Jun 142017
 

China mengerahkan tank ringan Xinqingtan ke perbatasan India. © autohome.com.cn

Angkatan Darat China mempercepat pembangunan militernya diwilayah Tibet, di sepanjang Jalur Pengendalian Aktual (LAC) dengan India. Militer China telah mengerahkan tank ringan terbarunya di sepanjang perbatasan, seperti dilansir dari China topix.

Tank ringan ZTQ dirancang khusus untuk beroperasi didaerah pegunungan maupun dataran tinggi seperti Tibet pertama kali diungkap kepada media pada tahun 2011. Tank tersebut di kenal sebagai ZTQ yang terdengar aneh karena ZTQ adalah sebutan generik pada kendaraan lapis baja ringan China.

Angkatan Darat PLA telah memperbaiki kelalaian tersebut dan sekarang ZTQ disebut sebagai “Xinqingtan”. Juga diakui pertama kalinya oleh militer bahwa tank ringan Xinqingtan telah di sebar disepanjang perbatasan Tibet dan India, tanpa menyebut secara rinci jumlahnya.

Menurut media pemereintah China, bahwa Xinqingtan dimiliki oleh brigade terpadu PLAGF (Angkatan Darat PLA). Dikatakan bahwa penyebaran tank ringan memperluas kemampuan brigade ini dan telah meningkatkan daya tempur mereka.

Militer China juga memuji Xinqingtan, dan menggambarkan bahwa daya gempur senjata tank kecil itu “jauh lebih maju” daripada tank T-90S buatan Rusia yang telah dikerahkan terlebih dulu ke perbatasan oleh India.

Klaim itu tampak terlalu percaya diri, karena T-90S Angkatan Darat India merupakan tank tempur utama (MBT) yang berukuran lebih besar dengan meriam smoothbore 125 mm, dan tank ringan Xinqingtan hanya menggunakan meriam 105 mm. Selain itu pelindung lapis baja pada T-90S juga jauh lebih tebal dari pada tank Xinqingtan buatan China.

Tank ringan Xinqingtan ke perbatasan India. © China Defense

Media pemerintah China mengatakan bahwa tank ringan Xinqingtan memiliki persenjataan sekunder yang terpasang di menara, yang terdiri dari peluncur granat 35 mm dan senapan mesin berat 12,7 mm.

Meriam 105 mm dan senjata kaliber yang lebih kecil pada tank Xinqingtan tersebut telah di sesuaikan sehingga bisa menembak pada sudut yang tinggi,  dan membuatnya cocok untuk pertempuran di pegunungan.

Tank yang ringan dan bermesin diesel yang kuat membuatnya sangat cocok untuk melawan tipisnya oksigen, lingkungan dengan ketinggian tinggi seperti di perbatasan China-India.

Tank Xinqingtan memiliki sistem kendali tembakan yang canggih dan meriam 105 mm-nya mampu menembakkan amunisi konvensional dan peluru kendali. Dengan kemampuan itu, memungkinkan tank Xinqingtan tersebut untuk menembak jatuh helikopter musuh, salah satu ancaman utama bagai tank di medan perang.

Versi ekspor dari tank Xinqingtan akan disebut dengan VT-5.

Perusahaan Norinco (North Industries Group Corporation), adalah produsen tank terbesar di China, mengatakan bahwa tank VT-5 dimaksudkan mengisi ceruk dipasar ekspor untuk kendaraan lapis baja yang tidak seberat atau semahal MBT Leopard 2 Jerman ataupun M1A2 Abrams Amerika Serikat.

  15 Responses to “Sepele, China Hanya Sebarkan Tank Ringan di Perbatasan Untuk Hadapi T-90 India”

  1.  

    Wah…ilsutrasi tank naek kereta lagi nih…mau mudiks…hehe
    :cool

  2.  

    Mbt lawan tank ringan!!!!

  3.  

    Harapannya tinggi banget nie..biar laku keras!!!!

  4.  

