Seoul Tambah Rudal Hyunmoo Untuk Menetralisir Ancaman Nuklir Pyongyang

SEOUL – Korea Selatan bermaksud menambah jumlah rudal Hyunmoo untuk melawan ancaman nuklir dan rudal Pyongyang, Yonhap News Agency yang mengutip sumber pemerintah melaporkan pada hari Minggu (14/08/2016)

Menurut sumber itu, pengadaan lebih banyak rudal balistik jarak pendek Hyunmoo 2A dan 2B dapat membantu Seoul “menetralisir” ancaman yang datang dari Pyongyang. Ia juga mengatakan bahwa menambahkan rudal balistik jenis baru untuk persenjataan militer Korea Selatan dengan kisaran 497 mil akan meningkatkan kapasitas Seoul untuk melindungi wilayahnya di bagian Utara.

Rudal Hyunmoo 2A memiliki rentang maksimum 186 mil (300 km) sementara rudal Hyunmoo 2B memiliki rentang maksimum 310 mil (500 km).

Pada bulan Oktober 2012, Korea Selatan dan Amerika Serikat mencapai kesepakatan untuk memperpanjang jangkauan maksimum rudal balistik Seoul. Pada bulan Juli, Korea Selatan dan Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka telah sepakat untuk menyebarkan sistem rudal THAAD di Korea Selatan, di tengah meningkatnya ketegangan semenanjung Korea atas program nuklir dan rudal Korea Utara.

Sumber: Yonhap News

Leave a Reply