Seragam Baru Brimob

86
2551
image
Loreng Brimob

image

image
Seragam lama Btimob
image
Seragam Brimob waktu operasi di Aceh

image

Pakaian Dinas Lapangan Brimob kini menggunakan corak loreng seperti militer. Sebelumnya, dalam operasi militer di Aceh, Brimob menggunakan seragam warna coklat atau biru dongker.

Motif loreng pada seragam Brimob bukanlah hal yang baru. Di awal terbentuknya Brimob, satuan ini telah menggunakan baju loreng, seperti foto di atas.

86 KOMENTAR

  1. Jangan alasin sejarah.
    Itu laskar bukan tni bukan brimob.
    Asli brimob pakai celana dono kayak jendral sudirman. Mau balik sejarah?

    Slamat pakai baju lebaran. Smoga mental nya diperbaikin. Biar layak ayomin rakyat, kpk, mk, ky dsb.

  2. ga perlu lah pake doreng,asasi brimob bukan gerilya, maximal perang kota.jangan karena gagahan atau terjebak romantisme masa lalu terus hantam kromo.hantam pakem.jaman bung karno brimob pake loreng karena diterjunkan di area gerilya selain untuk nilai deterence prajurit.kalo sekarang ga usahlah.perbaiki saja strategi perang kota atau anti teroris.masak ngrebek perakit bom saja sampai berjam jam.emang unsur intelijenya kemana?ngerebek teroris intelnya ya intel anti teror.jadi kebiasaan ala reskrim jangan dipake.mohon maaf lahir batin.

  3. wah keren ser-lap nya brimob, loreng kayak TNI. Lebih baik brimob di akusisi TNI aja buat di jadikan DALMAS nya TNI, cakep tuh.

    Cuma kog ane gak suka ya lihat bimobers, lagaknya lebih2 pasus, petentang-petenteng bawa laras panjang walau cuma mau pulang kantor. Rumah ane deket markas sub den bimob sih. Maaf klo salah

  4. bung@waduh,jgnkn bawa tank atau heli,bawa pesawat tempur aja bisa,banyak kok brimob bekas penerbang,apa yang gak bisa dibuat brimob,coba kasih alasan,semua kualifikasi dimiliki brimob,penerjun lanjutan,scuba,gerilya,anti gerilya,wan teror,penjinak bom,penjinak nuklir,perang elektronik,perang kota,perang hutan ,gunung dan rawa,tempat latihan lo bandingan aja watukosek dengan pusdik pasus atau batu jajar,sniper lo boleh uji penembak jitu gegana dengan tni yang juara diaustralia itu,jangan suka membandingkan bro kalau belum jelas,dipusdik watukosek dari siswa sudah diajari cara menjinakkan dan memakan kobra,soal persenjtaan brimob punya senjata yang digunakan semua pasukan khusus barat,

    • Bung edan@ pasti mbah bowo iyakan dr cakapnya bikin galak-galak , cengar-cengir hahaha , brimob bisa kemudikan tank , heli serbu , pesawat tempur .. Oke brimob emg top , kabarnya ada juga yg bisa menjinakan R Satan n bulava

      Bung sempak@ kan ada samapta anti hura2 , gw tetap berpandangan yg bercorak militer tetap di bawah panglima tni
      Moga apa yg keresahan gw tersirat di hati presiden n panglima biar lebih adem dan terukur

        • swat usa juga ada seragam camo nya bung….untuk lindung tinjau di daerah pegunungan perbukitan dan hutan…intinya seragam camo itu di butuhkan sebagai salah satu fakto penunjang keberhasilan misi pasukan contoh adsa suatu tindak kejahataa di sebuah negara kemudian pelaku kejahatan melarikan diri ke hutan rawa gunung atau tempat sejenisnya diketahui pula pelaku kejahatan ini beranggotakan beberapa orang dan setiap orang nya menggunakan senapan serbu berikut beberapa magazen full amo dengan contoh kasus sepeti ini masa militer yg turun terus pelaku kejahatannya mau diapakan selain itu juga kan klo mereka mati ngga bisa di bawa ke jalur peradilan dong bung

