Agu 252017
 

Dok. Peperangan di wilayah Jufra, Libya, 16/3/2017. (Reuters / Esam Omran Al-Fetori)

Benghazi – Sedikitnya 9 anggota pasukan keamanan yang setia pada Khalifa Haftar, komandan Libya, dan 2 orang warga sipil tewas pada Rabu 24-8-2017 oleh serangan terduga kelompok ISIS di Pos pemeriksaan di wilayah Jufra tengah, ujar juru bicara militer.

Satu pernyataan yang dilaporkan oleh kantor berita kelompok ISIS, Amaq mengatakan bahwa 21 orang anggota “milisi Haftar” tewas atau luka-luka dalam serangan itu.

Tentara Nasional Libya (LNA) mengambil alih beberapa daerah strategis di Jufra dan wilayah tetangganya, Sabha pada awal tahun ini, akibat unsur-unsur yang saling bersaing menarik diri.

“Organisasi teroris Daesh (kelompok ISIS) menyerang pos pemeriksaan al-Fogha di wilayah Jufra pagi ini, menewaskan 9 orang tentara dan 2 warga sipil,” kata juru bicara LNA Ahmed Mismari.

Jufra terletak di selatan Sirte, sebuah kota pesisir dimana kelompok ISIS sempat mendirikan markas di sana sebelum akhirnya diusir oleh pasukan setempat akhir tahun lalu.

Beberapa pemberontak melarikan diri ke daerah gurun di sebelah Selatan dan Barat Sirte, di mana pejabat Libya mengatakan bahwa para pemberontak itu sedang mencoba menyusun kekuatan kembali di sana.  Antara/Reuters 24-8-2017