    Bukan sepele itu, china terlalu banyak musuh ketimbang teman mknya mereka ogah perkeruh suasana (LCS : ASEAN, LCT : Jepang, Perbatasan darat : India, 3 tsb Lini didukung USA. Masalah dlm negri : Tibet, itupun, 2 masalah dalam negri itupun disokong USA.)
    Buktinya Perang India-China yg sebulan itu dimenangkan mutlak China tp malah China ajukan gencatan senjata.
    Bisa ancur china kalau tiru Rusia – Korut yg nempatin senjata berat diperbatasan, bisa2 dicap negara paranoid atau disudutin media terdesak)
    Imho :ngacir: :ngacir:

  5.  

    “Militer China juga memuji Xinqingtan, dan menggambarkan bahwa daya gempur senjata tank kecil itu “jauh lebih maju” daripada tank T-90S buatan Rusia yang telah dikerahkan terlebih dulu ke perbatasan oleh India.”

    ———————————————

    NGIMPI

    Tank Hasil Imitasi Sangat Tdk Sebanding Dgn Tank Hasil Kreasi Dan Paling Itu Tank Buatan Norinco Meledak Dgn Sendirinya Sama Seperti Kasus Giant Bow

    •  

      Bagaimana dengan tank medium kita bung? apakah bkn termasuk imitasi dari tank-tank terdahulu? 😛 wkwkwkwk meski saya tahu terkadang imitasi juga bisa unggul asal disempurnakan dengan teknologi lainnya… sebagai contoh adalah senapan buatan PINDAD

      no offense, cuma melihat dari sudut pandang yang berbeda aja 😀

  6.  

    Klu klaim sepihak bolehlah sesuka hati China, tapi kan blm terbukti klu belum face to face dgn MBT T90S India. Wong lomba Tank di Rusia aja MBT China aja pada mrotol roda rantainya!

    •  

      Mrotol roda rantainya bhahahahakkk :ngakak

    •  

      Tapi yang pasti militer China telah menguji cobanya, karena yang bakal dihadapi adalah T-90 dan T-72 India yang ada diperbatasan, adalah hal konyol klo mereka kirimkan tank ringan tanpa yakin akan unggul disana 😀 sama seperti kita bakal memproduksi tank medium padahal tahu lawannya adalah MBT milik tetangga….

      Saya yakin, bila yg dilawan adalah tank T-90 atau Armata milik Rusia, barulah China akan gunakan yang terbaik, ibaratnya untuk melawan ya gunakan sesuai kemampuan lawan dong, rugi kalau pakai yang paling canggih buat lawan kelas teri, rugi perawatan dan suku cadangnya 😛 wkwkwkwkw

      :thumbup

  7.  

    Ehem.

    Tank ini disebar oleh China tidak dimaksudkan untuk bertempur berhadapan dengan MBT india.

    Ingat, tank ini disebar ke daerah pegunungan, karena tank ringan dia akan lebih baik manuvernya, lebih cepat larinya jika harus mendaki perbukitan.

    Meriamnya memiliki sudut elevasi yang tinggi seperti mortar dengan tembakan melengkung.

    MBT punya lapisan pelindung yang tebal di kiri, kanan dan depan. Tetapi MBT TIDAK punya lapisan pelindung tebal di bagian atas menara turet dan juga di bagian atas bagian belakang tank. Sehingga bagian atas MBT 66% tidak terlindung.

    Jika di daerah pegunungan sebab beratnya MBT akan selalu tertinggal di posisi daerah yang lebih rendah. Dan tank ringan akan selalu berada di posisi yang lebih tinggi.

    Jika ditembak dari posisi yang lebih tinggi dengan sudut melengkung seperti mortar maka peluru 105 mm akan selalu datang dari arah atas dan menimpa 66% bagian atas MBT yaitu bagian atas turet (pintu palka) dan bagian atas bagian belakang.

    Hasilnya MBT akan selalu hancur berkeping-keping jika bagian atas yg kurang terlindung kena tembakan peluru 105 mm.

    Hasilnya tank ringan 105 mm China akan selalu menang lawan tank apa pun yang lapisan atasnya tidak sama tebalnya dengan lapisan pinggir.

  8.  

    wah ini kayak rencana bikin jalur KA di kalimantan,, bagus buat penyebaran tank

 Leave a Reply