    • @bung edan “…jinakkan dan makan cobra…”

      bung, saya ingat pengalaman ditawarin lahan di kaltim. Saya diperingatin ada ular. Ku kiranya ular cobra, kepala dua, dsb. Singkat crita ketemu aq ular kalimantan. Ampun bung. Aq lebih baik ditembak mati daripada ke kalimantan”. Sumpah bung. Ga heran, NAVY SEAL nangis2 liat pelatihan TNI. Wajar orang dulu jago2 bertempur.

  5. bung diego usul nih, coba diangkat artikel ttg pusdiklat watukosek bung, kalo ngga’ salah itu pusat pendidikan terangker, terbesar dan paling standar utk perang darat di asia tengggara. Bbrapa kali diminati utk pusat pendidikan lanjutan pasus (isu ?).
    Smoga mnambah wawasan dan bahan renyah utk diskusi rekan2….
    Salam bung 🙂

  6. Asalkan jangan saling adu aja deh… mau pake loreng kek, apa kek, dengan banyaknya kasus perkelahian antar satuan TNI sma Brimob yang lebih bagus mentalnya aja dulu yang diperbaharui, jangan nti kedepannya dgn pakaian sprti ini jadi terlihat jago jagoan, dan tidak ada lgi saling menghormati karna udh sama setingkat…. hhmmmmmm entahlaaaaah…mudahan je tak seperti yang dibayangkan

  7. yang aneh itu loreng di indonesia beda-beda semua, entah melupakan fungsinya atau hanya sebagai simbol kesatuan masing2, baretnya pun warna warni
    dpm digital tni kaga jadi dipake ?

    paling cocok buat daerah tropis itu menurut saya dpm nya inggris, sama woodland nya navy seals

  8. JAKARTA – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane, mengatakan bentrokan TNI-Polri yang terjadi kedua kali dalam tiga bulan terakhir di Batam menunjukkan makin buruknya hubungan psikologis kedua institusi tersebut.

    IPW menilai, ada tiga penyebab utama bentrokan TNI-Polri di Batam. Pertama, tidak terkendalinya aksi dukungan atau beking, baik dalam bisnis legal maupun ilegal, yang dilakukan oknum-oknum kedua institusi.

    “Kedua, masih membaranya dendam kesumat antar oknum kedua institusi pascabentrokan 21 September 2014, yang menyebabkan empat anggota Batalion 134 Tuah Sakti tertembak,” kata Neta, Kamis (20/11/2014).

    Ketiga, lanjut Neta, penggunaan seragam loreng militer pada anggota Brimob, dinilai sebagai wujud arogansi Polri. Penggunaan seragam loreng pada Brimob membuat lapisan bawah TNI tersinggung hingga gampang terpicu emosinya jika berhadapan dengan anggota Brimob.

    “IPW mendesak pemerintah harus segera memerintahkan Kapolri Sutarman agar mencabut penggunaan seragam loreng pada Brimob,” ungkapnya.

    Jika hal ini tidak dilakukan, kata Neta, bentrokan TNI-Brimob dikhawatirkan akan meluas ke daerah lain.

    Dia juga mendesak Presiden Joko Widodo untuk mencopot pimpinan Polri, TNI, Kapolda Kepulauan Riau dan Danrem setempat.

    “Bagaimana pun bentrokan ini tak terlepas dari kelengahan elite TNI-Polri dalam mencermati dinamika di Batam pascabentrok 21 September lalu,” tambahnya.

    Bentrokan kedua yang terjadi di Batam, tidak hanya menakutkan masyarakat, tapi juga akan membuat investor asing takut masuk ke Indonesia. Padahal sebelumnya dalam Forum APEC dan G-20, Presiden Jokowi mengundang para investor agar masuk ke Indonesia.

    “Bagaimana mereka mau masuk jika tidak ada jaminan keamanan di Indonesia. Aparat keamanan saja saling tembak dan terus menerus bentrok,” tuntasnya.

