meninggalkan tanda pengenalnya di pangkalan dan setelah itu tidak ada yang mendengar darinya lagi,” ujar seorang pejabat AS, seperti dikutip Reuters, Rabu (10/8/2016).

Sementara itu, Pemerintah Turki mengaku belum mengetahui adanya perwira militer Turki yang mencaru suaka di AS. Namun, pihak kedutaan Turki di Washington telah mengeluarkan surat penangkapan atas Laksamana Pertaman Mustafa Ugurlu, pasca usaha kudeta militer.

Mustafa merupakan seorang perwira militer Turki yang bertugas untuk NATO di Amerika, pasca keluarnya surat penangkapan tersebut, dirinya dikabarkan menghilang.

Tinggalkan komentar