    Bentrokan anggota Yonif 134 Tuah Sakti (TS) dengan anggota Brimob Polda Kepulauan Riau Batam pada Rabu 19 November 2014.

    Kejadian tersebut berawal ketika dua anggota Yonif 134 TS sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU, lalu datang dua anggota Brimob. Aksi saling pandang diduga sebagai faktor utama pemicunya hingga berujung cekcok.

    Para anggota Yonif 134 TS, kemudian, mendatangi barak di Mako Brimob Polda Kepulauan Riau, sambil melakukan perusakan.

  9. pembicaraannya brimob dan TNI itu adek kakak gak usah di benturkan bro,,musuh kita tu halikopter malaysia udah mendarat di indonesia kenapa gak di tembaak,,kapal malaysia beberapa kali masuk perairan indo,,knp gak di tembak,,weleh weleh,,

  10. Saya benar2 terpukul dgn penerbad hari ini. Saya tidak percaya dgn apa yg saya lihat. Mohon maaf mbah bowo. Betul2 di Luar Nalar saya. Ampun mbah bowo. Saya sebagai penerbad di kota lain, tidak setuju dan mereka layak ditindak secara hukum.

  11. Saya tidak setuju brimob memakai loreng.loreng hanya untuk tni yang berani mati seperti ayah saya, rela mengorbankan nyawanya hanya untuk negara dan untuk menjaga perbatasan indonesia melindungi keutuhan NKRI, jadi tidak pantas sekali,loreng hanya untuk orang yang berani mati untuk NKRI, TNI modal nyawa yang dikorbankan dan meninggalkan anak2nya hanya untuk NKRI. Loreng itu melambangkan berani dan loreng itu buat angkatan perang saja.

  12. Yang penting kita satu tujuan menjaga keamanan negara …supaya tidak terganggu oleh penyusup yang ingin memprogandai negara yang sudah damai…maaf ..pakaian tersebut sudah ad persetujuan dan saling dukung..maka kita seharusnya kita tidak saling menyudutkan…yang baiknya saling
    kompak…Gitu ajah koq repottt

  13. Benarkah APBN 2016 untuk pertahanan cuma 97 T ?
    Tuh APBNP 2016 untuk pertahanan jadi 108 T

    Lalu RAPBN 2017 oleh Bu Sri Mulyani untuk pertahanan dianggarkan 104 T

    Kira-kira APBNP 2017 jadi berapa ya ? Simpulkan saja sendiri.

    Soal seragam polisi loreng, dulu pada awal dibentuk pasukan brimob itu seragamnya loreng seperti di foto.

    Lalu kenapa seragam loreng Brimob ? Tahukah anda bahwa di Indonesia Brimob adalah pasukan cadangan ? Mengapa minta dilatih di hutan ? Para teroris seperti GPK di hutan Papua dan Santoso di hutan Poso itu yang tangani adalah polisi. Bisa jadi para gembong narkoba bikin ladang ganja di tengah hutan. Yang tangani kasus kejahatan narkoba selain BNN siapa ? Polisi. Kalau nggak pakai seragam loreng ya polisinya ditembakin duluan sama bandit narkoba.

    Lalu kenapa jumlah personel polisi 800 ribu ? Di suatu kota dulu ada banyak begal. Sekarang polisi sehari 24 jam ada di mana2 dan setiap jam ada polisi keliling pakai mobil bagus berlampu biru kelap kelip. Sekarang jumlah pembegalan turun drastis. Anggaran yg besar 80 T membuat peningkatan yg signifikan secara operasional.

    Jelas ?

  14. Maaf jika salah,cuman sekedar ikut komentar saja ya. Dulu kan Brimob kan masih dalam kesatuan TNI bajunya ya iku TNI lorengnya. Tapi sekarang kan sudah pisah kesatuan sama TNI kenapa ikut2an pakai loreng???
    Kalau polisi ikut pakai loreng ntar satpol PP ikut2 an pakai loreng gmn??